Thursday, October 6, 2022

Komparasi Honda Brio Vs Daihatsu Sirion, Bagus Mana?

by Tigor Sihombing
Honda Brio Vs Daihatsu Sirion

Kali ini Moladin akan membandingkan duo city car antara Honda Brio Vs Daihatsu Sirion. Kedua mobil kompak ini adalah idaman anak muda saat ini.

Bedanya Honda Brio merupakan mobil terlaris di Indonesia, sedangkan Daihatsu Sirion alias Perodua Myvi terlaris di Malaysia. Baik di sektor mesin dan dimensi keduanya tidak memiliki banyak perbedaan.

Untuk Sirion di Indonesia baru hadir versi facelift yang rilis pada awal Juni 2022 lalu. Bicara harga, Sirion R CVT saat ini dijual Rp 238,8 juta dan Sirion X CVT Rp 227,6 juta. Nah yang tim Moladin gunakan untuk media pengetesan adalah type tertinggi Sirion R CVT atau varian tertinggi.

Sedang Honda Brio, untuk versi terbarunya rilis pada April 2022 lalu hadir dengan 7 varian di antarnya Satya S MT, Satya E MT, Satya E CVT, RS MT, RS CVT, RS MT Urbanite Edition dan RS CVT Urbanite Edition. Untuk harga mulai dari Rp 159,7 hingga Rp 236,9. Unit yang tim Moladin test adalah varian Honda Brio RS CVT yang dijual Rp 227,1 juta (OTR Jakarta). Secara spesifikasi tidak beda jauh dari Urbanite Edition, cuma di aksesori eksterior.

Mana yang lebih baik antara kedua city car ini? Berikut komparasi Honda Brio VS Daihatsu Sirion:

Performa Mesin

Mesin Daihatsu Sirion

Mesin Daihatsu Sirion pakai kubikasi 1.3 Liter sedikit lebih besar dari Honda Brio yang cuma 1.2 Liter

Sebagai informasi, Honda Brio dan Daihatsu Sirion memiliki kapasitas mesin yang berbeda. Walau demikian, ternyata setelah dilakukan komparasi kami mendapat hasil yang cukup menarik.

Brio bermesin 1.2 liter SOHC 4 cylinder I-vtec, dengan torsi 110 Nm dengan besaran tenaga 89 hp. Kubikasinya lebih kecil dibanding Sirion yang bermesin 1.3 liter. Performa di atas kertas, Sirion juga lebih unggul dari Brio karena bisa menghasilkan torsi 119 Nm dan besaran tenaga 95 hp. Sementara untuk transmisi, kedua mobil tersebut sama – sama menggunakan CVT.

Menariknya saat komparasi Honda Brio Vs Daihatsu Sirion membuktikan bahwa mesin kecil tidak buruk. Terbukti Brio unggul dalam hal  konsumsi BBM, kemudian akselerasinya pun tidak beda jauh dari Sirion. Tidak percaya? Cek data di bawah ini.

Konsumsi BBM Honda Brio Lebih Irit dari Sirion

Honda Brio Vs Daihatsu Sirion

Honda Brio dan Daihatsu Sirion saat pengujian dihadapkan dengan kondisi stop & go

Metode pengujian pertama antara Honda Brio Vs Daihatsu Sirion adalah soal konsumsi BBM. Cara pengujiannya tim Moladin melakukan perjalanan dari Citayem menuju kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) di Tangerang Banten.

Baca juga  Daihatsu Thor Tertangkap Uji Jalan di Jakarta

Dengan total perjalanan sejauh 60,3 km. Saat di Citayem, kedua mobil tersebut menemukan jalan beragam. Dari kondisi macet, jalan rusak, hingga jalan lurus di tol yang suasananya padat merayap.

Dari gambaran kondisi jalan tersebut, kita bisa simpulkan Honda Brio dan Daihatsu Sirion mengalami prilaku berkendara stop and go. Maka tidak heran mereka hanya mendapatkan average speed hanya 31 km/jam.

Dengan kecepatan rata-rata tersebut, didapati Honda Brio mencatatkan konsumsi BBM 14,7km/liter dan Daihatsu Sirion Sirion 16,2 km/liter.

Sedangkan untuk penggunaan BBM normal, di dalam kota Daihstsu Sirion tembus 12,7 km/liter, sedangkan Honda Brio lebih irit dengan hasil 16,4 km/l. Begitu pun dengan penggunaan konsumsi BBM di tol. Daihatsu Sirion 19,5 km/liter dan Brio Brio 22 km/liter.

Tes Akselerasi dengan Metode Drag Race 

Honda Brio Vs Daihatsu Sirion

Dari hasil pengujian dragrace didapat Daihatsu Sirion mencapai 12,5 detik, sedangkan Honda Brio sedikit lebih lambat yakni 12,9 detik. Sedangkan untuk akselerasi dari 0-100km/jam Sirion juga sedikit lebih lambat yakni 12,9 detik, dah Honda Brio 12,5 detik.

Pengujian komparasi Honda Brio Vs Daihatsu Sirion berikutnya adalah mengukur akselerasi. Metode pengujiannya sangat sederhana, yakni dengan melakukan dragrace secara bersamaan dengan jarak 201 meter. Sebagai catatan drag race dilakukan oleh kedua mobil dalam mode sport.

Dari hasil pengujian dragrace di dapat Daihatsu Sirion mencapai 12,5 detik, sedangkan Honda Brio sedikit lebih lambat yakni 12,9 detik. Cuma beda 4 detik.

Interior Sirion Lebih Lega, tapi Bagasi Brio Lebih Luas

Honda Brio Vs Daihatsu Sirion

Bagasi Brio punya ukuran yang lebih luas dibanding Sirion

Untuk akomodasi bagasi antara Honda Brio Vs daihatsu Sirion, Brio sepertinya sedikit lebih unggul. Dengan metode pengukuran menggunakan meteran, 

Di mana pada Honda Brio didapat memiliki panjang panjang bagasi 100 cm x lebar 56 cm X tinggi 64 cm, dengan kapasitas total 358,4 liter. Sedangkan pada Daihatsu Sirion panjang 103 cm x lebar 64 cm x  dan tinggi 49 cm, dengan kapasitas total 323 liter. Yang dapat disimpulkan langsung luas kapasitas bagasi Honda Brio lebih besar 35,4 liter dibanding Daihatsu Sirion.

Jika diperhatikan, ruang bagasi Sirion tergerus akibat adanya posisi ban serep yang sedikit menonjol ke atas, serta penggunaan velg cadangan full size. Sedangkan Brio yang menggunakan ban serep dengan velg kaleng, posisi bannya juga lebih masuk ke dalam.

Baca juga  5 Kelebihan Honda Brio, Modal Kuat Hadapi Kompetitor

Masuk kedalam kabin, pemilik tinggi badan 178 cm, ketika duduk di kursi belakang Honda Brio, lutut atau leg room hanya menyisakan satu setengah jari ke kursi depan. Lalu ketika coba duduk di kursi belakang Sirion, lutut bisa menyisahkan 4 jari ke kursi depan dan menyisahkan head room yang lebih banyak dibanding Honda Brio.

Dalam artian, kabin belakang Daihatsu Sirion lebih besar dibandingkan Honda Brio. Salah satu faktor penyebabnya adalah dimensi Daihstsu Sirion lebih panjang di banding Honda Brio, begitu juga jarak wheelbasenya.

Mengacu spek pabrikan, Honda Sirion memiliki Dimensi (PxLxT), 3.895 mm x 1.735 mm x 1.525 mm dan Wheelbase, 2.500 mm. Sedangkan Honda Brio untuk type RS CVT 3.815 mm x 1.680 mm x 1485 mm dan Wheelbase 2.405 mm.

Masih di dalam kabin, di sana juga tampak jika Honda Brio tidak memiliki lampu kabin depan, hanya ada di tengah. Sedangkan Sirion ada di keduanya: depan dan tengah.

Selain itu, kursi belakang Honda Sirion bisa dimundurkan dua step lagi, sedangkan Brio tidak bisa. Jok belakang Sirion juga ada fitur ISOFIX yang memberikan rasa aman lebih ketika membawa balita dengan kursi khusus. Di Brio fitur ini tidak ada.

Adapun kekurangannya, jok sirion terlalu rata, sedangkan Brio lebih mengikuti lekuk tubuh dengan konsep desain bucket seatnya.

Yang terlihat lainnya dari dalam kabin adalah interior Sirion lebih mewah dnegan adanya bahan fabric di pintu, sedngakan Brio hanya plastik keras.

Fitur dan Kekedapan Kabin Honda Brio Vs Daihatsu Sirion

Honda Brio Vs Daihatsu Sirion

Interior Sirion R tampil lebih modern

Untuk kekedapan kabin, kami mencobanya ketika hujan turun deras. Metode pengujiannya dengan menggunaka alat pengukur desibel, mesin menyala dan AC di posisi 1. Hasil yang didapat Daihatsu Sirion 68,4 DB dan Honda Brio 69 DB. Yang Artinya City Car Daihatsu lebih kedap sedikit dibanding Honda Brio.

Untuk fitur, di atasa kertas Honda Brio kalah dari Daihatsu Sirion. Misalnya Brio belum autocar play, sedangkan Sirion sudah. Tapi di Sirion tidak menggunakan tweeter sedangkan di Honda Brio ada.

Tweeter sendiri memiliki fungsi untuk menyemburkan suara dengan frekuensi tinggi. Dari sisi intrumen musik, tweeter mereproduksi suara simbal, triangle, bells, dan alat musik yang mengeluarkan nada ‘cring’. Ya efeknya tentu saja bisa meningkatkan kualitas suara yang dihasilkan dari audio mobil.

Baca juga  Daftar Harga Daihatsu Terios Bekas, Rp 80 Jutaan

Selain itu pada Honda Brio juga belum menggunakan spion auto folding, dan kunci starter masih konvensional. Sedangkan Sirion sudah auto headlamp, lampu depan, belakang dan sein sudah full LED, engine start stop, keyless entry.

Tidak hanya itu, Sirion juga sudah melengkapi dirinya dengan headlamp adjuster, ionizer buat ac, auto folding mirror, steering switch, remote bisa buck pinto bagasi.

AC digital with memory, Apple car play, Android auto, sensor parkir depan belakang, airbag 4 Titik, usb slot di jok untuk penumpang baris dua dan ada gantungan barang sampai 3 Kg di jok belakang.

Desain Dimenangkan Honda Brio

Honda Brio Vs Daihatsu Sirion

Hasil yang didapat desain Honda Brio RS CVT lebih banyak diminati sebanyak 57%, sedangkan Honda Sirion R CVT sebanyak 43%.

Untuk menilai desain mobil mana yang lebih menarik, kami tidak subjektif dengan menentukannya sendiri. Tapi mencaba mengajak followers Moladin di Instagram melalui poling.

Hasil yang didapat desain Honda Brio RS CVT lebih banyak diminati sebanyak 57%, sedangkan Honda Sirion R CVT sebanyak 43%.

Mana yang Value for Money, Honda Brio Vs Daihatsu Sirion?

Honda Brio Vs Daihatsu Sirion

Nah sebagai mobil modern, Daihatsu Sirion juga wajib dilirik. mobil ini kaya fitur dan keamanannya lebih lengkap dengan 4 titik airbag, sedanghkan Brio hanya 2. Sirion juga cocok untuk keluarga muda yang memiliki anak, karena dengan adanya fitur ISOFIX berkendara dengan anak balita pasti lebih aman dengan Sirion dibanding Honda Brio.

Itulah tadi bahasan soal komparasi antara Honda Brio VS Daihatsu Sirion. lantas kira-kira mana yang layak dibeli ?

Kedua model ini tentunya layak dibeli. Apa lagi sama-sama berharga sekitar Rp 200 jutaan. Spek mesinnya juga tidak berbeda jauh antara Siriondan Honda Brio.

Namun ada sedikit perbedaan di sektor tyransmisi. Pada Daihstsu Sirion sudah menggunan Double CVT yang membuatnya semakin responsif di tiap putaran mesin, sedangkan pada Honda Brio tidak ada teknologi serupa.

Jadi kamu yang membuthkan mobil dengan konsumsi BBM yang irit, Honda Brio bisa lirik, tapi dengan konsekuensi tenaga yang dihasilkan tidak sebesar Daihatsu Sirion.

Nah sebagai mobil modern, Daihatsu Sirion juga wajib dilirik, karena tidak kalah keren baik disegi desain apa lagi fitur. Seperti kita sebutkan di atas, mobil Daihatsu Sirion memiliki fitur dan keamanan yang lebih lengkap.

Apa lagi dengan dukungan 4 titik airbag, yang memberi kenyamana lebih pada penumpang belakang. Sedangkan Honda Brio, penumpang belakangnya tidak terproteksi airbag. Karena hanya punya dua di bagain depan.

Sirion juga cocok untuk keluarga muda yang memiliki anak, karena dengan adanya fitur ISOFIX berkendara dengan anak balita pasti lebih aman dengan Sirion dibanding Honda Brio.

Nah jika masalah kamu di harga, tidak ada salahnya juga untuk melirik mobil bekas Daihatsu Sirion dan Brio, yang pastinya saat ini lebih terjangkau.

Dapatkan pula info mobil bekas, review mobil bekas, dan mengetahui tips dan trik perawatan mobil dengan mengunjungi laman Moladin

Buat kamu yang belum tahu, Moladin adalah platform mobil bekas berkualitas dan terpercaya. Sudah tersedia di 135 kota dengan 40.000 agen dan dealer, jadi kalau kamu mau beli mobil bekas di Moladin aja. 

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika