by

Modifikasi Yamaha Jupiter MX, dari Standar Hingga Trail

Modifikasi Yamaha Jupiter MX – Berbicara mengenai motor bebek yang cukup mumpuni untuk di modifikasi, pilihannya mungkin jatuh kepada Motor Yamaha Jupiter MX. Kuda besi yang satu ini cukup diminati banyak masyarakat di Indonesia.

Beragam pilihan modifikasi bisa diaplikasikan pada Jupiter MX, mulai dari aliran thailook, road race, hingga Jupiter MX modif trail pun bisa dilakukan. Sisi desain yang proporsional dan harga yang cukup terjangkau, menjadi alasan banyak orang melakukan modifikasi Yamaha Jupiter MX.

Pun begitu, sebelum kamu memutuskan untuk modifikasi Yamaha Jupiter MX. Mungkin kamu perlu mempertimbangkan sejumlah hal penting, khususnya aliran yang kamu pilih. Pasalnya jika salah memilih, sepeda motor yang kamu punya justru tidak akan sedap dipandang. Kemungkinan juga tidak sesuai dengan ekspektasi yang kamu mau.

Cermat dalam memilih aliran modifikasi setidaknya perlu kamu lakukan, Sob! Berikut ini, Moladin akan memberikan tips modifikasi motor Jupiter MX yang mungkin bisa kamu aplikasikan.

3 Tips Modifikasi Motor Jupiter MX

Yamaha Jupiter MX 150
Tips modifikasi Yamaha Jupiter MX

Sebelum kamu memutuskan untuk modifikasi Yamaha Jupiter MX. Alangkah baiknya kamu mengikuti tips modifikasi motor Jupiter MX berikut ini.

Setidaknya dengan membaca ulasan berikut, kamu bisa mendapatkan gambaran untuk mengaplikasikannya pada sepeda motor kesayanganmu. Ada sejumlah hal penting yang perlu kamu lakukan.

1. Ketahui aliran modifikasi yang diinginkan

modif jupiter mx
Jupiter MX full fairing. Kalau tampilannya seperti ini, kamu perlu menyuapkan bujet lebih karena rombakannya cukup banyak.

Pertama kamu perlu mengetahui, kira-kira aliran apa yang akan pilih untuk modifikasi motor Jupiter MX kesayangan. Pilihannya beragam, mulai dari aliran road race, thailook, touring dan juga Jupiter MX modif trail.

Jika kamu sudah mengetahui aliran mana yang kamu pilih. Dengan begitu kamu bisa melakukan penyesuaian bujet, agar modifikasi pada Jupiter MX yang kamu punya dapat berjalan lancar.

Kalau gayanya masih sport atau sejalan dengan desain Jupiter standar, maka tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Hanya saja kalau perlu rombak sana-sini, seperti ubah jadi trail, maka perlu kantong tebal untuk mewujudkannya.

2. Siapkan Bujet

yamaha jupiter mx modif
Modif simpel bisa saja mahal, kalau komponen yang disematkan punya kualitas terbaik.

Langkah kedua, kamu bisa menyiapkan bujet yang sesuai dengan kebutuhan. Mengingat beragam aksesori ataupun suku cadang untuk mendukung modifikasi yang kamu lakukan bisa ‘hunting’ di situs jual beli online.

Kamu boleh memasukan wishlist ataupun mencatat segala kebutuhan yang kamu perlukan untuk kebutuhan modifikasi Yamaha Jupiter MX. Dengan begitu bujet yang kamu siapkan tentunya tidak akan meleset dan hasil modifikasi pun bisa berjalan maksimal.

Perihah kualitas komponen aftermarket yang kamu masukkan ke motor modifikasi juga berpengaruh. Jika yang dipakai merek-merek sultan seperti Brembo, Ohlins, dan lain-lain pasti bakal bengkak biayanya.

Baca juga  19 Cara Modifikasi Mio Trail Sebagai Inspirasi

3. Jangan Asal Pilih Bengkel

Bengkel modif
Jika mau hasil terbaik, pilih bengkel modifikasi dengan reputasi baik.

Ketiga kamu juga wajib untuk memastikan, kira-kira bengkel motor modifikasi atau modifikator mana yang punya kualitas terbaik. Karena jika salah memilih, hasil modifikasi yang kamu lakukan malah tidak berjalan mulus.

Dalam hal ini kamu nantinya akan mengeluarkan dana lebih untuk merapihkan kembali sepeda motor yang kamu modifikasi. Jangan sampai kamu jadi keluar biaya lebih, Sob!

Dari beragam modifikasi Yamaha Jupiter MX, mungkin kamu bisa memilih Jupiter MX modif trail sebagai pilihan aliran modifikasi. Pasalnya modifikasi trail pada Jupiter MX terbilang cukup menarik, dan masih bisa digunakan untuk kendaraan sehari-hari.

Penasaran seperti apa Jupiter MX modif trail yang bisa kamu aplikasikan? Simak ulasan ini sampai habis:

Refrensi Jupiter MX Modif Trail

Konsep modifikasi motor trail
Konsep modifikasi motor trail

Ketertarikan akan hobi trabas atau menjelajah hutan dengan motor, memaksa Johan untuk modifikasi Yamaha Jupiter MX kesayangannya itu.

Johan rela untuk merombak total tungganannya tersebut agar mampu menghadapi segala medan jalan. Hal ini tak lepas dari minat dan impiannya untuk memiliki motor trail.

Alhasil Yamaha Jupiter MX miliknya itu, di modifikasi ala motor garuk tanah alias trail. Selain ketertarikan yang kuat, sang owner juga punya kata-kata yang memotivasi.

“My life my rule” jadi slogan yang menguatkan Johan akhirnya memutuskan untuk modifikasi motor bebek kesayangannya tersebut. Apalagi rombakan kali ini dikerjakan sendiri. Penasarankan kayak apa si ubahannya?

Modifikasi Yamaha Jupiter MX ala Trail, Ubah Frame dan Swing Arm Handmade

Modifikasi Yamaha Jupiter MX Trail gunakan Frame dan swing arm
Frame dan swing arm dibuat secara handmade | Foto: Contributor Moladin

Untuk mendukung modifikasi Yamaha Jupiter MX lebih terkesan trail. Johan mengubah sendiri frame dan swing arm yang dibuat secara handmade.

Pada poin ini, pria berambut panjang itu mengaku menggunakan material berbahan besi pipa tipe seamless dengan ketebalan 3mm.

“Rangka dibuat menyerupai rangka KTM 85 meskipun tidak semua disamakan. Dengan ubahan ini bobot rangka hampir mencapai 10kg, meskipun bagian subframe dibuat system knock down persis seperti motor special engine,” ungkap Johan yang biasa dipanggil Amin itu.

Begitupun dengan swing arm yang dibuat sendiri dari bahan besi dengan ketebalan 5 mm. “Kalau di-total, lama pengerjaan rangka dan swing arm memakan waktu tiga bulan. Lama sih, tapi saya puas sama hasilnya,” Johan menambahkan.

Gunakan Bodi KTM 85, Jadi Bagian Modifikasi Yamaha Jupiter MX Trail

Modifikasi Yamaha Jupiter MX, Cover body ideal gunakan KTM 85 original
Cover body ideal gunakan KTM 85 original | Foto: Contributor Moladin

Lebih jauh, sentuhan modifikasi Yamaha Jupiter MX trail itu. Diketahui menggunakan bodi orisinil milik KTM 85. Hal ini dilakukan setelah menyesuaikan dimensi Jupiter MX.

Baca juga  Motor Retro Yamaha XSR250 Siap Meluncur?

Pemasangannya cukup mudah, mengingat rangka yang digunakan sudah model custom. Jadi hanya penyesuaian lubang baut saja.

“Kalau pakai bodi motor special engine lain kurang suka dengan bentuknya. Menurut saya KTM 85 ini udah paling keren, biar kaya timnya Antonio Cairolidari KTM,” canda Johan yang tinggal di Jalan Rahmad Buddin, Lingkungan 02, Kelurahan Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan – Medan itu.

Agar selaras dengan sasis custom dan bodi KTM 85, Johan memilih komponen peredam kejut bawaan Kawasaki KLX 150. Meski motor ini alami perombakan besar-besaran di bagian sokbreker, tetapi tetap utamakan kenyamanan, Sob.

“Lebih pas dan pemasangannya hanya menyesuaikan derajat kemiringan dari rangka custom. Karena segitiga, triple clam dan sok depan semua kepunyaan Kawasaki KLX 150. Tinggal proses las yang membutuhkan ketelitian supaya rapih dan presisi,” pungkas Johan yang kini rajin trabas dan petualangan bersama Trail Jupiter MX garapannya itu.

Gimana semoga modifikasi Trail Jupiter MX ini bisa jadi inspirasi buat kamu semua. Terlebih buat kamu pengguna Yamaha Jupiter MX yang hobi adventure.

Biaya yang perlu digelontorkan pun masih cenderung terjangkau. Lakukan sedikit ubahan, supaya motor bisa bergaya seperti trail pun bisa saja dilakukan.

Bila modifikasi Yamaha Jupiter MX trail ini tidak sesuai dengan keinginan. Selanjutnya Moladin juga akan memberikan sedikit gambaran mengenai modifikasi Jupiter MX lainnya yang bisa kamu lakukan.

Baca juga;

Contoh Simpel Modifikasi Yamaha Jupiter MX

Contoh Modifikasi Yamaha Jupiter MX
Contoh Modifikasi Yamaha Jupiter MX

Apabila kamu ingin modifikasi Yamaha Jupiter MX dengan cara yang simpel. Pilihannya cukup beragam saat ini.

Nah, yang terpenting motor bebek yang kamu punya enak dipandang, dan yang terpenting tidak melanggar Undang-undang terkait modifikasi di Indonesia. Beragam pilihan aliran modifikasi bisa kamu pilih, Bro! Penasaran apa saja? Berikut ulasannya:

Modifikasi Motor Jupiter MX Bergaya Simpel dan Elegan

Modifikasi Yamaha Jupiter MX modifikasi simpel nan elegan
Modifikasi Yamaha Jupiter MX modifikasi simpel nan elegan

Seiring perkembangan zaman, Yamaha Jupiter MX 135 mungkin sudah kurang populer. Mengingat saat ini, motor Yamaha MX King menjadi salah satu pilihan motor yang ada.

Baca juga  Yamaha Perkenalkan Mio Terbaru, Ini Sosoknya!

Padahal Jupiter MX masih punya pesona yang kuat, apalagi setelah mendapatkan sentuhan modifikasi. Modifikasi Jupiter MX bergaya simpel dan elegan, ternyata sangat menarik.

Sebagai contohnya yang terjadi pada Jupiter MX yang satu ini. Di mana terlihat begitu elegan dengan bodi yang dibalut dengan kelir silver kombinasi hitam.

Tak hanya itu saja, beberapa akses warna titanium turut ditambahkan pada lampu sein, behel belakang dan baut-bautnya. Kombinasi ini membuat motor ini makin terasa elegan serta mewah berkat part-part premium.

Lalu di bagian kaki-kaki depannya terlihat dihiasi dengan caliper Brembo dua piston yang dipadukan dengan cakram model floating. Beralih ke belakang, monoshock Jupiter MX ini diganti dengan merek aftermarket yang sudah dilengkapi dengan subtank.

Terlihat juga kalau cover rantainya kini sudah berlapis karbon untuk menunjang tampilan semakin mewah. Bagian yang cukup menarik terlihat pada bagian knalpotnya, lho!

Bagian lehernya pakai bahan titanium sementara silencer pakai punya Honda Sonic. Alhasil Yamaha Jupiter MX 135 ini makin menarik dan cocok buat jadi bahan inspirasi.

Konsep Modifikasi Motor Jupiter MX Standar yang Menawan

modifikasi Jupiter MX
Kece, konsep modifikasi Yamaha Jupiter MX ini terlihat sportif dan mewah

Siapa yang enggak tertarik memandang Yamaha Jupiter MX 135 yang super kece satu ini. Hasil modifikasi Yamaha Jupiter MX ini, terlihat begitu memikat hati.

Mengusung kelir kombinasi hitam dan emas, membuatnya terlihat beda dari kebanyakan motor pada umumnya. Soal ubahan sebenarnya enggak neko-neko, lantaran wujud Jupiter MX ini masih standar.

Perhatian pertama lansung tertuju pada pelek palang lima dengan kelir emasnya. Kedua pelek itu berbahan aluminium yang ringan tapi kuat dan dibuat dengan mesin CNC.

Kemudian suspensi belakangnya juga diganti dengan keluaran Ohlins dengan warna tabung senada dengan peleknya. Sistem pengereman motor ini pun enggak bisa dianggap remeh.

Rem cakram depan dan belakang menggunakan kaliper Brembo dan cakram dari Galfer. Beralih ke bagian kemudi, terlihat master rem depan dan tuas kopling sudah diganti dengan merek aftermarket.

Bahkan panel instrument atau speedometer juga diganti dengan merek Koso khusus untuk motor Jupiter MX King 150. Sementara untuk bodi-bodinya kini didominasi warna hitam glossy dengan beberapa grafis berwarna emas yang elegan.

Alhasil terlihat bukan, sosok Yamaha Jupiter MX 135 ini sukses tampil menawan dan mencuri perhatian. Gimana tertarik dengan modifikasi yang satu ini?

Semoga informasi ini dapat bermanfaat buat kalian yang punya Yamaha Jupiter MX, Sob! Selamat mencoba.

Terbaru