Menanti Honda Mobilio Terbaru, Body Lebih Bongsor?

PT Honda Prospect Motor (HPM) akan merilis mobil baru di bulan Februari ini. Disinyalir produk anyar tersebut adalah Honda Mobilio terbaru.

Honda berencana memberikan penyegaran pada beberapa produk mobilnya di tahun 2020. Hal itu dilakukan untuk menyesuaikan dengan selera dan keinginan konsumen di Indonesia.

Mobilio pun disebut masuk dalam daftar produk Honda yang akan dapat pembaharuan. Tujuannya agar mobil berkapasitas tujuh penumpang tersebut bisa bersaing di segmen low multi purpose vehicle (LMPV).

Mobilio mesti punya nilai jual lebih untuk bisa berkompetisi dengan penguasa segmen mobil keluarga, Toyota Avanza beserta kompetitor lain, seperti Mitsubishi Xpander, Wuling Confero, Daihatsu Xenia, dan All New Nissan Livina, serta Suzuki Ertiga.

Ada kemungkinan, Mobilio versi terbaru akan punya fitur lebih lengkap dan berubah dimensinya menjadi lebih besar. Model terkini Honda Mobilio punya dimensi panjang 4,386 mm, lebar 1.683 mm, dan tinggi 1.603 mm.

Sayangnya, belum ada konfirmasi resmi dari PT HPM mengenai peluncuran Honda Mobilio terbaru. Pihak HPM belum menjawab saat kami tanyakan perihal informasi tersebut. Namun, desas-desus mengenai kabar ini sudah beredar. 

Honda Mobilio Kalah Saing dari Kompetitor

Honda Mobilio kalah saing dari Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander

Honda Mobilio memiliki desain yang agresif serta fitur cukup lengkap untuk LMPV kelas menengah. Perangkat keselamatan seperti anti-lock braking system (ABS), electronic brake force distribution (EBD), brake assist (BA), plus airbag sudah menjadi kelengkapan standar di semua tipe. Di tipe tertinggi, Mobilio RS CVT, tertanam vehicle stability assist control (VSA) serta hill start assist (HSA).

Performa mobil ditunjang mesin berkapasitas 1.496 cc SOHC i-VTEC. Tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 116 Hp pada 6.600 rpm dengan torsi puncak 145 Nm pada 4.500 rpm. 

Baca Juga:

Sayangnya, dengan segenap kelengkapan modern dan nuansa desain agresif tersebut, Honda Mobilio belum bisa bersaing di segmen LMPV.

Sepanjang tahun 2019, Mobilio hanya terjual 16.886 unit. Angka tersebut masih terpaut jauh dibandingkan penjualan Toyota Avanza yang menyentuh 80.728 unit dan Mitsubishi Xpander 53.347 unit.

Penyegaran Minor Berkali-kali

Honda Mobilio telah mendapatkan tiga kali peremajaan sejak 2016

Sejak dirilis tahun 2014 silam, low multi purpose vehicle (LMPV) kompak tersebut sudah beberapa kali mendapatkan peremajaan. Kali pertama Mobilio mendapatkan facelift, yakni di 2016. 

Saat itu, Honda mengubah bentuk dashboard dan kisi-kisi ac menjadi bentuk persegi seperti yang terpasang pada Honda Jazz. Pengoperasian AC sudah menggunakan sistem digital, bukan lagi dinyalakan dengan knob dan tombol pengaturan aliran udara. Selain itu, ada imbuhan fitur seperti double blower dan head unit double din sebagai fitur standar untuk tipe terendah Mobilio S dan head unit 6,2 inci plus kamera mundur pada tipe E CVT.

Hanya berselang satu tahun, Mobilio kembali bersolek. Lampu depan berubah menjadi lebih sipit dan pipih. Grill dan bumper depan pun ikutan diubah untuk menyelaraskan dengan desain lampu yang baru.

HPM kembali meramu pembaharuan untuk Mobilio yang dirilis tahun 2019. Ubahannya tidak banyak. Sebatas penempatan lampu lampu projektor dan daytime running light (DRL) dan desain pelek two-tone paling baru.

Menarik ditunggu apakah Honda Mobilio terbaru dapat bersaing di kancah LMPV melawan Toyota Avanza?

 

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *