by

Ducati Monster Terbaru, Tinggalkan Rangka Teralis

Sungguh banyak perbedaan antara Ducati Monster terbaru dengan versi sebelumnya. Paling terlihat, kini tidak ada lagi rangka teralis yang menjadi ciri khas.

Pabrikan asal Italia menggantinya dengan rangka aluminium hasil adaptasi milik Panigale V4. Alhasil aura klasiknya agak hilang, berganti sosok modern. Walau demikian kesan gagah tetap hadir di Ducati Monster anyar.

Kelebihan rangka aluminium sebagai pengganti teralis antara lain lebih ringan dan ringkas. Lalu subframe belakang yang terbuat dari material glass fiber reinforced polymer (GFRP) juga tidak kalah ringan. Ditambah lagi berbagai revisi komponen lain, alhasil Ducati Monster model 2021 lebih ringan 18 Kg. Bobot totalnya jadi cuma 188 Kg.

Keistimewaan selanjutnya, performa mesin motor naked sport ini juga semakin mantap. Jantung mekanisnya berkubikasi 937 cc Testastretta 11 derajat dengan konfigurasi V-twin.

Torsi puncaknya mencapai 93 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga maksimal 111 hp pada 9.250 rpm. Padanannya adalah transmisi manual 6-percepatan.

Ducati Monster terbaru juga semakin ramah untuk penunggang motor dengan postur tidak terlalu tinggi. Ingin tahu spesifikasi detailnya? Simak bahasan berikut:

Baca juga  Harga Kawasaki Z H2, Tidak Semahal yang Dibayangkan!

Spesifikasi Ducati Monster Terbaru Cocok Buat Orang Indonesia

Ducati Monster terbaru
Ketinggian jok Ducati Monster terbaru bisa diatur hingga 775 mm, lebih rendah dari jok Yamaha Vixion

Kelebihan Ducati Monster terbaru sesungguhnya bukan cuma ringan, sehingga mudah dikendalikan. Joknya juga cukup rendah, alhasil cocok buat bikers Indonesia yang punya postur tidak terlalu tinggi.

Jok standar motor sport telanjang ini 820 mm. Kemudian ada opsi jok rendah yang punya tinggi 800 mm. Bila masih kurang rendah, maka bisa pakai suspension lowering kit yang menjadikan joknya semakin turun hingga 775 mm.

Bila cuma 775 mm, jok Ducati Monster model 20201 bahkan lebih rendah dari jok Yamaha Vixion dengan 795 mm. Hal tersebut berarti pemilik postur 168 cm dengan mudah menapakkan kaki ke aspal saat menungganginya. Istimewa bukan?

“Ducati Monster terbaru merupakan motor naked sport yang bisa ditunggangi siapa saja. Cocok buat pemula, serta yang mau meningkatkan kemampuan berkendaranya. Bahkan juga pas untuk teman berkendara para biker berpengalaman. Ini karena ringan, mudah dikendalikan, efektif, dan cepat,” seperti dikutip dari rilis resmi Ducati.

Baca juga  7 Kekurangan Yamaha XSR 155, Ketahui Sebelum Beli

Fitur-Fitur Modern

ducati monster 2021
Panel instrumen Ducati Monster model 2021 sudah mengdopsi layar TFT

Terkait fitur, Ducati Monster terbaru tidak perlu diragukan lagi kecanggihannya. Ada sistem pencahayaan full LED, panel instrumen TFT 4,3 inci, mode berkendara, launch control, dan lain-lain.

“Semua fitur bisa diatur dengan mudah lewat tombol di setang dan informasi terbaca jelas melalui layar TFT 4,3 inci yang mengadopsi grafik berwarna dari Panigale V4,” beber rilis resmi Ducati.

Bicara keselamatan, ada rem cakram ganda dari Brembo di roda depan berukuran 320 mm. Sementara rem belakang pakai cakram tunggal 245 mm. Kemudian fitur anti-lock braking system Cornering (ABS Cornering) dengan tiga level. Hadir pula Ducati Traction Control (DTC) dan Ducati Wheelie Control (DWC).

Jika kamu tertarik, harga Ducati Monster terbaru $11.895 atau setara Rp 168 jutaan. Ada pula versi yang punya level aerodinamika lebih baik atau Monster Plus, banderolnya $12.195 atau sekitar Rp 172 jutaan.

Tentu saja ketika masuk Indonesia, harga motor tersebut bakal lebih mahal. pasalnya terkena pajak barang mewah, impor, dan lain-lain. Bukan tidak mungkin banderolnya tembus Rp 500 jutaan.

Baca juga  Ducati Scrambler Nightshift: Cafe Racer x Flat Tracker

Terbaru