7 Cara Menghitamkan Ban Motor Biar Mengilap

Cara Menghitamkan Ban Motor – Siapa sih yang tak ingin motornya bersih dan kinclong? Untuk itu, banyak pemilik motor yang mencuci kendaraan atau membawanya ke tukang cuci motor. Hanya saja, ada satu bagian yang kerap terlihat kusam meski sudah dicuci. Bagian yang dimaksud adalah ban motor. Cara membersihkan ban motor biar terlihat kinclong dan terlihat hitam memang perlu metode khusus.

Ada 7 cara menghitamkan ban motor yang bisa kamu coba. Dengan menggunakan metode tersebut, moladiners dapat memperoleh tampilan ban yang hitam layaknya ban baru. Apalagi, bahan yang dibutuhkan untuk membuat ban terlihat hitam juga tidak perlu biaya besar. Penasaran dengan metode yang dimaksud? Berikut ini adalah 7 cara yang bisa kamu terapkan:

Semir ban

Cara Menghitamkan Ban Motor Semir Ban

Cara menghitamkan ban motor yang paling mudah adalah dengan menggunakan produk semir ban. Di pasaran, kamu bisa menjumpai produk semir ban yang ditawarkan dalam berbagai merek. Pilihannya juga beragam, tersedia dalam opsi berbentuk foam dan cairan.

Semir ban berbentuk cairan menjadi opsi yang paling sering dijumpai. Semir ini terbuat dari bahan silikon cair yang membuat ban bisa menjadi lebih hitam dan mengilap. Hanya saja, jangan terlalu sering memakai semir ban silikon. Dalam jangka panjang, semir ban silikon dapat berpengaruh pada elastisitas ban.

Moladiners juga bisa menjumpai semir ban berbentuk cair yang terbuat dari bahan non-silicon. Sebagai gantinya, semir ini berasal dari unsur wax. Dari segi hasil, semir ban dari bahan wax tidak sebagus semir silikon, tetapi tidak berpengaruh buruk pada performa ban motor.

Sementara itu semir ban yang berbentuk foam dibuat dengan bahan utama berupa aerosol. Bahan ini memiliki fungsi serbaguna, tidak hanya bisa menjadi solusi ketika mencari cara menghitamkan ban motor, tetapi juga berfungsi sebagai pembersih. Apalagi, cara penggunaannya praktis tanpa perlu dibilas air.

Silikon cair

Cara Menghitamkan Ban Motor Silicon Spray

Selain semir ban, kamu juga bisa memilih untuk menggunakan cairan silikon secara langsung. Pemakaian silikon cair bisa menampilkan kesan warna hitam yang lebih bagus pada ban motor. Selain itu, warna hitam yang muncul juga bisa tahan dalam waktu lebih lama.

Untuk penggunaannya, kamu tetap perlu mencampurkan silikon cair dengan bahan lain. Bahan yang bisa digunakan sebagai campuran untuk silikon cair adalah terpentin. Perbandingan komposisi antara silikon cair dengan terpentin adalah sekitar 70:30. Oh iya, ketika menggunakan bahan ini, pastikan bahwa ban sudah dicuci bersih serta kering, ya.

Campuran bensin dan cat kayu

Cara Menghitamkan Ban Motor Menggunakan Bensin dan cat kayu

Cara menghitamkan ban motor selanjutnya adalah memakai campuran antara bensin dengan cat kayu warna hitam yang kemudian ditambah dengan cairan pengilap. Untuk mendapatkan cairan pengilap, kamu bisa menjumpai bahan ini dijual di toko peralatan kulit.

Selanjutnya, kamu perlu mencampurkan ketiga bahan itu dengan komposisi yang tepat. Komposisi ketiganya, yakni bensin, cat, dan cairan pengilap adalah 3:1:1. Setelah itu, bersihkan roda dengan air dan keringkan. Ketika sudah kering, kamu dapat mengoleskan campuran yang telah dibuat pada permukaan ban.

Baca Juga :

Minyak goreng

Cara Menghitamkan Ban Motor  dengan minyak goreng

Minyak goreng juga menjadi solusi murah kalau ingin mencari tahu cara menghitamkan ban motor dengan praktis dan murah. Kalau mau, kamu bisa memanfaatkan minyak bekas yang telah dipakai menggoreng. Untuk penggunaannya, dapat dioleskan ke permukaan ban memakai spons atau lap kering.

Minuman soda

Dengan Coca Cola

Solusi lainnya untuk bisa menghitamkan permukaan ban motor adalah dengan memanfaatkan minuman soda. Cara penggunaannya sangat ringkas. Moladiners perlu terlebih dahulu membersihkan ban motor dan ditunggu sampai kering. Setelah itu, kamu bisa mengoleskan minuman bersoda pada permukaan ban.

Baking soda

Baking Soda

Baking soda atau soda kue menjadi solusi berikutnya dalam upaya menghitamkan ban motor secara murah dan ringkas. Untuk menggunakan soda kue sebagai penghitam ban cukup mudah, dilakukan dengan mencampurnya dengan air sampai berbentuk pasta. Selanjutnya, kamu tinggal mengoleskannya pada permukaan ban dan menunggu sampai kering.

Ketika pasta dari baking soda sudah kering, selanjutnya kamu tinggal membersihkannya. Proses pembersihannya sangat mudah, dapat dilakukan dengan menggunakan air biasa. Setelah itu, kamu akan mendapati bahwa permukaan ban motor akan terlihat lebih hitam dan jauh dari kesan kusam.

Pasta gigi

Pasta Gigi

Tips yang terakhir dalam cara menghitamkan ban motor adalah dengan memanfaatkan pasta gigi. Bahan yang satu ini memang multiguna, dapat dipakai untuk membersihkan berbagai kotoran. Dalam upaya menghitamkan ban motor, cara penggunaannya juga sangat mudah.

Langkah pertama, kamu perlu mencuci ban terlebih dulu dan membiarkannya sampai kering. Selanjutnya, tuang pasta gigi pada sikat dan oleskan pada permukaan ban. Setelah berhasil mengoleskannya secara menyeluruh, kamu tinggal membersihkan ban menggunakan lap.

Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Baca Juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *