by

Modifikasi Jupiter Z, Ini 6 Referensinya

Modifikasi Jupiter Z – Yamaha Jupiter Z jadi salah satu motor bebek yang cukup legendaris di Indonesia. Sepeda motor andalan pabrikan berlogo garputala itu sudah eksis sejak tahun 2003 di Tanah Air.

Generasi pertama Yamaha Jupiter Z dipasarkan dalam kurun waktu enam tahun, hingga akhirnya berhenti produksi di tahun 2009. Dilanjutkan hadirnya varian baru sebagai penerus yakni Yamaha New Jupiter Z.

Tiga tahun berselang Yamaha merilis Yamaha Jupiter Z1 di tahun 2012. Produk ini pun terbilang masih cukup diminati masyarakat di Indonesia.

Secara tampilan Yamaha Jupiter Z punya tampilan yang sportif. Meski demikian, masih banyak konsumen yang seakan tak puas, dan akhirnya memutuskan modifikasi motor Jupiter Z kesayangannya itu.

Modif Jupiter Z yang dilakukan pemilik sendiri cukup beragam, mulai dari mengubah bodi hingga mesin kendaraan. Seluruh modifikasi tersebut dilakukan tentunya dilakukan untuk memuaskan hasrat pemilik motor agar tampil beda dan semakin menarik.

Sebelum jauh melangkah, alangkah baiknya juga kamu mengetahui regulasi mengenai modifikasi sepeda motor. Jangan sampai setelah kamu menghabiskan dana yang besar, sepeda motor justru malah melanggar aturan yang berlaku.

Regulasi Modifikasi Sepeda Motor di Indonesia

regulasi modifikasi Jupiter Z
Perhatikan aturan yang berlaku, ketika kamu memutuskan untuk modifikasi

Perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk modifikasi Jupiter Z kesayanganmu. Pemilik sepatutnya memperhatikan asas keselamatan berkendara juga.

Selain itu, terdapat juga sejumlah aturan yang harus dipenuhi oleh pemilik kendaraan, ketika memutuskan untuk melakukan modifikasi kendaraan.

Salah satunya tidak mengubah dimensi sepeda motor. Meski sudah dimodifikasi, panjang dan lebar motor harus sesuai standar dari pabrikan.

Penambahan atau malah mengurangi dimensi motor dapat berisiko pada sisi keselamatan kendaraan. Pasalnya setiap pabrikan telah menyesuaikan hal tersebut, agar motor tetap seimbang dan lincah di jalan raya.

Lebih jauh, pemilik kendaraan juga wajib untuk memenuhi kelengkapan berkendara di jalan, yang meliputi lampu, pelat nomor, spion, hingga klakson juga harus ada pada motor yang telah mengalami perubahan bentuk.

Bila tidak memenuhi persyaratan tersebut, jangan salahkan pihak Kepolisian jika melakukan tindakan tegas pengendara motor modifikasi yang tidak sesuai aturan. Contohnya modifikasi pada area knalpot, bila efeknya membuat suara terlalu bising pun, polisi berhak menilang.

Diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pada Pasal 50 ayat 1 menyebutkan bahwa uji tipe sebagaimana dimaksud dalam Pasal 49 ayat (2) huruf a wajib dilakukan bagi setiap Kendaraan Bermotor, kereta gandengan, dan kereta tempelan, yang diimpor, dibuat dan/atau dirakit di dalam negeri, serta modifikasi Kendaraan Bermotor yang menyebabkan perubahan tipe.

Baca juga  Yamaha R25 Terbaru Resmi Meluncur di Jepang, Lebih Istimewa!

Kemudian pada Pasal 52 bunyinya: Ayat 1 Modifikasi Kendaraan Bermotor sebagaimana dimaksud dalam Pasal 50 ayat (1) dapat berupa modifikasi dimensi, mesin, dan kemampuan daya angkut.

Pada ayat 2 Modifikasi Kendaraan Bermotor sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak boleh membahayakan keselamatan berlalu lintas, mengganggu arus lalu lintas, serta merusak lapis perkerasan/daya dukung jalan yang dilalui.

Di ayat 3 Setiap Kendaraan Bermotor yang dimodifikasi sehingga mengubah persyaratan konstruksi dan material wajib dilakukan uji tipe ulang. Ayat 4 Bagi Kendaraan Bermotor yang telah diuji tipe ulang sebagaimana dimaksud pada ayat (3), harus dilakukan registrasi dan identifikasi ulang.

