Rabu, Mei 29, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

30 Mobil Keluarga Murah, Irit & Tarikan Kuat

by Firdaus Ali
Mobil keluarga terbaru

Ada beberapa rekomendasi mobil keluarga murah, irit & tarikan kuat yang menarik untuk masyarakat Indonesia. Pilihannya mulai dari City Car, SUV, MPV, serta sedan dan Low Cost Green Car (LCGC).

Kami sengaja memberikan pilihan berbagai model mobil dalam pembahasan ini. Sebab, di zaman sekarang, mobil keluarga sudah tidak terlalu identik dengan mobil Multi Purpose Vehicle (MPV).

Selain itu, untuk pertimbangan harga kami rekomendasikan dengan benderol di bawah Rp 400 juta. Kemudian, soal desain, serta kebutuhan menjadikan beberapa keluarga tidak melulu memilih kendaraan dengan konfigurasi 7-seater. Hal tersebut dibuktikan dengan pernyataan wiraniaga mobil baru.

“Selama ini penjualan yang paling laku Honda Brio, pembelinya tidak semuanya anak muda. Ada beberapa pasangan yang baru menikah atau yang punya anak 1 sampai 2 juga memilih Brio. Ya karena harganya masih kompetitif, konsumsi BBM irit serta modelnya yang kekinian,” terang salah satu Wiraniaga diler Honda di Pondok Cabe. (17/6/2022).

Sama halnya dengan informasi dari salah satu Wiraniaga diler Toyota di wilayah Tangerang Selatan. Ia mengungkapkan, ada juga konsumen yang membeli sedan seabgai mobil keluarga, yaitu New Corolla Altis.

“Setiap bulan ada yang laku untuk New Corolla Altis. Beberapa pembelinya pasangan yang baru menikah, dan biasanya suaminya yang suka mobil sedan karena sedan lebih mewah tampilannya,” jelas Wiraniaga tersebut.

Kembali ke pembahasan daftar mobil keluarga murah, irit & tarikan kuat yang menarik untuk dibeli. Berikut 25 rekomendasinya:

1. Honda Brio (Rp 156,9 juta – Rp 236,9 juta)

Mobil keluarga terbaru

Honda Brio Satya

Mobil keluarga murah, irit & tarikan kuat yang pertama adalah Honda Brio. Pabrikan berlogo H memasarkannya dalam dua varian: Brio Satya dan Brio RS. Khusus untuk versi Satya, masuk dalam kategori segmen City Car sehingga harganya lebih murah mulai Rp 156,9 juta (OTR Jakarta).

Mobil Honda dengan segmen city car ini mengusung mesin 1.2L SOHC 4-silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW. Selain itu, mobil ini juga dibangun di atas platform G-CON+ACE.

Soal fitur, Brio sudah dilengkapi dengan fitur power door mirror, electric trunk opener, dual front SRS airbags, pretensioner with load limiter seatbelt, driver seatbelt reminder, ABS + EBD, immobilizer, wave key, keyless entry, dan new parking sensor.

Kemudian ada pula fitur Eco indicator, tilt steering, dan electric power steering. Oh ya, untuk menunjang kenyamanan berkendara terdapat pula 4 speaker sebagai penunjang sistem audio yang ada.

Di varian Brio RS Urbanite atau model termahal, Honda memberi banyak keunggulan dalam hal tampilan. Sebut saja kemunculan aksesori seperti spoiler besar di eksterior belakang, hingga aksen interior yang lebih sporty. Walau demikian, harga Honda Brio RS Urbanite tembus Rp 236,9 juta (OTR Jakarta) untuk transmisi CVT.

2. Toyota All New Avanza (Rp 233,1 juta – Rp 255,1 juta)

Mobil keluarga terbaru

Toyota Avanza FWD

Rekomendasi Mobil keluarga murah, irit & tarikan kuat yang kedua adalah mobil Toyota All New Avanza. Kendaraan dengan julukan “mobil sejuta umat” ini pamornya tidak pernah redup. Ditambah, model terbaru dari Avanza mengusung desain yang lebih modern dan elegan. Tidak ketinggalan sekarang pakai penggerak roda depan (FWD)

Mobil ini dibekali mesin yang tidak banyak berubah dari model lama. Cuma ada revisi di performa supaya lebih mantap. Toyota memberi Avanza FWD pilihan mesin 1.300 cc dan 1.500 cc.

Salah satu yang faktor yang menjadi unggulan dari Avanza terbaru ini adalah adanya fitur Toyota Safety Sense (TSS) pada varian tertingginya.

Buat kamu yang cari mobil keluarga dengan harga terjangkau, bisa cek Avanza FWD 1.300 cc terbaru yang dijual mulai Rp 233,1 juta (OTR Jakarta). Sementara untuk Avanza FWD 1.500 cc terbaru mulai Rp 255,1 juta (OTR Jakarta).

3. Hyundai Creta (Rp 289 juta – Rp 405 juta)

Mobil keluarga terbaru

Hyundai Creta

Mobil keluarga murah, irit & tarikan kuat berikutnya datang dari Negeri Ginseng alias Korea Selatan yaitu Hyundai Creta. Mobil ini hadir dengan tampilan yang modern dan didukung ditur yang berlimpah.

Sebut saja ada fitur keselamatan aktif Bluelink. Dimana fitur tersebut menaungi fitur Auto Collision Notifiction(ACN), SOS/Emergency Assistance, Road Side Assistance (RSA), Stoleh Vehicle Notification, Stolen Vehicle Tracking, serta Stolen Vehicle Immobilization.

Tak hanya itu saja, terdapat juga fitur Forward Collision-avoidance Assist (FCA), Lane Following Assist (LFA), Lane Keeping Assist (LKA), Hill-start Assist Control (HAC), Blind-spot Collision-avoidance Assist (BCA), Rear Cross-traffic Collision-avoidance (RCCA), Rear View Monitor (RVM), serta 6 titik Airbag.

Di dalamnya muat 5-orang dengan nyaman. Walau demikian, untuk bagasinya cukup luas, sehingga bisa meletakkan berbagai barang.

4. Toyota All New Corolla Altis Mesin Bensin (Rp 493, 6juta)

Mobil keluarga terbaru

Toyota All New Corolla Altis

Kemudian, mobil keluarga murah, irit & tarikan kuat selanjutnya adalah Toyota All new Corolla Altis. Pamor mobil sedan mulai mengalami kenaikan. Hal tersebut tentunya berkat adanya aturan baru PPnBM yang membuat harga mobil sedan tidak semahal sebelumnya. Alhasil beberapa konsumen yang sudah berkeluarga, memilih mobil sedan.

Untuk mesin, Altis terbaru menggunakan mesin 1.8004 cc 4-silinder DOHC Dual VVT-i. Adapun tenaga maksimumnya diklaim mencapai 140 PS serta torsi puncak di 171 Nm.

Soal fitur, mobil sedan ini sudah dilengkapi dengan T-Intouch dan Toyota Saftey Sense 2. Di mana kedua fitur tersebut tentunya membuat Altis terbaru lebih nyaman dan aman untuk dikendarai.

5. Mitsubishi Xpander CVT (Rp 253,4  juta – Rp 307,1 juta)

Mobil keluarga terbaru

Mitsubishi Xpander

Mobil keluarga murah, irit & tarikan kuat selanjutnya adalah Mitsubishi Xpander. Rival dari Toyota Avanza ini memang menjadi idola baru dikelas MPV 7-seater.

Mobil ini mengadopsi mesin 1.499 cc MIVEC DOHC 16 valve dengan transmisi otomatis CVT. Tenaga maksimumnya di atas kertas mampu meraih angka 105 PS pada 6.000 rpm. Sementara torsi puncaknya adalah 141 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm.

Soal fitur, sudah dilengkapi dengan engine start/stop, ABS, EBD & BA, Dual SRS Airbag, ASC, HAS, sensor parkir dan kamera belakang, serta electronic parking brake.

6. Hyundai Satrgazer (Rp 243,3 juta – Rp 307,1 juta)

mobil keluarga

Hyundai Stargazer

Selanjutnya, mobil keluarga yang murah, irit & tarikan kuat selanjutnya adalah Hyundai Stargazer. Yup, mobil MPV dari Hyundai ini memang belum secara resmi diluncurkan, namun keran pemesanan sudah dibuka di semua diler Hyundai.

Hyundai Stargzer digadang-gadang akan menjadi rival dari Toyota Veloz dan Mitsubishi Xpander. Jelas saja, tampilan yang futuristik serta fitur Bluelink menjadi daya tarik dari mobil ini.

Selain itu, harganya juga lebih murah dari Toyota Veloz dan Mitsubishi untuk varian tertentu.

7. Daihatsu Xenia (Rp 216,9 juta – Rp 272,6 juta)

mobil keluarga

Daihatsu Xenia

Selanjutnya, untuk mobil keluarga murah, irit & tarikan kuat ada Daihatsu Xenia. Dimana mobil ini secara desain memang mirip dengan Toyota Avanza.

Namun begitu, All New Xenia 2021 secara tampilan dirancang oleh tim Engineer Reserach and Development (R&D) Center PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Salah satunya Mark Wijaya, Styling Design R&D Center ADM.

Mark mengatakan All New Xenia melibatkan sekitar 31 engineer dari total 80 engineer di R&D Center ADM. Mereka dari beragam bidang seperti engineer body, seat, interior, wire, dan sebagainya.

Salah satu kelebihan dari Xenia terbaru adalah dimensi yang lebih bongsor. Menurut catatan pabrikan, Xenia terbaru memilki panjang 4.395 mm x lebar 1.730 mm, dan tinggi 1.700 mm. 

Baca juga  Harga Mitsubishi Xpander Exceed 2023, Varian Murah Fitur Berlimpah!

Sebagai perbandingan, untuk ukuran dimensi Xenia generasi pertama panjangnya waktu itu hanya 4.070 mm x lebar  1.630 mm x tinggi 1.640 mm. Kemudian untuk dimensi Xenia generasi kedua memiliki panjang 4.200 mm x  lebar 1.660 mm dan tinggi x 1.695 mm.

Sedangkan ground clearence atau jarak dari tanah ke body, Xenia baru memiliki tinggi 205 mm. Sedangkan model lama cuma 200 mm.

Oh ya, Xenia terbaru juga sudah mengadopsi fitur ASA (Advanced Saftey System). Fungsi utamanya adalah mengurangi potensi bahaya dan kecelakaan saat berkendara.

Ada dua fitur keselamatan yang dihadirkan oleh teknologi ini, yaitu pre-collision brake dan lane departure warning. 

Pre-collision brake merupakan fitur yang mampu mencegah benturan dengan mengaktifkan pengereman darurat ketika sensor mendeteksi adanya kendaraan lain pada jarak dan kecepatan tertentu.

Fitur ini membantu pengendara menghindari atau meminimalisasi efek benturan. Sementara, fitur lane departure warning adalah sistem yang dapat memberi peringatan pada pengemudi saat kendaraan berpindah jalur secara tidak sengaja.

8. Toyota Veloz (Rp 286 juta – Rp 331,1 juta)

mobil keluarga

Toyota Veloz

Keberadaan Veloz tentu menjadi pelengkap keluarga Avanza. Ia hadir untuk mengisi varian tertinggi di mobil yang dikenal dengan julukan “sejuta umat” ini.

Salah satu kelebihan Veloz adalah adanya fitur TSS (Toyota Saftey Sense). Mobil ini menggunakan mesin 1.496 cc dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis CVT.

Di atas kertas, Veloz terbaru mampu mengeluarkan tenaga maksimum 105 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 137 Nm pada 4.200 rpm.

9. Toyota Calya (Rp 158,3 juta – Rp 166,7 juta)

mobil keluarga

Toyota Calya

Toyota Calya terbaru menggunakan jantung pacu lama berkode 3NR-VE bekapasitas 1.200 cc 4 Cylinder 16 Valve, DOCH, Dual VVT-i. Mesin tersebut memiliki tenaga maksimal 87 hp yang bisa dicapai pada 6.000 rpm. Untuk transmisinya tipe E hanya dibekali transmisi manual 5-percepatan. Sedangkan tipe G hanya transmisi matic 4-percepatan.

Calya terbaru mengalami beberapa ubahan pada tampilannya, sehingga mobil LCGC ini terlihat lebih modern. Tak hanya itu, fiturnya juga tergolong lumayan lengkap.

Seluruh type New Calya dilengkapi dengan 3-point seatbelt di seluruh bangku bersama Dual SRS Airbags di depan dan ISOFIX di bangku tengah, rem dilengkapi Anti-Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD), GOA Body (Global Outstanding Assessment) sebagai proteksi pada rangka mobil dari tabrakan di bagian depan, belakang, dan sisi mobil, serta Rear Parking Sensor.

Oh ya, untuk tipe G juga sudah dilengkapi dengan kamera parkir mundur untuk meningkatkan visibilitas.

10. Daihatsu Sigra (Rp 129,5 juta –  Rp 174,7 juta)

mobil keluarga

Daihatsu Sigra

Mobil keluarga murah, irit & tarikan kuat berikutnya adalah Daihatsu Sigra. Sama halnya dengan Toyota Calya, Sigra terbaru juga tampil lebih modern.

Soal mesin, Daihatsu Sigra menawarkan dua pilihan mesin. Yaitu 1.000 cc dan 1.200 cc.

Sigra 1.200 cc, pakai mesin berkode 3NR-VE DOHC 4-silinder Dual VVT-i. Tenaga yang dihasilkan sebesar 88 PS di 6.000 rpm dan torsi 105 Nm di 4.200 rpm. Tersedia pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Sementara Sigra 1.000 cc pakai mesin berkode 1KR-VE, 3-silinder 998 cc VVT-i. Daya yang dihasilkan hanya 67 PS pada 6.000 rpm dan torsi 89 Nm pada 4.400 rpm. Cuma tersedia dalam transmisi manual 5-percepatan.

11. Nissan Livina (Rp 253,9 juta –  Rp 297,5 juta)

mobil keluarga

Nissan Livina

Nissan Livina memang kalah populer dari para rivalnya seperti Toyota Veloz dan Mitsubishi Xpander. Namun begitu, mobil MPV ini sebenarnya mempunyai tampilan yang cukup elegan dan performa mesin yang cukup untuk mobil keluarga.

Nissan Livina mengusung mesin berkapasitas 1.499 cc dan menganut penggerak depan alias front wheel drive (FWD). Tenaga maksimum yang bisa diraihnya diklaim mencapai 102 Hp dengan torsi puncaknya menyentuh 141 Nm.

Soal fitur keselamatan, selain sudah dilengkapi dengan dua airbag untuk penumpang, Pretensioner dan Force Limiter, immobilizer, Auto Hazard Light on Emergency Braking dan rem dengan ABS plus EBD. Ada pula fitur Vehicle Dynamic Control (VDC), Traction Control System (TCS) dan Hill Start Assist (HAS).

Bahkan Nissan Livina juga sudah dilengkapi dengan Parking Sensor, lengkap dengan Rear View Camera. Namun fitur-fitur itu semua hanya tersedia di varian VL AT sebagai varian termahal.

12. Wuling Cortez Rp (Rp 249,5 juta – Rp 325,650 juta)

mobil keluarga

Wuling Cortez

Wuling Cortez terbaru hadir dalam dua varian, yakni Cortez CE varian termurah dan Cortez EX untuk varian tertingginya. Kedua varian dari mobil 7-seater ini sama-sama mengusung mesin turbo. Konfigurasinya 4 silinder segaris Euro4, DOHC, DVVT, serta berkapasitas 1.451 cc.

Diatas kertas, mesin tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga hingga 140 hp yang bisa dicapai pada 5.200 rpm, dan memiliki torsi 250 Nm pada 1.600 – 3.600 rpm.

Cortez facelift 2022 sudah mengadopsi headunit berukuran 10,25 inci yang juga tersemat teknologi internet of vehicle (IoV). Teknologi ini memungkinkan smartphone terintegrasi dengan mobil secara komprehensif.

Dengan fitur IoV, berbagai pengaturan soal mobil seperti mengaktifkan mesin, AC, buka jendela, dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan lewat smartphone. Tak hanya itu saja, Cortez Facelift 2022 sudah menggunakan teknologi WIND atau perintah suara dalam bahasa Indonesia.

13. Wuling Confero (Rp 179,8 juta – Rp 225,3 juta)

mobil keluarga

Wuling Confero

Wuling Confero mengusung mesin 1.500 cc DVVT yang diklaim mampu memproduksi tenaga sebesar 98 hp pada 5.800 rpm dan torsi maksimum 135 Nm pada rentang 3.800 sampai 4.200 rpm.

Soal fitur, Confero sudah dilengkapi Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Emergency Stop Signal (ESS), dual SRS airbag, front and rear parking sensor, sistem pengereman ABS & EBD, seatbelt indicator, dan ISOFIX. Soal keamanan sudah ada immobilizer hingga anti-theft alarm.

14. Wuling Almaz (Rp 298,5 juta – Rp 434,2 juta)

mobil keluarga

Wuling Almaz RS

Wuling Almaz hadir dengan pilihan dua varian. Yaitu Almaz Exclusive dan Almaz Pro. Keduanya sudah dilengkapi teknologi Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE).

Tak hanya itu saja, Almaz terbaru juga sudah menyematkan fitur IoV (Internet of Vehicle) serta Adaptive Cruise Control.

Kemudian, kubikasi mesinnya adalah 1.500 cc turbocharged 4-silinder. Mesin tersebut diklaim menghasilkan tenaga sebesar 140 hp dan torsi 250 Nm yang dipadukan dengan transmisi CVT dengan pilihan mode berkendara eco, sport dan 8-percepatan manual.

15. Suzuki Ertiga Hybrid (Rp 270,3 juta – Rp 292,3 juta)

mobil keluarga

All New Ertiga Hybrid

Mobil keluarga murah, irit & tarikan kuat selanjutnya adalah Suzuki Ertiga Hybrid. Yup, mobil ini hadir dengan mesin yang canggih, yaitu K15B 1.462 cc. Jantung mekanis itu dikombinasikan dengan teknologi integrated starter generator (ISG) dan baterai lithium-ion.

Alhasil jantung mekanis itu bisa memuntahkan torsi puncak 138 Nm pada 4.400 rpm dan tenaga maksimal 104,7 PS pada 6.000 rpm. Padanannya adalah transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

16. Suzuki XL7 (Rp 251,8 juta – Rp 290,1 juta)

mobil keluarga

Suzuki XL7

Selain Ertiga, rekomendasi mobil keluarga murah dari Suzuki selanjutnya adalah XL7. Ini merupakan versi SUV dari Ertiga. Ciri khasnya pakai pelek lebih besar serta tampilan lebih gagah.

Mesin Suzuki XL 7 berkapasitas 1.462 cc, 4 silinder, DOHC, dan VVT yang tidak ada beda dibanding Ertiga. Tenaganya mencapai 103 hp dengan torsi 138 Nm. Transmisi yang ditawarkan ada dua, manual dan otomatis.

Baca juga  Spesifikasi Toyota Land Cruiser 200 Julian Johan di AXCR 2023, Mesin Bensin!

Untuk melengkapi faktor keamanan, Suzuki XL7 hadir dengan fitur ABS & ABD, dual SRS airbag, ISOFIX, Hill Hold Control (HHC), Electronic Stability Programme (ESP), sensor parkir, kamera belakang, serta kunci immobilizer.

Harga Suzuki XL7 cukup terjangkau dibanding para kompetitor, mulai Rp 251,8 jutaan. Sementara yang termahal Rp 290,1 jutaan.

17. Daihatsu Terios (Rp 232,3 jutaan – Rp 287,4 jutaan)

mobil keluarga

Daihatsu Terios

Mobil Daihatsu Terios ini adalah salah satu mobil keluarga yang cukup laris dipasarkan dikarenakan DNA SUV yang gagah dan memiliki performa cukup bersaing dalam pasar. Mobil keluarga satu ini nyatanya menjadi mobil dengan kapasitas mesin 1500 cc dengan tipe mesin 2NR-VE DOHC Dual VVT-I mampu memberikan tenaga sebesar 104 PS/6000 rpm dengan torsi maksimum 136 Nm/4200rpm. 

Menariknya mobil ini juga memiliki ground clearance yang tinggi mencapai 200mm. Untuk itu SUV satu ini memang cocok dipakai pergi bertamasya dan melewati medan berkontur dan berwisata jarak jauh dengan wilayah yang cukup menantang. Lampu Terios juga patut diacungi jempol karena diperlengkapi dengan bohlam projector yang bisa menghasilkan cahaya yang terang bahkan di tempat yang minim penerangan sekalipun.  

Untuk fitur tersendiri, mobil Daihatsu Terios diperlengkapi dengan sistem VSC (Vehicle Stability Control) yang dapat menjaga stir tetap dalam kendali yang aman. HSA (Hill Start Assist) yang tetap menjaga kontrol rem mobil dengan baik. Juga fitur Eco Idle yang berfungsi secara otomatis untuk menghemat konsumsi bahan bakar. Ini membantu mesin mobil menjadi lebih ramah lingkungan bahkan mampu menghemat bahan bakar hingga 10%. 

Mobil Daihatsu ini SUV berkapasitas 7 penumpang cocok digunakan dengan aktif untuk berbagai aktivitas harian. Ada berbagai varian Daihatsu Terios dari X hingga R custom. Rentang harga Daihatsu Terios ini mulai dari kisaran dari Rp 232, 3 juta – Rp 287,4 juta. 

18. Toyota Rush (Rp 278,8 juta – Rp 291,5 juta)

mobil keluarga

Toyota Rush

Toyota Rush menggunakan mesin 1.500 cc 2NR-VE dengan teknologi Dual VVT-i. Torsi puncaknya diklaim 136 Nm pada 4.200 rpm dan tenaga maksimal 103  hp pada 6.000 rpm.

Soal fitur, Rush sudah dilengkapi  layar sentuh 7 inci. Ada pula delapan unit speaker, smart entry, hinggga Auto AC dan 6 SRS Airbags. Ada pula  vehicle stability control (VSC), 7-seat belt indicators, anti-lock braking system (ABS), hill start assist (HSA), dan emergency brake signal (EBS).

19. Daihatsu Sirion (Rp 227,6 juta – Rp 236,8 juta)

mobil keluarga

Daihatsu Sirion

Daihatsu Sirion cocok digunakan untuk pasangan yang baru berkeluarga. Mobil ini mengadopsi mesin 1.300 cc dengan transmisi otomatis D-CVT.

Selain tampilan yang lebih stylish, Sirion terbaru juga sudah dilengkapi fitur Idle Stop System agar konsumsi BBM efisien. Selain itu ada pula fitur air purifier, speed sensing door lock, hingga hill start assist. Ditambah lagi kehadiran fitur MID warna-warni yang bisa menampilkan berbagai informasi terkait mobil.

20. Suzuki Baleno Hatchback (Rp 235 jutaan – Rp 247,5 jutaan)

mobil keluarga

Suzuki Baleno Hatchback

Suzuki Baleno K14B berskapasitas 1.373 cc 4 silinder. Mesin ini menghasilkan tenaga sebesar 93 hp  pada 6.000 rpm. Sedangkan torsi puncaknya mencapai 130 Nm pada 4.200 rpm.

Soal fitur, Baleno Hatchback sudah dilengkapi dengan AC digital, Dual SRS airbags, start’stop engine button, serta fitur modern lainnya.

21. Honda BR-V (Rp 281,1 – Rp 348,6 juta)

mobil keluarga

Honda BR-V

Honda BR-V menggunakan mesin berkubikasi 1.500 cc berteknologi DOHC i-VTEC. Mesin itu mampu melontarkan torsi puncak 145 Nm pada 4.300 rpm dan tenaga maksimal 120 hp pada 6.600 rpm. Kombinasinya adalah transmisi CVT.

Keunggulan lain dari BR-V khususnya varian tertinggi adalah fitur-fitur modern, salah satunya Honda Sensing. Di dalamnya terintegrasi dengan berbagai teknologi keselamatan dan kenyamanan seperti adaptive cruise control (ACC), lane keeping assist system (LKAS), lead car departure notification system (LCDN), dan lain-lain.

22. Kia Seltos (Rp 329 juta – Rp 433 juta)

mobil keluarga

Kia Seltos

Kia Seltos hadir di Indonesia dengan pilihan mesin bensin dan Seltos diesel sebagai varian flagshipnya. Untuk mesin diesel menggunakan U2 1.5 E-VGT CRDi.

Mesin diesel ini diklaim mempunyai tenaga maksimal mencapai 115 PS pada 4.000 rpm. Sedangkan torsinya mampu meraih 250 Nm pada putaran mesin 1.500 – 2.750 rpm. Mesin tersebut dikombinasikan dengan transmisi otomatis 6-percepatan.

23. Kia Sonet 7-Seater (Rp 220,8 juta – Rp 318 jutaan)

mobil keluarga

Kia Sonet 7-Seater

Varian tertinggi dari Kia Sonet 7-seater sudah dilengkapi banyak sekali fitur modern untuk kenyamanan berkendara. Sebut saja head unit layar sentuh berukuran 10,25 inci yang bisa terkoneksi smartphone dan memiliki fitur kiblat. Ada pula 6 speaker untuk memanjakan orang di dalam kabin ketika memutar musik, serta fitur modern lainnya.

Untuk mesin, menggunakan kubikasi 1.497 cc, DOHC, Dual CVVT. Mesin tersebut bisa melontarkan torsi 144 Nm pada 4.500 rpm dan tenaga maksimal 114 hp pada 6.300 rpm.

24. Honda City Hatchback (Rp 333,6 juta – Rp 362,6 juta)

mobil keluarga

Honda City Hatchback

Honda City Hatchback menggunakan mesin 1.500 cc DOHC yang dikombinasikan dengan transmisi 6-percepatan CVT. Alhasil, di atas kertas tenaganya mencapai 120 hp dan torsi 145 Nm.

Beberapa fitur menarik yang tersedia adalah  One Push Ignition System, Cruise Control, Audio Steering Switch dan Hands-free Telephone (HFT) Switch dengan Voice Recognition, Multi-Angle Rear View Camera, dan ULTRA Seat

25. Kijang Innova (Rp 369,6 Juta)

Innova reborn
Dari hasil pengujian, konsumsi BBM Innova diesel cenderung lebih irit

Mobil keluarga terbaik pilihan masyarakat dari waktu ke waktu adalah mobil Kijang Innova, kapasitas mesin mulai dari 1000cc hingga 2500cc. Hidup keluarga di perkotaan hingga pedesaan sangatlah cocok untuk menggunakan mobil kelas MPV ini. Selain tergolong irit karena menggunakan teknologi Dual VVT I membuatnya irit, Kijang Innova ini juga diperlengkapi dengan fitur keselamatan. Ada beberapa electronic brake, airbag system dan anti lock braking system yang merupakan sistem pengereman. Ruang kabin dari Kijang Innova juga luas dan lebar bisa menjadi salah satu pilihan mobil keluarga yang cocok untuk keluarga. 

Dari segi perawatan mobil Kijang Innova ini memiliki sparepart yang mudah ditemukan dengan harga yang terjangkau. Perawatan per kilometer mobil ini juga tergolong murah dan bersahabat. Mesin Kijang Innova ini berkapasitas 2.0 L Petrol Engine, In-Line Cylinder 16 Valve DOHC. Performa yang dihasilkan dengan torsi 183 Nm – 190 Nm menghasilkan tenaga 137 – 149 HP. Kapasitas bensin BBM dengan tangki bensin 13.6 l. 

Kijang Innova terbaru 2021 juga menyediakan berbagai fitur-fitur mewah dengan harga terjangkau mulai dari harga Rp 340 juta – Rp 440 juta. Fitur interior pada Kijang Innova sangatlah nyaman bagi para keluarga, khususnya mereka yang duduk di bangku baris kedua. Khususnya Kijang Innova varian Venturer Diesel Limited Edition. Ambient cahaya dan AC double blower sangat menjamin suhu ruangan terkontrol dengan aman. Adanya tambahan cup holder di baris kedua membuat mobil Kijang Innova semakin nyaman dipakai bersantai pergi mudik. 

Kijang Innova memang menjadi mobil pilihan bagi Anda yang merindukan kenyamanan, keamanan dengan kapasitas duduk yang banyak. Mobil Kijang Innova semua variannya diperlengkapi fitur ISOFIX dan Tether Anchor untuk menjaga penumpang di depan tetap aman sewaktu adanya rem mendadak.

26. Honda Mobilio (Rp 217,2 Juta)

honda mobilio s mt - airbags safety

Honda Mobilio adalah mobil keluaran Honda yang cocok dan sangat diminati oleh keluarga di Indonesia pada umumnya. Mobilio selalu dinilai menjadi mobil stylish berbekal fitur terbaru yang canggih dan atraktif. Low MPV yang satu ini memang memiliki kesan modern pada tiap sisi eksteriornya. Dari segi keamanan dan interior sendiri, Honda Mobilio diperlengkapi dengan beberapa sistem keamanan seperti rem ABS + EBD, sistem rangka G-CON + ACE ™ dengan SL serta beberapa fitur konektivitas yang fungsional. 

Baca juga  Bertemu Toyota Veloz Cross di Cikarang, Apa Istimewanya?

Mesin Mobilio memiliki tipe SOHC i-VTEC 1,5 liter memiliki tenaga maksimal 118 HP pada 6600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4600 rpm. Dengan tenaga tersebut Mobilio jauh lebih perkasa dan irit bahan bakar di antara mobil MPV lainnya seperti Toyota Avanza, Nissan Grand Livina atau Mitsubishi Expander. Untuk rute dalam tol Mobilio bisa menghasilkan 18,9 km/l sedangkan dalam kota 14,8 km/l. Menarik bukan? 

Fitur audio dan layar interaktifnya juga sudah diperlengkapi dengan layar Capacitive Touchscreen Display 8 inci yang sudah mendukung iphone & ipod hingga hands-free telephone dan smartphone connection. Untuk ground clearance sendiri Mobilio keluaran tahun 2019 sudah diperlengkapi dengan tinggi yang cukup maksimal yaitu 189 mm. Sehingga, sudah terasa jauh lebih baik jika dibawa pergi wisata ke luar kota. 

Dari segi performa tambahan sistem teknologi CVT dengan Earth Dreams dan ECO indikator juga membantu Mobilio untuk jadi lebih bertenaga sekaligus ramah lingkungan dan hemat bahan bakar. Kelebihan secara umum Honda Mobilio ini memiliki desain eksterior yang sporty ditambah fitur keamanan dan irit bahan bakar yang menarik. Jadi, gimana? Menarik bukan Honda Mobilio ini!

27. Toyota Calya (Rp 158,6 Juta) 

Mobil Toyota Paling Irit

Toyota Calya salah satu mobil keluaran Toyota yang banyak dijadikan sebagai kendaraan mobilisasi keluarga. Calya memiliki dimensi yang cukup luas dan ground clearance yang tinggi, sangat berguna untuk melewati jalan-jalan yang terjal dan penuh bebatuan. Desain Calya dari luar tampak lebih atraktif dan dinamis. Keunggulan Calya dibandingkan kendaraan lainnya adalah ruang kabin pada mobil Calya yang cukup luas diperlengkapi dengan beberapa lokasi kompartemen yang strategis. 

Mobil Calya ternyata memiliki performa berkapasitas 1.197 cc dan berteknologi Dual VVT-I dengan empat silinder segaris. Nah, torsi maksimum yang diberikan mencapai 11 Kgm untuk 4200 RPM. Mobil ini juga dapat menempuh jarak lebih dari 20 km untuk 1 liter bahan bakar. Lain dari pada itu, ISOFIX digunakan untuk membangun pemasangan kursi bayi dan balita. Selain itu Toyota Calya juga diperlengkapi dengan fitur Anti-Theft System yang membantu memberikan ketenangan tambahan agar keamanan jadi lebih terjaga. Untuk harga sendiri Toyota Calya memiliki harga yang cukup besar mulai dari Rp 150 juta.

28. Honda Freed (Rp 293 Juta) 

Honda Freed Eksport

Honda Freed adalah mobil yang terkesan memiliki desain yang kaku dengan bentuknya yang boxy ini ternyata tetap digemari di pasar. Justru banyak yang menilai bahwa Freed adalah mobil keluarga yang nyaman, eksklusif dan dianggap sporty. Kapasitas penumpang mobil ini mencapai hingga 8 penumpang. Rata-rata mobil ini disukai oleh para keluarga muda yang memang dengan desain interior maupun eksteriornya. 

Mobil keluarga baru ini tangguh dan diperlengkapi dengan mesin i-VTEC 1,5 SOHC 16 katup dengan kapasitas 1.497 cc. Torsi yang dikeluarkan sebesar 146 Nm pada 4800 rpm dengan hasil tenaga sebesar 118 PS untuk putaran mesin sebesar 6600 rpm. Kenyamanan pada sisi interior sangat membantu penumpang merasa lebih nyaman dengan hadirnya armrest yang membantu penumpang bersantai. 

Walk-through cabin adalah konsep yang membuat Honda Freed jadi lebih mencolok sejak awal kemunculannya. Dimana akses bergerak dalam mobil yang luas. Hal ini memberi kemudahan bagi seseorang untuk bergerak dari satu tempat duduk ke tempat duduk lainnya. Honda Freed juga dibekali dengan sistem keamanan dan pengeraman yang efektif yaitu ABS & EBD. Ini tentunya setara dengan mobil keluarga terbaik lainnya. 

Rancangan kerangka model G-CON ACE membuat Honda Freed ini menjadi perlindungan terhadap redaman benturan untuk melindungi penumpang secara maksimal. Untuk harga sendiri Honda Freed dibandrol dengan harga mulai dari Rp 270 jutaan. Jika penasaran dari segi kualitas namun tidak ingin membeli mobil baru, beli saja mobil bekas Honda Freed, Anda bisa cek harga lebih lengkapnya di Moladin, platform beli mobil bekas terpercaya.

29. Toyota Sienta (Rp 322,1 Juta)

mobil keluarga terbaik - toyota sienta

Sienta terbaru hadir di Jepang

Bicara tentang Toyota Sienta, mobil ini sangat besar dan dapatkan dijadikan andalan bagi Toyota. Modal Sienta yang dipasarkan di Indonesia ada seri E,G,V dan Q. Toyota Sienta ini muat hingga 7 penumpang. Juga diperkaya dengan berbagai fitur-fitur keamanan dan keselamatan seperti immobilizer, airbags, ABS, BA dan EBD. 

Sama seperti dengan Honda Freed, Toyota Sienta juga memiliki teknologi sliding door yang memberikan kesan sporty dan eksklusif pada mobil yang irit bahan bakar ini. Toyota Sienta diperlengkapi dengan mesin L4 DOHC 16-valve VVT-iE yang memiliki kapasitas silinder hingga 1.496 cc. Mesin ini dapat memberikan tenaga maksimum hingga 109 Ps per 6000 rpm dan torsi hingga 136 Nm untuk 4.400 rpm. Jauh lebih irit dari mobil-mobil sebelumnya, mobil Toyota Sienta 1 liternya dapat menempuh jarak hingga 20,2 km. 

Secara kelebihan Toyota Sienta ini sangatlah ekonomis dan praktikal untuk keluarga muda. Desainnya biasa saja, namun tambahan sliding door membuatnya jadi lebih gagah dan memiliki performa mesin yang tangguh. Toyota Sienta terbaru yang telah meluncur di Jepang pada 2022, menyediakan varian Hybrid. Walau demikian, sampai sekarang belum masuk juga ke Indonesia. 

30. Suzuki Ignis (Rp 183,5 Juta)

suzuki ignis - mobil keluarga terbaik

Ignis cocok untuk keluarga muda

Suzuki Ignis adalah salah satu mobil mungil pilihan keluarga kecil, dikatakan termasuk dalam kategori SUV compact membuat banyak minat di masyarakat besar terhadap mobil ini. Ignis dipandang menjadi mobil kecil yang simpel, minimalis namun stylish dan sporty. Meskipun terbilang kecil, namun Suzuki membekali SUV satu ini dengan konsep Total Effective Control Technology

Memiliki harga pasar yang cukup kompetitif dan bersaing dengan mobil LCGC lainnya membuat mobil ini semakin digemari dalam pasar otomotif. Bagian belakang Suzuki Ignis memiliki bagasi yang cukup luas dan multifungsi untuk berbagai macam keperluan seputar penyimpanan barang. Teknologi pengereman ABS System untuk mobil Ignis tentu menambah keamanan pengemudi jikalau sewaktu-waktu terjadi pengereman mendadak.

Tenaga maksimal yang dapat dihasilkan oleh Suzuki Ignis sendiri adalah 83 Ps pada putaran 6000 rpm, sedangkan torsi maksimal yaitu 113 Nm per 4200 rpm. Pembakaran pada mesin Suzuki Ignis menggunakan teknologi multipoint injection yang membuat bahan bakar menjadi lebih efisien dan ramah lingkungan. Kelebihan dari Suzuki Ignis sendiri adalah style dari mobil yang trendy menyerupai hatchback namun SUV. Desain interior yang elegan, minimalis, bagasi luas hingga fitur canggih di dalamnya. Selain itu mobil ini tergolong irit yang dapat menempuh 22,3km/liter.

Beli Mobil Bekas di Moladin, Lebih Nyaman & Terjangkau! 

Moladiners, itu tadi pembahasan mengenai mobil baru keluarga murah, irit & tarikan kuat. Nah, jika kamu budget untuk membeli mobil baru belum cukup, kamu bisa membeli mobil bekas di Moladin Car Center (MCC) yang sudah tersebar hampir diseluruh kota-kota di Indonesia. 

Beli mobil bekas di Moladin lebih nyaman karena agen Moladi sudah tersebar di seluruh Indonesia. Dimanapun, kapanpun Anda bisa kerkonsultasi untuk mendapatkan mobil bekas terbaik pilihanmu. Jangan sampai ketinggalan! Anda juga bisa tukar tambah mobil bekas dengan menjual mobil yang lama di Moladin. Tunggu apa lagi kunjungi website Moladin tempat jual beli mobil bekas terpercaya dan nyaman untuk Anda! 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika