Kamis, Mei 30, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Penting Diingat Lagi Tips Aman Tidur di Mobil

by Ivan
Tips aman tidur di mobil saat perjalanan jarak jauh

Perjalanan arus mudik dan balik pada lebaran tahun ini tergolong lancar. Meski begitu dengan rute perjalanan jarak jauh, potensi mengantuk hingga microsleep saat mengendarai mobil tentu bisa berakibat fatal. Solusinya cuma satu…beristirahatlah! Dan ini dia tips aman tidur di mobil.

Tips aman tidur di mobil memang tidak semudah memejamkan mata. Sebab jika tidak diperhatikan seksama, tidur yang harusnya menjadi sarana untuk memulihkan kondisi tubuh malah bisa terkena efek keracunan gas karbon monoksida (CO) yang berbahaya.

Tidur di mobil saat siang atau malam hari juga tidak disarankan dalam kondisi AC On. Pasalnya saat berada di kabin dengan kondisi AC menyala tidak direkomendasikan karena memberikan sejumlah dampak buruk bagi diri Anda juga penumpang lainnya.

Bahaya Tidur di Mobil saat AC ON

Bahaya tidur di mobil saat AC menyala
Bahaya tidur di mobil saat AC menyala

Sejuk sudah pasti, tidak kegerahan tentu saja, namun ada beberapa hal negatif lain bisa muncul saat tidur di mobil dalam kondisi menyala. Ini dia beberapa potensi bahayanya

1. Risiko Keracunan

Salah satu potensi bahaya tidur di dalam mobil dengan kondisi AC menyala adalah keracunan karbon monoksida (CO). Gas CO adalah sisa pembakaran mobil yang sering dibuang dari knalpot atau keluar dari AC bila sistem pembuangan yang ada di AC bermasalah.

Keracunan CO bisa terjadi bila pengendara tidur di dalam mobil dan AC dalam keadaan masih menyala. Lebih menyeramkannya lagi, gejala awal dari keracunan gas CO ini begitu sulit dideteksi karena gas ini tidak berbau serta tidak terlihat.

Dampaknya, orang yang tidur di mobil dengan AC menyala rentan mengalami keracunan gas CO rentan terdampak sakit kepala, mual, pusing, muntah, dan nyeri dada

2. Risiko Penggumpalan Darah Menjadi Semakin Meningkat

Selain beberapa gejala ringan di atas, tidur di mobil dalam kondisi AC menyala juga bisa menyebabkan kondisi fatal lain. Risiko lain yang mengintai tersebut ialah bisa memicu penggumpalan darah.

Kenapa bisa terjadi ? Penggumpalan darah bisa disebabkan karena Anda akan duduk dalam waktu yang lama dan akhirnya darah di kaki statis. Hal tersebut berisiko menyebabkan penggumpalan darah.

3. Adanya Risiko Guncangan

Kabin mobil yang dijejali kasur khusus juga berpotensi menimbulkan bahaya
Kabin mobil yang dijejali kasur khusus juga berpotensi menimbulkan bahaya

Mobil tidak dirancang mempunyai kasur di dalam, meski beberapa penggunanya kerap memasukan kasur khusus untuk berisirahat di kabin. Namun untuk diketahui, kasur tambahan di mobil jelas berbeda misalnya dengan kasur di kendaraan khusus semisal campervan.

Pada mobil-mobil campervan, kasur tersebut umumnya dirancang safety. Sehingga saat terjadi akselerasi belok ke kanan dan ke kiri hingga rem mendadak sekalipun maka orang yang tidurpun bisa tetap aman.

Berbeda hal ketika tidur di dalam mobil biasa, hal ini akan membuat Anda rawan terguncang saat terjadi gerakan secara tiba-tiba dari mobil dan sangat berisiko mencelakakan diri Anda.

4. Risiko Tertabrak

Tidak hanya kurang baik untuk kesehatan, tetapi tidur di dalam mobil juga mempunyai risiko kecelakaan tinggi. Lebih-lebih bila Anda tidak memarkirkan kendaraan di posisi yang benar. Tentu saja kecelakaan dapat terjadi.

Pertimbangan Tips Aman Tidur di Mobil

Cari lokasi ternyaman jadi salah satu tips aman tidur di mobil
Cari lokasi ternyaman jadi salah satu tips aman tidur di mobil

1. Cari Lokasi Aman

Carilah lokasi yang aman untuk parkir mobil. Seperti tempat parkir atau halaman di tempat-tempat keramaian seperti masjid, restoran, sekolah, kampus, mall, SPBU, mini market, dan rest area.

Jangan sembarangan beristirahat di bahu jalan atau di pinggir jalan dengan kondisi ban menyentuh aspal bahu. Hal ini berisiko dapat ditabrak atau diserempet kendaraan lain yang melintas. Tempat sepi seperti pinggir taman, hutan, dan bangunan kosong juga harus dihindari karena tempat ini rawan perampokan dan pencurian.

2. Sembunyikan Barang Berharga

Sembunyikan barang bawaan Anda yang mengundang orang-orang berniat jahat. Simpan dompet, tas, HP, uang, dan sebagainya di bawah kursi dan laci mobil. Kosongkan semua barang di dashboard karena tempat ini paling mudah terlihat dari luar.

3. Buka Jendela dan Kunci Semua Pintu

Buka jendela sedikit saja untuk menjaga sirkulasi udara. Buka jendala yang cukup untuk pergantian udara namun tidak melebihi dua jari Anda. Saking mengantuknya, bisa jadi Anda lupa mengunci pintu mobil. Pastikan Anda mengunci semua pintu untuk keamanan diri Anda.

4. Cari Tempat Teduh

Tips aman tidur di mobil bisa dengan membuka kaca dan cari tempat teduh
Tips aman tidur di mobil bisa dengan membuka kaca dan cari tempat teduh

Bila Anda ingin beristirahat di siang hari, carilah tempat yang tidak hanya aman tetapi juga teduh. Selain Anda tetap merasa nyaman, mobil juga tidak akan kepanasan.

5. Atur Posisi Kursi

Mobil Nissan didesain senyaman mungkin dengan menggunakan bahan kursi yang berkualitas serta pengaturan kursi yang dibuat dengan proposional. Dorong jok mobil sejauh mungkin ke arah belakang dan rebahkan sandaran punggung sampai Anda mendapatkan posisi paling nyaman bagi tubuh.

6. Menyegarkan Tubuh

Nah, apabiila Anda sudah selesai beristirahat, jangan langsung berkendara. Turun dan lemaskan otot-otot Anda serta minum air putih. Bila ada kamar mandi umum di dekat tempat mobil parkir, basuh muka Anda agar kembali segar.

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika