by

Yamaha FZ-X 150 Connected, XSR 155 Versi Murah

Akhirnya Yamaha meluncurkan motor retro terbaru, FZ-X 150 Connected. Tampilannya mirip XSR 150, namun harganya jauh lebih murah. Di India, kuda besi ini dijual sekitar ₹119800 atau setara Rp 23,4 jutaan.

Salah satu yang membuat banderolnya terjangkau adalah performa mesin tidak istimewa. Jantung mekanis motor retro ini pakai teknologi sederhana, belum berpendingin cairan dan tanpa katup variabel (VVA). Kalau dilihat spesifikasinya, kurang lebih mesin motor India ini persis kepunyaa Yamaha Byson.

Di atas kertas mesin 150 cc milik FZ-X cuma bisa melontarkan torsi puncak 13,3 Nm pda 5.500 rpm dan tenaga maksimal 12,4 PS pada 7.20 rpm. Performa itu kalah jauh dari mesin XSR 155 yang mampu memuntahkan torsi 14,7 Nm pada 8.500 rpm dan tenaga 19,3 PS pada 10.000 rpm.

Walau demikian, bukan berarti Yamaha FZ-X 150 Connected tidak menarik. Salah satu yang membuatnya istimewa, kemunculan teknologi Y-Connect. Fitur tersebut persis yang dipunya oleh Yamaha Nmax Connected dan Aerox Connected di Indonesia.

Baca juga  3 Kelebihan Yamaha Aerox 155 S Version

Kecanggihan Teknologi Y-Connect di FZ-X 150

yamaha fz-x 150 connected
Fitur Y-Connect hadir di FZ-X 150 keluaran India

Y-Connect mampu mengintegrasikan motor dengan smartphone secara komprehensif. Alhasil dari panel instrumen digital milik FZ-X bisa menampilkan berbagai informasi dari smartphone pemiliknya, seperti panggilan telepon, email, pesan singkat, hingga kondisi baterai smartphone. Di sisi lain, lewat smartphone, kamu bisa mengetahui informasi posisi parkir motor, konsumsi BBM, hingga kerusakan motor.

Hal menarik lain dari fitur Y-Connect di Yamaha FZ-X 150 Connected adalah bisa bertarung dengan pengguna Y-Connect di seluruh dunia. Pertarungan ini terkait jarak tempuh serta konsumsi BBM. Nanti akan ada urutan peringkat tertinggi buat mereka yang melaju paling jauh atau memiliki konsumsi BBM paling irit.

“All New Yamaha FZ-X hadir di India sebagai motor crossover yang terinspirasi desain neo retro. Memiliki fitur masa depan untuk meningkatkan rasa berkendara, sekaligus tetap mempertahankan karisma klasik,” seperti dikutip dari laman resmi Yamah India.

Bukan cuma itu saja kelebihan motor retro produksi India tersebut, masih ada banyak lagi. Mau tahu lebih detail? Simak bahasan berikut:

Baca juga  Mau Tampil keren? Pasang 5 Aksesori Yamaha Freego Ini!

Sistem Keselamatan ABS Tersemat di FZ-X 150

yamaha fz-x 150 connected
ABS juga merupakan fitur modern yang ada di FZ-X 150 Connected

Walau performa mesin Yamaha FZ-X 150 Connected biasa saja dan kalah jauh dari XSR 155, namun dari sisi fitur modern tidak perlu diragukan kehebatannya. Selain ada Y-Connect, tersedia pula teknologi keselamatan anti-lock braking system (ABS) di roda depan.

Guna ABS mencegah roda terkunci ketika pengendara melakukan pengereman mendadak. Harapannya dengan ABS, pengendara tetap bisa mengendalikan laju motor dan terhindar dari potensi kecelakaan.

Kehadiran ABS ini cukup istimewa, karena Yamaha XSR 155 saja yang punya performa mesin lebih mantap belum memilikinya. Maka dari itu, Yamaha Indonesia patut meniru langkah Yamaha India tersebut.

Yamaha FZ-X 150 Connected juga punya sistem pencahayaan LED di depan dan belakang. Lampu depannya bahkan mengaplikasikan Bi-functional LED atau dengan proyektor yang tentu membuat cahaya terfokus dalam menerangi jalan.

Kemudian terkait tampilan, soal selera. Walau begitu sekilas memang FZ-X 150 begitu mirip dengan XSR 155. Bedanya bentuk tubuh motor India ini lebih mengotak, kemudian suspensi depan masih pakai teleskopik. Terkait ukuran ban yang dipakai, di depan 100/80-17 inci dan belakang 140/80-17 inci.

Baca juga  9 Rekomendasi Motor Paling Irit BBM di Indonesia

Bagaimana menurut kamu soal motor dari negeri bollywood tersebut? Apakah pantas untuk masuk ke pasar otomotif Tanah Air?

Terbaru