Selasa, Juni 18, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Harga 14 Mobil Sport Murah Tahun 2023 di Indonesia

by Baghendra Lodra
mobil sport murah

Berikut akan kami sampaikan informasi beberapa harga mobil sport murah yang beredar di Indonesia. Meski ada kata ‘murah’ namun harganya jelas di atas Rp 900 juta. Namun begitu, mobil sport juga mempunyai segmen market tersendiri  dimana konsumennya tidak mempermasalahkan banderol harganya.

Mobil sport adalah kendaraan istimewa buat kamu penggemar otomotif sejati. Ciri khasnya punya mesin berperforma tinggi, serta rasa berkendara menyenangkan layaknya mobil balap. Hanya saja untuk sports car, ada tambahan berbagai fitur kenyamanan ala mobil mewah.

Lewat ulasan ini, kami bakal kasih rekomendasi beberapa mobil sport yang dijual di Indonesia. Penasaran apa saja pilihannya? Simak bahasan berikut:

1. Toyota GR86 (Rp 956 jutaan – Rp 973 jutaan) 

mobil sport murah

Toyota GR86

Rekomendasi mobil sport murah yang pertama adalah Toyota GR86. Mobil sport ini mengadopsi mesin 2.387 cc 4-cylinders, horizontally-opposed, DOHC, 16-valves dengan pilihan transmisi manual 6-percepatan dan otomatis. Di atas kertas, mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga 235 PS pada 7.000 rpm serta torsi puncak 250 Nm pada putaran mesin 3.700 rpm.

Berbicara fitur, Toyota GR 86 sudah dilengkapi dengan Automatic High Beam (AHB), Dynamic Radar Cruise Control, Pre Collision System (PCS), Lane Departure Warning, Lane Sway Warning, dan Lane Change Assist (LCA).

Dan untuk menjaga keamanan dari mobil ini, GR 86 sudah menyematkan T-Intouch. Dimana fitur ini sudah terintegrasi dengan:

  • Find My Car
  • Stolen Vehicle Tracking
  • Geofencing
  • Vehicle Info
  • E-Care (Maintenance)
  • Inquiry & Support Center

Untuk harga jualnya, Toyota GR86 dijual dengan harga Rp 956,9 juta untuk transmisi manual dan Rp 973,4 juta untuk transmisi otomatis.

2. Mazda MX-5 RF (Rp 839 jutaan – Rp 849 jutaan)

mazda mx-5 miata

Pabrikan asal Jepang memang dikenal paling hebat membuat mobil sport murah dengan kapasitas mesin mungil, seperti Mazda MX-5 RF ini

Salah satu pilihan mobil sport murah yaitu Mazda MX-5 RF yang dijual Rp 839,9 juta untuk transmisi manual dan Rp 949,9 juta untuk transmisi otomatis. Walau banderolnya terjangkau, tapi performa mesinnya sungguh mengagumkan. Di atas kertas pakai kubikasi 2.0 liter Skyactiv-G, empat silinder, DOHC.

Mesin tersebut bisa memuntahkan torsi puncak 205 Nm pda 4.000 rpm dan tenaga maksimal 183 PS pada 7.000 rpm. Padanannya transmisi 6-percepatan otomatis.

Soal kenyamanan, ada BOSE sound system dengan 9-speaker. Dengan begitu telinga pengemudi dan penumpang bisa sangat dimanjakan ketik mendengar musik. Hadir pula head unit layar sentuh 7 inci.

Belum selesai di sana, tersedia pula AC otomatis, jok kulit, audio steering switch, serta paddle shift. Kemudian atap Mazda MX-5 RF dapat dibuka secara elektrik, pas buat kamu yang ingin menikmati udara segar saat berkendara.

Dimensi Mazda MX-5 RF cukup mungil. Panjangnya cuma 3.915 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.235 mm. Kemudian untuk ukuran roda pakai 205/45-17 inci. Dengn begitu, mobil Jepang ini sangat asik diajak selap-selip di kepadatan jalan.

3. Mini 3-Door JCW (Rp 1,180 miliar)

mini jcw

Varian 3-Door JCW merupakan mobil sport termurah yang dipunya oleh Mini di Indonesia

Mobil sport murah selanjutnya, Mini 3-Door John Cooper Works (JCW). Harganya tembus Rp 1,180 miliar.

Nama John Cooper Works memang identik dengan performa buas. Hal ini diimplementasikan oleh Mini lewat penggunaan mesin 2.0 liter Twinpower Turbo. Jantung mekanis tersebut diracik khusus agar bisa mengeluarkan torsi puncak 450 Nm dan tenaga maksimal 306 hp.

Baca juga  Penjualan Avanza Masih Laku Keras, Ditunjang Fleet!

Kelebihan lain dari Mini 3-Door JCW punya knalpot lebih besar dari varian standar, penggerak semua roda, driving mode, suspensi lebih rendah 10 mm, serta berbagai komponen bodi aerodinamis. Alhasil performanya mantap. Kemampuan berlarinya dari posisi diam hingga 100 Kpj, hanya butuh 6,1 detik.

4. Mercedes-AMG A 45 4MATIC Hatchback (Rp 1,675 miliar)

mercedes-amg a 200

Tampilan mobil ini sungguh khas dengan gaya hatchback dan spoiler besar di belakang untuk membntu performa berkendara

Bila kamu mengincar mobil sport merek Mercedes-AMG, paling murah model A 45 4MATIC Hatchback. Harganya Rp 1,675 miliar off the road.

Mobil ini berjenis hatchback atau bisa disebut sebagai hothatch. Desain eksteriornya sungguh istimewa dengan berbagai aksesori pembelah angin, termasuk spoiler belakang yang seperti sayap mobil balap.

Kelebihan lainnya, pakai mesin 2.0 liter berkonfigurasi empat silinder. Jantung mekanis itu bisa melontarkan torsi puncak 400 Nm pada 3.000 – 4.000 rpm dan tenaga maksimal 306 hp pda 5.800 rpm.

Pakai mesin tersebut, Mercedes-AMG A 45 4MATIC bisa melaju 4,7 detik dari posisi diam hingga 100 Kpj. Kemudian untuk kecepatan maksimalnya mencpai 250 Kpj.

Soal fitur mewah yang dipunya mobil sport murah ini adalah head unit layar sentuh dengan konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay, head up display, blind spot assist, keyless, active parking assist, dan auto AC.

5. BMW Z4 (Rp 1,6 miliaran – Rp 1,9 miliaran) 

mobil sport murah bmw z4

Sesungguhnya BMW Z4 adalah kembaran dari Toyota Supra GR. Hanya saja ada beberapa perbedaan seperti penggunaan mesin yang lebih kecil untuk mobil BMW ini

Pilihan mobil sport bergaya roadster yang juga bisa kamu pilih adalah BMW Z4. Harganya Rp 1,645 miliar untuk varian sDrive30i M Sport dan Rp 1,942 miliar untuk varian M40i. Kendaraan ini punya tampilan indah dengan fokus desain untuk meningkatkan kesenangan berkendara.

Selayaknya roadster lain, BMW Z4 cuma mampu muat dua orang. Lalu soal kapasitas mesin, menggunakan kubikasi 2.0 liter berteknologi twin turbo. Jantung mekanis tersebut sanggup mengeluarkan tenaga hingga 258 hp dan torsi 400 Nm. Padanannya transmisi 8-percepatan.

Hal menarik dari BMW Z4, atapnya bisa dibuka kalau kamu mau terpaan angin luar. Lalu soal kenyamanan, sudah tersedia head unit layar sentuh 10,25 inci dan atap terbuka.

Perlu diingat, ketika membuka atap Z4, ada baiknya tidak di kondisi kemacetan jalan Jakarta. Hal tersebut bisa membuat kamu justru diterpa kepanasan serta debu dan polusi. Manfaatkanlah atap terbukanya saat berkendara di perjalanan melewati pegunungan atau pantai. Setidaknya perlu kamu cari dulu lokasi dengan pemandangan alam yang indah.

Buat kamu yang belum tahu, mobil sport merek Eropa ini berbagi basis dengan Toyota Supra GR. Hanya saja di Indonesia, harga Supra GR jauh lebih mahal dengan banderol mencapai Rp 2 miliar.

6. Honda Civic Type R FL5 (Rp 1,399 miliar)

eksterior honda civic type r fl5 2023

Civic Type R FL5

Mobil sport murah selanjutnya datang dari merek Jepang, Honda Civic Type R FL5. Harga hot hatchback ini cuma Rp 1,399 miliar. Terkait kelebihan, tidak perlu ditanya lagi. Performa mesinnya sungguh gila.

Mesin yang digunakan memang masih tetap 2.0 liter VTEC, hanya saja ada ubahan di turbonya. Alhasil torsi puncak meningkat 20 Nm jadi 420 Nm dan tenaga maksimalnya naik 9 PS hingga 319 PS. Performa Civic Type R FL5 tersebut sekaligus menjadi yang terbuas dibanding Type R lain dari generasi sebelumnya.

Baca juga  Honda City Hatchback RS Turun di ISSOM 2022, Perdana!

