by

7 Mobil James Bond Dari Masa ke Masa yang Melegenda

Film agen rahasia 007 atau James Bond biasanya dihiasi dengan beragam kendaraan ikonik. Kali ini, kami mengungkap sejumlah mobil James Bond dari masa ke masa.

Seperti diketahui, James Bond biasa ditemani dengan mobil keren dan para wanita berparas cantik yang menghiasi aksinya menumpas kawan penjahat. Film mengenai agen rahasia 007 sendiri pertama kali dirilis pada tahun 1962.

Sejak saat itu, film ini kerap menyajikan beberapa mobil yang di modifikasi untuk peralatan tempur untuk memberantas musuh. Sebagian besar, mobil yang digunakan dalam film ini sangat luar biasa.

Tak jarang bahkan sebagian mobil-mobil tersebut menjadi ikon bagi pabrikan mobil. Namun ada sejumlah mobil yang hanya menjadi bahan untuk dihancurkan dan terkesan aneh ketika digunakan oleh seorang agen rahasia.

Sebut saja takri tuk-tuk Bajaj RE (Thailand), Citroen 2CV, dan Ford Mondeo, yang seakan kendaraan tersebut tidak sejalan dengan karakter dan citra James Bond. Namun hal itu hanya sebagian gimmick tambahan untuk membuat film jadi terasa lebih seru.

Menariknya film-film James Bond pun dimanfaatkan pabrikan otomotif untuk mempromosikan produk terbaru mereka. Seperti yang dilakukan oleh Ford Motor Company di tahun 2002 silam.

Ford rela merogoh kocek hingga USD 35 juta untuk dapat menampilkan salah satu mobil mereka di film James Bond berjudul Die Another Day. Membahas lebih dalam mengenai mobil James Bond dari masa ke masa.

Ada sejumlah mobil ikonik yang tentunya tak boleh kalian lewatkan. Seperti pada film James Bond yang pertama, kala itu agen rahasia tersebut mengendarai Blower Bentley.

Namun jika mengacu pada film-film terakhir James Bond, sang agen rahasia lebih sering menggunakan jajaran produk Aston Martin. Bahkan imej pabrikan asal Inggris itu cukup melekat pada sosok James Bond.

Nah, tanpa berpanjang lebar berikut ini Moladin akan mengungkap sejumlah mobil James Bond yang cukup melekat pada sosok agen rahasia tersebut. Penasaran ingin tahu apa saja? Simak ulasan ini sampai habis.

Baca juga  4 Koleksi Mobil Khabib Nurmagomedov, Mewah Sob!

1. Lotus Esprit S1, Mobil James Bond Dari Masa ke Masa yang Ikonik

Lotus Esprit S1 mobil James Bond dari masa ke masa
Lotus Esprit S1 jadi mobil James Bond dari masa ke masa yang melegenda

Membahas mengenai mobil James Bond dari masa ke masa, tentu tak boleh lepas dari sosok Lotues Esprit S1. Mobil ini menghiasi film The Spy Who Loved Me di tahun 1977 yang sangat mengesankan saat digunakan kejar-kejaran oleh sang agen rahasia tersebut.

Istimewanya, sang produser kala itu memastikan bahwa Lotus ini mempunyai senjata yang sangat mengesankan. Uniknya lagi, dalam film tersebut Lotus Esprit S1 bisa berubah menjadi kapal selam.

Pasca tampil di film tersebut, mobil ini terbilang jadi laris dipasaran. Di mana Esprit menerima pesanan untuk tiga tahun ke depan.

Salah satu Lotus Esprit S1 bahkan dibeli oleh CEO Tesla, Elon Musk. Mobil itu bahkan dilelang di tahun 2013 dengan angka yang cukup tinggi, yakni seharga USD 997.000.

2. Aston Martin DB5

Aston Martin DB5
Aston Martin DB5, salah satu mobil James Bond masa ke masa yang legendaris

Mobil James Bond dari masa ke masa selanjutnya yang cukup ikonik adalah Aston Martin DB5.  Mobil ini bahkan menjadi salah satu mobil yang mengukir sejarah dalam film James Bond.

Setelah mobil ini muncul di film Goldfinger pada tahun 1964, popularitas model ini sangat sensasional. Bahkan beberapa orang menyebutnya sebagai bintang daripada James Bond.

Penonton film dibuat terpesona berkat hadirnya fitur aneh yang luar biasa, seperti plat nomor yang dapat berputar, senapan mesin, dan kursi ejector. Menariknya, Aston Martin DB5 juga sempat menghiasi sejumlah film berikutnya, seperti Thunderball, GoldenEye, Tomorrow Never Dies, Casino Royale dan Skyfall.

Di tahun 2019 lalu, salah satu dari empat Aston Martin DB5 yang digunakan pada film Goldfinger sempat dilelang dengan banderol USD 6.385.000. Fantastis bukan harganya?

Baca juga  Apa Kelebihan BMW 6 GT M Sport? Sedan Rp1,5 Miliar

3. BMW Z8

BMW Z8 James Bond
BMW Z8, begitu melekat pada sosok James Bond

Pabrikan Eropa lainnya yang sempat bekerja dalam film James Bond adalah BMW. Di mana pada tahun 1985, pabrikan Bavarian itu harus merogoh kocek USD 3 juta untuk dapat menampilkan produk mereka.

Ada sejumlah mobil James Bond dari masa ke masa yang di support oleh BMW dalam sejumlah film sang agen. Salah satunya adalah BMW Z3 Roadster.

Dampak muncul di film tersebut, pihak pabrikan mampu menghasilkan USD 240 juta untuk produk teranyarnya itu. Kemudian James Bond pun pernah mengendarai BMW 750iL.

Tetapi mungkin Z8 dalam film The World Is Not Enough yang tayang pada tahun 1999. Di rasa yang paling cocok dengan citra dan karakternya.

Uniknya, pada mobil itu sudah dilengkapi dengan sepasang roket samping yang digunakan dalam satu adegan untuk membantu menjatuhkan helikopter. Momen ini menjadi saat terakhir sang agen mengendari BMW.

4. Aston Martin Vanquish

Aston Martin Vanquish James Bond
Aston Martin tangguh ketika menemani aksi agen rahasia 007

Pasca era BMW di tahun 1990-an sebagai mobil James Bond dari masa ke masa yang cukup membekas dalam ingatan. Sang agen kembali menggunakan mobil Aston Martin di film Die Another Day pada tahun 2002.

Adalah Aston Martin Vanquish yang kini menemani sang agen 007 dalam memberantas kejahatan. Dalam film, Aston Martin merilis perangkat paling aneh yang pernah ada di dalam mobil James Bond.

Ya, perangkat itu memungkin mobil dapat menghilang, serta Aston Martin Vanquish tersebut juga sudah dilengkapi dengan persenjataan yang lengkap seperti torpedo, kursi ejector, dan radar yang dapat mendeteksi keberadaan musuh.

5. Toyota 2000GT

Toyota 2000GT James Bond
Toyota 2000GT supercar asal Jepang yang hiasi film James Bond

Toyota 2000 GT, masuk dalam legenda mobil James Bond dari masa ke masa. Di mana supercar Jepang pertama itu sempat menghiasi film You Only Live Twice di tahun 1967.

Dalam film menceritakan bahwa mobil ikonik asal Negeri Sakura itu merupakan milik agen pemerintah Jepang, yang bernama Aki. Namun mobil ini memainkan peran yang penting dalam film itu.

Baca juga  Mengenal Hyundai Ioniq, Mobil Dinas Ridwan Kamil yang Ramah Lingkungan

Sedikit mengulas mengenai Toyota 2000GT, mobil ini sejatinya diproduksi dalam desain kupe. Namun untuk kebutuhan film, mobil ini harus sedikit di custom.

Mengingat sosok James Bond kala itu diperankan oleh Sean Connery yang punya badan tinggi. Sementara mobil sport Toyota itu punya dimensi yang kecil, akhirnya pihak pabrikan melakukan sedikit penyesuaian.

Setelah muncul dalam film, penjualan Toyota 2000GT mengalami peningkatan yang cukup signifikan secara global.

6. Ford Mustang Mach 1

Ford Mustang Mach 1
Ford Mustang Mach 1 jadi salah satu mobil James Bond dari masa ke masa yang cukup dikenal

Ford Mustang Mach 1 masuk dalam jajaran mobil James Bond dari masa ke masa yang cukup populer. Mobil ini saat itu digunakan oleh Sean Connery di film Diamonds Are Forever (1971).

Kala itu, sang agen 007 mengendari mobil ini bersama Tiffany Case di Las Vegas dan terlibat dalam adegan yang menegangkan dengan polisi yang mengejar mereka.

7. Jaguar XKR

Jaguar XKR James Bond
Jaguar XKR menjadi salah satu mobil James Bond dari masa ke masa yang ikonik

Jaguar adalah pabrikan mobil asal Inggris yang biasa memproduksi mobil mewah dan berkelas. Salah satu produk mereka yakni Jaguar XKR jadi salah satu mobil James Bond dari masa ke masa yang masuk dalam sejarah film.

Mobil itu menghiasi film James Bond, Die Another Day yang saat itu diperankan oleh Pierce Brosnan. Jaguar XKR digunakan Bond untuk mengejar para penjahat.

Sedan mewah itu bukan versi standar saat digunakan oleh sang agen. Karena sudah mendapatkan sentuhan modifikasi yang ditunjang sejumlah perlengkapan tempur seperti senjata api di belakang, peluru mortar, dan ranjau paku.

Sekarang sudah tahukan mengenai jajaran mobil James Bond dari masa ke masa? Semoga informasi dapat membangkitkan ingatan kalian terhadap film yang cukup populer di masa lalu.

Baca juga:

Terbaru