Kamis, Mei 30, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

6 Tips Aman Mudik Lebaran Pakai Motor

by Firdaus Ali
Tips aman mudik lebaran pakai motor

Berikut akan kami ulas mengenai tips aman mudik lebaran pakai motor. Hal ini bertujuan agar selama perjalanan aman dan tenang.

Tips aman mudik lebaran menjadi penting agar tujuan silaturahmi dan berkumpul bersama keluarga di kampung halaman berjalan lancar. Seperti dipaparkan oleh Head of Safety Riding Promotion PT Wahana Makmur Sejati, Agus Sani dalam kesempatan Buka Puasa bersama Forwot (Forum Wartawan Otomotif) di Jakarta.

“Mental dan sikap harus dicanangkan terlebih dahulu sebelum berangkat mudik lebaran pakai motor. Makna mental dan sikap cukup luas, misalnya tidak ngebut karena ingin cepat sampai di kampung halaman, senantiasa mematuhi rambu lalu lintas dan sebagainya,” jelas Agus (4/4).

Agus juga menambahkan jika pemudik sudah siap mental dan sikap, maka mudik akan jadi aman dan tenang selama perjalanan. Nah, biar tahu lebih jelasnya, berikut 6 tips aman mudik lebaran pakai motor:

1. Sesuaikan Kondisi Cuaca dan Jam Keberangkatan

Tips aman mudik lebaran pakai motor pertama adalah sesuaikan kondisi cuaca dan jam keberangkatan. Sebagaian pemudik yang pakai motor memilih berangkat malam hari dengan alasan tidak macet dan tidak panas karena sinar matahari. Padahal, melakukan perjalanan di malam hari dengan motor banyak resikonya.

“Masih banyak memang pemotor yang mudik memilih malam hari untuk melakukan perjalanannya. Sebenarnya tidak disarankan karena notabennya tubuh kita sudah terbiasa kalau malam untuk istirahat. Selain itu jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan makan minim pertolongan karena malam hari. Disarankan berangkat pagi hari, karena lebih banyak bengkel dan tempat istirahat yang buka, serta jika terjadi sesuatu banyak yang bisa menolong,” imbuh Agus.

2. Pastikan Kondisi Motor Sehat

Selanjutnya, pastikan kondisi motor dalam keadaan sehat sebelum berangkat. Periksa ban, rem, lampu, kelistrikan, klakson, dan berbagai bagian penting lainnya. Bila perlu, lakukan pemeriksaan menyeluruh di bengkel resmi.

3. Pastikan Kondisi Fisik Prima

Kondisi fisik prima dan penggunaan helm yang sesuai menjadi hal yang wajib
Kondisi fisik prima dan penggunaan helm yang sesuai menjadi hal yang wajib

Selain motor, kondisi fisik calon pemudik juga penting diperhatikan. Pengemudi dan atau yang dibonceng harus dalam kondisi fisik prima. Lakukan pemanasan sebelum berangkat.

4. Siapkan Perlengkapan Keselamatan

Tips aman mudik lebaran pakai motor selanjutnya adalah siapkan perlengkapan keselamatan, seperti P3K. Kemudian juga gunakan riding gear yang berkualitas.

“Gunakan helm standar SNI, jaket pelindung, sarung tangan, dan sepatu yang nyaman. Kemudian gunakan kacamata pelindung dan masker juga bisa menjadi tambahan yang bagus,” terang Agus.

5. Bawa Barang Secukupnya

Sepeda motor idealnya diperuntukan untuk satu atau dua orang. Selain itu bawalah barang bawaan secukupnya, jangan lupa bawa identitas KTP, SIM dan surat keabsahan motor (STNK).

“Membawah barang bawaan yang berlebihan sangat tidak disarankan, sebab bisa menganggu keseimbangan motor saat di jalan raya,” lanjut Agus.

6. Pahami Rute Perjalanan

Tips aman mudik lebaran pakai motor berikutnya adalah pahami rute perjalanan yang akan ditempuh. Hindari waktu prediksi puncak arus mudik dan balik. Gunakan aplikasi peta jalan (Google Maps atau Waze) agar bisa membantu memilih jalur yang tepat.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika