by

Cara Memasang Mika Lampu Motor yang Benar

Mika lampu atau penutup bohlam pada motor kerap menguning akibat termakan usia. Hal ini akan membuat motor kesayangan Anda nampak terlihat sedikit kurang menarik. Satu-satunya cara yang dilakukan untuk membuat motor kembali kinclong adalah mengganti mikanya dengan mika yang baru. Saat ini, kami akan membahas bagaimana cara memasang mika lampu motor yang benar jika Anda ingin memasangnya sendiri tanpa harus ke bengkel. Mika lampu sendiri berfungsi untuk melindungi bohlam dan reflektor dari benturan dan kotoran. 

cara memasang mika lampu motor smoke

Mika juga berfungsi sebagai pemantul cahaya dari bohlam untuk menerangi jalan ketika Anda berjalan di malam hari. Sesungguhnya jika mika mulai menguning atau kusam, bagian ini harus diganti satu set dengan reflektornya. Namun, biaya yang mahal biasanya para pemilik kendaraan bermotor hanya mengganti mikanya saja. Secara keseluruhan ini tidak menjadi masalah. 

 

Mika motor yang sudah kusam juga akan menimbulkan masalah baru bagi Anda, terutama untuk keselamatan dalam berkendara. Mika yang bermasalah dan mengusam akan membuat reflektor menjadi berembun. Hal ini akan membuat sistem penerangan di motor Anda menjadi tidak berfungsi normal, cahaya yang dipantulkan menjadi tidak maksimal. Alhasil, jika Anda sedang melewati jalan bergelombang ini akan membahayakan Anda karena cahaya yang kurang maksimal. 

 

Baca juga  Sistem Penerangan Sepeda Motor, Bikers Wajib Tahu

Nah, kali ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika hendak mengganti mika motor sendiri tanpa harus ke bengkel.

Berikut tahapan cara memasang mika lampu motor:

  1. Lepas Reflektor Dari Batok Headlamp 

Melepas reflektor dari batok headlamp saat hendak mengganti mika motor menjadi hal yang pertama harus dilakukan. Sebab, usahakan mengganti mika saat reflektor dilepas dari batok headlamp. Reflektor menjadi bagian yang sangat penting dalam sistem penerangan dan sangat sensitif bila pecah atau terjatuh. Jadi, pastikan saat mengganti mika pastikan reflektor diletakkan di tempat yang aman agar tidak terjatuh. 

  1. Pakai Air Mendidih untuk Merendam Mika

Melepas mika dari headlamp yang lama memang terasa agak sulit dikarenakan mika sudah merekat dan menyatu dengan reflektor. Di sinilah kegunaan dari air mendidih yang akan digunakan. Mika yang direndam air mendidih akan memuai dan memudahkan Anda untuk melepasnya dari headlamp.

 

  1. Congkel Pinggiran Reflektor dengan Obeng Min

Usai direndam di air mendidih selama 2-3 menit, angkat mika lalu congkel pinggiran mika dengan obeng min. Mulai dari ujung mika, lalu pelan-pelan dan mulai menuju ke tengah. Jika mika motor Anda berbentuk bulat, ini akan lebih memudahkan Anda jika ingin membukanya. Sebab, ketika mencongkel bisa dilakukan dari sisi mana saja. Namun, ada tips pada saat mika dicongkel agar tidak pecah. Congkel mika dari beberapa sisi, jangan dari satu sisi untuk menghindari mika pecah dan jatuh. 

  1. Pakai Hair Dryer 

Jika Anda menemui kendala dalam membuka mika lampu motor, mungkin cara yang satu ini menjadi cara yang paling mudah untuk melepaskan mika lampu motor. Dengan menggunakan hair dryer, hair dryer diketahui akan menghantarkan panas ke sudut-sudut mika yang akan Anda ganti. Nantinya, lem-lem yang menempel mika dengan reflektor akan lepas dengan sendirinya seiring dengan uap panas yang dihantarkan oleh hari dryer. Namun, ini akan memakan waktu yang cukup lama, sebab uap panas yang dihasilkan hair dryer akan menyebar dan tidak fokus pada satu titik. 

  1. Pasang Mika Baru ke Reflektor

Langkah terakhir cara memasang mika lampu motor adalah pasangkan mika lampu yang baru pada reflektor yang lama. Jika sudah dirasa pas masuk antara reflektor dan mika, maka dianjurkan mika agak sedikit ditekan untuk lebih mengeratkan ujung-ujung mika yang baru dengan headlampnya. Tambahkan sedikit perekat agar semakin menguatkan mika untuk menutup reflektor Anda. 

 

Baca juga  Mengenal Lampu Motor LED dan Bohlam, Mana Lebih Baik?

Kelima langkah di atas adalah cara memasang mika lampur motor secara sederhana untuk mengganti mika lampu motor yang sudah menguning atau kusam. Keselataman berkendara terutama di malam hari sangat ditentukan dari kualitas penerangan yang ada pada motor Anda. Demikian langkah-langkah cara memasang mika lampu motor yang bisa kami bagikan untuk Moladiners. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Terbaru