by

Panduan Modifikasi Fortuner, Velg 20 Inci dan Paras Legender

Modifikasi Fortuner bisa jadi satu solusi, jika kamu sudah bosan dengan tampilan standarnya. Banyak refrensi di sosial media dan jagat maya yang dengan mudah kamu temukan.

Selain itu Toyota Fortuner bukanlah mobil yang sulit dimodifikasi. Pertama karena mobil ini menyandang sebagai salah satu mobil SUV terlaris Toyota. Oleh karenanya, komponen dan aksesori variasi aftermarket-nya pasti berlimpah di pasaran.

Kedua, mobil ini memiliki dimensi yang bongsor, hingga banyak ruang yang masih bisa di eksplore. Misalnya bagian bodi, hal ini akan memudahkan kamu dalam berimajinasi jika ingin memainkan cutting sticker. Baik untuk sekedar mengganti warna atau memainkan corak.

Belum lagi, fender yang besar bisa puas untuk kamu obok-obok dengan setelan dari beragam pelek besar yang tersedia di pasaran.

Pun dengan tambahan lampu-lampu aftermarket Toyota Fortuner yang tersedia banyak di pasaran. Misalnya kamu bisa dengan mudah mengikuti tren stop lamp atau lampu belakang Fortuner lama diganti dengan milik Fortuner VRZ. Banderolnya pun tidak mahal, satu set dengan lampu bagasi dijual dengan harga sekitar Rp 4 jutaan.

Lantas kira-kira apa lagi ya ubahan modifikasi Fortuner yang bikin mobil kamu tampil gagah dan berkelas.

Paka Warna Hitam Doff dengan Teknik Full Wraping Sticker

Modifikasi Fortuner

Menggunakan sticker full wrapping, merupakan solusi jika kamu ingin modifikasi Fortuner dalam hal warna bodi. Kelebihan dari teknik ini, kamu tidak perlu mengganti warna cat asli. Alhasil ketika sudah bosan, cukup copot sticker-nya. 

Baca juga  Toyota Proace Electric Meluncur, Ada Versi Mobil Keluarga

Keunggulan lain dari teknik ini, dapat memberi proteksi pada cat kendaraan. Jadi ketika nanti sticker dibuka, cat kendaraan bakal terasa seperti baru. Tidak cuma itu bodi Fortuner juga jadi minim terketa goresan atau baret halus.

Cara pasangnya pun mudah, laman mangele.com menyebut full wrapping sticker bisa diaplikasikan setelah seluruh bagian body mobil dibersihkan dulu. Pembersihan termasuk pada bagian handle, spion, spoiler, bahkan bemper pun juga di bongkar.

“Semua di lakukan supaya stiker dapat menempel sempurna pada bagian yang melengkung dan finishing pun dapat sempurna,” tulis laman Mengele, yang merupakan spesialis full wrapping kendaraan di kawasan Bandung, Jawa Barat.

Lalu untuk warna sticker yang banyak digunakan untuk modifikasi Fortuner adalah hitam doff. Kelir ini memberi kesan garang pada SUV berlogo T tersebut.

Untuk biaya full wrapping sticker Toyota Fortuner berkisar antar Rp 3,5 – 9 jutaan. Tergantung jenis sticker. Biasa warna-warna gold atau chrome memiliki harga lebih mahal di banding doff. Untuk lokasi pemasangan stiker di Jakarta sudah banyak, dua di antaranya adalah MGK Kemayoran dan Mal Atrium Senen. 

Sebelum kamu melakukan pelapisan bodi dengan stiker, ada baiknya cari dulu bengkel spesialis pemasangan sticker yang terpercaya serta bisa diajak konsultasi. Lebih penting lagi, harus memiliki tim desainer yang bisa menerjemahkan ide dan gagasan kamu terkait modifikasi warna di Toyota Fortuner.

Baca juga  5 Bengkel Modifikasi Mobil di Jakarta yang Bagus

Makin Kekar dengan Pelek Ring 20

Modifikasi Fortuner

Modifikasi Fortuner akan kurang keren jika kamu tidak mengganti pelek bawaan. 

Kira-kira berapa ya ukuran pelek dan ban yang pas untuk modifikasi Fortuner? Untuk kamu tahu, pelek standar mobil SUV ini mengunakan ukuran ring 17-18. Ring terbesar seperti 18 inci, biasanya dihuni oleh model-model varian tertingginya.

Ottoban Serpong mengatakan, Toyota Fortuner yang menggunakan velg ring 17 dengan paduan ban ukuran 265/65 bisa diperbesar hingga velg ring 22 x 9-9,5 inci. Hanya saja dalam hal safety dan kenyamanan, paling tepat memakai pelek ring 20 untuk Fortuner modifikasi. 

Perlu dicermati juga nih, kerja komponen pada kaki-kaki mobil akan semakin berat kalau diameter velg semakin besar. Sebaiknya kenaikan diameter maksimal 2 inci dari ukuran velg standar, agar berkendara tetap nyaman dan aman.

Untuk PCD, biasanya velg Toyota Fortuner sendiri memiliki ukuran 6×139,7. Oleh karenanya paling tepat menggunakan pelek dengan offset 20-25 mm. Lebar velg 7-9 inci direkomendasikan agar roda terhindar dari risiko nyangkut.

Nah soal desain, kamu bisa pakai pelek yang sedang hits saat ini seperti HSR. Untuk Toyota Fortuner misalnya ada empat model rekomendasi ukuran ring 20 misalnya MYTH02 Black Oil,MYTH 02 SMB, MYTH05 Black Oil dan MYTH03 Black Oil.

“Kalau untuk Toyota Fortuner jika menggunakan ring 20 bisa menggunakan ban 265/50,” kata Hendra, owner HSR Wheel pada Moladin.com Selasa, (22/6/2021).

Baca juga  Spesifikasi Toyota Land Cruiser 300, Diet 200 Kg!

Bicara harga, Hendra mengatakan saat ini pelek untuk Toyota Fortuner dibandrol mulai Rp 16 jutaan, satu set berisi 4 pcs. Hendra juga bilang jika saat ini HSR Wheel sedang memberikan promo dimana harga tersebut sudah termasuk ban Accelera dan jasa pasang.

Uprade Tampang Fortuner Lama Jadi Facelift

Modifikasi fortuner
Body kit juga membuat Fortuner tampil makin maksimal dengan penggunaan set head lamp dan stop lamp milik Legender.

Ubahan modifikasi Fortuner lainnya adalah dengan mengupgrade ke versi facelift. Ini berlaku jika Toyota Fortuner kamu merupakan produk lawas tahun 2020 ke bawah, misalnya.

Fokus utama untuk mobil modifikasi ini terletak pada penggunaan aksesori eksterior seperti body kit. Contohnya di pasaran kamu bisa menggunakan body kit khas Fortuner Legender yang dirancang oleh Fiar Design.

Agar tampilan Fortuner makin modern, kamu juga bisa menggunakan head lamp dan stop lamp Legender. Body kit Fiar Design ini dijual satu paket depan dan belakang dengan harga sekitar Rp 20 jutaan.

Legender sendiri merupakan kasta type tertinggi Toyota Fortuner. Hanya saja varian ini tidak rilis di Indonesia, namun negara terdekat yang menjualnya adalah Thailand.

Selain lampu-lampu, versi legender yang sudah tersedia di pasaran adalah grill dan dan foglamp. Semua ini bisa kamu pasangkan agar tampilan Fortuner kamu semakin terlihat muda dan gagah. Pemakaian bodi kit Fortuner Legender tentu bisa membuat mobil kamu jadi tidak pasaran!

Demikian ulasan terkait panduan modifikasi Fortuner. Untuk mendapatkan berita lengkap lainnya seputar otomotif, simak terus Moladin.com.

Terbaru