Uniknya Vespa Modifikasi Merah Putih, Simak Ulasan Lengkapnya!

Moladin – Ingin tampil nyentrik saat berkendara di jalanan? Salah satu caranya adalah dengan mengendarai Vespa modifikasi yang unik. Dengan modifikasi, kesan vintage pada sepeda motor ini akan semakin terlihat. Vespa merupakan jenis kendaraan bermotor yang banyak dimodifikasi, karena dianggap potensial diutak-atik hingga tampilannya keren.

Awalnya, Vespa adalah merek motor skuter yang lebih dulu populer di Italia. Di Indonesia, Vespa sempat hits sampai akhirnya redup oleh gempuran skutik yang dianggap lebih stylish. Mengusung tampilan yang unik dan vintage, Vespa tetap digandrungi oleh para penggemar fanatik.

 

Detail Modifikasi Vespa

uniknya-modifikasi-vespa-merah-putihSektor kaki-kaki tidak banyak ubahan

Vespa modifikasi tentu lebih menarik perhatian daripada yang biasa-biasa saja. Nah, bagi Anda yang mencari inspirasi untuk mengubah tampilan Vespa, yuk simak review berikut ini.

1. Mengubah warna bodi Vespa menjadi lebih mentereng

Modifikasi dalam level ringan yang bisa dilakukan pada kendaraan adalah mengganti warna bodi motor. Ada banyak pilihan yang bisa Anda coba. Baik dengan memilih satu warna atau paduan dua hingga beberapa warna. Sesuaikan saja dengan selera. Namun, perlu diingat bahwa warna memiliki peran penting dalam menciptakan kesan terhadap tampilan motor tersebut.

Dalam kasus ini, Eco, pemilik Vespa, mengubah warna bodi motor sehingga menampilkan nuansa merah putih. Konsep paduan warna ini sangat cocok bagi Anda yang berjiwa nasionalis. Vespa yang dimodifikasi oleh Eco dengan konsep Merah Putih tersebut adalah produk keluaran 1965.

Memilih warna dasar yang cerah seperti putih juga memungkinkan si pemilik kendaraan untuk menambahkan ekstra aksesori. Pada bagian ini, tertera sejumlah tanda tangan dari tokoh penting di Indonesia. Tak ayal, motor Eco menjadi semakin unik dan lain daripada yang lain.

2. Sedikit perubahan pada kaki-kaki motor

Jika dilihat secara sekilas, Vespa Merah Putih milik Eco tidak terlalu jauh berbeda dengan motor Vespa pada umumnya. Si pemilik memang tidak melakukan perubahan drastis karena ingin tetap mempertahankan kesan unik yang telah menempel pada motor Vespa.

Tak heran jika sebagian komponen pada kaki-kaki motor masih merupakan bawaan standard, termasuk shockbreaker dan komponen rem. Meskipun demikian, motor Merah Putih ini masih bisa dikendarai untuk mobilitas sehari-hari.

Untuk bagian velg, Eco memasang FA 10 Italy berwarna merah. Velg ini dibalut dengan ban standard dari Vespa. Selain memiliki fungsi khusus, keberadaan velg juga dapat memengaruhi tampilan motor.

3. Penambahan aksesori pada bodi motor

Perubahan pada bodi Vespa modifikasi berkonsep Merah Putih ini bisa dibilang tidak terlalu banyak. Selain mengubah warna bodi motor, ada penambahan aksesori Windshield pada bagian depan. Fungsinya adalah untuk menahan laju angin ketika berkendara.

Pada area kosong di bagian depan motor, Eco juga menambahkan dua karikatur, yaitu Soekarno dan Jokowi. Keduanya merupakan tokoh idola sang pemilik kendaraan. Motor Vespa memang lebih memungkinkan Anda untuk melukis atau menempelkan gambar tertentu pada area depan yang berukuran cukup luas.

Aksesori lain yang dipasang di Vespa adalah pelindung bodi yang berwarna senada. Motor menjadi tampak lebih elegan dan mewah. Ada pula keranjang pada bagian dashboard untuk membawa barang dengan jumlah yang lebih banyak.

4. Knalpot custom buatan dalam negeri

Mesin yang digunakan oleh motor Vespa Merah Putih masih berkapasitas standard bawaan, yaitu 150cc. Mesin ini dianggap cukup tangguh untuk melibas jalanan ibukota. Namun, agar tenaganya semakin kuat, Vespa Merah Putih menggunakan knalpot yang dibuat secara custom dari DRC Purbalingga. Menggunakan knalpot buatan dalam negeri semakin menambah kesan nasionalis pada motor ini.

 

Apakah Modifikasi Motor Menguntungkan?

uniknya-modifikasi-vespa-merah-putihGambar tokoh penting di bagian bodi depan

Sebagian orang mungkin menganggap bahwa modifikasi motor adalah hobi yang kurang bermanfaat. Bahkan, untuk mengubah berbagai komponen pada motor, baik pada tampilan bodi maupun mesin, diperlukan anggaran yang tidak sedikit. Padahal, tanpa modifikasi, motor masih bisa digunakan dengan wajar.

Akan tetapi, bagi sebagian orang, ada kepuasan tersendiri ketika mengubah wujud sebuah motor hasil produksi pabrik menjadi lebih personal. Selain mendapat perhatian khalayak, motor hasil modifikasi ternyata juga dapat menghasilkan uang. Salah satu contohnya, motor Vespa Merah Putih milik Eco yang pernah ditawar dengan harga fantastis, yaitu Rp5 0 juta.

Tampilan yang unik ini membuat banyak orang menyukai motor yang telah dimodifikasi. Pada sebagian kasus, performa motor pun menjadi lebih optimal karena ada penggantian komponen, dari yang biasa-biasa saja menjadi semakin terdepan.

Khusus untuk motor Vespa modifikasi milik Eco, meskipun tidak terlalu banyak yang berubah, tetapi konsepnya sangat kuat. Seluruh komponen motor pun menyatu dalam konsep tersebut sehingga ciptakan harmoni yang kental. Motor ini terkesan.

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *