by

Detail Spesifikasi Toyota Corolla Cross, Harga Booking Rp 10 Juta

Spesifikasi Toyota Corolla Cross – PT Toyota Astra Motor (TAM) berencana akan meluncurkan sport utility vehicle (SUV) terbarunya, Toyota Corolla Cross pekan depan. Proses peluncuran akan berlangsung secara virtual pada 6 Agustus 2020 melalui Youtube Toyota Indonesia pukul 11.00 WIB.

Kehadiran Toyota Corolla Cross tentunya bakal semakin memanaskan persaingan di segmen SUV di Indonesia. Terlebih nama besar Corolla sudah dikenal sejak tahun 1966.

Wujudnya terus bertransformasi, dari sedan, hatchback, hingga estate. Kini bahkan tampil dalam sosok SUV yang akan dipasarkan di Indonesia.

Toyota Corolla sedan cukup sukses meraih pasar secara global. Di mana produk ini sudah terjual hingga 48 juta unit, secara global termasuk Indonesia.

Sosok Toyota Corolla Cross sendiri diklaim pabrikan sebagai jawaban atas tingginya permintaan pasar akan sebuah produk SUV tangguh. Menariknya, Toyota kerap mengembangkan segmen SUV dengan nama yang sudah melegenda.

Contohnya adalah Yaris Cross yang lebih dulu dipasarkan di Eropa. Kali ini, pabrikan asal Jepang itu turut meniagalan produk SUV dengan nama Corolla, yang juga sudah mendunia sejak dahulu.

Pertanyaannya, lalu seperti apa sebenarnya sosok SUV terbaru Toyota yang bakal dijajakan di Indonesia tersebut? Berikut ulasan lengkap mengenai spesifikasi Toyota Corolla Cross.

Mengenal Spesifikasi Toyota Corolla Cross

spesifikasi toyota corolla cross indonesia
Spesifikasi Toyota Corolla Cross lengkap untuk pasar Indonesia

Menurut informasi yang ramai diperbincangkan di jagat social media mengenai spesifikasi Toyota Corolla Cross. Mobil ini kemungkinan akan ditawarkan dalam dua pilihan mesin di Indonesia.

Mengacu pada spesifikasi Toyota Corolla Cross, mobil tersedia dalam pilihan mesin bensin 1.8 liter dan versi hybrid. Mesin bensin Toyota Corolla Cross mengandalkan mesin berkode 2ZR-FBE berkapasitas 1.8 liter 4 silinder.

Mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga sebesar 140 Hp dengan torsi 175 Nm. Tenaga dikawinkan dengan transmisi otomatis CVT ke roda penggerak depan.

Baca juga  Hyundai Creta Diuji Jalan, Bakal Masuk Indonesia?

Sementara untuk versi hybrid, mengusung mesin berkapasitas 1.789 cc, dengan semburan daya maksimal 96 hp pada 5.200 rpm dan torsi 142 Nm pada 3.600 rpm.

Untuk motor listriknya mampu menyemburkan daya tambahan sebesar 72 hp dan torsi 163 Nm. Secara total tenaga yang dihasilkan sebesar 120 hp yang disalurkan pada dua roda di depan atau front wheel drive (FWD).

Tenaga yang dihasilkan tersebut disalurkan melalui transmisi Electric Continious Variable Transmission (e-CVT). Wah.. mobil ramah lingkungan nih, Sob!

Eksterior Corolla Cross

Spesifikasi Toyota Corolla Cross meluncur di Indonesia tahun 2020
Toyota Corolla Cross meluncur di Indonesia tahun 2020

Tak puas hanya membahas seputar spesifikasi Toyota Corolla Cross, Moladin juga akan membahas sisi desain dan juga platform SUV terbaru ini.

Toyota Corolla Cross mengusung platform Toyota New Global Architecture C (TNGA-C). Platform TNGA sendiri sudah digunakan oleh sejumlah produk terbaru Toyota, seperti Toyota C-HR, Toyota Corolla Altis, dan produk lainnya.

Untuk pasar Indonesia, Toyota Corolla Cross akan berhadapan dengan sejumlah kompetitor yang ada seperti Mitsubishi Outlander Sport dan Mazda CX-30. Lalu apa modalnya agar dapat meraih pasar?

Secara tampilan, rancang bangun mobil ini terbilang cukup menarik. Desain bodi terkesan kalem, namun fascianya terkesan kokoh dan tangguh.

Pada eksterior belakang, terlihat mobil ini punya buritan yang menggambarkan ruang yang lega di dalamnya. Di atas kertas, mobil ini didukung dengan dimensi yang mumpuni.

Dengan panjang 4.460mm, lebar 1.825mm, tinggi 1.620mm, dan wheelbase 2.640mm. Untuk menopang kenyamanan, suspensi sudah menggunakan model macpherson strut di bagian depan, dan torsion-beam di bagian belakang.

Mobil ini juga didukung dengan rem cakram di keempat rodanya. Karena hadir dalam dua varian, ukuran pelek antar varian kabarnya akan sedikit berbeda.

Pada varian bensin 1.8 liter akan menggunakan pelek berukuran 17 inci dengan ban berukuran 215/60. Sementara untuk varian hybrid didukung dengan pelek berukuran 18 inci dengan ban berukuran 225/50.

Baca juga  Spesifikasi Toyota Fortuner Facelift, Pajero Sport Lewat?

Desain SUV ini terkesan menyerupai sosok RAV4, dengan gril didominasi kelir hitam. Serta didukung dengan desain headlamp tajam, yang dipadukan dengan lampu LED DRL (daytime running lights).

Bumpernya pun didesain senada dengan gril, mengusung warna hitam. Bagian side skirt dan fender juga mengusung warna hitam khas mobil-mobil SUV.

Mengungkap Interior Toyota Corolla Cross

Spesifikasi interior Toyota Corolla Cross Indonesia
Desain kabin menarik, dipadukan dengan spesifikasi Toyota Corolla Cross yang mumpuni

Berdasarkan informasi yang diterima Moladin, terkait spesifikasi Toyota Corolla Cross khususnya di interior. Mobil ini didukung dengan kabin dengan desain yang mewah.

Tak sampai di situ saja, Toyota Corolla Cross juga turut dilengkapi dengan beragam fitur modern. Mobil ini turut menawarkan ruang bagasi yang besar dengan kapasitas maksimal hingga 487 liter.

Selain itu, ruang kepala yang luas membuat penghuni kabin semakin merasa lega. Untuk mendapat tingkat kenyamanan lebih, Toyota juga telah melengkapinya dengan Power Back Door dengan Activated Kick Sensor yang memungkinkan pengemudi maupun penumpang tidak perlu menyentuh handle pintu belakang ketika ingin membukanya.

Cukup arahkan kaki ke sensor di bawah pintu. Fitur ini memudahkan Anda untuk memasukkan barang bawaan ke bagasi tanpa repot.

Terkait menunjang kenyamanan di dalam kabin, dalam data spesifikasi Toyota Corolla Cross. Mobil ini sudah dilengkapi dengan Power Adjustable Driver Seat, Dual-Zone Automatic Climate Control.

Bagi kamu yang ingin membutuhkan ruang bagasi yang lebih luas, kursi belakang dapat dilipat rata lantai. Selain itu, tersedia juga sandaran kursi belakang dengan cup holders, port USB, dan AC untuk penumpang di bangku baris belakang.

Salah satu yang cukup menarik dari produk ini adalah sistem hiburan yang dibenamkan. Di mana Corolla Cross disematkan head unit layar sentuh berdimensi 9 inci. Head unit ini kompatibel dengan Apple CarPlay bersama T-Connect.

Baca juga  Toyota Hilux Revo Facelift, Pikap Ganteng Rp400 Jutaan

Fitur Keselamatan

Spesifikasi Toyota Corolla Cross
Di atas kertas, spesifikasi Toyota Corolla Cross didukung fitur modern

Bukan hanya didukung dengan fitur kenyamanan yang lengkap, secara spesifikasi Toyota Corolla juga mendapatkan perlindungan terbaik untuk pengemudi dan penumpang. Fitur keselamatan yang ada di mobil SUV tersebut telah dikembangkan dari Corolla sedan yang sudah lebih dulu eksis.

Pabrikan asal Jepang itu menyematkan paket fitur keselamatan, Toyota Safety Sense. Di antaranya Pre-Collision System, Lane Departure Alert with Steering Assist, Dynamic Radar Cruise Control with Lane Tracing Assist, Automatic High Beam, Panoramic View Monitor, Blind Spot Monitor, dan 7 airbag.

Estimasi Harga

Toyota Corolla Cross
Estimasi harga Toyota Corolla Cross Indonesia

Gimana sudah tahukan terkait spesifikasi Toyota Corolla Cross yang bakal meluncur minggu depan? Namun sayang hingga berita ini ditayangkan, belum ada informasi resmi terkait harga produk.

Pun begitu, bagi konsumen yang ingin meminang Toyota Corolla Cross. Sudah bisa melakukan pemesanan di dealer-dealer Toyota terdekat dari rumah Anda.

“Kalau berminat, saat ini sudah bisa melakukan pemesanan, dengan membayar booking fee Rp 10 juta. Lebih cepat pemesanan, unitnya jadi akan lebih cepat juga sampai,” ujar seorang tenaga penjual dealer Toyota di kawasan Jakarta Selatan, ketika dihubungi Moladin, Kamis (30/7/2020).

Jika mengacu pada harga Toyota Corolla Cross di Thailand, produk ini ditawarkan dengan harga Rp 454 juta hingga Rp 500 juta. Tertarik dengan produk SUV satu ini?

Semoga informasi ini mengenai spesifikasi Toyota Corolla Cross ini dapat bermanfaat buat kamu. Sebagai gambaran, harga di atas kemungkinan tidak akan jauh berbeda dengan di Indonesia.

Baca juga:

Comment

Leave a Reply

Terbaru