Sabtu, April 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Polri Pantau Jalan Rusak dan Rawan Kecelakaan Jelang Mudik 2024, Tersebar 5 Ribu Pos Pengamanan!

by Firdaus Ali
Polri pantau jalan rusak dan rawan kecelakaan

Jelang mudik 2024, Polri pantau jalan rusak dan rawan kecelakaan di wilayah-wilayah yang akan dilalui pemudik. Hal ini menjadi salah satu prioritas agar pemudik bisa tenang dan aman dalam perjalanannya.

Dilansir dari laman Humas Polri, berbagai strategi disiapkan Polri jelang berlangsungnya mudik lebaran 2024. Demi keamanan dan kenyamanan untuk masyarakat dalam mudik, Polri lakukan pengecekan di jalur Banten hingga Jawa Timur.

“Tentu untuk mudik kali ini, kita mempersiapkan strategi terkait dengan rekayasa lalu lintas yang dilaksanakan, termasuk sebelumnya didahului dengan survei, khusnya di jalur yang dimulai dari Banten sampai dengan Jawa Timur,” ujar Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo usai rakor lintas sektoral persiapan Ops Ketupat di Hotel Bidakara, Jakarta (25/3).

Dikatakan Kapolri, pihaknya melakukan pengecekan untuk mengetahui jalur mudik yang terjadi kerusakan dan rawan kecelakaan lalu lintas. Nantinya jalur tersebut akan diperbaiki

“Mulai dari jalur-jalur yang terjadi kerusakan, maupun jalur-jalur yang perlu ditambah dengan tanda-tanda atau marka jalan, termasuk juga wilayah-wilayah yang selama ini menjadi rawan laka (kecelakaan lalu lintas),” jelasnya.

Baca juga  Antisipasi Hambatan Mudik, Korlantas Siapkan 148 Ribu Personel Gabungan

Langkah-langkah tersebut, menurut Kapolri, menjadi sangat menting mengingat terjadi penurunan penurunan angka kecelakaan saat mudik tahun 2023 dibanding 2022.

Kendati demikian, Kapolri memastikan akan mengantisipasi mudik dengan maksimal di tengah kenaikan jumlah pemudik pada tahun ini.

“Ini menjadi penting karena memang secara statistik terjadi penurunan terkait dengan masalah laka lantas apabila dibandingkan tahun 2022. Namun demikian, karena yang mudik kali ini meningkat, tentunya kita mengharapkan bahwa laka lantas dan juga kemacetan lalu lintas di tahun 2024 ini betul-betul bisa kita kelola dengan baik,” imbuhnya.

Polri Siapkan 5.784 Pos Pengamanan Mudik 2024

Polri pantau jalan rusak dan rawan kecelakaan jelang mudik tahun ini. Selain itu, Polri juga telah menyiapkan 5.784 pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu untuk mengamankan arus mudik dan arus balik Lebaran 2024.

“Kurang lebih 5.784 pos yang akan disiapkan untuk memberi pelayanan, baik di jalan tol, rest area, arteri, dan jalur wisata,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo usai Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024 di Jakarta Selatan, (25/3).

Baca juga  Korlantas Polri Peduli Korban Kecelakaan, Beri Bantuan Kursi Roda, Kaki Palsu dan Tongkat

Sigit mengatakan dalam Operasi Ketupat tahun ini, 155.165 personel gabungan dikerahkan. Berdasarkan data, diprediksi terjadi peningkatan pemudik sebesar 56 persen dibandingkan tahun 2023.

Larangan mudik
Polisi juga berjaga pada malam hari

“Untuk mudik kali ini, kami persiapkan strategi rekayasa lalu lintas, termasuk survei di jalur dari Banten dan Jatim untuk mengetahui titik mana yang harus diperbaiki,” ujarnya.

Sigit menjelaskan dalam rapat tersebut, juga dibahas soal buffer zone, khususnya di wilayah penyeberangan Merak, untuk mengantisipasi kepadatan.

“Masyarakat mungkin harus menunggu beberapa jam untuk masuk Merak. Buffer zone menjadi evaluasi kami, baik di Merak, Ketapang-Gilimanuk, dan sebaliknya,” pungkasnya. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika