Bohlam LED vs Bohlam Biasa, Terang Mana?

Haloo sobat Moladiners. Bener gak sih, lampu motor LED lebih hemat daya listrik dibanding bohlam pijar yang biasa dipakai menjadi headlamp pada sepeda motor? Bisa benar bisa juga salah. Sebenarnya yang harus jadi pertanyaan adalah seberapa efisien lampu LED dan bohlam biasa jika dilakukan perbandingan? Jika keduanya memiliki besaran watt yang sama, namun LED akan mengeluarkan cahaya lebih terang dibanding bohlam biasa.

Honda Vario 150 eSP

*Angsuran mulai dari

CARI LOKASI BENGKEL TERDEKAT? PAKE FITUR INI

Melihat hasil perbandingan dari keduanya, hampir semua pabrikan kini mengadopsi lampu jenis LED ini. Sebab lampu jenis ini cocok jika dipasangkan dengan motor berbasis injeksi. Daya yang dikonsumsi oleh bohlam LED relatif kecil namun cahayanya cukup terang, sebanding dengan bohlam biasa dengan Watt lebih besar. Dengan keunggulan tersebut, konsumsi daya dari aki tidak begitu besar sehingga cadangan daya bisa digunakan untuk mengoperasikan perangkat injeksi.

Pembuktian Bohlam LED dan Bohlam Biasa

Untuk membuktikan itu, Jinny telah melakukan tes untuk mengukur daya yang diperlukan bohlam LED dan bohlam biasa dan mengacu pada besaran daya yang dikonsumsi. Dalam tes pembuktian kali ini, alat-alat yang digunakan untuk mengukur dua komponen tersebut yaitu multitester dan aki.

suzuki nex 2

Sebelumnya, lampu LED ini diklaim pabrikan hanya membutuhkan daya cuma 15 Watt dalam pengaplikasiannya. Langkah pertama, Jinny coba mengukur penggunaan daya pada LED yang menyala pada posisi low/dekat. Saat posisi low seperti ini, multitester terukur arus yang dihasilkan dari lampu ini sebesar 1,233 Ampere. Tegangan aki pun terukur 12,5 Volt. Jadi, watt yang dihasilkan lampu LED dalam posisi low tersebut sekitar 15,4 watt.

Alat Multitester Menunjukkan Tegangan Aki Saat Pengujian Bohlam LED dan bohlam biasa
Alat Multitester Menunjukkan Tegangan Aki Saat Pengujian Bohlam LED

Hasil tersebut berdasarkan rumus menghitung daya listrik (P = I x V). Dimana P adalah besaran daya listrik dalam satuan Watt, V tegangan dalam satuan Volt. Dan I merupakan arus listrik dalam satuan ampere.

Sedangkan, ketika lampu LED pada posisi high beam, hasil dari multitester menunjukkan angka 1,803 Ampere. Dengan menggunakan rumus yang sama seperti diatas, bisa disimpulkan hasil watt yang keluar pada lampu LED tersebut sebesar 22,5 Watt.

Honda Supra GTR 150

*Angsuran mulai dari

Tinggal melakukan pengukuran pada bohlam biasa. Bohlam yang Jinny gunakan adalah merek Osram tipe HS-1 35 Watt. Pada pengukuran bohlam pijar kali ini, metode yang dilakukan sama seperti pengukuran pada lampu LED sebelumnya.

Voltase Aki Saat Pengujian Menggunakan Bohlam Biasa
Voltase Aki Saat Pengujian Menggunakan Bohlam Biasa

Pada saat menggunakan bohlam biasa, multitester menunjukkan besaran arus pada angka 2,741 Ampere. Sedangkan voltase dari aki yang Jinny pakai menunjukkan penurunan angka menjadi hanya 12,3 Volt. Masih memakai rumus di atas, hasil yang didapat menjadi 33,7 Watt.

Kesimpulan Hasil Pengujian lampu LED dan Bohlam Biasa

Terbukti, kalau lampu motor LED lebih hemat daya dibanding bohlam pijar biasa. Lampu motor LED cocok buat motor injeksi sebab fuel pump beserta perangkat lainnya juga menggunakan setrum dari aki. Hal tersebut mencegah aki tidak cepat tekor. Selain itu, usia pakai rata-rata lampu jenis ini terbilang cukup lama.

Honda Vario 125 eSP

*Angsuran mulai dari

Nah, gimana nih brosis? Masih betah menggunakan bohlam biasa? Ataukah ingin berhijrah ke bohlam jenis LED? Kalian bisa lihat referensi lampu LED, disini.

BELI SUZUKI NEX 2 DP CUMA 300 RIBU DI SINI

Share this!

2 thoughts on “Bohlam LED vs Bohlam Biasa, Terang Mana?

  • January 18, 2019 at 12:41 am
    Permalink

    Kalau tingkat kecerahannya kurang lebih sama, atau malah lebih terang dari bohlam biasa, apakah led akan menjadi lebih panas? Karena kalau lebih panas dari bohlam biasa yg biasanya bohlam standar pabrik, khawatirnya akan merusak reflektornya.

    Reply
    • January 22, 2019 at 1:24 pm
      Permalink

      lampu jenis LED lebih dingin karena daya yang dibutuhkan lampu jenis ini lebih kecil (dalam batas lumens yang sama) 🙂

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *