by

Spesifikasi Italjet Dragster, Skuter Beringas 200 cc

Spesifikasi Italjet Dragster – Meski jenisnya motor matik, bukan berarti tidak bisa tampil beringas. Coba cek skuter yang satu ini: Italjet Dragster!

Kalau melihat desainnya, Italjet Dragster benar-benar beda. Rangka dan mesin terpampang tanpa selubung plastik, telanjang. Pastinya saat dibawa berkendara, kamu bakal jadi pusat perhatian.

Lalu soal performa, tidak perlu diragukan. Motor matik buatan Italia ini pakai mesin 200 cc. Ada pula komponen khas sultan, seperti ban Pirelli dan rem Brembo. Racikan suspensinya juga lain. Pabrikan asal Negeri Pizza sengaja merancangnya agar mantap diajak berlari di lintasan balap.

Hal menarik selanjutnya, Italjet Dragster bahkan sudah dijual di Indonesia dengan harga Rp137 juta (OTR Jakarta) untuk varian standar. Ada pula varian spesial edition yang harganya tembus Rp145 juta (OTR Jakarta).

“Varian Limited Edition masuk Indonesia hanya 44 unit dengan warna gold,” ujar Marketing Consultant Scooterzone, Agus Priyanto saat dihubungi Moladin via pesan singkat, hari ini (15/6).

Mahal? Jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan. Ada baiknya kamu ketahui spesifikasi Italjet Dragster secara lengkap, berikut ini:

Desain Layaknya Sebuah Maha Karya

spesifikasi italjet dragster
Desain motor Italjet Dragster sungguh unik, spesifikasinya juga istimewa dengan ban Pirelli dan rem Brembo

Spesifikasi Italjet Dragster untuk desain benar-benar mengagumkan. Peluncurannya pertama kali, bertepatan dengan pameran EICMA 2019.

Motor matik ini punya paras beringas dengan banyak sudut tajam. Lampu depannya agak menjorok ke dalam dan posisinya agak di bawah, mendekat ke roda depan.

Setang didesain layaknya motor sport dengan model jepit. Hadir pula panel instrumen digital minimalis yang menjorok ke depan.

Daya tarik selanjutnya dari spesifikasi desain Italjet Dragster adalah bodi minimalis. Rangka teralis, suspensi, dan mesin terlihat jelas secara kasat mata. Efeknya, tampilan motor jadi semakin beringas.

Baca juga  Honda ADV 150 Versi Batman Hadir di Thailand

Sosok buritan skuter ini juga tidak kalah istimewa. Garis-garis tajam masih jadi tema utama. Buntut motor dibuat pendek, menukik ke atas, dan tanpa sepatbor. Joknya pakai gaya single seater seperti kuda balap.

Tampilan beringas Italjet Dragster ditunjang pula ukuran roda lebar. Di depan pakai 120/70-12 inci dan di belakang 140/60-13 inci. Peleknya bergaya bintang dengan pola two tone.

Tabel Spesifikasi Dimensi Italjet Dragster

Jarak Sumbu Roda 1345 mm
Panjang 1870 mm
Lebar 680 mm
Tinggi Jok 770 mm
Bobot 112 kg
Tangki Bahan Bakar 7 liter
Ukuran Roda

120/70-12 inci (depan)

140/60-13 inci (belakan)

Baca juga:

Spesifikasi Italjet Dragster untuk Mesin, Siap Balap!

spesifikasi italjet dragster
Jantung mekanisnya pakai kapasitas 200 cc yang mampu menghasilkan performa mantap. 

Hal menarik lain dari motor seharga Rp137 juta tersebut adalah performa mesin. Di atas kertas, jantung mekanisnya pakai kapasitas 200 cc dengan teknologi DOHC, pendingin cairan, dan konfigurasi satu silinder.

Mesin Italjet Dragster bisa mengeluarkan torsi 17 Nm pada 6.250 rpm dan tenaga maksimal 19,8 hp pada 8.250 rpm. Padanannya adalah CVT dengan automatic centrifugal multiplate wet clutch. Kecepatan maksimal motor ini tembus 125 Kpj.

Soal kualitas peredamanan, Italjet tidak memberi suspensi teleskopik layaknya skuter lain untuk Dragster. Mereka memilih untuk merancang sendiri suspensi depan yang terintegrasi independent steering system (ISS).

ISS tidak secara langsung menghubungkan sistem peredaman dengan pengendalian. Alhasil rasa guncangan di jalan tidak bakal mengganggu rasa berkendara. Fitur ISS tersebut dibuat pakai material aluminium alloy yang juga dipakai oleh pesawat ruang angkasa.

Baca juga  Skutik Murah, Aprilia SXR 160 Berpotensi Masuk Indonesia!

Lalu untuk peredaman depannya sendiri, menggunakan suspensi Bitubo hydraulic penumatic adjustable yang diposisikan horizontal. Suspensi tabung tersebut terletak di tengah-tengah pijakan kaki.

Kemudian untuk suspensi belakang, juga pakai Bitubo hydraulic pneumatic adjustable. Letaknya di sisi kanan motor, di atas knalpot. Posisi suspensi itu horizontal layaknya yang dipakai oleh motor supersport.

Soal fitur keselamatan, tidak perlu diragukan. Rem depan hadir cakram berukuran 175 mm dan rem belakangnya pakai 240 mm dengan Brembo Calipers. Anti-lock braking system (ABS) pun tampil untuk mencegah roda terkunci saat pengendara melakukan pengereman mendadak.

Italjet Dragster juga semakin menyenangkan untuk diajak berkendara, lantaran punya jarak sumbu roda panjang mencapai 1.345 mm. Dikombinasikan dengan ban lebar, efeknya motor jadi asik diajak manuver ke kiri dan kanan dalam kecepatan tinggi.

Bagaimana spesifikasi Italjet Dragster tersebut? Istimewa bukan?

Tabel Spesifikasi Mesin Italjet Dragster

Tipe Mesin 4 Stroke, Single Cylinder, 4 Valves DOHC, Water cooled, DOHC
Bore X Stroke 63 x 58 (mm)
Kapasitas Mesin 200 cc
Tenaga 19.8 hp / 8.250 RPM
Torsi 17 Nm / 6.250 RPM
Starter Elektrik
Kopling centrifugal – automatic
Transmisi C.V.T. with automatic centrifugal multiplate wet clutch
Sistem Pendingin liquid – cooled

Jangan Berharap Fitur Kepraktisan di Italjet Dragster

spesifikasi italjet dragster
Motor ini dibuat untuk dipacu di lintasan balap, minim fitur kepraktisan layaknya skuter konvensional

Salah kalau kamu membandingkan spesifikasi Italjet Dragster dengan motor matik kebanyakan. Pasalnya, kuda besi ini bukan diciptakan untuk sekadar berkendara harian. Pabrikan Italia merancangnya memang untuk performa.

Baca juga  Yamaha XMAX Roma Edition Dijual Rp97 Jutaan, Rayakan Bebas Korona

Jadi jangan harap ada fitur-fitur kepraktisan khas skutik konvensional. Asumsi kami power charger, bagasi, dan penghemat bahan bakar, sama sekali tidak tersedia. Pasalnya pabrikan tidak sama sekali memberi informasi soal ini. Maklum, samapi sekarang memang belum ada Italjet Dragster yang sampai ke konsumen. Di seluruh dunia masih dalam proses pemesanan.

Motor ini benar-benar hanya rangka, mesin, serta roda yang dijadikan satu. Kalau pun ada fitur tambahan, pasti untuk menunjang performa berkendara dan legalitas di jalan raya. Sebut saja brake lever di setang yang mampu menjaga tuas rem tertekan tidak sengaja saat bersinggungan dengan motor lain.

Terkait legalitas, Italjet memberi punya lampu depan, belakang, dan sein yang sudah full LED. Efeknya visibilitas berkendara dijamin optimal, terlebih saat melewati perjalanan di malam hari.

Setelah melihat spesifikasi Italjet Dragster, apakah kamu tertarik memilikinya? Bila kamu pesan motor seharga Rp137 juta ini sekarang, maka kemungkinan akhir 2020 baru bisa digunakan untuk berkendara.

“Unit ready Agustus – November 2020, impor langsung dari Italia,” kata Agus.

Di Indonesia sendiri, belum ada saingan untuk Italjet Dragster. Kebanyakan skuter di Tanah Air hanya berkapasitas 150 cc, kalau ada yang lebih tinggi trennya ke 250 cc. Sementara untuk kubikasi tanggung seperti 200 cc belumlah ada untuk skutik bergaya sportif.

Kecuali untuk motor matik retro, Royal Alloy GP200S memang berkapasitas 200 cc. Hanya saja tentu tidak bisa dibandingkan dengan Italjet Dragster, lantaran beda gaya. Royal Alloy sendiri lebih pas ketika disandingkan ke Vespa dan Lambretta.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 comments

Terbaru