Lalu untuk sistem transmisi, pakai manual 6-percepatan. Tidak ada opsi transmisi otomatis sama sekali. Oh ya, mobil sport berlogo H ini sukses memecahkan rekor jadi yang tercepat di Suzuka Circuit untuk kelas front wheel drive (FWD). Catatan waktunya 2 menit 23.120 detik.

Ada pula mode berkendara yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, mulai dari comfort, sport, dan +R serta tambahan mode individual agar pengemudi bisa mengatur setir, mesin, suspensi, dan lain-lain sesuai kebutuhan. Hadir pula cakram Brembo buat memaksimalkan pengereman.

Bicara kenyamanan di dalam kabin, mobil Honda buas ini mempunyai head unit layar sentuh TFT ukuran 10,2 inci yang bisa terkoneksi smartphone. Ada pula sistem navigasi Garmin. Kemudian audio steering switch, cruise control, dan Auto AC Dual Zone.

Terkait keamanan, tersedia alarm dan immobilizer untuk mencegah maling. Sistem keselamatan mobil sport murah, Honda Civic Type R juga mantap. Ada vehicle stability assist (VSA), hill start assist (HSA), emergency stop signal (ESS), brake override system, aribags, dan line watch.

Berbicara pilihan transmisi cuma tersedia manual. Hal ini mungkin karena Honda benar-benar mau memberi rasa berkendara yang menyenangkan buat pemilik Civic Type R FL5.

7. BMW M3 Competition (Rp 2.498 miliar)

Mobil Sport Murah

Sosok BMW M3 Competition

Mobil sport murah lainnya yang bisa kamu pinang adalah BMW M3 Competition. Mobil yang rilis pada pertengahan tahun 2021 ini hadir dengan sederet kelebihan pada performa khas BMW M Series.

Sedan 5 orang penumpang ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 2,498 miliar off the road. Untuk mesinnya bisa melontarkan torsi 650 Nm pada 2.750 – 5.500 rpm dan tenaga maksimal 510 hp pada 6.250 rpm.

Sementara untuk transmisi pakai BMW M Steptronic delapan-percepatan. Kalau diajak berakselerasi, BMW mengklaim dari posisi diam hingga 100 km/jam cuma dalam 3,9 detik.

8. BMW M4 Coupe Competition (Rp 2,568 miliar)

Mobil Sport Murah

BMW M4 Coupe Competition

Sama seperti saudaranya M3, BMW M4 Coupe Competition hadir dengan performa buas. Namun soal tampilan mobil ini lebih sporty.

Apa lagi, bagian joknya mengusung konsep Carbon Bucket Seat individual dengan pengaturan elektrik. Selain itu model ini juga hadir dengan aksesoris M Carbon package yang terbuat dari material carbon fiber yang lebih ringan 10 Kg dibanding M sport seats.

Jok ini didesain untuk penggunaan di arena balap dengan penggunaan 6-point seatbelts. Di bagian belakang jok berstruktur carbon-fibre-reinforced plastic (CFRP) terlihat jelas menguatkan kesan mobil balap turing.

BMW M4 Coupe Competition juga memakai mesin inline-6 3,0 liter DOHC VANOS twin-turbocharged berkode S58 yang dipinjam dari F97 X3 M dengan beberapa peningkatan dan menghasilkan tenaga 510 HP dan torsi 650 Nm.

Soal harganya, BMW M4 Coupe Competition Individual dibanderol Rp 2,568 miliar.  

9. Mini JCW Cabrio (Rp 1,225 miliar)

Mini JCW Cabrio

Mini JCW Cabrio juga wajib kamu lirik. Dengan postur body yang kecil mobil ini sanggup memuntahkan tenaga sebesar 306 HP. Hal ini berkat adanya upgrade performa yang dilakukan Mini terhadap mobil yang dibanderol sekitar Rp 1,225 miliar tersebut. 

Mini JCW Cabrio sendiri mengusung mesin twin power turbo 4 silinder yang memiliki top speed hingga 250km/jam.

Baca juga  Wuling Cortez CT Vs Toyota Innova, Nyaman Mana?

10. Mini Clubman JCW (Rp 1,360 miliar)

Mini Clubman JCW

Untuk kamu penyuka MINI dengan bodi bongsor, Clubman JCW bisa jadi pilihan. Mobil sport ini dibanderol pada kisaran harga Rp 1,360 miliar. Mengusung mesin yang sama dengan model JCW Cabrio, namun sebagai sebuah Clubman tentu desainnya beda.

Ciri khas Clubman adalah punya pintu bagasi yang terbagi dua. Alhasil bisa dipakai untuk meletakkan barang berukuran besar dengan mudah.

11. Mercedes-AMG CLA 45 S 4MATIC+ Coupe (Rp 1,990 miliar)

Mobil Sport Murah

Mercedes-AMG CLA 45 S

hadir dengan menyodorkan performa luar biasa untuk penggemarnya di Indonesia. New Mercedes-AMG tersedia dengan mesin 2.0 liter 4 silinder turbocharger yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 421 HP.

Mobil sport ini mengusung teknologi AMG Speedshift DCT-8G yang diklaim memiliki perpindahan gigi yang sangat cepat. Di dukung dengan sistem all-wheel drive AMG Performance sedan ini mampu mendistribusikan tenaga ke roda bagian belakang secara selektif dengan traksi terbaik.

Buktinya pabrikan asal negeri panser Jerman ini mampu menyelesaikan sprint dari nol hingga 100 km/jam dalam waktu 4 detik dengan kecepatan tertinggi yang mampu mencapai 270 km/jam.

Sejak tahun lalu hingga saat ini, Mercedes-AMG CLA 45 S 4MATIC+ Coupe Terbaru telah tersedia di Indonesia, dipasarkan dengan harga off the road Rp 1,990 Miliar.

12. Mini Countryman JCW (Rp 1,550 miliar)

Mobil Sport Murah

New Mini Countryman kali ini hadir sebagai generasi kedua yang memiliki desain terbaru dan sebagai kendaraan compact premium. Kendaraan MINI terbesar dan fleksibel ini juga telah dirakit di BMW Group Production Network 2, Gaya Motor, Jakarta. 

Nah Mini Countryman juga merilis versi JCW dibanderol Rp 1,550 miliar. Spek mesinnya sama dengan versi lainnya yakni berkapasitas 2.000cc,dan  sanggup memuntahkan tenaga sebesar 306 HP. 

Mini Countryman JCW juga mengusung mesin twin power turbo 4 silinder yang memiliki top speed hingga 250km/jam.

13. Toyota GR Supra (Rp 2,188 miliar)

Mobil Sport Murah

Toyota GR Supra

Bicara mobil sport Toyota GR Supra juga patut dilirik. Mobil ini memiliki mesin dengan tipe B58 6 silinder, in-line type berkubikasi 2.988 cc.

Tenaga maksimum yang dapat dikeluarkan oleh mobil ini adalah 387 ps pada 5.800-6.500 rpm. Torsi maksimumnya adalah 500 Nm pada 1.800-5.000 rpm. Mobil ini dilengkapi dengan transmisi otomatis delapan percepatan.
Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.380 mm, lebar 1.855 mm dan tinggi 1.290 mm. Wheelbase-nya sekitar 2.470 mm. Toyota GR Supra dapat dibeli dengan sistem spot order, harganya Rp 2,188 miliaran.

14. Subaru BRZ (Rp 825 juta – Rp 850 juta)

mobil sport murah

Subaru BRZ

Selanjutnya ada mobil sport Subaru BRZ yang dijual dengan harga Rp 825 juta untuk varian MT dan Rp 850 juta untuk varian AT. 

Subaru BRZ menggunakan mesin konfigurasi Boxer 2.4 liter naturally aspirated. Mesin ini serupa dengan milik kembarannya yaitu Toyota GR 86. Diklaim bisa menghasilkan tenaga 237 PS pada 7,000 rpm dan torsi puncak hingga 250 pada 3,700 rpm.

Untuk transmisi Subaru Indonesia menghadirkan Subaru BRZ dengan transmisi 6-percepatan manual close-ratio dan 6-percepatan direct control dengan adaptiautomaticve control dan paddle-shifter. 

Nah, untuk fitur keselamatan, untuk Subaru BRZ transmisi otomatis juga telah dilengkapi dengan fitur keselamatan bantuan pengemudi Subaru EyeSight generasi ke-4. Sistem ini mencakup fungsi: Adaptive Cruise Control, Pre-Collision Braking System, Lane Departure and Sway Warning, dan Lead Vehicle Start Alert. Pada varian transmisi otomatis juga tersedia dengan opsi High Beam Assist.

Moladin adalah platform mobil bekas berkualitas dan terpercaya. Sudah tersedia di 135 kota dengan 40.000 agen dan dealer, jadi kalau kamu mau beli mobil bekas di Moladin aja. Dapatkan pula info mobil bekas, review mobil bekas, dan mengetahui tips dan trik perawatan mobil dengan mengunjungi laman Moladin. (Diupdate oleh Firdaus Ali)

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika