Modifikasi Yamaha Jupiter MX 2007 Bergaya Adventure, Pas Buat Trabas

Moladin – Ketertarikan akan hobi trabas atau menjelajah hutan dengan motor, memaksa Johan modifikasi Yamaha Jupiter MX. Ia pun rela merombak tunggangan kesayangannya. Dan sesuai dengan minat dan impiannya, motor tipe bebek itu lansung di modifikasi ala motor garuk tanah alias trail.

Selain ketertarikan yang kuat, sang owner juga punya kata-kata yang memotivasi. Kalau kata yang punya, “my life my rule” jadi slogan yang menguatkannya ketika ingin modifkasi. Apalagi rombakan kali ini dikerjakan sendiri. Penasarankan kayak apa si ubahannya?

Honda CRF 150L

*Angsuran mulai dari

Frame dan Swing Arm Handmade

Menariknya, frame dan swing arm dibuat secara handmade oleh Johan. Untuk poin ini, pria berambut panjang itu mengaku menggunakan material berbahan besi pipa tipe seamless dengan ketebalan 3mm.

“Rangka dibuat menyerupai rangka KTM 85 meskipun tidak semua disamakan. Dengan ubahan ini bobot rangka hampir mencapai 10kg, meskipun bagian subframe dibuat system knock down persis seperti motor special engine,” ucap Johan yang biasa dipanggil Amin.

Begitupun dengan swingarm yang dibuat sendiri dari bahan besi dengan ketebalan 5 mm. “Kalau di-total, lama pengerjaan rangka dan swing arm memakan waktu tiga bulan. Lama sih, tapi saya puas sama hasilnya,” tambah Johan.

Frame dan swing armFrame dan swing arm dibuat secara handmade | Foto: Contributor Moladin

Body KTM 85 Menyesuaikan Dimensi Yamaha Jupiter MX

Karena Yamaha Jupiter MX yang di modifikasi, maka pilihan bodi yang ideal menggunakan original KTM 85. Pemasangannya cukup mudah karena rangka yang digunakan model custom, jadi hanya penyesuaian lubang baut saja.

“Kalau pakai bodi motor special engine lain kurang suka dengan bentuknya. Menurut saya KTM 85 ini udah paling keren, biar kaya timnya Antonio Cairolidari KTM,” canda Johan yang tinggal di Jalan Rahmad Buddin, Lingkungan 02, Kelurahan Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan – Medan.

Cover body ideal gunakan KTM 85 originalCover body ideal gunakan KTM 85 original | Foto: Contributor Moladin

Agar selaras dengan sasis custom dan bodi KTM 85, Johan memilih komponen peredam kejut bawaan Kawasaki KLX 150. Meski motor ini alami perombakan besar-besaran di bagian sokbreker, tetapi tetap utamakan kenyamanan sob.

“Lebih pas dan pemasangannya hanya menyesuaikan derajat kemiringan dari rangka custom. Karena segitiga, triple clam dan sok depan semua kepunyaan Kawasaki KLX 150. Tinggal proses las yang membutuhkan ketelitian supaya rapih dan presisi,” tutup Johan yang kini rajin trabas dan adventuran bersama Jupiter MX-nya.

Kawasaki KLX 150

*Angsuran mulai dari

Semoga modifikasi kali ini bisa jadi inspirasi buat Moladiners semua, pas banget nih kalau punya motor standar tapi hobi trabas. Gak perlu merogoh kocek dalam-dalam, lakukan sedikit perubahan supaya motor bisa bergaya seperti trail. Ingat Motor! Ingat Moladin!

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *