by

Hyundai Creta Semakin Dekat untuk Produksi Lokal

Hyundai Creta nampaknya bakal jadi salah satu ‘peluru’ PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) yang ingin memperkuat pasar mereka di Tanah Air. Seiring dengan pembangunan pabrikan perakitan mereka di Cikarang, Jawa Barat.

Produk sport utility vehicle (SUV) itu diproyeksi bakal memenuhi kebutuhan pasar domestik dan juga ekspor Hyundai Indonesia. Kehadiran Hyundai Creta tentunya semakin melengkapi line-up produk pabrikan asal Korea Selatan itu untuk pasar nasional.

Mengingat saat ini Hyundai cukup agresif menawarkan jajaran produk terbaru mereka, yakni Hyundai Ioniq dan Kona Electric yang mengisi segmen mobil ramah lingkungan di Indonesia.

Pabrik Hyundai Indonesia sendiri diperkirakan akan mulai produksi di akhir tahun 2021 mendatang. Kemungkinan tahap awal bakal memproduksi mobil dengan mesin konvensional. Berlanjut Hyundai mulai memproduksi mobil listrik di tahun 2022 mendatang.

Mengutip dari laman Autoindustriya, menurut informasi Hyundai Indonesia akan mengekspor Hyundai Creta ke Filipina. Kabar yang mengutip sumber anonym tersebut menyebut Hyundai Filipina akan memboyong Hyundai Creta buatan Indonesia.

Baca juga  Komparasi Hyundai Staria Vs Toyota Alphard, Mana Lebih Mewah?

“Menurut sumber kami, Creta yang menuju Filipina akan dibangun di pabrik baru Hyundai di Indonesia. Ya, Creta akan menjadi model keempat Hyundai buatan Indonesia,” demikian tulis laman Autoindustriya.

Namun sayang, hingga kini Hyundai Indonesia masih enggan membeberkan secara rinci terkait kehadiran Hyundai Creta buatan Indonesia tersebut.

Media lokal asal Filipina itu menyebutkan bahwa produk Hyundai Creta akan diproduksi di pabrik Hyundai Indonesia pada kuartal keempat tahun 2021 mendatang. Creta sendiri saat ini sudah dipasarkan ke sejumlah negara, seperti China, India, Rusia, Brazil dan Algeria.

Produk ini pun beberapa waktu diketahui pernah tertangkap uji jalan di salah satu jalan di Indonesia. Lalu seperti apa sebenarnya sosok mobil yang juga dikenal dengan nama Hyundai ix25 itu?

Hyundai Creta Sempat Tertangkap Uji Jalan di Indonesia

spyshots Hyundai Creta Indonesia
Spyshots Hyundai Creta Indonesia (Instagram @herianto_0141)

Creta merupakan salah satu crossover yang digadang-gadang semakin dekat ke Tanah Air. Informasi ini semakin kuat setelah ada unggahan akun instagram @herianto_0141 yang mengonfirmasi bahwa mobil tersebut sedang diuji jalan di Indonesia.

Baca juga  Segini Hasil Uji Keselamatan Nissan Kicks, Memuaskan?

Terlihat dari gambar, bahwa sosok tersebut merupakan Hyundai Creta generasi kedua. Uniknya, tidak seluruh bagian mobil tertutup oleh selubung kamuflase. Padahal biasanya kalau kendaraan di uji jalan di Tanah Air, bodinya bakal ditutup stiker.

Hanya pada kasus Creta, cuma bagian belakang saja yang tertutup. Bagian depannya justru terlihat jelas, bahwa sosok tersebut merupakan Creta.

Jika benar Hyundai Creta generasi kedua yang bakal dijajakan di Indonesia. Mobil nampaknya bakal sesuai dengan selera banyak pecinta SUV di Tanah Air.

Mobil ini punya dimensi panjang 4.300 mm, lebar 1.790 mm, dan tinggi 1.620 mm, serta wheelbase 2.610 mm. Creta dibangun dari basis Kia Seltos yang lebih dulu dipasarkan di Indonesia.

Secara tampilan, Hyundai Creta memiliki desain modern ala Santa Fe. Hal ini terlihat pada fascia depan, yang cukup khas pabrikan Korea Selatan tersebut. Mobil ini sudah didukung dengan lampu depan DRL LED di bagian atas.

Lampu utama justru berada di bawah, layaknya desain-desain SUV modern. Mobil ini menggunakan gril berukuran besar, untuk mempertegas tampilannya semakin terasa sporty. Mobil ini juga dilengkapi roof rail di bagian atap, yang mempertegas identitasnya sebagai sebuah SUV.

Baca juga  Terungkap Sosok Wuling Almaz Facelift 2021, Banyak Ubahan!

Menyoal jantung mekanis, Hyundai Creta tersedia dalam dua pilihan mesin yakni diesel dan bensin. Ada yang berkapasitas 1.4 liter dan 1.5 liter. Jika benar mobil ini masuk ke Indonesia, tentunya membuat pilihan masyarakat jadi semakin beragam.

Baca juga:

Terbaru