Gimana sekarang sudah tahukan regulasi mengenai aturan modifikasi sepeda motor di Indonesia. Selanjutnya Moladin akan memberikan rekomendasi modifikasi Jupiter Z yang mungkin kamu bisa aplikasikan.

1. Modifikasi Jupiter Z Bertemakan Road Race

Modifikasi Jupiter Z ala Road Race
Konsep modifikasi Jupiter Z road race membuat tampilan semakin terasa sporty

Bagi pemilik yang menyukai road race, konsep modifikasi Jupiter Z bertemakan road race mungkin bisa diaplikasikan pada tungganganmu. Agar lebih maksimal, kamu perlu modif Jupiter Z kamu di beberapa komponennya, terlebih pada sektor mesin.

Dari sisi desain ataupun tampilan, Jupiter Z modifikasi road race ini tidak mengalami banyak ubahan. Komponen yang wajib mendapatkan sentuhan modifikasi ala road race ini adalah knalpot.

Tujuan mengganti knalpot dengan model racing, supaya power motor menjadi lebih besar. Dengan knalpot baru ini, suara motor pun akan terdengar lebih gahar.

Penggantian knalpot racing menjadi salah satu ciri unit dari modifikasi motor Jupier Z bergaya road race. Selain itu, ubahan lainnya untuk menunjang modif ala road race mungkin bisa mengganti suspensi dengan model tabung.

Tujuannya, agar Yamaha Jupiter Z milikmu bisa lebih stabil meski dipacu pada kecepatan tinggi. Agar menunjang tampilan, kamu juga bisa menggunakan pelek racing.

Supaya lebih aman, Jupiter Z modifikasi ala road race ini wajib dilakukan oleh modifikator ataupun mekanik profesional. Tujuannya agar tidak berisiko dikemudian hari, karena sentuhan terbesar berada pada sektor mesin.

Salah-salah, mesin bisa ‘jebol’ dan kamu harus mengeluarkan kocek yang besar. Modifikasi Jupiter Z bertemakan road race ini membutuhkan biaya yang lumayan besar, terlebih jika mesin mendapatkan upgrade yang beragam, seperti penggunaan seher yang lebih besar dari versi standar.

Baca juga  Vario 125 CBS atau Mio M3 AKS SSS, Pilih Mana?

2. Tak Perlu Repot, Modifikasi Jupiter Z Cukup Ganti Pelek Jari-Jari

Modifikasi Jupiter Z model Jari-Jari
Dengan mengganti pelek saja, modifikasi Jupiter Z model ini sudah terlihat kece, lho!

Guna meningkatkan tampilan, modifikasi Jupiter Z dengan mengganti pelek model jari-jari saja terlihat sudah cukup kece, Sob! Modif Jupiter Z yang satu ini cukup ganti velg standar dengan model jari-jari saja.

Pilihan pelek model jari-jari di Indonesia pun kini cukup beragam. Kamu bisa memilih yang sesuai dengan keinginan dan juga bujet yang dimiliki.

Satu pasang pelek Yamaha Jupiter Z, harga rata-rata masih di bawah satu juta rupiah. Di sini, kamu sudah mendapatkan paket pelek lengkap dengan jeruji dan tromol.

Produsen pelek yang menawarkan produk dengan harga yang lebih terjangkau kini cukup beragam. Namun, jika ingin menggunakan pelek yang lebih mahal pun tidak masalah.

Setidaknya, dengan mengganti pelek dengan model jari-jari saja sudah mampu meningkatkan tampilan Jupiter Z kesayanganmu. Biaya dikeluarkan pun tentunya tak terlalu besar.

3. Konsep Modifikasi Jupiter Z Ala Racing

Modifikasi Jupiter Z Bergaya Racing
Gaya racing bisa jadi pilihan modifikasi Jupiter Z kesayanganmu

Jika kamu suka memacu adrenalin dengan mengajak motor untuk melaju cepat di jalanan. Mungkin pilihan modifikasi Jupiter Z yang kamu bisa aplikasikan adalah konsep racing.

Cara modifikasi motor Jupiter Z yang satu ini terbilang cukup simpel. Sentuhan modifikasi bisa dilakukan dengan mengganti knalpot supaya mengeluarkan suara yang lebih gahar. Pemilik motor juga perlu mengubah ban dengan ukuran yang lebih besar.

Melalui sejumlah ubahan itu, secara tampilan Jupiter Z modifikasi ini bisa menunjang parasnya semakin terlihat sporty.

Pada tahap modifikasi ini, pemilik motor bisa mengubah bagian jok menjadi single seater dan bisa menyematkan lampu projector. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan kesan racing pada motor semakin terasa.

Tak hanya itu saja, fungsi penggunaan lampu dan ubah jok model single. Ternyata mampu menambah kenyamanan pengendara ketika melaju dengan cepat. Sebagai catatan, ketika membesut kendaraan tetap selalu berhati-hati dan utamakan selalu keselamatan, Sob!

4. Modifikasi Yamaha Jupiter Z Ceper

Modifikasi Jupiter Z Ceper
Konsep ceper modifikasi Jupiter Z menambah tampilan semakin menarik

Menentukan modifikasi Jupiter Z selanjutnya yang kamu bisa lakukan mungkin mengusung konsep ceper. Ciri khas modifikasi ini adalah penggunaan ban cacing yang sangat tipis.

Mengacu pada aturan yang berlaku, ban cacing tidak disarankan untuk digunakan pada aktivitas harian. Namun, untuk keperluan kontes, modifikasi Jupiter Z dengan gaya ceper ini terlihat unik.

Apabila kamu memaksakan untuk tetap menggunakan ban cacing untuk digunakan sehari-hari. Dampaknya bisa membahayakan keselamatan. Apalagi ketika menghadapi musim hujan.

Baca juga  Daftar Harga Yamaha Freego Terbaru, Pas untuk Ojek Online!

Ban cacing cenderung lebih licin, dan sangat rentan mengalami kebocoran. Terlebih ketika menghantam jalan berlubang, dapat merusak pelek sepeda motor.

5. Modif Jupiter Z Bergaya Airbrush

Modifikasi Jupiter Z Airbrush
Airbrush bisa jadi pilihan modifikasi Jupiter Z

Bagi kamu yang menyukai warna-warna cerah, dan juga tampilan yang estetis. Mungkin modifikasi Jupiter Z yang bisa kamu lakukan dengan konsep airbrush.

Konsep modifikasi Jupiter Z airbrush ini tentunya akan sangat menarik perhatian. Umumnya kualitas grafis pada gaya Airbrush ini sangat detail dan penuh arti.

Proses pengerjaannya sendiri tidaklah mudah. Maka dirasa pantas jika modifikasi airbrush diharga cukup mahal. Sebagai gambaran, untuk full bodi termasuk rangka pengerjaan airbrush bisa mencapai dua juta rupiah.

Semakin rumit desain yang akan dikerjakan, tentu biayanya akan semakin mahal. Namun, karena airbrush ini mengubah cat motor secara permanen, kamu harus memperhitungkan dengan baik.

Pasalnya, jika motor akan dijual kembali, belum tentu orang lain menyukai ide desain tersebut.

6. Jupiter Z Modif Thailook

Modifikasi Jupiter Z Thailook

Gaya Thailook Style masih sangat diminati di Indonesia. Konsep modifikasi Jupiter Z seperti ini mungkin bisa jadi pilihan yang tepat.

Khas konsep modifikasi Thailook terletak pada penggunaan ban motor yang sangat ramping atau ban cacing. Ban jenis ini dianggap sangat cocok untuk tampilan motor yang di modifikasi ala Thailook Style.

Penggunaan warna, biasanya modifikasi thailook ini sedikit menyerupai airbrush. Sebagian besar bodi motor pun turut mengalami perubahan warna dan desain.

Khusus pemilik yang ingin menghasilkan karakter yang simpel, konsep modifikasi ini mungkin tidak terlalu cocok. Jadi, kamu harus terlebih dahulu memastikannya.

Mengubah motor Jupiter Z menjadi lebih sesuai dengan harapan memang tidak mudah. Dibutuhkan juga biaya yang cukup besar untuk menambahkan aksesori atau mengganti komponen agar hasil modifikasi lebih maksimal.

Sekarang sudah ada gambaran bukan, konsep modifikasi Jupiter Z yang mungkin bisa kamu aplikasikan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat buat kamu.

Baca Juga :

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 comments

Terbaru