by

7 Cara Menghitamkan Ban Motor Biar Mengilap

Cara Menghitamkan Ban Motor – Siapa sih yang tak ingin motornya bersih dan kinclong? Untuk itu, banyak pemilik motor yang mencuci kendaraan atau membawanya ke tukang cuci motor. Hanya saja, ada satu bagian yang kerap terlihat kusam meski sudah dicuci. Bagian yang dimaksud adalah ban motor. Cara membersihkan ban motor biar terlihat kinclong dan terlihat hitam memang perlu metode khusus.

Paling sederhana memang menggunakan semir untuk mengilapkan ban motor. Hanya saja terkadang semir punya harga yang tidak murah. Kamu perlu merogoh kocek untuk bisa mendapatkannya.

Oleh karena itu, beberapa pemilik motor lebih suka menggunakan bahan-bahan alternatif untuk membuat ban motor kembali hitam atau mengilapkannya. Setidaknya ada 7 cara yang bisa kamu coba.

Dengan menggunakan metode tersebut, moladiners dapat memperoleh tampilan ban menjadi hitam layaknya ban baru. Penasaran dengan metode yang dimaksud? Berikut ini adalah 7 cara menghitamkan ban motor yang bisa kamu terapkan:

1. Pakai Semir ban

Cara Menghitamkan Ban Motor Semir Ban

Cara menghitamkan ban motor yang paling mudah adalah dengan menggunakan produk semir ban. Di pasaran, kamu bisa menjumpai produk semir ban yang ditawarkan dalam berbagai merek. Pilihannya juga beragam, tersedia dalam opsi berbentuk foam dan cairan.

Semir ban berbentuk cairan menjadi opsi yang paling sering dijumpai. Semir ini terbuat dari bahan silikon cair yang membuat ban bisa menjadi lebih hitam dan mengilap. Hanya saja, jangan terlalu sering memakai semir ban silikon. Dalam jangka panjang, semir ban silikon dapat berpengaruh pada elastisitas ban.

Moladiners juga bisa menjumpai semir ban berbentuk cair yang terbuat dari bahan non-silicon. Sebagai gantinya, semir ini berasal dari unsur wax. Dari segi hasil, semir ban dari bahan wax tidak sebagus semir silikon, tetapi tidak berpengaruh buruk pada performa ban motor.

Baca juga  6 Penyebab Turun Mesin Motor dan Ciri-Cirinya

Sementara itu semir ban yang berbentuk foam dibuat dengan bahan utama berupa aerosol. Bahan ini memiliki fungsi serbaguna, tidak hanya bisa menjadi solusi ketika mencari cara menghitamkan ban motor, tetapi juga berfungsi sebagai pembersih. Apalagi, cara penggunaannya praktis tanpa perlu dibilas air.

Paling menarik adalah semir ban waterbase. Komponen ini dijamin tidak bakal merusak ban motor. Di pasaran, salah satu yang bisa kamu pilih merek AutoDazzling. Semir ini berjenis gel, sangat pas untuk menunjang kelembapan ban motor. Alhasil terhindar dari ban retak. Tidak hanya itu, Auto Dazzling Shine Dressing juga mampu melindungi ban dari kotoran dan membuatnya tampak mengilap.

(Cek Juga: Ban Motor Terbaik)

2. Gunakan Silikon cair

Cara Menghitamkan Ban Motor Silicon Spray

Selain semir ban, kamu juga bisa memilih untuk menggunakan cairan silikon secara langsung. Pemakaian silikon cair bisa menampilkan kesan warna hitam yang lebih bagus pada ban motor. Selain itu, warna hitam yang muncul juga bisa tahan dalam waktu lebih lama.

Untuk penggunaannya, kamu tetap perlu mencampurkan silikon cair dengan bahan lain. Bahan yang bisa digunakan sebagai campuran untuk silikon cair adalah terpentin. Perbandingan komposisi antara silikon cair dengan terpentin adalah sekitar 70:30. Oh iya, ketika menggunakan bahan ini, pastikan bahwa ban sudah dicuci bersih serta kering, ya.

3. Coba Manfaatkan Teh Manis Kemasan

cara mengkilapkan ban motor

Cara menghitamkan ban motor selanjutnya adalah memakai teh manis kemasan merek apa saja. Kamu cukup tuangkan teh ke dalam wadah, kemudian gunakan kuas sebagai media untuk menyemir ban.

Selanjutnya kuas ban sampai merata. Hasilnya memang ban tidak terlalu jadi hitam, namun setidaknya bisa menjadikan ban mengilap atau wet look. Cara ini paling pas ketika kamu dalam keadaan kepepet dan ingin ikut kontes modifikasi, tapi lupa bawa semir.

Baca juga  Mau Press Velg Motor? Ini Rincian Biayanya

Lebih efektif lagi, sebelum ban dikuas dengan teh manis, kamu harus membersihkan ban terlebih dulu. Selamat mencoba!

Baca Juga :

4. Minyak goreng

Cara Menghitamkan Ban Motor  dengan minyak goreng

Minyak goreng juga menjadi solusi murah kalau ingin mencari tahu cara menghitamkan ban motor dengan praktis dan murah. Kalau mau, kamu bisa memanfaatkan minyak bekas yang telah dipakai menggoreng. Untuk penggunaannya, dapat dioleskan ke permukaan ban memakai spons atau lap kering.

Lebih efektif lagi, kalau minyak goreng yang dipakai dicampurkan dengan sampo dan air. Inilah cara sederhana untuk membuat shampoo motor secara mandiri.

Hanya saja perlu diingat, ketika melapisi minyak kamu tidak boleh sampai ke bagian atas atau permukaan ban yang bersentuhan langsung dengan aspal. Jika sampai terjadi, maka ban akan licin dan bisa-bisa kamu tergelincir ketika berkendara.

5. Gunakan Minuman soda Merupakan Alternatif Cara Menghitamkan Ban Motor

Dengan Coca Cola

Solusi lainnya untuk bisa menghitamkan permukaan ban motor adalah dengan memanfaatkan minuman soda. Cara penggunaannya sangat ringkas. Moladiners perlu terlebih dahulu membersihkan ban motor dan ditunggu sampai kering. Setelah itu, kamu bisa mengoleskan minuman bersoda pada permukaan ban.

Dipastikan cara ini bisa efektif untuk menghitamkan dan mengilapkan ban motor. Kalau tidak percaya, coba sendiri saja. Terakhri, motor yang bannya dilapisi dengan soda, jangan langsung digunakan. Biarkan soda tersebut kering terlebih dulu agar maksimal proses pengilapannya.

Baca juga  Komponen Motor Starter dan Cara Kerja yang Perlu Diketahui

6. Baking soda

Baking Soda

Baking soda atau soda kue menjadi solusi berikutnya dalam upaya menghitamkan ban motor secara murah dan ringkas. Untuk menggunakan soda kue sebagai penghitam ban cukup mudah, dilakukan dengan mencampurnya dengan air sampai berbentuk pasta. Selanjutnya, kamu tinggal mengoleskannya pada permukaan ban dan menunggu sampai kering.

Ketika pasta dari baking soda sudah kering, selanjutnya kamu tinggal membersihkannya. Proses pembersihannya sangat mudah, dapat dilakukan dengan menggunakan air biasa. Setelah itu, kamu akan mendapati bahwa permukaan ban motor akan terlihat lebih hitam dan jauh dari kesan kusam.

7. Pasta gigi

Pasta Gigi

Tips yang terakhir dalam cara menghitamkan ban motor adalah dengan memanfaatkan pasta gigi. Bahan yang satu ini memang multiguna, dapat dipakai untuk membersihkan berbagai kotoran. Dalam upaya menghitamkan ban motor, cara penggunaannya juga sangat mudah.

Langkah pertama, kamu perlu mencuci ban terlebih dulu dan membiarkannya sampai kering. Selanjutnya, tuang pasta gigi pada sikat dan oleskan pada permukaan ban. Setelah berhasil mengoleskannya secara menyeluruh, kamu tinggal membersihkan ban menggunakan lap.

Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya! Cara menghitamkan ban motor atau mengilapkan ban motor ini bisa diaplikasikan di kuda besi merek apa saja. 

Hanya saja yang perlu kamu ingat, jangan berkendara ketika ban masih dalam kedaaan basah setelah dipoles. Tunggu kering dulu. Atau ada baiknya ketika melakukan polesan untuk mengilapkan ban motor, pilih bagian dinding saja, jangan tengah atau yang mengenai permukaan jalan langsung.

Baca Juga :

Terbaru