by

6 Cara Modif Motor Jupiter Z Agar Tampil Keren

Modif Motor Jupiter Z – Anak zaman sekarang mungkin tidak tahu Jupiter Z. Motor ini memang sudah tidak lagi diproduksi, berganti nama jadi Jupiter Z1. Masa baktinya ada di kisaran tahun 2003 hingga 2012.

Ketika itu, Yamaha Jupiter Z sangatlah populer. Bahkan dikenal sebagai motor bebek dengan performa yang mantap. Tidak jarang banyak konsumen menggunakannya untuk turun di ajang balap.

Kini meski tidak dijual dalam kondisi baru, ada saja pecinta roda dua yang tetap menyukai Jupiter Z. Alasannya motor bebek ini mudah untuk dimodifikasi. Selain itu, harga bekasnya juga terbilang murah.

Hanya saja persoalan datang dari cara modif motor Jupiter Z. Beberapa melakukannya sembarangan, sehingga hasil modifikasi tidak terlalu bagus. Hal ini biasa terjadi karena terbatasnya dana dan tidak jarang minim referensi.

Supaya tidak hasil modifikasi kamu tidak buruk rupa. Ada baiknya perhatikan enam cara modif motor Jupiter Z berikut ini:

1. Modif Motor Jupiter Z Ala Road Race

Modif motor jupiter Z racing
Konsep racing yang bisa diaplikasikan pada Yamaha Jupiter Z

Car modif motor Jupiter Z yang pertama adalah ala road race. Tidak sulit dan makan biaya yang juga relatif terjangkau. Apalagi motor bebek andalan Yamaha ini sejatinya sudah memiliki desain yang sportif. 

Fokus modifikasi bisa dimulai dari bagian kaki-kaki. Misal dengan menempatkan ukuran ban lebih lebar dua tingkat di belakang dan satu tingkat di depan dibanding standarnya. Pakai juga pola tapak yang mendekati model ban balap.  Kemudian perbesar ukuran cakram.

Umumnya para modifikator Jupiter Z ala Road Race ini menggunakan suspensi tabung. Kamu bisa pilih merek Ride It, KTC, dan Yoko. Harganya mulai Rp300 ribuan. Fungsi suspensi tabung untuk menjaga kestabilan motor lebih baik, ketika berakselerasi dengan kecepatan tinggi.

Tema modif road race, sentuhan ubahan lebih kepada sektor mesin, ketimbang dari sisi desain. Ubahan paling terasa pada penggunaan knalpot yang memiliki suara yang lebih besar.

Kemudian untuk area setang bisa dibuat lebih menekuk ala motor balap. Lalu pijakan kaki juga dapat diletakkan agak ke belakang supaya posisi badan lebih menunduk.

Mesin pun biasanya sudah di bore-up, agar kinerja dan juga tenaga lebih optimal. Oleh karena itu, untuk melakukan modifikasi ini perlu dilakukan oleh para profesional yang sudah memahami sektor mesin pada sepeda motor.

Copot pula komponen yang tidak perlu, seperti sepatbor belakang, spion, behel belakang, dan lain-lain. Hal ini dilakukan untuk kesesuaian dengan tema road race. Apalagi tujuannya buat pameran. Hanya saja memang, ketika dipakai di jalan raya, semua kelengkapan tersebut perlu dikenakan kembali. 

Baca juga  Motor Bebek, Sport, Matic, Enak Mana Buat Sehari-hari?

Tidak lupa bagian knalpot ikut direvisi. Sebaiknya gunakan komponen aftermarket supaya suaranya lebih gahar. Begitu pula performanya pasti akan mengikuti jadi lebih mantap.

Usahakan ketika melakukan modifikasi motor Jupiter Z dalam hal performa, pilih teknisi yang benar-benar mantap. Jangan sampai asal-asalan. Supaya hasilnya pun awet.

2. Modif Motor Yamaha Jupiter Z dengan Tema Harian

modif motor yamaha jupiter z
Sederhana namun tetap nyaman, itulah kunci modif motor Jupiter Z untuk harian

Cara modif motor Jupiter Z selanjutnya lebih sederhana lagi. Tampilannya bisa dibuat sederhana, lantaran penggunaan untuk harian. Modifikasi dengan cara simpel juga lumayan banyak digandrungi masyarakat, terutama buat kamu yang tidak terlalu suka jadi pusat perhatian.

Untuk modifikasi simple, biasanya yang mendapatkan sentuhan baru hanya sebatas penggantian cat pada motor, sehingga menjadi lebih sesuai keinginan. Misal kamu bisa terapkan tema cat layaknya motor MotoGP tunggangan Valentino Rossi. 

Selain itu kamu dipersilakan untuk upgrade suspensi. Tujuannya bukan ke tampilan tapi lebih soal rasa berkendara yang nyaman. Lalu suku cadang lainnya seperti spion, knalpot, jok motor dan lainnya juga dapat disesuaikan.

Contoh kamu ingin tema warna biru, bisa ganti semua komponen tersebut dengan warna senada. Kemudian ada baiknya ganti ban dengan ukuran lebih lebar satu tingkat. Tujuannya supaya berkendara semakin nyaman saat melewati jalan bergelombang.

Modifikasi motor Jupiter Z untuk harian pun dapat merambah ke sektor jok. Paling mudah adalah menambah busa supaya duduk semakin nyaman. Selain itu, kamu juga dapat memberi sandaran untuk bokong agar tubuh tidak mudah lelah ketika melewati perjalanan jauh.

3. Restorasi Jadi Tema Modif Motor Jupiter Z yang Menarik

modif motor jupiter z
Kesulitan dari restorasi adalah mencari komponen asli yang sesuai dengan zamannya

Modif motor Jupiter Z bertemakan restorasi terfokus pada nilai orisinalitas dari motor yang kamu punya. Biasanya biaya yang dikeluarkan pun tak terlalu mahal. Karena ini tidak merubah apa-apa, hanya mengembalikan ke wujud asli.

Kendala dari restorasi, sulit mencari komponen asli. Lalu kamu juga perlu tahu sejarah Yamaha Jupiter Z terlebih dulu. Misal ada tiga macam Jupiter Z yang dihadirkan pabrikan garpu tala di Indonesia: Jupiter Z (2003 – 2006), Jupiter Z Burung Hantu (2006 – 2009), dan Jupiter Z Robot (2009 – 2012).

Dari ketiganya, paling populer di zamannya adalah dua model Jupiter Z awal. Kenapa? Jupiter Z Robot desainnya sudah tidak manis lagi, terlalu kaku. Lalu soal mesin juga telah mengalami revisi. Jadi kalau mau restorasi sebaiknya dua model awal saja.

Setelah menentukan, langkah selanjutnya buat motor jadi kembali seperti baru. Mulailah dari membersihkan seluruh komponen, kalau ada yang hilang, carilah di forum jual beli. Jangan lupa tempelkan stiker bodi sesuai dengan zamannya.

Baca juga  5 Konsep Modifikasi Supra X-125, Mana Pilihanmu?

Buat part yang menggunakan chrome, kamu bisa lapis ulang. Kemudian untuk mesin dapat lakukan sand blasting supaya tampil mengilap kembali. Lalu supaya terlihat baru keluar dari dealer, bungkus beberapa komponen dengan plastik, terutama untuk sektor jok.

Pasti hasil restorasi Yamaha Jupiter Z bakal sangat menarik. Istimewa bukan?

Spesifikasi Yamaha Jupiter Z (2003-2009)

Mesin

110,3 cc

PXLXT

1.910 x 680 x 1.045 mm

Ukuran Roda

70-90/17 inci di depan dan 80/90-17 inci di belakang

Rem

Cakram di depan dan tromol di belakang

Suspensi

Teleskopik di depan dan jenis ganda di belakang

4. Ganti Pelek dengan Model Jari-Jari

Penggunaan pelek jari-jari

Sebenarnya cara modif motor Jupiter Z dengan mengganti pelek jari-jari adalah yang paling umum. Kenapa? Modifikasi menggunakan pelek jari-jari termasuk modif yang mudah dan tidak merepotkan. Lebih penting lagi, tidak terlalu memakan banyak biaya.

Tak hanya sebatas mudah saja, namun modifikasi ini nyatanya mampu menunjang tampilan semakin terasa menarik. Selain itu, kamu bisa memilih pelek motor jari-jari yang banyak di produksi oleh brand ternama.

Bukannya Jupiter Z lawas sudah pakai pelek jari-jari? Memang benar, ada beberapa yang dijual dengan pelek tersebut. Hanya saja untuk modifikasi, kamu bisa pakai desain berbeda. Misal pelek jari-jari warna emas, biru, dan lain-lain.

Tingkat kerapatan jari-jari juga jadi pembeda selanjutnya. Salah satu yang perlu diperhatikan, jangan pilih ukuran pelek terlalu kecil. Efeknya nanti bisa mengurangi rasa kenyamanan berkendara. Lantaran pelek kecil, ukuran ban juga jadi ramping. Alhasil cengkeraman ban ke aspal jadi kurang kuat.

Bila berminat modif pelek dengan model jari-jari, bujet yang kamu harus keluarkan tak terlalu besar. Kira-kira masih di bawah Rp 1 jutaan per pasang. 

5. Airbrush Bisa Jadi Solusi Untuk Modifikasi Warna Bodi

Airbrush modif Jupiter Z

Dalam dunia modifikasi, salah satu yang cukup digandrungi adalah pengecatan airbrush. Hal ini mampu mendongrak tampilan modif motor Jupiter Z kesayanganmu jadi semakin terasa istimewa.

Jika berniat untuk airbrush, setidaknya kamu harus menyiapkan dana yang lumayan besar. Terlebih jika pengecatan airbrush meliputi seluruh bodi.

Namun jika kamu tetap ingin mengubah motor Jupiter Z milik kamu menjadi gaya airbrush, itu tidak akan jadi masalah. Pasti jika kamu menginginkannya sudah pasti kamu punya dana yang cukup.

Tak hanya membutuhkan dana yang besar, namun modif bertemakan airbrush pada motor Jupiter Z biasanya membutuhkan waktu yang lama, karena pengerjaannya memiliki tingkat kerumitan yang tinggi.

Sebelum jauh melangkah untuk memutuskan airbrush, kamu harus menyiapkan konsep warna dan gambar yang sesuai keinginan. Hal ini menutut kreativitas dan imajinasi yang sangat tinggi.

Baca juga  3 Cara Upgrade CVT Mio M3, Akselerasi Semakin Cepat!

Cari juga orang yang sudah andal untuk melakukan modifikasi terutama dalam bidang airbrush. Sehingga akan meminimalisir tingkat kesalahan dan tidak membuang-buang uang yang terlalu besar dikemudian hari.

6. Jupiter Z Thailook, Konsep Modif Motor yang Masih Digandrungi

Modif thailook style

Ciri khas dalam modif motor Jupiter  ala Thailook adalah penggunaan ban motor berukuran kecil dan pelek jari-jari. Pun begitu, kamu wajib mempertimbangkan risiko yang bisa kamu hadapi.

Pasalnya, penggunaan ban kecil membuat kamu jadi tidak bisa bebas berkeliaran begitu saja dijalanan. Di mana penggunaan ban kecil, melanggar aturan lalu lintas yang berlaku di Indonesia.

Tapi tidak perlu khawatir, kamu bisa menggunakannya ketika hanya untuk kebutuhan kontes atau atau pertemuan komunitas motor, dan juga berkeliling rumah saja. Pasalnya, penggunaan ban kecil dapat membahayakan keselamatanmu.

Satu lagi yang perlu diperhatikan dari modifikasi motor Jupiter Z ala Thailook, pewarnaan bodi harus mentereng. Kamu bisa pilih cat hijau, kuning, dan merah. Pokoknya wajib cerah, bahkan sedikit norak.

Walau norak, namun bukan berarti modifikasi motor Jupiter Z Thailook terbilang murah. Pasalnya banyak modifikator yang justru menggunakan komponen aftermarket ala sultan di gaya ini. Sebut saja merek Ohlins, Akraporvic, Brembo, dan sebagainya.

Tips Modif Motor Jupiter Z

modif motor jupiter z
Dalam memodifikasi motor, kamu juga perlu paham tentang ukuran ban. Jangan sampai kekecilan, lantaran bisa membahayakan saat berkendara

Demikianlah sejumlah refrensi modif motor Jupiter Z yang mungkin bisa kamu aplikasikan. Secara tampilan tentunya dapat memuaskan hasrat dan keinginanmu.

Pasca menyimak seluruh konsep dan cara modifikasi motor Jupiter Z di atas, apakah menimbulkan keinginan hasrat untuk modif sendiri tungganganmu?

Semoga seluruh informasi di atas dapat bermanfaat buat kamu. Sebagai catatan, dengan memodifikasi kendaraan memerlukan bujet yang tentunya perlu kalian persiapkan.

Selain itu, sejumlah modifikasi pun dapat menurunkan nilai jual kembali motor yang kamu punya. Alangkah baiknya, jika kamu memodifikasi dengan cara yang simpel.

Setidaknya pertimbangan terpenting selain menunjang tampilan adalah faktor kenyamanan dan keselamatan yang perlu diutamakan. Misal jangan gunakan ban terlalu kecil. Lalu komponen seperti spion, lampu, dan speedometer perlu hadir.

Jangan sampai setelah di modifikasi, justru menimbulkan rasa takut melanggar aturan. Alhasil modifikasi yang kamu lakukan jadi mubazir. Kamu hanya bisa melihatnya saja, namun kamu tidak bisa gunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Baca juga:

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

Terbaru