by

5 Penyebab Lampu Motor Mati, Berikut Solusinya!

Ada sejumlah faktor yang jadi penyebab lampu motor mati, secara tiba-tiba. Padahal pada penggunaan sebelumnya, kalian rasa lampu kendaraan  masih dalam kondisi hidup.

Tentunya kondisi ini akan sedikit merepotkan kalian, apalagi jika sedang berkendara di jarak jauh. Fungsi utama lampu merupakan sumber cahaya saat berkendara, baik di siang maupun malam hari.

Oleh karena itu, lampu depan, sein, dan lampu belakang perlu mendapatkan perhatian ekstra dari kalian. Sebelum maupun sesudah melakukan perjalanan.

Pasalnya tanpa lampu tentu akan merepotkan kalian saat berkendara, dan juga dapat melanggar aturan lalu lintas yang berlaku di Indonesia. Oleh karena itu, sebaiknya kalian mengetahui sejak dini apa saja yang mungkin jadi penyebab lampu motor mati.

Supaya ketika hal itu terjadi, kalian bisa segera mengatasi dan juga tidak panik. Mengingat masalah lampu motor mati, sejatinya bisa diatasi dengan mudah.

Jika lampu rusak atau kurang terang, dapat menggangu penerangan saat berkendara dan kamu bisa diganjar tilang oleh pihak Kepolisian. Maka dari itu, penting rasanya setiap pengendara mengetahui cara ampuh mengatasi lampu redup atau sering putus.

Umumnya penyebab utama lampu motor mati atau redup ialah terjadi gangguan pada sistem kelistrikan sepeda motor kalian. Ada sejumlah komponen yang berpengaruh besar pada sistem kelistrikan motor, seperti stator comp atau spull, rectifier regulator atau kiprok, wire harness atau kabel bodi dan baterai atau accu perlu menjadi perhatian.

Setidaknya ada lima masalah yang jadi penyebab lampu motor mati yang perlu kalian ketahui. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan ini sampai habis:

Baca juga  10 Cara Mengkilapkan Body Motor, Bisa Coba di Rumah

1. Relay Jadi Penyebab Lampu Motor Mati

Relay berpotensi jadi penyebab lampu motor mati
Relay berpotensi jadi penyebab lampu motor mati

Ketika relay bermasalah, dapat jadi penyebab lampu motor mati. Gejala awalnya mungkin kalian akan menemukan lampu depan motor akan terlihat redup.

Saat mendapati kondisi itu, kalian wajib untuk melakukan pengecekan pada bagian relay atau sekring satu jalur dengan lampu utama. Ketika sekring atau relay kotor, karatan, atau termakan usia.

Biasanya hal ini dapat menyebabkan lampu motor mati. Bahkan bisa berdampak kepada sistem kelistrikan lainnya.

Untuk itu, ketika kalian mendapati lampu motor mati. Mungkin langkah awalnya kalian bisa melakukan pengecekan pada bagian relay, Sob!

2. Socket Lampu Motor

Soket lampu bermasalah jadi penyebab lampu motor mati
Soket lampu bermasalah jadi penyebab lampu motor mati

Penyebab lampu motor mati berikutnya bisa disebabkan oleh kondisi socket lampu motor yang sudah longgar atau mungkin copot. Ketika hal ini menimpa sepeda motor kesayangan kalian.

Cara memperbaikinya adalah dengna melakukan pengecekan jalur kabel dan socket yang mengarah ke lampu utama motor.

Kalian perlu sedikit teliti melihat bagian ini, pasalnya socket biasanya terbuat dari bahan plastik dan berpotensi mengalami kelonggaran dudukan, sehingga tidak terhubung dengan sempurna pada kabel lampu.

Saat melakukan perbaikan, perhatikan juga posisi dudukan socket, apakah sudah benar atau masih longgar. Jika di rasa kurang pas, karena dapat mengakibatkan lampu tidak akan menyala seperti semula.

3. Aki Motor Lemah atau Soak

cara merawat aki kering motor
Aki motor soak, menjadi penyebab lampu motor mati

Aki motor yang soak dapat jadi penyebab lampu motor mati. Karena tugas utama aki sebagai sumber kelistrikan di kendaraan, ketika bermasalah dapat mempengaruhi lampu dan perangkat lainnya.

Baca juga  Merawat Motor Lebih Mudah Bersama Moladin

Gejala awal aki motor mulai lemah, biasanya mengakibatkan lampu motor kalian terasa redup. Ketika hal ini terjadi, untuk jenis aki kering sejatinya kalian bisa melakukan pengecasan di bengkel accu terdekat dari rumah kalian. Namun ketika benar-benar habis, segera lakukan penggantian.

Namun jika menggunakan aki basah, sebaiknya melakukan penggantian dengan yang baru. Karena tidak akan bertahan dalam waktu yang lama.

Guna mencegah hal ini terjadi, sebaiknya lakukan pengecekan aki secara berkala. Jangan sampai aki tekor, karena dapat mengganggu performa kendaraan kalian. Khususnya yang sudah menggunakan mesin injeksi.

4. Kabel-Kabel Motor Mengalami Masalah

penyebab motor mati saat hujan
Kabel-kabel yang mengalami gangguan bisa berpotensi penyebab lampu motor mati

Menurut pengalaman Moladin, penyebab lampu motor mati bisa disebabkan oleh kabel-kabel yang mengalami masalah. Apalagi jika motor yang kalian gunakan sudah di modifikasi.

Kendala ini mungkin bisa terjadi pada kendaraan kamu. Biasa terjadi mekanik lalai melakukan pemasangan kabel dengan tepat. Untuk itu, kalian sebagai pemilik kendaraan perlu teliti.

Banyak temuan lampu motor awalnya redup, karena pemasangan kabel yang tidak sesuai pada posisinya. Oleh karena itu, untuk kalian yang memodifikasi lampu, cek juga sistem kelistrikan kendaraan kamu.

5. Kiprok Alami Kerusakan

Kiprok motor
Cek kiprok motor, karena bisa jadi penyebab lampu motor mati

Kerusakan pada kiprok atau rectifier regulator jadi penyebab lampu motor mati. Kiprok yang rusak dapat kalian deteksi, jika lampu sering mati saat digunakan.

Baca juga  Cuci Doang Nggak Cukup! Motor Kembali Tampan dengan Modal Ceban.

Terutama saat motor digas pada rpm tinggi lampu akan langsung mati. Selain itu, jika rectifier sudah rusak akan berdampak pada kerusakan pada komponen penyimpan energi listrik pada kendaraan. Meskipun, akumulator baru saja diganti atau usianya belum begitu lama.

Parulian Hutagaol, selaku Pemilik Bengkel Torang Jaya menjelaskan, fungsi utama kiprok bertugas sebagai penstabil arus dan tegangan dari mesin sebelum masuk ke aki.

“Kalau kiprok bermasalah mempengaruhi kelistrikan motor. Karena kiprok bertugas sebagai penyearah atau pengubah arus dari spull dari arus AC diubah menjadi arus DC dan masuk ke aki,” beber Parulian.

Dampaknya, tambah Parulian, saat rectifier regulator mengalami kendala, pastinya mempengaruhi arus yang keluar ke kelistrikan yang jadi tidak sempurna. Kendala ini biasanya ditandai dengan lampu utama yang sering mati, terutama ketika motor di gas tinggi.

“Umumnya itu, kalau kiprok sudah mulai lemah apalagi rusak. Bisa menyebabkan aki cepat rusak atau soak. Karena kelebihan arus dan juga saat motor digas tinggi lampu langsung putus,” imbuhnya.

Nah, saat kamu mendapati gejala itu, sebaiknya langsung bawa motor ke bengkel untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Semoga informasi mengenai penyebab lampu motor mati ini dapat bermanfaat.

Baca juga:

Terbaru