Bujet Rp160 Jutaan, Beli Toyota Agya atau Honda Brio?

Beli Toyota Agya TRD atau Honda Brio E CVT – Setiap orang tentu memiliki selera berbeda dalam menentukan mobil yang pas untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Beberapa lebih menyukai mobil berdimensi kecil seperti model city car.

Kenapa pilih city car? Salah satu alasannya, kebanyakan city car lebih irit dalam konsumsi bahan bakar. Bicara mengenai city car, Toyota Agya dan Honda Brio menjadi seri mobil yang sering dibandingkan.

Sama-sama berkapasitas 5 penumpang. Keduanya juga dibekali mesin 1.2 liter. Supaya lebih dekat lagi komparasinya, kami memilih varian tertentu dengan harga Rp160 jutaan.

Dari Toyota ada Agya 1.2 G A/T TRD yang dijual Rp163,7 juta (OTR Jakarta). Sementara Honda punya Brio E CVT dengan harga Rp170,1 juta (OTR Jakarta).

Bila harus memilih antara Toyota Agya atau Honda Brio, kira-kira mobil manakah yang terbaik? Sebagai pertimbangan, coba simak ulasan di bawah ini:

Desain Toyota Agya Vs Honda Brio

Toyota Agya dan Honda Brio
Honda Brio punya desain yang lebih manis dan elegan dibanding Toyota Agya

Lewat generasi terbarunya, Toyota Agya TRD mengusung desain eksterior yang lebih modern dan fresh. Bila dilihat dari depan, mobil varian tertinggi ini tampak seperti wajah yang tengah tersenyum. 

Gril-nya memiliki model garis melintang dari sisi kanan hingga sisi kiri. Sementara itu, lampu utamanya sudah mengaplikasikan LED DRL dengan proyektor.

Beralih ke bagian belakang, Toyota Agya terlihat sporty dengan aksen honey comb di sisi kanan dan kiri bumper belakang. Guna memudahkan pengemudi saat melakukan parkir, mobil ini dibekali 2 sensor parkir di sisi belakang mobil.

Sebagai rival Toyota Agya, Honda Brio E CVT memiliki tampilan yang elegan dan manis dibanding pesaingnya. Wajah depan Honda Brio didesain mirip dengan Honda Mobilio.

Sayangnya, lampu utama belum menggunakan proyektor seperti Toyota Agya. Pelek juga masih pakai warna silver, belum two tone seperti kompetitor.

Keunggulan Honda Brio E CVT ada di pilihan warna yang lebih bervariasi. Total delapan warna: putih, hitam, dark grey, silver, kuning, merah, oranye, dan coffe cherry red. Sementara Toyota Agya cuma enam: kuning, putih, merah, silver, hitam, dan dark grey.

Baca juga:

Performa Mesin Lebih Unggul Toyota Agya atau Honda Brio?

Mesin Honda Brio punya performa lebih mantap, ditambah lagi transmisi CVT untuk kenyamanan

Saat membandingkan Toyota Agya atau Honda Brio, rasanya kurang afdal kalau tidak membahas kapasitas mesin. Sebagai mobil LCGC, Toyota Agya TRD Sportivo mengandalkan mesin 4 Cylinder in-line, 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i.

Jantung mekanis 1.2 L tersebut mampu menghasilkan daya mencapai 88 PS pada putaran 6.000rpm dan torsi maksimal 108 Nm pada putaran 4.200rpm. Padanannya adalah sistem transmisi 4-percepatan otomatis.

Sementara mesin 1.2 L Honda Brio E CVT pakai teknologi VTEC + DBW dan SOHC. Jantung mekanis itu punya performa yang lebih baik dari Agya. Torsi puncak yang dihasilkan mencapai 110 Nm pada putaran 4.800rpm dan tenaganya 90 PS pada putaran 6.000 rpm.

Istimewanya lagi, Honda Brio sudah dilengkapi transmisi CVT. Sistem transmisi ini lebih halus saat diajak berkendara. Pasti pengendara dan penumpang di dalam kabin merasa lebih nyaman.

Fitur Toyota Agya Vs Honda Brio

spesifikasi Toyota Agya
kedua kabin mobil ini sudah dilengkapi head unit yang bisa tersambung smartphone, namun belum layar sentuh

Terkait keamanan, Honda Brio E CVT dan Toyota Agya TRD Sportivo bisa dikatakan seimbang. Sama-sama punya alarm dan immobilizer untuk cegah maling.

Soal keselamatan, keduanya juga cukup oke. Masing-masing dilengkapi anti-lock braking system (ABS) dan dua airbag.

Hanya saja memang keunggulan Brio muncul lewat penggunaan electronic brake distribution (EBD). Fitur ini mampu memberikan tekanan pengereman terbaik di roda tertentu, supaya tidak terjadi kecelakaan. 

Sementara Toyota Agya punya kelebihan, sudah dilengkapi isofix. Fungsi isofix, memudahkan pemilik mobil saat ingin menaruh kursi bayi di jok. 

Dalam hal fitur hiburan. Honda Brio E CVT dan Toyota Agya TRD Sportivo belum dilengkapi head unit layar sentuh. Keduanya masih pakai head unit double DIN yang dapat terhubung smartphone via bluetooth.

Tersedia pula audio steering switch yang memudahkan pengaturan fitur hiburan, tanpa perlu memindahkan tangan dari kemudi.

Keunggulan Honda Brio E CVT ada di tampilan lebih modern, lewat kehadiran fitur AC digital. Fitur ini belum dipunya Agya TRD Sportivo yang masih pakai AC model putar.

Simpulan Beli Mobil yang Mana?

toyota agya
Kalau cari harga lebih murah bisa pilih Toyota Agya

Toyota Agya TRD Sportivo atau Honda Brio E CVT? Bila kamu mencari performa mantap dan desain elegan. Maka Brio E CVT paling cocok.

Sementara Toyota Agya TRD Sportivo sepertinya pas buat kamu yang ingin tampilan dengan aura sportif kental. Ditambah lagi kehadiran fitur isofix, memudahkan bila ingin membawa bayi bepergian. 

Demikian perbandingan antara Toyota Agya TRD dan Honda Brio E CVT. Sekarang mobil manakah yang akan Anda pilih? Sesuaikan dengan kebutuhan ya!

Di samping varian Toyota Agya TRD Sportivo dan Honda Brio E CVT, kedua mobil ini juga memiliki varian lain yang bisa kamu pilih. Berikut daftar harganya:

Daftar Harga Toyota Agya

Tipe

Harga

1.0 G M/T

Rp143.300.000

1.2 G M/T

Rp146.400.000

1.2 G M/T TRD

Rp150.600.000

1.2 G A/T

Rp159.400.000

1.2 G A/T TRD

Rp163.700.000

Daftar Harga Honda Brio

Tipe

Harga

Brio S M/T

Rp146.000.000

Brio E M/T

Rp154.700.000

Brio E CVT

Rp170.100.000

Brio RS M/T

Rp184.300.000

Brio RS CVT

Rp199.600.000

 

Share this!

Baghendra Lodra

Jurnalis otomotif sejak 2012. Spesialisasinya sebagai reviewer motor dan mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *