Benelli TNT 250 Mirip Moge, Ide Modifikasi Ini Bisa Ditiru!

Pernah bermimpi memiliki motor mewah seperti moge? Anda bisa mewujudkan impian itu hanya dengan 7 jutaan saja. Caranya adalah memodifikasi motor Benelli TNT 250 Indonesia sehingga tampilannya mirip moge. Harga Benelli TNT 250 ditambah biaya modifikasi masih jauh lebih murah dibandingkan harga moge yang sebenarnya.

 

Mengenal Benelli Lebih Jauh

Benelli TNT 250 terbilang cukup langka di jalanan Indonesia. Padahal motor yang termasuk dalam kategori naked-sport ini cukup tangguh untuk dikendarai di berbagai medan, mulai dari jalanan yang tidak rata hingga kemacetan.

Desain Benelli TNT 250 bahkan dinilai paling agresif dibandingkan kompetitor. Hal ini tampak dari sejumlah komponen menonjol, contohnya di bagian suspensi belakang.

Motor pabrikan Italia yang tertua ini mulai diperkenalkan secara global pada 2014 di Milan. Menyandang nama TNT (Tornado Naked Tre), Benelli dirancang dengan penuh gaya sehingga bodinya terkesan sempurna. Saat ini, Benelli TNT 250 dirakit di Indonesia. Hasilnya tidak buruk dan bersaing.

Konstruksi bodi Benelli TNT 250 juga sangat kuat karena terbuat dari besi dan aluminium. Pengereman pun lebih efisien berkat rem cakram tunggal pada roda belakang dan cakram ganda pada bagian depan. Benelli TNT 250 didukung dengan suspensi USD (Upside Down) pada bagian depan yang bisa diatur sesuai selera.

Fitur lainnya adalah Speedometer full digital, pass beam, dan stop lamp LED. Namun, lampu bagian depan masih menggunakan bulb biasa. Keunggulan lainnya adalah pada kehadiran transmisi Constant Mesh-6 speed yang berpadu dengan transisi gigi yang halus. Akselerasi menjadi lebih kompetitif.

 

Yamaha MT 15

*Angsuran mulai dari

 

Modifikasi Benelli TNT 250

 

Meskipun secara tampilan sudah terlihat cukup gagah, Benelli TNT 250 masih bisa dimaksimalkan. Untuk menambah kesan mewah sekaligus gahar pada motor sport ini, sejumlah perubahan bisa dilakukan. Berikut adalah ide modifikasi berkonsep Bobber Fighter yang dilakukan oleh Rikle Kolose terhadap Benelli TNT Indonesia miliknya.

1. Bagian Kaki-Kaki

Pada bagian depan maupun belakang, kaki-kaki pada modifikasi ala Bobber Fighter ini masih menggunakan standard dari pabrik. Rikle menggunakan ban depan dari merek Swallow dengan ukuran 120/70 dan ban belakang berukuran 160/60. Velg  pada bagian depan berukuran 3,5 inci dan bagian belakang berukuran 4,5 inci.

Sementara itu, bagian kaliper masih merupakan bawaan dari pabrik Benelli. Demikian juga rem cakram, baik pada bagian depan maupun belakang. Hal ini dilakukan karena komponen bawaan pabrik dianggap sudah cukup baik.

2. Bagian Suspensi

Pada modifikasi Benelli TNT 250 Bobber Fighter milik Rikle, bagian suspensi depan juga menggunakan bawaan dari pabrik. Bagaimana tidak, konsep Upside Down yang disematkan pada suspensi ini tidak layak disia-siakan. Suspensi bagian belakang juga tidak diubah sama sekali.

3. Bagian Mesin

Mesin Benelli TNT 250 dapat dipertahankan saat melakukan modifikasi. Pasalnya, kualitasnya sudah memadai. Mesin terintegrasi dengan Double Overhead Camshaft (DOHC) dan dapat mengeluarkan tenaga 23,5 kW pada 12000 rpm.

Torsi maksimum adalah 20 Nm pada 9000 rpm. Mesin standard juga telah menggunakan sistem injeksi untuk BBM serta katalis pada knalpot sehingga sesuai regulasi gas buang.

Namun, Rikle mengubah sedikit bagian pada metode pembuangan gas motor. Ia menggunakan knalpot custom dengan pipa yang dibuat sendiri sebanyak 4 cabang. Jadi, Benelli TNT 250 yang seharusnya 2 silinder terlihat seperti moge 4 silinder.

 

Yamaha YZF-R15

*DP mulai dari

 

4. Bagian Rangka

Bagian rangka depan pada Benelli TNT 250 hasil modifikasi masih menggunakan model tubular yang tampak seperti Ducati. Sementara itu, bagian belakang mengalami perubahan yang cukup signifikan. Rangka dipotong dan dibuat ulang dengan pipa tubular seperti bagian depan.

Pada tangki, warnanya bisa dipilih berdasarkan selera. Disarankan sesuai dengan dokumen yang dimiliki. Perbedaan pun terlihat pada bagian tangki yang berkapasitas 16 liter.

Tangki sedikit dinaikkan sehingga terlihat lebih tinggi. Material kulit pada bagian jok yang menutupi rangka belakang dipilih supaya terlihat lebih elegan. Warnanya dapat menjadi aksen tersendiri.

5. Dashboard

Bagian dashboard masih menggunakan bawaan pabrik Benelli, yaitu stang Fatbar. Hand grip pun masih original. Namun, ada perubahan pada bagian spion yang dibuat custom. Speedometer diubah posisinya sehingga memberi ruang untuk lampu depan.

Bagian lampu depan memang unik karena menggunakan LED yang disusun 3 tingkat dan kental dengan nuansa futuristik. Sementara itu, lampu sein depan dibuat dengan variasi dan sangat unik. Lampu sein pada bagian belakang berasal dari bawaan pabrik.

Karena bentuknya yang lebih mirip dengan moge, Benelli TNT Indonesia milik Rikle Kolose seringkali diperlakukan seperti motor berkelas besar. Hanya dengan sedikit sentuhan, tampilan motor naked-sporty ini bisa di-upgrade menjadi lebih keren.

Yuk lihat lebih detail modifikasi keren dari Benelli TNT 250 ini di video di bawah ini!

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *