oleh

4 Tips Slalom Bagi Pemula, Dijamin Bisa!

Bagi kamu yang ingin mencoba slalom, berikut akan kami ulas tips slalom bagi pemula langsung dari salah satu pembalap slalom Honda Racing Indonesia (HRI). Meski terlihat asyik, untuk melakukan slalom tidak boleh sembarangan.

Kegiatan slalom banyak diminati para pecinta otomotif, khususnya kaum muda. Bukan tanpa alasan, membejek gas yang dikombinasikan dengan kelihaian memutar setir melewati cone menjadi tantangan yang menguji adrenalin.

Di Indonesia, kegiatan kompetisi slalom rutin di adakan setiap tahunnya oleh PT Honda Prospect Motor (HPM). Dan tahun ini kegiatan rutin dari HPM tersebut diadakan di wilayah BSD dengan tajuk ‘Brio Slalom Challenge 2022’.

Dalam kegiatan yang diadakan oleh HPM tersebut, kami mendapat kesempatan untuk turut serta mecoba diarena slalom yang sudah dipersiapkan. Sebelum masuk ke arena, kami terlebih dahulu meminta tips slalom bagi pemula ke Anandyo Dwiki yang merupakan salah satu pembalap Slalom dari HRI.

Mau tahu apa saja tips slalom bagi pemula dari Dwiki Anandyo. mari kita simak bahasannya berikut ini.

Baca juga  4 Fakta Formula E Jakarta, Balapan di Monas?

1. Ketahui Aturan Slalom

tips slalom bagi pemula
Berlatih dengan simulasi game slalom

Tips slalom bagi pemula yang pertama adalah mengetahui apa itu slalom. Mulai dari slalom itu apa? Bagaimana aturan balapannya?, dan segala macam teori-teorinya.

Hal tersebut bisa didapatkan dari tempat sekolah atau akademi khusus slalom. Umumnya sekolah tersebut dimentori dan didirikan oleh pembalap slalom nasional.

“Ikut sekolah atau akademi khusus slalom akan lebih cepat untuk bisa mahir melakukan slalom. Sebab biasanya pendiri dan pengajarnya langsung pembalap slalom nasional. Pelajari semua ilmu dari mereka dan tanyakan yang memang belum paham,” terang Dwiki di sela-sela event Brio Slalom Challenge 2022. (14/5/2022).

2. Tanya Langsung Ke Ahlinya

Dwiki juga menuturkan, jika posisinya seperti para awak media yang belum pernah melakukan slalom. Kemudian diberikan kesempatan untuk mencoba slalom seperti dalam event Brio Slalom Challenge 2022, maka bisa bertanya dan memperhatikan langsung ke pembalap yang hadir atau rekan yang sudah pernah melakukan atau ikut kompetisi slalom.

“Kalau posisinya tanpa persiapan, dalam arti belum sempat mengikuti sekolah slalom, bisa dengan bertanya ke pembalap atau rekan yang sudah pernah melakukan slalom dan memperhatikan langsung,” imbuh Dwiki.

Baca juga  Spesifikasi Mobil Formula E Gen3, Top Speed 322 Kpj

3. Atur Posisi Duduk

tips slalom bagi pemula
Fokus dan tenang salah satu kunci melakukan slalom

Tips slalom bagi pemula selanjutnya adalah tenang dan fokus. Yup, ketenangan sangat diperlukan agar konsentrasi bisa fokus. Atur terlebih dahulu posisi jok dan ketinggian setir yang sesuai dengan postur tubuh. Hal ini supaya dalam melakukan slalom, kamu akan merasa lebih nyaman.

4. Pindahkan Transmisi Ke Posisi L untuk Mobil Matik

Kemudian untuk mobil bertransimisi matik, gunakan gigi L. Tujuannya agar traksi bisa lebih responsive saat mobil melaju di arena slalom.

“Saat sudah di arena, injak gas seperlunya (sesuai dengan jalur slalom). Kemudian tangan kiri standby di rem tangan dan tangan kanan di setir. Rem tangan juga tidak melulu harus digunakan. Rem tangan digunakan saat mobil harus berputar membentuk lingkaran atau biasanya saat akan membentuk angka delapan. Setir belok dulu baru terik rem tangan, jangan terbalik,” jelas Dwiki.

Moladiners, itulah ulasan mengenai tips slalom bagi pemula. Meski secara teori sudah kami dapatkan langsung dari pakarnya. Namun saat praktek kami sedikit kesulitan karena salah melewati tikungan, alias kurang fokus.

Baca juga  Kompetisi Brio Slalom 2022 Dimulai, Hadir di 4 Kota!

Maklum, kompetisi slalom di event Brio Challenge 2022 merupakan slalom perdana yang kami ikuti. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru