by

Spesifikasi Yamaha Jupiter Z1, Performa Mesinnya Mantap

Saat ini nama Yamaha Jupiter Z1 mungkin sudah jarang terdengar. Maklum, popularitas motor bebek memang mulai meredup di Indonesia. Konsumen kini lebih memilih untuk menunggangi motor matik yang mudah untuk ditunggangi.

Walau demikian, motor bebek belum mati. Peminatnya masih ada, walau tidak sebanyak dulu. Alasan konsumen memilih motor bebek adalah harga yang terjangkau dan performa mantap.

Salah satu keistimewaan motor bebek dibanding matik adalah ground clearance tinggi, sehingga tidak mudah gasruk ke aspal. Lalu performa mesin motor bebek juga bisa diandalkan di tanjakan, lantaran pakai rantai dan transmisi manual.

Oleh karena masih ada peminatnya tersebut, Yamaha tidak mau tinggal diam dengan produk motor bebeknya. Mereka memberi penyegaran untuk Jupiter Z1 pada Agustus 2020. Kuda besi ini kini mendapat pilihan warna baru: metallic blue, metallic red, dan metallic black.

”Di tahun ini kami menghadirkan warna dan striping terbaru motor Jupiter Z1 dengan ciri khas sporty modern. Ketangguhan, keiritan dan keandalannya dengan teknologi terkini dapat menjadi pilihan terbaik konsumen di kategori motor bebek untuk membantu aktivitas berkendara sehari-hari,” kata Deputy GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Yordan Satriadi dalam rilis resmi yang kami terima Senin (3/8/2020).

Kemudian pinstripe putih pada pelek tetap dipertahankan, hanya saja cuma untuk warna metallic blue serta metallic red red. Sementara untuk warna metallic black, pakai pelek warna hitam polos.

Yamaha mengklaim, penyegaran untuk Jupiter Z versi 2020 merupakan masukan dari konsumen agar motor mewakili karakter sporty dan agresif. Hal itu pun digambarkan pula melalui desain grafis tajam yang atraktif serta tulisan Jupiter Z1 untuk memperkuat karakter street racing.            

Baca juga  Spesifikasi Yamaha MX King 155 VVA Terungkap, Pakai Keyless

Di samping tampilan, adakah spesifikasi Yamaha Jupiter Z1 terbaru yang beda dari versi lamanya? Apa kelebihan dan kekurangan motor ini? Untuk jawabannya, simak review Yamaha JUpiter Z1 berikut:

Spesifikasi Yamaha Jupiter Z1

spesifikasi yamaha jupiter z1
Kelebihan motor ini punya performa mesin paling mantap dibanding rival sekelas

Kalau kamu melihat sekilas, mungkin spesifikasi Yamaha Jupiter Z1 tidak beda dari motor lain. Dimensinya ringkas dengan panjang 1.935 mm, lebar 680 mm, dan tinggi 1.065 mm. Kemudian untuk tinggi joknya cuma 765 mm. Alhasil pengendara pemula dengan postur 168 cm bakal percaya diri menungganginya. Pastinya kaki mudah menapak ke aspal, saat duduk di jok dalam keadaaan motor berhenti.

Lalu untuk jarak terendah ke tanah, mencapai 150 mm. Maka dari itu, kamu tidak perlu takut bodi bawah mudah bersinggungan dengan aspal saat melewati jalan bergelombang.

Bicara desain, Yamaha Jupiter Z1 juga paling sportif di antara kompetitor. Motor ini satu-satunya yang menggunakan double head lamp, sehingga terkesan sportif.

Kemudian soal ukuran roda yang digunakan tidak beda dari motor bebek sekelasnya. Jupiter Z1 pakai 70/90-17 inci di depan dan 80/90-17 inci di belakang. Suspensinya juga mirip dengan rival, di depan menggunakan teleskopik serta di belakang peredam ganda.

Performa Mesin Jupiter Z1 Paling Buas

modifikasi mesin motor
Lantaran performa yang mantap, Yamaha Jupiter Z1 sering dimodifikasi jadi motor balap

Soal kelebihan Yamaha Jupiter Z1, kamu bisa cek performa mesinnya. Di atas kertas, motor bebek pabrikan Garpu Tala ini paling buas di antara kompetitor sekelasnya. Tidak percaya?

Bila melihat spesifikasi mesinnya, Jupiter Z1 menggunakan kapasitas 115 cc dengan konfigurasi satu silinder, SOHC, dan pendingin udara. Ada pula tambahan teknologi injeksi yang didukung dengan Forged Piston supaya mesin kuat, awet, dan irit. Alhasi motor bebek Yamaha ini bisa melimpahkan torsi 9,8 Nm pada 6.750 rpm dan tenaga maksimal 9,9 hp pada 7.750 rpm.

Baca juga  Test Ride Honda Supra GTR: Kepraktisan Minim (Bag. 2)

Coba bandingkan performa tersebut dengan Honda Revo. Motor bebek pabrikan berlogo sayap, cuma bisa menelurkan torsi 8,76 Nm pada 6.000 rpm dan tenaga 8,7 hp pada 7.500 rpm. Maklum, Honda Revo hanya berbekal kapasitas mesin 109,17 cc. Kemudian bandingkan dengan Suzuki Smash FI yang pakai kapasitas mesin 113 cc. Motor bebek berlogo S memiliki torsi 9,1 Nm pada 6.000 rpm dan tenaga 9,25 hp pada 8.000 rpm.

Jika lawannya setimpal seperti Yamaha Vega Force yang juga pakai mesin 115 cc, ternyata Jupiter Z1 tetap lebih unggul. Vega Force hanya dapat mengeluarkan torsi 9,53 Nm pada 5.500 rpm dan tenaga maksimal 8,59 hp pada 7.000 rpm.

TIPE MESIN Air cooled 4-stroke, SOHC
JUMLAH / POSISI SILINDER Satu Silinder
DIAMETER X LANGKAH 50,0 x 57,9 mm
PERBANDINGAN KOMPRESI 9,3 : 1
DAYA MAKSIMUM 7,4 kW / 7750 rpm
TORSI MAKSIMUM 9,8 Nm / 6750 rpm
SISTEM STARTER Elektrik starter & Kickstarter
SISTEM PELUMASAN Basah
KAPASITAS OLI MESIN Total = 1,00 L ; Berkala = 0,80 L ; Ganti filter oli = 0,85 L
SISTEM BAHAN BAKAR Fuel Injection
TIPE KOPLING Basah, Multiplat, Centrifugal automatic
TIPE TRANSMISI Constant mesh, 4-kecepatan

Baca juga:

Fitur Jupiter Z1

spesifikasi yamaha jupiter z1
Kunci kontak sudah dilengkapi dengan penutup magnet, agar sulit dibobol maling

Bicara fitur, tidak ada yang istimewa dari Yamaha Jupiter Z1. Kurang lebih fiturnya sama dengan motor bebek lain sekelas.

Baca juga  5 Alasan Beli Motor Bebek, Buat yang Berani Aja!

Lihat saja sistem pencahayaan yang masih bohlam, belum LED. Kemudian panel instrumen juga pakai analog. Salah satu kelebihan Yamaha Jupiter Z1 ada di kunci kontak yang sudah mengandalkan fiutr pengaman bermagnet. Alhasil motor bebek ini jadi lebih terlindungi dari maling.

Soal pengereman, masih mengandalkan cakram tunggal di roda depan. Kemudian untuk yang belakang dilengkapi tromol.

Bicara bagasi milik Jupiter Z1, kapasitasnya tidak terlalu besar. Yamaha cuma memberikan 7 liter atau dapat digunakan untuk jas hujan saja.

Jangan berharap ada anti-lock braking system (ABS), stop & start system (SSS), keyless, dan lain-lain. Motor bebek di Indonesia memang kerap dianggap anak tiri untuk urusan fitur. Hal ini mungkin seiring dengan penjualannya yang tidak terlalu laris.

Harga Yamaha Jupiter Z1

review yamaha jupiter z1
Dengan harga mencapai 18 juta, namun punya performa mantap. Apakah kamu tertarik memilikinya?

Dengan tampilan baru dan performa mesin mantap, harga Yamaha Jupiter Z1 mencapai Rp 18,11 juta (OTR Jakarta). Banderol tersebut cukup mahal, apalagi dibanding kompetitor.

Coba saja cek harga Honda Revo yang mulai dari Rp 14,905 juta (OTR Jakarta). Kemudian Suzuki Smash Rp 16,1 juta (OTR Jakarta). Motor bebek lain dari Yamaha yaitu Vega Force juga dijual lebih murah dari Jupiter Z1, cuma Rp 16,665 juta (OTR Jakarta).

Soal harga, memang jadi kekurangan dari Yamaha Jupiter Z1. Hanya saja seperti yang diungkapkan di atas, inilah motor bebek entry level yang paling bertenaga. Jadi setelah membaca lengkap review Yamaha Jupiter Z1, apakah kamu tertarik untuk memilikinya?

Comment

Leave a Reply

Terbaru