by

7 Mobil Sport Murah yang Dijual di Indonesia

Kamu menginginkan mobil sport murah? Tentu pilihannya tidak banyak. Lagi pula, kata murah sungguh perlu mendapat penekanan lebih.

Jangan pernah berpikir, kendaraan jenis ini bisa semurah low cost green car (LCGC) yang dipatok Rp 100 jutaan. Itu namanya mimpi. Buat sports car, murah sudah pasti di atas Rp 700 jutaan. Hal tersebut wajar, lantaran potensinya.

Mobil sport adalah kendaraan istimewa buat kamu yang suka berada di balik kemudi. Ciri khasnya punya mesin berperforma tinggi, serta rasa berkendara menyenangkan layaknya mobil balap. Hanya saja untuk sports car, ada tambahan berbagai fitur kenyamanan ala mobil mewah.

Lewat tulisan ini, kami bakal kasih rekomendasi 7 mobil sport murah yang dijual di Indonesia. Penasaran apa saja pilihannya? Simak bahasan berikut:

1. Toyota 86

mobil sport murah
Harga Toyota 86 cuma Rp 700 jutaan, sangat terjangkau untuk sebuah mobil sport

Rekomendasi mobil sport murah yang pertama adalah Toyota 86. Kendaraan dengan mesin 2.0 liter dengan konfigurasi 4 silinder boxer tersebut dijual mulai Rp 775,75 juta (OTR Jakarta).

Soal performa, tidak perlu diragukan. Mesin Toyota 86 bisa memuntahkan torsi hingga 205 Nm pada 6.600 rpm dan tenaga maksimal 200 PS pada 7.000 rpm. Tersedia pilihan transmisi 6-percepatan manual dan otomatis sebagai padanannya.

Kemudian untuk tampilan, mobil Toyota ini sangat aerodinamis. Punya pusat gravitasi rendah, serta berbagai komponen pembelah angin khususnya untuk varian termahal atau TRD.

Bicara kenyamanan, masuk ke dalam kabin terasa seperti berada di mobil mewah. Ada head unit layar sentuh berukuran besar, audio steering switch, cruise control, dan panel instrumen kombinasi analog serta TFT.

Sebenarnya Toyota juga menjual mobil sport lain yaitu Supra GR. Hanya saja banderolnya jauh lebih mahal dari 86. Mobil tersebut dipasarkan Rp 2 miliar. Cukup fantastis memang, lantaran jantung meknis yang dipakai juga lebih besar.

2. Mazda MX-5 RF

mazda mx-5 miata
Pabrikan asal Jepang memang dikenal paling hebat membuat mobil sport murah dengan kapasitas mesin mungil, seperti Mazda MX-5 RF ini

Salah satu pilihan mobil sport murah yaitu Mazda MX-5 RF yang dijual Rp 808,5 juta (OTR Jakarta). Walau banderolnya terjangkau, tapi performa mesinnya sungguh mengagumkan. Di atas kertas pakai kubikasi 2.0 liter Skyactiv-G, empat silinder, DOHC.

Mesin tersebut bisa memuntahkan torsi puncak 205 Nm pda 4.000 rpm dan tenaga maksimal 183 PS pada 7.000 rpm. Padanannya transmisi 6-percepatan otomatis.

Istimewanya lagi, MX-5 RF merupakan mobil bergaya roadster. Dengan begitu rasa berkendaranya sangat menyenangkan. Sebagaimana kita ketahui bersama, roadster punya desain yang berorientasi pada performa. Ciri khasnya cuma menyediakan kabin untuk dua orang.

Soal kenyamanan, ada BOSE sound system dengan 9-speaker. Dengan begitu telinga pengemudi dan penumpang bisa sangat dimanjakan ketik mendengar musik. Hadir pula head unit layar sentuh 7 inci.

Belum selesai di sana, tersedia pula AC otomatis, jok kulit, audio steering switch, serta paddle shift. Kemudian atap Mazda MX-5 RF dapat dibuka secara elektrik, pas buat kamu yang ingin menikmati udara segar saat berkendara.

Baca juga  7 Rekomendasi MPV Pintu Geser Bekas Rp 100 Jutaan

Dimensi Mazda MX-5 RF cukup mungil. Panjangnya cuma 3.915 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.235 mm. Kemudian untuk ukuran roda pakai 205/45-17 inci. Dengn begitu, mobil Jepang ini sangat asik diajak selap-selip di kepadatan jalan.

3. Mini 3-Door John Cooper Works

mini jcw
Varian 3-Door JCW merupakan mobil sport termurah yang dipunya oleh Mini di Indonesia

Mobil sport murah selanjutnya, Mini 3-Door John Cooper Works (JCW). Harganya tembus Rp 1,11 miliar.

Nama John Cooper Works memang identik dengan performa buas. Hal ini diimplementasikan oleh Mini lewat penggunaan mesin 2.0 liter Twinpower Turbo. Jantung mekanis tersebut diracik khusus agar bisa mengeluarkan torsi puncak 450 Nm dan tenaga maksimal 306 hp.

Kelebihan lain dari Mini 3-Door JCW punya knalpot lebih besar dari varian standar, penggerak semua roda, driving mode, suspensi lebih rendah 10 mm, serta berbagai komponen bodi aerodinamis. Alhasil performanya mantap. Kemampuan berlarinya dari posisi diam hingga 100 Kpj, hanya butuh 6,1 detik.

Interiornya juga dibuat berbeda dari varian standar. Mini 3-Door JCW mengenakan sports seat, berbagai aksen merah, serta emblem John Cooper Works di beberapa komponen.

Sebagaimana mobil Mini, dimensi 3-Door JCW ini cukup mungil. Maka dari itu, habitatnya paling pas adalah membelah kemacetan di dalam kota.

Di samping varian ini, sesungguhnya Mini JCW lain juga terbilang cukup terjangkau untuk sebuah mobil sport. Banderol Mini Cabrio JCW Rp 1,19 miliar, Mini Clubman JCW Rp 1,35 miliar, dan Mini Countryman JCW Rp 1,39 miliar.

Soal jantung mekanis, sesungguhnya tidak ada beda. Hanya saja masing-masing varian Mini punya keunggulan. Ambil contoh Mini Countryman JCW yang memiliki ground clearance tinggi. Mobil ini juga disebut sebagai SUV Mini.

Lalu untuk Mini Clubman JCW memiliki pintu bagasi unik yang bisa dibuka layaknya pintu rumah, bukan ke atas. Lalu bodinya juga lebih panjang dengan bagasi luas. Clubman disebut pula sebagai Estate atau Station Wagon Mini.

4. BMW M2 Competition

mobil sport murah bmw m2
Jika kamu cari BMW M paling murah di Indonesia, bisa pilih M2

Kalau kamu mau membeli BMW M termurah, maka M2 Competition bisa jadi pilihan. Mobil sport ini dijual mulai Rp 1,8 miliar.

Dengan banderol tersebut, kamu bisa mendapat mobil buas dengan mesin 3.0 liter berkonfigurasi enam silinder. Jantung mekanis BMW M2 Competition sanggup melontarkan torsi hingga 550 Nm dan tenaga maksimal 410 PS.

Jika diajak berakselerasi, BMW M paling murah ini bisa melaju dari posisi diam hingga 100 Kpj cuma dalam waktu 4,2 detik. Lalu bicara kecepatan maksimal tembus 280 Kpj.

Baca juga  Cara Menghitung Pajak Mobil Avanza, Mudah!

Soal kabin, kendaraan ini bisa memuat empat orang. Tersedia pula berbagai fitur menarik seperti voice control, audio steering switch, head unit layar sentuh, dan lain-lain.

5. Mercedes-AMG A 35 4MATIC

mercedes-amg a 200
Tampilan mobil ini sungguh khas dengan gaya hatchback dan spoiler besar di belakang untuk membntu performa berkendara

Bila kamu mengincar mobil sport merek Mercedes-AMG, paling murah model A 35 4MATIC. Harganya Rp 1,2 miliar off the road.

Mobil ini berjenis hatchback atau bisa disebut sebagai hothatch. Desain eksteriornya sungguh istimewa dengan berbagai aksesori pembelah angin, termasuk spoiler belakang yang seperti sayap mobil balap.

Kelebihan lainnya, pakai mesin 2.0 liter berkonfigurasi empat silinder. Jantung mekanis itu bisa melontarkan torsi puncak 400 Nm pada 3.000 – 4.000 rpm dan tenaga maksimal 306 hp pda 5.800 rpm.

Pakai mesin tersebut, Mercedes-AMG A 35 4 MATIC bisa melaju 4,7 detik dari posisi diam hingga 100 Kpj. Kemudian untuk kecepatan maksimalnya mencpai 250 Kpj.

Soal fitur mewah yang dipunya mobil sport murah ini adalah head unit layar sentuh dengan konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay, head up display, blind spot assist, keyless, active parking assist, dan auto AC.

6. BMW Z4

mobil sport murah bmw z4
Sesungguhnya BMW Z4 adalah kembaran dari Toyota Supra GR. Hanya saja ada beberapa perbedaan seperti penggunaan mesin yang lebih kecil untuk mobil BMW ini

Pilihan mobil sport bergaya roadster yang juga bisa kamu pilih adalah BMW Z4. Harganya Rp 1,6 miliar. Kendaraan ini punya tampilan indah dengan fokus desain untuk meningkatkan kesenangan berkendara. Ada pula sentuhan dari BMW M Aerodynamics package.

Selayaknya roadster lain, BMW Z4 cuma mampu muat dua orang. Lalu soal kapasitas mesin, menggunakan kubikasi 2.0 liter berteknologi twin turbo. Jantung mekanis tersebut sanggup mengeluarkan tenaga hingga 258 hp dan torsi 400 Nm. Padanannya transmisi 8-percepatan.

Hal menarik dari BMW Z4, atapnya bisa dibuka kalau kamu mau terpaan angin luar. Lalu soal kenyamanan, sudah tersedia head unit layar sentuh 10,25 inci dan atap terbuka.

Perlu diingat, ketika membuka atap Z4, ada baiknya tidak di kondisi kemacetan jalan Jakarta. Hal tersebut bisa membuat kamu justru diterpa kepanasan serta debu dan polusi. Manfaatkanlah atap terbukanya saat berkendara di perjalanan melewati pegunungan atau pantai. Setidaknya perlu kamu cari dulu lokasi dengan pemandangan alam yang indah.

Buat kamu yang belum tahu, mobil sport merek Eropa ini berbagi basis dengan Toyota Supra GR. Hanya saja di Indonesia, harga Supra GR jauh lebih mahal dengan banderol mencapai Rp 2 miliar. Kemudian kapasitas mesin pun lebih besar pakai 3.0 liter.

7. Honda Civic Type R

mobil sport murah civic type r
Tidak perlu ragu akan performa Honda Civic Type R, mobil ini pernah memecahkan rekor sebagai kendaraan penggerak roda depan tercepat di Sirkuit Nurburgring

Mobil sport murah selanjutnya datang dari merek Jepang, Honda Civic Type R. Harga hot hatchback ini cuma Rp 1 miliar. Terkait kelebihan, tidak perlu ditanya lagi. Performa mesinnya sungguh gila.

Honda memberinya kapasitas 2.0 liter, empat silinder dengan teknologi VTEC dan Turbo. Alhasil di atas kertas torsinya bisa tembus 400 Nm pada 2.500 – 4.500 rpm dan tenaga maksimal 301 PS pada 6.500 rpm. Ada pula mode berkendara yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, mulai dari comfort, sport, dan +R. Hadir pula cakram Brembo buat memaksimalkan pengereman.

Baca juga  5 Kekurangan Honda Brio, Kenali Sebelum Membeli

Soal kualitas, Honda Civic Type R telah membuktikan diri sebagai mobil berpenggerak roda depan tercepat di Sirkuit Nurburgring. Catatan waktunya mengelilingi satu lap adalah 7 menit, 43,80 detik.

Bicara kenyamanan di dalam kabin, mobil Honda buas ini mempunyai head unit layar sentuh ukuran 7 inci yang bisa terkoneksi smartphone. Ada pula sistem navigasi Garmin. Kemudian audio steering switch, cruise control, dan Auto AC Dual Zone.

Terkait keamanan, tersedia alarm dan immobilizer untuk mencegah maling. Sistem keselamatan mobil sport murah, Honda Civic Type R juga mantap. Ada vehicle stability assist (VSA), hill start assist (HSA), emergency stop signal (ESS), brake override system, aribags, dan line watch.

Sayangnya untuk pilihan transmisi cuma tersedia manual. Hal ini mungkin karena Honda benar-benar mau memberi rasa berkendara yang menyenangkan buat pemilik Civic Type R.

Itulah tadi rekomendasi mobil sport murah yang dapat kamu beli di Indonesia. Kira-kira adakah yang menarik minat?

Baca juga:

Cek Mobil Sport Murah Dalam Kondisi Bekas untuk Harga Lebih Terjangkau

mobil sport murah bekas
VW Golf GTI bisa menjadi salah satu pilihan mobil sport murah bekas yang menarik untuk konsumen Indonesia. Harganya untuk model 2017, sekitar Rp 650 jutaan.

Bila banderol mobil sport murah dalam kondisi baru belum masuk dengan bujet kamu, coba lihat pasar kendaraan bekas. Untuk merek-merek tertentu, banderolnya bisa jauh lebih murah.

Misalnya Toyota 86 lansiran 2012 cuma Rp 430 jutaan. Kemudian harga Mazda MX-5 keluaran 2017 bisa Rp 670 jutaan. Di pasar mobil bekas, kamu pun dapat membeli mobil yang sudah tidak dijual lagi dalam kondisi baru di Tanah Air. Contohnya VW Golf GTI 2017 Rp 650 jutaan. Peugeot RCZ Rp 465 jutaan.

Dari semua mobil bekas yang kami rekomendasikan, VW Golf GTI sesungguhnya pilihan menarik. Kenapa? Jika melihat penampilan luar, hatchback ini tidak terlalu menonjol. Hanya saja saat berada di balik kemudi, tentu ada rasa menyenangkan berkendara dengannya. Selain performa mesin mantap. Tersedia pula fitur khas sports car seperti launch control, mode sport, dan masih banyak lagi.

Hanya saja kadang untuk mobil sport lain, harga bekas justru lebih mahal. Terlebih yang dijual dan diproduksi dalam jumlah terbatas. Pastinya kendaraan seperti itu jadi buruan kolektor. Harganya pun sering tidak masuk akal.

Comment

Leave a Reply

Terbaru