3 Cara Velg Jari-jari Bisa Pakai Ban Tubeless

Velg Jari-Jari Pakai Ban Tubeless – Velg merupakan salah satu part yang bisa bikin motor makin kece. Salah satu velg yang digemari banyak riders adalah velg jari-jari. Kenapa?

Velg jari-jari memang terbukti bisa membuat tampilan motor makin kinclong. Selain itu, harganya reltif murah dan punya kelenturan yang baik ketika melewati jalan rusak.

Sebenarnya, ban tubeless kurang cocok dengan velg jari-jari. Ini karena konstruksinya memiliki celah di antara jeruji dan lingkar velg. Meski demikian, sangat banyak pengendara motor yang menginginkan untuk memasang velg jari-jari pada ban tubelessnya.

Jika dilakukan secara benar, maka bukan tidak mungkin velg jari-jari pakai ban tubeless. Prinsip untuk memasang velg jari-jari pada ban tubeless sebenarnya sederhana. Buat udara di dalam tidak keluar.

Berbeda dengan velg casting yang tidak memiliki rongga, velg jari-jari justru sangat berongga. Udara bisa langsung keluar kalau dikombinasikan dengan ban tubeless..

Apa sih yang harus dilakukan jika ingin velg jari-jari pakai ban tubeless? Berikut ini adalah beberapa langkah yan bisa dicoba:

1. Gunakan Lem Silikon atau Sealant untuk Aplikasikan Velg jari-Jari Pakai Ban Tubless

pelek jari-jari pakai ban tubeless
Tempelkan selaant di antara lubang jari-jari, supaya udara tidak mudah keluar

Lem silikon atau sealant merupakan bahan yang dapat melekat ke dua permukaan dan mengisi ruang di antara dua permukaan tersebut sebagai pembatas atau lapisan pelindung. Sealant digunakan untuk mengisi celah, ketahanan atau mengakomodasi gerakan antara substrat, dan menjaga air atau udara keluar.

Komponen untuk Pasangkan Velg Jari-Jari Pakai Ban Tubeless

  • Velg jari-jari
  • Lem Silikon atau sealant
  • Alat untuk meratakan
  • Hair dryer
  • Pentil dan ban tubeless

Aplikasikan sealant secara merata, menutup lubang di jeruji. Pastikan pula lubang pentil tidak tertutup oleh lem. Setelah itu keringkan menggunakan hair dryer. Setelah itu dilakukan, kamu pun siap pasangkan velg jari-jari pakai tubeless.

Agar udara tidak bocor disarankan untuk tetap menggunakan cairan anti bocor ke dalam ban. Ini untuk mengantisipasi apabila ada lem yang terkelupas langsung tertutup oleh cairan ini.

2. Gunakan Ban Dalam

Tetap gunakan ban dalam, meski pakai ban tubeless, merupakan solusi termudah!

Pakai ban dalam untuk motor matic yang lingkarnya 14 inci. Ini akan jadi lebih kuat. Fungsi ban dalam ini sama dengan lem yang akan menutupi lubang setelan jari-jari. Trik ini bisa dilakukan jika kamu menggunakan velg ukuran 17 inci atau lebih.

Caranya adalah potong bagian tengah ban dalam motor matic sampai berbentuk melebar. Setelah itu masukkan ban tersebut ke velg jari-jari. Lingkar ban dalam matic yang lebih kecil ini akan secara otomatis menutup rapat lubang jari-jari. Karena itu bisa dipasangkan ban tubeless.

Untuk pentil jangan menggunakan pentil ban tubeless, tetap gunakan pentil ban dalam matic. Saat akan memasang ban luar, biarkan ban dalam keluar bagian velg. Ini akan membuatnya jadi lebih kuat karena terjepit dinding ban luar. Setelah itu baru rapikan atau potong bagian ban dalam yang keluar velg.

Jika tertarik mencoba cara ini jangan kaget jika agak sedikit sulit untuk memasang ban luar. Ini karena ada ban dalam matic yang sedikit mengganjal. Tapi cara ini akan membuat ban tubeless tidak mudah bocor dan jadi bisa dipasang velg jari-jari.

Baca juga:

3. Pakai Manset

Velg jari-jari pakai ban tubeless
Manset letaknya di dalam velg, berguna meraptkan rongga di jari-jari

Manset merupakan karet khusus yang digunakan untuk menutup jeruji di balik velg jari-jari dan serbuk karet untuk menutup celah pada velg yang sudah berkarat. Ini bisa dibeli di toko ban sekaligus proses pemasangannya. Cara tersebut tentu akan jauh lebih praktis. Namun, jika ingin mencoba memasang sendiri pun juga bisa. Beli manset dan ban tubeless lalu coba pasang sendiri.

Manset untuk velg jari-jari tersedia dalam beberapa ukuran. Ada mulai dari ukuran 14, 17 dan 18 inci. Harganya pun cukup terjangkau. Biasanya manset ini dibanderol dengan harga Rp 20 ribuan saja.

Cara kerja manset ini sebenarnya mirip dengan trik kedua. Namun, ini bisa jadi lebih praktis dan mudah.

Tips Agar Ban Tubeless Awet

Ban yang satu ini memang jadi pilihan banyak pengendara. Agar ban tubeless awet ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah rajin mengecek tekanan udara. Jika ingin ban awet dan tahan lama harus rajin cek angin.

Perhatikan juga beban yang dibawa sepeda motor. Bila terlalu sering membawa beban yang berat maka ini akan berpengaruh terhadap usia pakai ban tubeless.

Sekian tips dan trik soal velg jari-jari pakai ban tubeless. Semoga bermanfaat. Buat kamu yang sudah berhasil, jangan lupa tulis pengalamannya di kolom komentar ya!

Share this!

Baghendra Lodra

Jurnalis otomotif sejak 2012. Spesialisasinya sebagai reviewer motor dan mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *