Menarik, Ini 5 Ide Modifikasi Supra X 125 yang Bisa Kamu Coba!

Ada banyak jenis motor bebek yang dipasarkan di Indonesia, salah satunya adalah Honda Supra X 125. Sepeda motor yang pertama kali diproduksi pada 1997 ini memiliki performa mesin yang cukup tangguh. Meskipun tampilan bodinya standar, Supra X 125 nyaman dikendarai, baik dalam kota maupun perjalanan jauh.

Meskipun demikian, Supra X 125 juga dapat dimodifikasi sehingga tampilan dan performa mesinnya lebih mantap. Model modifikasi Supra X 125 tersebut bermacam-macam. Nah, jika Kamu membutuhkan ide untuk modifikasi, beberapa contoh berikut dapat menjadi acuan.

 

Thailook Style

Supra X 125 Thailook

Kamu dapat mengubah bodi Supra X 125 standar menjadi lebih meriah dengan Thailook Style. Ciri utama Thailook Style adalah menggunakan velg jari-jari dan ban cacing. Ban cacing adalah jenis ban yang berukuran lebih kecil dan biasa digunakan untuk drag race. Jenis ban ini tidak cocok digunakan untuk kegiatan harian karena tidak dinamis  atau tidak dapat melakukan gerakan zig zag saat dikendarai.

Kesan lain yang tampak dari Thailook Style adalah bodinya yang ramping. Bagian sayap motor juga dapat dilepas untuk menambah kesan ini. Jadi, mesin pada bagian depan motor terlihat sangat jelas. Selain itu, Thailook Style juga identik dengan paduan warna-warna yang beragam. Striping khas pada bodi motor akan membuat tampilannya lebih artistik.

Sayangnya, biaya untuk melakukan modifikasi Supra X 125 dengan model Thailook Style murah. Kamu harus mengeluarkan uang untuk membeli spare part motor aftermarket, seperti velg, knalpot, dan sebagainya. Belum lagi ban yang berisiko digunakan. Namun, untuk keperluan kontes modifikasi, model Thailook Style ini bisa dicoba.

 

Kawasaki W 250

*Angsuran mulai dari

 

Simpel Minimalis

Supra X 125 Minimalis

Selain Thailook Style, motor Supra X 125 juga dapat dimodifikasi dengan gaya simpel minimalis. Seperti sebutannya, bagian yang mengalami modifikasi biasanya hanya satu atau beberapa komponen. Sebagai contoh, Kamu dapat mengubah velg motor atau knalpotnya saja. Pemakaian striping yang tepat pun dapat sedikit mengubah tampilan motor.

Desain modifikasi simpel minimalis ini sangat cocok bagi Kamu yang memiliki bujet rendah. Bahkan, jika hanya mengubah komponen striping, biayanya tidak terlalu mahal. Apabila ingin modifikasi yang lebih total, Kamu bisa mencoba menggunakan decal sticker. Jenis ini dapat mengubah tampilan bodi motor cukup drastis. Namun, harganya tentu lebih mahal daripada striping biasa.

Pada dasarnya, motor Supra X 125 standar telah didesain dengan sangat bergaya sekaligus mewah. Karena itu, dengan modifikasi motor bertema simpel minimalis saja dianggap cukup.

 

Drag Style

Supra X 125 Drag Style

Salah satu aliran modifikasi yang juga dapat diterapkan pada Supra X 125 adalah Drag Rtyle. Aliran ini sebenarnya hampir mirip dengan Thailook Style. Namun, hal yang paling menonjol dari modifikasi Drag Style adalah bodi yang lebih ringan. Hal ini dapat dilakukan dengan memotong sebagian bodi motor. Desain ini dapat berakibat membuat motor kurang nyaman untuk dikendarai sehari-hari.

Pada model modifikasi ini, hampir semua komponen motor mengalami penyesuaian. Namun, bukan hanya untuk diikutkan kontes, melainkan juga mengikuti ajang drag race. Untuk keperluan ini, beberapa komponen mesin motor harus diubah. Piston, busi, dan komponen dalam mesin juga harus diubah supaya performanya semakin garang.

 

Road Race

Supra X 125 Road Race

Perlu disadari bahwa Honda Supra X 125 memiliki mesin 125cc. Tenaganya tentu cukup kuat untuk digunakan dalam ajang road race. Namun, supaya lebih optimal sebagai motor balap, beberapa komponen mesin Supra X 125 harus di-uprade. Selain mesin, knalpot juga diubah menjadi knalpot racing sehingga suaranya lebih mantap.

Motor road race juga biasanya menggunakan suspensi tabung. Dengan demikian, motor dapat lebih stabil saat diajak berlari dengan kecepatan tinggi. Ciri khas lain pada motor road race adalah tidak menggunakan lampu, baik pada bagian depan maupun belakang.

Modifikasi Supra X 125 dengan gaya ini juga dapat dilakukan dengan mengubah velg standar menjadi velg palang. Jenis velg ini biasanya lebih stabil dan rigid sehingga dapat mendukung akselerasi maksimal pada motor road race. Meskipun biayanya cukup mahal, hasilnya tidak akan mengecewakan.

 

SM Sport V16

*Angsuran mulai dari

 

Touring Adventure

Supra X 125 Adventure

Model modifikasi yang satu ini cocok bagi Kamu yang senang melakukan touring ke luar daerah. Ciri utamanya adalah penggunaan side box pada kanan dan kiri motor. Gunanya untuk menyimpan barang keperluan selama touring. Supaya semakin nyaman dikendarai pada jarak jauh, suspensi motor bagian depan harus ditinggikan.

Selain itu, pemilihan ban juga harus diperhatikan. Karena akan menempuh perjalanan yang jauh, ban harus ideal dan berkualitas. Kamu juga bisa menggunakan aksesori fog lamp untuk menambah penerangan pada perjalanan malam hari.

Nah, inilah sejumlah ide untuk memodifikasi Honda Supra X 125 yang bisa Kamu coba. Cukup menarik, bukan? Selamat mencoba.

 

Baca Juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *