Selasa, April 16, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

7 Rekomendasi Dashcam Mobil Untuk Mudik Lebaran 2024, Pilih Sesuai Budget!

by Firdaus Ali
Dashcam mobil untuk mudik lebaran

Berikut akan kami ulas mengenai beberapa pilihan dashcam mobil untuk mudik lebaran 2024. Fungsi dashcam terbilang penting, salah satunya untuk keamanan.

Keberadaan dashboard camera atau lebih dikenal dengan dashcam bukan sekadar sebagai aksesoris di mobil saja. Piranti ini memiliki sejumlah keunggulan dan manfaat untuk merekam setiap peristiwa yang terjadi di depan dan di belakang mobil selama perjalanan.

Hasil rekaman dari kamera dashcam bisa dijadikan sebagai alat bukti apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan selama berkendara. Seperti misalnya diserempet kendaraan lain, ditabrak kendaraan lain dari belakang, dan kejadian lain. Selanjutnya, dashcam mobil juga bisa merekam pemandangan unik lainnya selama perjalanan.

Biar tidak penasaran, langsung saja kita simak beberapa pilihan dashcam mobil untuk mudik lebaran 2024 berikut ini.

1. Blackvue DR750X-2CH

Pilihan dashcam mobil untuk mudik lebaran 2024 pertama adalah Blackvue DR750X-2CH yang dibanderol Rp 5,9 jutaan. Dashcam ini hadir dengan dual lensa kamera. Kerennya lagi, Blackvue memiliki sistem cloud-nya sendiri. Sehingga, penyimpanan file dapat dilakukan dengan mudah.

Sensor kameranya menggunakan sensor dari Sony STARVIA. Ini berlaku untuk kamera belakang maupun kamera depannya. Alhasil, sensor tersebut mampu merekam dengan kualitas tinggi.

Dashcam mobil ini turut didukung kamera untuk penggunaan mode wide-angle dalam mendapatkan tangkapan layar yang lebih luas. Blackvue DR750X-2CH dilengkapi dengan GPS dan terpasang built-in di kamera. Fitur lain yang dapat digunakan antara lain Mode Parkir untuk memarkir kendaraan dengan aman dan nyaman.

2. 70mai Dash Cam Pro Plus A500s

Pilihan dashcam mobil untuk mudik lebaran selanjutnya ada 70mai Dash Cam Pro Plus A500s yang dibanderol hanya Rp 1,7 jutaan.

Dascham ini punya bentuk ringkas dan cocok untuk pemilik mobil yang ingin bentuk kamera minimalis dan tidak memakan tempat. Kameranya mampu merekam dengan jernih berkat resolusi 1080p yang dimilikinya. Kapasitas baterainya juga cukup mumpuni untuk penggunaan sehari-hari dengan 500 mAh.

Fitur unggulannya lebih mengedepankan pada keselamatan pengendara. Salah satunya adalah terdapat alarm yang bekerja secara otomatis saat terjadi kecelakaan. Penggunaannya juga semakin mudah karena terintegrasi dengan sistem operasi Andorid maupun iOS.

3. Xiaomi Yi Dashcam

Xiaomi Yi Dashcam juga bisa menjadi dashcam mobil untuk mudik lebaran tahun ini. Harganya dibanderol Rp 1 jutaan.

Sekilas tampilannya memang mirip dengan action cam. Namun jangan salah, kamera ini memiliki fungsi sebagai dascham. Kamera dapat merekam hingga resolusi 1080p. Itulah yang membuat hasil video perekaman menjadi lebih jernih dan tidak patah-patah.

Perekaman untuk kondisi minim cahaya dan malam hari pun tidak masalah. Bahkan, ada dukungan untuk perekaman sampai dengan resolusi 2K. Termasuk untuk mode slow motion dan timelapse. Fitur tambahan yang tak kalah unggul antara lain fitur emergency recording. Dimana kamera mampu merekam dan menyimpan otomatis saat mengarah pada kecelakaan.

4. DDPAI Mini Dascham

DDPAI Mini Dascham dijual dengan harga kisaran Rp 700 ribuan. Walaupun termasuk dashcam mobil berharga terjangkau, namun kualitasnya tidak murahan. Hal itu bisa dilihat dari adanya teknologi image-processing dari Huawei serta resolusi kamera 1080p.

Teknologi pendukung lainnya antara lain ada sensor untuk getaran. Sehingga kualitas video diklaim tetap stabil. Menariknya, dashcam ini juga dapat tersambung ke smartphone dengan aplikasi. Alhasil, kontrol menjadi lebih mudah dan pengguna bisa membagikan footage ke sosmed.

5. VIVAN VDR01

VIVAN VDR01 masuk dalam kategori dashcam entry level yang dibanderol kisaran Rp 700 ribuan. Dashcam ini memiliki layar dengan ukuran 2 inci untuk pengoperasiannya. Kameranya mampu digunakan hingga resolusi 1080p untuk menghadirkan hasil terbaik.

Selain itu, VIVAN VDR01 juga dapat menangkap gambar dengan sudut 140°. Kemudian, kamera juga mendukung untuk penyimpanan dengan memory card berkapasitas 32 Gb.

Beberapa fitur unggulan pendukungnya antara lain ada super kapasitor untuk menjaga baterai ketika digunakan di suhu ekstrem. Kemudian, ada fitur Automatic Video Lock saat terjadi pengereman mendadak maupun tabrakan. Ada juga loop otomatis untuk merekam dengan durasi panjang tanpa adanya delay.

6. JETE DC1 Series

JETE DC1 Series dengan desain yang keren dan ergonomis. Keunggulan kamera ini antara lain memiliki resolusi kamera 1080p FHD, membuat kualitas gambar dan video rekaman yang dihasilkan lebih jernih, tajam, dan jelas. Sedangkan pada kamera interior dan kamera belakang menggunakan VGA yang juga sama-sama memiliki kualitas hasil yang baik.

Tak hanya itu saja, fitur canggih lainnya antara lain memiliki sensor parkir otomatis, mode Night Vision untuk perekaman di kondisi minim cahaya, hingga fitur Motion Detection untuk mendeteksi gerakan yang ada di sekitar mobil. Ada pula mode Loop Recording yang bisa diandalkan untuk menghemat kapasitas penyimpanan.

Soal harga, dashcam JETE DC1 Series dibanderol kisaran Rp 1,5 jutaan.

7. G300 Dashcam QIHOO

Dashcam mobil untuk mudik lebaran 2024 selanjutnya ada G300 Dash Cam QIHOO yang harganya berkisar Rp 1,2 jutaan. Dashcam ini punya sejumlah fitur unggulan yang bisa diandalkan untuk penggunaan sehari-hari. Contohnya untuk parkir kendaraan yang aman dengan mode parkir otomatis. Ini memudahkan pengguna untuk mendeteksi adanya halangan yang ada di sekitar mobil.

Kamera memiliki layar jenis TFT berukuran 2 inci dengan desain ringkas berukuran 10x5x30 mm. Ukuran ringkas ini tidak memakan tempat saat dipasangkan pada kabin mobil. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika