by

Modifikasi Motor Japstyle Ini Bisa Jadi Inspirasi

Modifikasi Motor Japstyle – Guna mendapatkan tampilan motor yang keren, modifikasi menjadi hal yang lumrah dilakukan. Salah satunya dengan mengaplikasikan gaya japstyle.

Japstyle merupakan salah satu aliran modifikasi yang kini tengah naik daun. Desain sederhana, pas untuk ditunggangi sehari-hari, dan murah. menjadi alasan banyak orang mengadopsinya.

Kalau Anda tertarik, coba simak sejarah motor japstyle hingga contoh modifikasinya berikut ini:

Sejarah Aliran Modifikasi Motor Japstyle

modifikasi motor japstyle
Pelopornya adalah rumah modifikasi Brat Sytle di Jepang

Japstyle merupakan singkatan dari Japanese Style. Dari namanya Anda bisa menebak bila aliran modifikasi ini berasal dari Negeri Sakura. Sebenarnya, di Jepang sendiri modifikasi ala japstyle sudah ada sejak tahun 1980-an.

Hanya saja, pada saat itu belum terkenal nama japstyle. Seiring berjalannya waktu, di awal 1990 berdiri sebuah bengkel khusus modifikasi motor bernama Brat Style yang berlokasi di Saitama, Jepang.

Bengkel ini kemudian menghasilkan gaya modifikasi baru yang dikenal sebagai japstyle. Seperti apa ciri khas dari aliran japstyle?

Model motor japstyle identik dengan nuansa retro dengan ciri-ciri bagian tangkinya dibuat tampak kecil, minim sepatbor, menggunakan setang semi hanger, lampu depan dan belakang yang mungil, jok tipis bergaya single seater, rangka belakangnya terekspos, serta menggunakan ban berukuran besar.

Baca juga  5 Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Mempercantik Tampilan Motor

Di Indonesia, aliran modifikasi japstyle telah dikenal sejak tahun 2004. Pada saat itu, Yasashii Garage menjadi salah satu pelopor yang mengenalkan aliran japstyle. Mereka terinspirasi dari majalah modifikasi motor yang dibawa dari Jepang.

Baca juga:

Contoh Modifikasi Motor Japstyle

1. Yamaha Scorpio bergaya japstyle

modifikasi motor japstyle
Scorpio seperti ini bisa habis biaya modifikasi Rp12 jutaan

Bagi yang masih memiliki Yamaha Scorpio, Anda bisa mengubah tampilannya dengan modifikasi gaya motor japstyle. Tidak sulit untuk mengaplikasikannya.

Supaya kesan retro terlihat, bagian swing arm bawaan yang berbentuk kotak sebaiknya diganti. Pakai produk custom dengan model bulat seperti pipa. Tidak lupa suspensi monoshock diubah jadi bergaya ganda.

Bagian lain seperti ban juga diganti dengan ukuran lebar. Anda dapat coba merek Zeneos ukuran 120/80 untuk ban depan dan 140/80 untuk ban belakang.

Bagian jok, spatbor, dan tangki juga menggunakan produk custom. Sedangkan bagian sein, speedometer, spion, headlamp, dan stop lamp menggunakan produk aftermarket.

Untuk melakukan modifikasi ini, total biaya yang dikeluarkan bisa mencapai 12 juta rupiah. Tertarik untuk mencoba?

Baca juga  6 Cara Modif Motor Jupiter Z Agar Tampil Keren

2. Honda Mega Pro tampil fresh dengan tampilan Japstyle

modifikasi motor japstyle
ilustrasi Honda Mega Pro jadi gaya japtsyle

Modifikasi motor japstyle dari Honda Mega Pro sangat mudah diwujudkan. Kamu cukup ganti tangki dengan milik CB Glatik jadul agar lebih sinkron. Sebelumnya, tangki telah dipoles ulang untuk menghasilkan tampilan yang berbeda.

Bagian kaki-kaki, termasuk swing arm pun turut diganti dengan produk custom. Sementara itu, ban Honda Mega Pro kemudian diubah dengan Swallow Enduro 110/80-17 dan 120/80-17.

Bagian pelek menggunakan merek apa saja. Salah satu yang direkomendasikan adalah V Rossi 3,00 x 17. Knalpot juga boleh diganti dengan produk custom. Kemudian kalau mau bantingan lebih berkualitas, suspensi belakang diubah pakai merek Ride It.

3. Honda Tiger Revo ala motor Japstyle

ilustrasi japstyle
Ilustrasi Honda Tiger Revo Japstyle

Meski Honda Tiger Revo tidak lagi diproduksi, Anda yang memilikinya bisa menyulap motor ini menjadi lebih unik dengan mengaplikasikan aliran japstyle. Guna mendapatkan tampilan berbeda, langkah pertama yang dilakukan adalah mengubah rangka bawaan dengan produk custom agar tampilan lebih kece.

Untuk menciptakan kesan kekar, bagian suspensi depan Anda bisa menggunakan model upside down. Sementara itu, bagian pelek menggunakan V Rossi berukuran 17×3,00 dengan ban 400-17 di bagian depan serta ukuran 17×3,50 dengan ban 450-17 di bagian belakang. Pada bagian tangki bensin dikustom dengan bahan Galvalum Steel untuk mendapatkan tampilan yang keren.

Baca juga  Modifikasi Kawasaki D Tracker 150 Demi Up-grade Performanya

Bagaimana? Tertarik untuk melakukan modifikasi motor japstyle? Untuk mewujudkannya, silakan mendatangi bengkel terdekat untuk mengubah tampilan motor. Sebelum itu, Anda bisa mencari part yang sesuai dengan kebutuhan.

Satu lagi, terkait modifikasi kendaraan, jangan lupa pahami terlebih dahulu aturan dan batasannya agar terhindar dari surat tilang kepolisian. Informasi lebih lengkap seputar aturan modifikasi kendaraan bermotor, Anda bisa mempelajari Undang-Undang No.22 Tahun 2009 Pasal 52 ayat (3).

Terbaru