Modifikasi Jupiter Z, Bikin Tunggangan Lebih Keren

Siapa yang tidak kenal dengan Yamaha Jupiter Z, motor bebek legendaris yang telah beredar di pasaran Indonesia sejak 2003 silam. Setelah berhenti diproduksi pada 2009, muncul varian baru yang meneruskan yaitu Yamaha New Jupiter Z. Varian selanjutnya dihadirkan pada 2012, yaitu Yamaha Jupiter Z1 dan masih eksis sampai sekarang.

Varian baru yang diproduksi menkamukan adanya sejumlah inovasi pada motor. Meskipun demikian, hal ini tidak menghentikan motivasi para penggemar motor modifikasi untuk melakukan sejumlah perubahan, baik pada bodi maupun mesin kendaraan. Nah, apa saja perubahan yang bisa dilakukan? Berikut beberapa ide modifikasi Jupiter Z yang menarik.

 

Modifikasi Jupiter Z Road Race

Modifikasi Jupiter Z Road Race

Bagi kamu yang senang melakukan road race, Jupiter Z dapat menjadi tunggangan yang sesuai. Namun, sebelumnya wajib dilakukan modifikasi pada beberapa komponen, terutama bagian mesin. Biasanya, desain kendaraan tidak terlalu banyak berubah.

Bagian yang wajib dimodifikasi pada gaya Road Race adalah knalpot. Tujuannya adalah supaya power motor menjadi lebih besar. Dengan knalpot baru ini, suara motor pun akan terdengar lebih gahar. Inilah salah satu ciri unik dari motor bergaya Road Race.

Bagian lain yang diubah adalah suspensi tabung yaitu supaya motor lebih stabil meskipun dipacu pada kecepatan tinggi. Velg racing pun wajib dipasang. Supaya lebih aman, modifikasi Jupiter Z bergaya Road Race harus dilakukan oleh modifikator profesional. Jika tidak terlalu paham seluk-beluk mesin, sebaiknya jangan ambil risiko.

 

Yamaha Jupiter Z1

*DP mulai dari

 

Modifikasi Jupiter Z Jari-Jari

Modifikasi Jupiter Z Jari-Jari

kamu juga dapat mengubah Yamaha Jupiter Z dengan gaya desain Jari-Jari. Bagian terutama yang perlu diganti adalah velg motor. Memilih salah satu dari beberapa pilihan model jari-jari yang tersedia di pasar saat ini dapat mengubah tampilan motor.

Untuk satu pasang velg Yamaha Jupiter Z, harga rata-rata masih di bawah satu juta rupiah. Di sini, kamu sudah mendapatkan paket velg lengkap dengan jeruji dan tromol. Produsen velg dengan harga yang lebih terjangkau juga ada banyak. Namun, jika ingin menggunakan velg yang lebih mahal pun tidak masalah.

 

Modifikasi Jupiter Z Racing

Modifikasi Jupiter Z Racing

Apakah kamu suka mengajak motor untuk melaju cepat di jalanan? kamu dapat memodifikasi motor Jupiter Z dengan konsep racing. Caranya sangat simpel, antara lain mengganti knalpot supaya mengeluarkan suara yang lebih gahar. Selain itu, kamu juga perlu mengubah ban dengan ukuran yang lebih besar. Dengan perubahan ini, tampilan Jupiter Z akan lebih sporty.

Pada tahap modifikasi ini, kamu pun bisa mengubah bagian jok menjadi single seater serta menggunakan lampu projector. Dengan demikian, kesan racing pada motor akan terasa lebih jelas. Bukan hanya itu, fungsinya pun ada, yaitu untuk menambah kenyamanan pengendara saat melaju.

 

Modifikasi Jupiter Z Ceper

Modifikasi Jupiter Z Ceper

Model modifikasi lainnya yang perlu kamu coba adalah model ceper. Salah satu ciri utamanya adalah penggunaan ban cacing yang sangat tipis. Karena kondisi tersebut, ban cacing tidak disarankan untuk digunakan pada aktivitas harian. Namun, untuk keperluan kontes, modifikasi Jupiter Z dengan gaya ceper ini terlihat unik.

 

Modifikasi Jupiter Z Airbrush

Modifikasi Jupiter Z Airbrush

Bagi kamu yang menyukai warna-warna cerah dan beragam serta tampilan yang estetis, cobalah pilih teknik modifikasi Airbrush. Dengan modifikasi ini, kamu akan mendapatkan motor yang sangat menarik perhatian. Biasanya kualitas grafis pada gaya Airbrush ini sangat detail dan penuh arti.

Karena membuatnya tidak mudah, pantas saja jika modifikasi Airbrush dihargai cukup mahal, yaitu dua juta rupiah. Semakin rumit desain yang akan dikerjakan, tentu biayanya semakin mahal. Namun, karena Airbrush ini mengubah cat motor secara permanen, kamu harus memperhitungkan dengan baik. Pasalnya, jika motor akan dijual kembali, belum tentu orang lain menyukai ide desain tersebut.

 

Yamaha Vega Force

*DP mulai dari

 

Modifikasi Jupiter Z Thailook

Modifikasi Jupiter Z Thailook

Bagi kamu yang menggemari gaya Thailook Style pada motor, dapat diterapkan juga pada Jupiter Z. Hasil modifikasi ini identik dengan ban motor yang sangat ramping yang disebut ban cacing. Ban jenis ini dianggap sangat cocok untuk tampilan motor yang dimodifikasi ala Thailook Style.

Dari segi warnanya, Thailook Style tidak jauh berbeda dengan Airbrush. Sebagian besar bodi motor pun turut mengalami perubahan warna dan desain. Bagi yang berkarakter simpel, model ini mungkin tidak terlalu cocok. Jadi, kamu harus terlebih dahulu memastikannya.

Mengubah motor Jupiter Z menjadi lebih sesuai dengan harapan memang tidak mudah. Dibutuhkan juga biaya yang cukup besar untuk menambahkan aksesori atau mengganti komponen sehingga hasil modifikasi lebih jelas.

Namun, bagi kamu penggemar motor modifikasi, menggunakan Jupiter Z untuk berkreasi merupakan salah satu keputusan yang tepat. Nah, kamu pun dapat mencoba salah satu dari sejumlah pilihan modifikasi Jupiter Z yang baru saja diulas.

 

Baca Juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *