Minggu, Februari 25, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Supercar Aston Martin DBX707 Jadi Mobil Medis F1 2023

by Firdaus Ali
Aston Martin DBX707

Supercar SUV, Aston Martin DBX707 resmi menjadi mobil medis untuk event balap Formula 1 2023. Tugasnya dimulai saat berlangsungnya seri pertama F1 di Bahrain, Minggu (05/03/2023).

Mendapat mandat sebagai mobil medis di Formula 1, Aston Martin DBX707 mendapat beberapa penyempurnaan untuk mendukung keselamatan para pembalap. Dikutip dari laman Aston Martin, mobil SUV tersebut dilengkapi berbagai standar kelengkapan pendukung pertolongan pertama, mulai dari tas medis, alat pemadam kebakaran, serta defibrillator yang ditempatkan dengan posisi yang mudah untuk diraih.

Tak hanya itu saja, mobil medis ini juga mendapat sepasang bucket seat sesuai regulasi FIA dengan sabuk pengaman enam titik. Kemudian pada bagian mesin, pengereman dan suspensi juga mendapat pembaharuan untuk mengoptimalkan kinerja Aston Martin DBX707 selama menjadi mobil medis di Formula 1.

Tak lupa, Aston Martin DBX707 juga dibekali dengan ban resmi Formula 1 yakni Pirelli P Zero, menjadikan DBX707 bisa lebih optimal dikendalikan di lintasan sirkuit. Istimewa bukan?

Oh ya, mobil medis Formula 1 ini dikemudikan oleh Bernd Maylander yang merupakan mantan pembalap asal Jerman. Selain sebagai pengemudi Aston Martin DBX707, dia juga dapat mengakses sistem marshalling FIA dan berkomunikasi dengan race control untuk membantu penilaian awal dari sebuah kecelakaan.

Baca juga  Aston Martin Vantage Jadi Safety Car F1, Vakum 60 Tahun!

Sebagai informasi, mobil medis dan ambulans berbeda di ajang balap Formula 1. Biasanya mobil medis dengan performa super akan datang lebih dulu ke lokasi kecelakaan dengan berbagai alat pertolongan pertama, serta petugas medis. Kemudian setelah itu, korban ditolong oleh ambulans bila memang dibutuhkan. 

“DBX707 adalah kendaraan sempurna sebagai Medical Car F1. Mobil ini memberikan performa yang dibutuhkan untuk sirkuit balap terhebat di dunia, selain fleksibilitas, menyediakan ruang luas bagi ofisial, dan petugas medis,” ungkap Kepala Teknis Aston Martin Roberto Fedeli.

Spesifikasi Aston Martin DBX707

aston martin dbx707 mobil medis f1 - tampak belakang

Super Car SUV, Aston Martin DBX707

Sebagai brand premium yang terkenal dengan kombinasi kemewahan dan kebuasan performa mesin, Aston Martin DBX707 tentunya mengusung spesifikasi yang tidak main-main. Apalagi mendapat tugas sebagai mobil medis di event Formula 1 2023, pasti harus bisa cepat mencapai lokasi kecelakaan.

DBX707 ini dibekali mesin konfigurasi V8 twin-turbo berkapasitas 4.000 cc yang dipasok oleh Mercedes-AMG. Di atas kertas, mesin tersebut menghasilkan tenaga 707 hp dan torsi puncak 900 Newton Meter. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi AMG 9-percepatan Speedshift MCT, alhasil akselerasi 0-100 kpj tuntas hanya dalam 3,1 detik.

Baca juga  Mobil Sport Listrik Aston Martin Masih Digodok

Martin DBX 707 hadir dengan rakit upgrade mekanis yang menjadikan model ini sebagai SUV mewah paling bertenaga dari produsen mobil ini, menempatkannya di atas Lamborghini Urus, Bentley Bentayga Speed dan Porsche Cayenne Turbo SE hybrid.

Upgrade sasis pada model ini juga menjanjikan mobil dapat menikung lebih datar, serta manajemen yang lebih ketat dari gerakan vertikal di atas gundukan dan mengurangi pitching dan jongkok saat pengereman serta pada saat akselerasi. Soal harga, mobil ini dijual 235.066 US Dollar atau sekitar Rp 3,3 miliar.

Moladiners, itulah ulasan mengenai Aston Martin DBX707 yang menjadi mobil medis di Formula 1 musim 2023. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika