Kawasaki W175 Konsep Touring Lengkap dengan Video

Moladin – Kalau disuruh memilih, Anda lebih suka dengan motor orisinal dari pabrikan atau motor yang sesuai dengan diri sendiri alias modifikasi? Pengaturan motor dari pabrikan itu dibuat bukan tanpa alasan, lho.

Tentu saja mengutamakan aspek keamanan, kenyamanan, dan keselamatan Anda ketika berkendara. Pun, tidak membahayakan pengguna jalan lainnya alias mengurangi risiko kecelakaan.

Namun, tidak sedikit juga pemilik kendaraan yang memutuskan untuk mendesain atau mengatur ulang motor mereka, atau lebih sering disebut dengan modifikasi.

Sayangnya, modifikasi motor ini sering kali tidak sesuai dengan standar fisik kendaraan layak jalan. Seperti misalnya melepaskan spion, mengecilkan ukuran ban, melepas bodi motor, hingga mengganti knalpot dengan bentuk lain yang mengeluarkan suara nyaring.

Pun, tidak banyak pengendara motor yang tahu, bahwa tidak semua motor bisa dimodifikasi. Biasanya, ini dilakukan remaja dan anak sekolah yang masih awam dengan pentingnya pengaturan pabrikan pada motor. Alhasil, kecelakaan lebih rentan terjadi dengan alasan motor yang tidak sesuai dengan standar dan tidak layak jalan.

 

Kawasaki W 175

*Angsuran mulai dari

 

Tujuan dari modifikasi motor sendiri ada dua, sebenarnya tidak berbeda dengan modifikasi pada mobil. Pertama, untuk tujuan kontes atau koleksi, dan kedua, untuk tujuan sehari-hari.

Tentu saja, modifikasi motor untuk kontes dan mobilitas berbeda, sehingga tidak bisa digunakan satu sama lainnya. Artinya, motor dengan modifikasi kontes tentu hanya bisa jadi pajangan alias tidak bisa digunakan untuk kendaraan sehari-hari, begitu pula sebaliknya.

 

Modifikasi W175 Kawasaki Konsep Touring, Bikin Motor Lebih Kekar

Modifikasi W175 Lampu depanLampu depan bermodel bulat bikin kesan klasiknya makin mantap

Nah, salah satu tipe motor yang bisa dimodifikasi adalah Kawasaki W175. Kali ini, motor milik Om Wenda akan disulap dengan adaptasi konsep touring yang membuat tampilannya menjadi lebih kekar dan gahar.

Anda pasti sudah tak asing lagi dengan motor besutan Kawasaki ini, motor dengan gaya retro ini memang memiliki tampilan yang unik. Tidak heran jika motor ini mampu memikat siapa saja yang mengagumi motor-motor bergaya klasik.

Menariknya, Om Wenda melakukan modifikasi W175 Kawasaki miliknya ini secara sederhana, tetapi tetap terlihat sangat keren. Bahkan, modifikasi motor Kawasaki ala Om Wenda ini bisa multifungsi. Mau dipakai harian bisa, dipakai touring alias perjalanan jarak jauh juga tetap membahana. Om Wenda sendiri memakai motor kesayangannya ini buat berkendara sehari-hari, kok!

Lalu, apa saja detail modifikasi yang dilakukan Om Wenda terhadap Kawasaki seri W175 miliknya ini? Pertama, sang pemilik merestorasi motornya dengan suku cadang yang tidak sembarangan. Ia memperhatikan setiap detailnya dengan begitu seksama, tentu saja supaya hasil modifikasinya jadi lebih maksimal.

Pertama, bagian velg-nya dulu ya. Om Wenda memilih velg tapak lebar jenis Velg Rossi berukuran 215 untuk bagian depannya, dan jenis velg yang sama dengan ukuran 300 untuk bagian belakangnya.

Jaring-jaring dari TDR warna hitam supaya lebih match dan catchy saat dilihat. Sementara untuk ban, Om Wenda menggunakan ban jenis Big Block besutan Shinko E804/805. Ukurannya adalah 120/90 untuk ban depan, dan 130/70 untuk ban belakang.

Supaya modifikasi W175 Kawasaki ini bisa terlihat gagah dan kekar, posisi kaki-kakinya tentu sudah tidak menggunakan standar pabrikan lagi. Bagian suspensi depan menggunakan produk bawaan dari Yamaha Byson, sementara suspensi bagian belakangnya pakai YSS Top-Up 360.

Setelah velg, ban, dan kaki-kaki, sekarang lanjut ke bagian dashboard-nya. Bagian handle menggunakan produk dari Yamaha Byson supaya menampilkan kesan tinggi, yang dikombinasikan dengan Handguard Expedition supaya pengemudi tetap bisa melihat GPS meski sedang berkendara.

 

Karena Hobi Touring, Dipasang Aksesoris Canggih

Om WendaSang owner hobi touring, aksesoris canggih pun dipasang untuk menunjang hobinya

Lalu, dipasang pula mobile holder dari Moto Wolf dan kaca spion yang memang didesain khusus untuk Kawasaki seri W175. Sementara untuk bagian bodi motornya, modifikasi dilakukan langsung oleh RR Car’s Boutique. Tak ketinggalan, volt meter dan digital clock yang dipilih dari produk keluaran Modish dengan desain bulat yang simpel tetapi tetap khas, serta lampu sein custom dari Desa Custom Part.

Namun, soal mesin, Om Wenda mengaku tidak banyak mengubah atau melakukan modifikasi W175 miliknya alias masih menggunakan mesin standar.

Ia hanya menggunakan exhaust silencer untuk menghasilkan tenaga yang lebih sempurna. Perubahan kecil juga dilakukan pada ukuran gear-nya, menggunakan SSS Racing berukuran 16 untuk bagian depan dan 40 untuk bagian belakang.

 

Kawasaki W 250

*Angsuran mulai dari

 

Oleh karena sering kali digunakan untuk perjalanan jauh bersama komunitas pecinta motor Kawasaki W175, Om Wenda memutuskan untuk memasang side box dari Kawasaki Seri Versys 250 di bagian kanan dan kiri. Tidak hanya untuk storage, boks ini tentu semakin mempercantik tampilan motornya, membuatnya terlihat kekar dan gahar.

Masalah biaya, Om Wenda mengaku telah menghabiskan setidaknya 50 juta untuk melakukan perubahan pada motor Kawasaki W175 kesayangannya ini. Namun, harga ini pasti sepadan untuk hasil akhir motornya yang kekar dan kece abis ini kan?

Nah, kalau Anda ingin tahu lebih banyak lagi seputar modifikasi motor, tips dan trik, perawatan motor, ulasan motor dan suku cadang sampai beli motor baru atau bekas, download saja aplikasi Moladin. Ingat motor, ingat Moladin!

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *