by

5 Konsep Modifikasi Supra X-125, Mana Pilihanmu?

Modifikasi Supra X-125 – Beragam jenis motor bebek tersedia di pasar otomotif Tanah Air. Produk yang cukup laris dari banyaknya motor bebek, adalah Honda Supra X-125.

Sepeda motor yang telah diproduksi sejak tahun 1997 itu, dikenal punya performa mesin yang cukup tangguh. Meski tampilan bodi standar, namun Supra X 125 terbilang nyaman dikendarai, baik di dalam kota maupun perjalanan jauh.

Menariknya Honda Supra X-125 juga asyik untuk dimodifikasi, lho. Modif Supra X-125 bisa bermacam-macam kamu lakukan, mulai dari ubah tampilan, maupun performa agar lebih bertenaga.

Dalam modifikasi Supra X-125, kamu bisa menentukan model yang bisa jadi pilihan. Karena sepeda motor bebek andalan Honda ini memang sangat mudah di modifikasi.

Daripada berpanjang lebar, alangkah baiknya jika kamu menyimak sejumlah refrensi modifikasi Supra X-125 yang mungkin bisa jadi acuan. Berikut ulasan lengkap modifikasi Supra X-125.

1. Modifikasi Supra X-125 Thailook, Tampilan Semakin Berwarna

Modifikasi Supra X-125 konsep Thailook
Modif Honda Supra X-125 bergaya thailook, kece juga Sob!

Pilihan modifikasi Supra X-125 Thailook jadi refrensi pertama yang bisa kamu aplikasikan pada sepeda motor kesayanganmu. Di mana konsep Thailook ini terbilang cukup menarik.

Ciri utama Thailook Style adalah menggunakan velg jari-jari dan ban cacing. Ban cacing adalah jenis ban yang berukuran lebih kecil dan biasa digunakan untuk drag race.

Sebagai pertimbangan, penggunaan ban cacing ini tidak diperuntukkan bagi berkendara di jalan umum. Karena dapat melanggar hukum, Sob! Jadi setidaknya penggunaan ban cacing ini patut kamu pertimbangkan secara matang.

Jenis ban ini pun tidak cocok digunakan untuk kegiatan harian. Pasalnya ban jenis ini tidak dinamis, terlebih ketika melakukan gerakan zig-zag ketika berkendara. Ban seperti ini diperuntukan lebih untuk keperluan kontes saja.

Apabila kamu memiliki konsep modifikasi Supra X-125 Thailook, kamu harus memperhatikan sisi bodi yang ramping yang merupakan ciri khas Thailook Style.

Bagian sayap motor juga dapat dilepas untuk menambah kesan ini. Jadi, mesin pada bagian depan motor terlihat sangat jelas.

Selain itu, modifikasi Supra X-125 Thailook ini juga identik dengan paduan warna-warna yang beragam. Striping khas pada bodi motor akan membuat tampilannya lebih artistik.

Faktor penting yang perlu kamu ketahui ketika memutuskan untuk modif Supra X-125 konsep Thailook, membutuhkan biaya yang tentunya tak murah. Kamu perlu untuk merogoh kocek lebih untuk membeli suku cadang motor aftermarket, seperti pelek, knalpot, dan perangkat lainnya.

Apalagi jika sepeda motor hasil modifikasi yang kamu lakukan untuk kebutuhan kontes, tentunya akan lebih memakan banyak biaya.

Baca juga  Suzuki Raider J Crossover 2020, Motor Bebek Rasa Trail

2. Modifikasi Supra X-125 Bergaya Simpel Minimalis

Modifikasi Supra X-125 Minimalis
Simpel dan minimalis, bisa jadi refrensi modifikasi Supra X-125 kesayanganmu

Refrensi modifikasi Supra X-125 selanjutnya yang bisa kamu lakukan mungkin memilih gaya simpel minimalis. Sejalan dengan namanya, jenis modifikasi yang satu ini biasanya mendapatkan sentuhan ubahan hanya satu atau beberapa komponen saja.

Tentunya mengusung konsep modif Supra X-125 yang satu ini tak akan memakan biaya yang terlalu besar, seperti konsep Thailook. Sebagai contoh, Kamu dapat mengubah velg motor atau knalpotnya saja. Pemakaian striping yang tepat pun dapat sedikit mengubah tampilan motor.

Pemilihan konsep modifikasi simpel minimalis ini sangat cocok buat kamu yang memiliki bujet minim. Bahkan, jika hanya mengubah komponen striping, biayanya tidak terlalu mahal.

Bila ingin melakukan modif yang lebih total, kamu bisa mencoba menggunak decal stiker, Sob! Jenis ini dapat mengubah tampilan bodi motor cukup drastis. Dari sisi harga pastinya lebih mahal daripada striping biasa.

Satu hal yang perlu kamu ketahui juga, Honda Supra X-125 versi standar sudah di desain dengan sangat bergaya sekaligu mewah. Oleh karena itu, dengan modifikasi bertema simpel minimalis saja sudah cukup menarik.

3. Honda Supra X-125 Modif Konsep Drag

Modifikasi Supra X-125 Drag Style
Konsep modifikasi Supra X-125 drag style, menarik namun tak diperuntukan untuk harian

Gambaran modifikasi Supra X-125 selanjutnya yang bisa jadia refrensi kamu dalam memodifikasi Supra X-125 adalah konsep Drag Style. Secara tampilan sebenarnya hampir mirip dengan model modifikasi Supra X-125 Thailook.

Pembedanya yang terlihat cukup menonjol dari modifikasi konsep drag adalah bodi yang dirancang lebih ringan. Hal ini dapat dilakukan dengan memotong sebagian bodi motor.

Konsep modifikasi ala Drag ini, dampaknya membuat sepeda motor kamu jadi kurang nyaman untuk dikendarai sehari-hari. Pada model modifikasi ini, hampir semua komponen motor mengalami penyesuaian.

Biasanya, konsep modifikasi drag ini diperuntukan bagi sepeda motor yang mengikuti ajang drag race. Bukan untuk kebutuhan kontes, namun terkadang masih digunakan untuk kebutuhan harian.

Jika ingin digunakan untuk balap drag, beberapa komponen mesin motor juga mendapatkan sejumlah ubahan. Contohnya piston, busi dan komponen mesin lain yang diubah agar dapat menghasilkan performa yang maksimal.

Biaya yang digelontorkan sudah pasti tidaklah sedikit, belum lagi jika performa mesin tak kunjung maksimal. Kamu perlu melakukan sejumlah eksperimen pada sejumlah suku cadang, tentunya hal ini membutuhkan dana lebih.

Jadi konsep modif drag pada Honda Supra X-125 perlu dipikirkan lagi secara matang.

4. Modifikasi Supra X-125 Bertemakan Road Race

Modifikasi Supra X-125 Road Race
Secara tampilan modifiikasi Supra X-125 bertema road race ini terlihat garang

Serupa dengan konsep modifikasi Supra X-125 ala Drag. Untuk modifikasi Supra X-125 road race ini masih mirip-mirip dengan konsep modif sebelumnya.

Baca juga  Review Yamaha MX King 150 - Bebek Underbone Flagship Yamaha

Ada sejumlah pertimbangan penting yang perlu kamu ingat, bahwa Honda Supra X 125 memiliki mesin 125cc. Tenaganya memang cukup mumpuni untuk digunakan dalam ajang road race.

Tapi, kamu perlu untuk lebih memaksimalkan motor bebek ini sebagai motor balap. Terlebih dari sisi mesin yang perlu mendapatkan sejumlah upgrade.

Nah, yang tak luput dari sentuhan modifikasi salah satunya adalah knalpot, yang sepatutnya diubah menggunakan knalpot racing, agar suara yang dihasilkan lebih mantap.

Honda Supra X-124 road race juga biasanya dilengkapi dengan suspense tabung. Agar pengendalian lebih stabil, ketika diajak berlari dengan kecepatan tinggi.

Modifikasi ala road race ini, ciri khasnya adalah tidak menggunakan lampu. Baik itu lampu depan maupun lampu belakang. Modifikasi ini juga tidak diperkenankan untuk digunakan sehari-hari.

Supra X-125 konsep road race ini juga dapat dilakukan dengan mengubah pelek standar menjadi pelek palang. Jenis velg ini biasanya lebih stabil dan rigid sehingga dapat mendukung akselerasi maksimal ketika di ajang balap.

Untuk konsep modifikasi road race ini, kamu perlu menyiapkan dana yang cukup besar. Supaya modifikasi yang kamu lakukan tidak akan mengecewakan.

Selain itu, kamu juga perlu mengetahui regulasi balap road race di Indonesia. Jika memang kamu akan serius berkecimpung di dunia balap. Secara spesifikasi tentunya kamu wajib menyesuaikan.

5. Konsep Modifikasi Supra X-125 Touring Adventure

Tema modifikasi Supra X-125 Touring Adventure
Tampilan modifikasi Supra X-125 touring terlihat sangat menarik

Model modifikasi Supra X-125 yang cukup banyak diminati adalah konsep touring adventure. Modifikasi Supra X-125 touring ini sangat cocok bagi kamu yang senang bepergian ke luar daerah.

Khas modifikasi Supra X-125 touring ini biasanya terlihat dari penggunaan side box yang terletak pada bagian kanan dan kiri motor. Box tersebut bertujuan untuk menyimpang barang keperluan selama touring.

Dalam menunjang touring kamu semakin nyaman, sebaiknya suspensi bagian depan sedikit ditinggikan. Selain itu, pemilihan ban juga patut diperhatikan. Mengingat kamu akan menempuh perjalan yang jauh, jadi ban harus ideal dan berkualitas.

Aksesori lain yang mungkin bisa kamu gunakan, bisa memasang fog lamp untuk menambah penerangan ketika melakukan perjalanan di malam hari.

Sekadar informasi, konsep modifikasi Supra X-125 touring ini biaya yang harus dikeluarkan lumayan masih terjangkau. Karena ubahan-ubahan hanya meliputi penambahan aksesori saja.

Bagaimana, sekarang sudah ada gambaran belum untuk modifikasi Honda Supra X-125 kesayanganmu? Semoga sejumlah refrensi di atas dapat bermanfaat ya! Selamat mencoba.

Baca juga  Modifikasi Nmax Thailand Ala Raksasa Muay Thai

Baca Juga :

Perhatikan Aturan Modifikasi Motor di Indonesia

Modifikasi Honda Supra X-125
Perhatikan undang-undang terkait modifikasi dan regulasinya di Indonesia

Sejumlah hal kamu harus perhatikan juga sebelum modifikasi sepeda motor, bukan hanya sekadar terlihat bergaya dan tampil beda saja. Pasalnya kamu dituntut mengutamakan asas keselamatan berkendara.

Terdapat sejumlah aturan yang harus dipenuhi pemilik kendaraan, salah satunya tidak mengubah dimensi sepeda motor. Meski sudah dimodifikasi, panjang dan lebar motor harus sesuai standar dari pabrikan.

Penambahan atau malah mengurangi dimensi motor risikonya pada sisi keselamatan. Sebab, setiap pabrikan telah menyesuaikan hal tersebut, agar motor tetap seimbang dan lincah di jalan raya.

Selain itu berbagai perlengkapan berkendara di jalan raya seperti lampu, pelat nomor, spion, hingga klakson juga harus ada pada motor yang telah mengalami perubahan bentuk.

Kepolisian boleh menindak pengendara motor modifikasi yang tidak sesuai peraturan. Contohnya modifikasi pada area knalpot, bila efeknya membuat suara terlalu bising pun, polisi berhak menilang.

Diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pada Pasal 50 ayat 1 menyebutkan bahwa uji tipe sebagaimana dimaksud dalam Pasal 49 ayat (2) huruf a wajib dilakukan bagi setiap Kendaraan Bermotor, kereta gandengan, dan kereta tempelan, yang diimpor, dibuat dan/atau dirakit di dalam negeri, serta modifikasi Kendaraan Bermotor yang menyebabkan perubahan tipe.

Kemudian pada Pasal 52 bunyinya: Ayat 1 Modifikasi Kendaraan Bermotor sebagaimana dimaksud dalam Pasal 50 ayat (1) dapat berupa modifikasi dimensi, mesin, dan kemampuan daya angkut.

Ayat 2 Modifikasi Kendaraan Bermotor sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak boleh membahayakan keselamatan berlalu lintas, mengganggu arus lalu lintas, serta merusak lapis perkerasan/daya dukung jalan yang dilalui.

Ayat 3 Setiap Kendaraan Bermotor yang dimodifikasi sehingga mengubah persyaratan konstruksi dan material wajib dilakukan uji tipe ulang. Ayat 4 Bagi Kendaraan Bermotor yang telah diuji tipe ulang sebagaimana dimaksud pada ayat (3), harus dilakukan registrasi dan identifikasi ulang.

Sudah jelaskan, soal peraturan modifikasi di Indonesia. Lakukanlah modifikasi sesuai aturan ya, jangan sampai hasil karya kamu justru menabrak aturan yang berlaku.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 comments

Terbaru