Kamis, Mei 30, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Bocoran Dongfeng M-Hunter Bakal Jadi SUV Hardcore Produksi Massal

by Ivan
Dongfeng M-Hunter tampilkan wajah garang

Bukan sekadar konsep, Dongfeng kasih gebrakan tegas sebuah SUV dengan paras dan kemampuan off-road hardcore. Diberi nama Dongfeng M-Hunter, mobil ini akan debut di Auto China 2024 dan siap diproduksi massal

M-Hero mengungkapkan gambar SUV ekstrem M-Hunter yang akan datang sebelum debut di Auto China 2024 di Beijing minggu depan. Perusahaan tersebut menampilkan gambar menggoda mobil listrik M-Hunter sebagai SUV super mewah bagi penggemar off-road.

M-Hero adalah merek di bawah naungan Dongfeng milik negara yang berfokus pada pengerjaan SUV listrik mewah. Dijuluki Hummer Tiongkok karena M-Hero mulai mendapatkan popularitas dengan meluncurkan kendaraan militer versi sipil, salah satunya ialah pikap sangar M50 ICE.

Dongfeng M-Hunter sendiri akan menjadi mobil listrik keduanya setelah M-Hero 917 meluncur pada Agustus 2023 lalu yang dibekali tenaga 1.088 hp. Meski belum ada data terkait M-Hunter, ada baiknya kita simak lagi potensi tenaga saudaranya M-Hero 917.

Dongfeng M-Hero 917 tersedia sebagai SUV listrik murni (BEV) dan hybrid (EREV). Unit listriknya memiliki jangkauan 505 km berdasarkan standar pengujian CLTC, sedangkan versi hybrid-nya memiliki jangkauan gabungan 1.032.

M-Hero versi listrik dipasok baterai NMC dari CATL berkapasitas 140 kWh. Meskipun bobot kotornya menjadi begitu berat hingga 3.293 kg, motor bertenaga 800 kW memberikan akselerasi 0-100 km/jam dalam 4,2 detik.

M-Hunter memiliki kemampuan off-road yang baik
M-Hunter memiliki kemampuan off-road yang baik

Versi hybrid disupport motor 600 kW (816 hp) yang dipadukan dengan mesin 1.500cc, yang tidak terhubung ke roda dan berfungsi sebagai pembangkit listrik untuk baterai. Baterainya lagi-lagi dari CATL, namun kapasitasnya diturunkan menjadi 66 kWh.

917 ditetapkan untuk pasar global dan diluncurkan di Timur Tengah dan Uni Eropa. Mobil tersebut mendarat di Swiss pada awal April 2024 lalu, dan sudah melakukan sesi test drive di Ceko.

Kembali ke Dongfeng M-Hunter. Mobil ini bukanlah sebuah konsep tetapi akan diproduksi massal, dan mobil tersebut dapat dilihat pada pembukaan Auto China 25 April 2024 mendatang di Beijing tepatnya di aula W1.

Meski demikian, Dongfeng M-Hunter jelas bukanlah mobil murah. Dengan harga lebih dari 140.000 USD (Rp 2,3 miliar), M-Hunter akan bersaing dengan Hummer EV dan BYD YangWang U8.

Dongfeng M-Hunter vs BYD Yangwang U8

byd yangwang u8 - launching

Jika Dongfeng via anak perusahaan M-Hero sudah memberi kisi-kisi model baru Dongfeng M-Hunter. Maka kuda-kuda terbaik mesti disiapkan BYD Yangwang U8 selaku calon rivalnya.

Seperti kita ketahui, modal yang dimiliki BYD Yangwang U8 bukan sekadar kemampuan melibas jalanan berbatu. Tapi juga berenang di air, ya mobil ini bisa mengapung dan berjalan di air.

BYD Yangwang U8 didesain oleh Wolfgang Joseph Eiger. Mobil berdesain mengotak ini hadir dengan fascia lebih aristokrat dibubuhi gril berukuran besar dengan aksen honey comb 3D yang menyatu dengan headlamp. Kemudian di samping, gagang pintunya mengumpat sejajar dengan bodi mobil, baru keluar ketika ingin dibuka.

Bagian belakangnya tidak kalah menarik dengan kehadiran lampu LED di empat sisi. Di tengah-tengahnya ada ban cadangan yang menempel, hal ini mengingatkan mobil-mobil adventure era 1980-an.

Untuk mendukung aura machonya, bagian kaki-kaki menggunakan velg alloy berukuran 20 inch yang dibalut ban berprofil 275/60 R20. Bicara dimensi keseluruhan dari YangWang U8, mempunyai panjang 5.300 mm dan wheelbase 3.050 mm.

SUV listrik dengan rangka ladder-frame ini memang dirancang untuk SUV listrik. Lokasi baterainya terintegrasi dengan rangka tersebut, sehingga membuat tidak memakan banyak ruang dan bisa memperoleh titik gravitasi rendah.

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika