oleh

4 Varian Honda Brio, Paling Murah Rp 155 Jutaan!

PT Honda Prospect Motor (HPM) menawarkan 4 varian Honda Brio. Yaitu Brio Satya S MT, Brio Satya E MT dan CVT, Brio RS MT dan CVT, serta yang terbaru Brio RS Urbanite Edition.

Masing-masing dari varian Honda Brio tersebut tentunya memiliki beberapa perbedaan. Mulai dari tampilan eksterior, interior hingga fitur yang diusung.

Untuk Brio S MT, ciri khas paling mencolok adalah tidak adanya foglamp dan velg non alloy. Sementara untuk varian E sudah ada foglamp dan velg alloy.

Berbeda lagi untuk Brio varian RS dan RS Urbanite Edition. Keduanya mengusung velg alloy berdimensi 15 inci. Hanya saja yang RS berkelir two tone dan RS Urbanite berwarna hitam.

Sedikit menengok perjalanan Honda Brio di Indonesia. Awalnya mobil ini didatangkan dari Thailand, tepatnya pada tahun 2012. Kehadirannya disambut antusias oleh market city car di Indonesia.

Kemudian, pada tahun 2013 Honda Brio dirakit di Indonesia untuk bisa memenuhi syarat  menjadi mobil LCGC (Low Cost Green Car) dengan komponen lokal yang digunakan sekitar 80 persen. Lolos menyandang sebagai mobil LCGC, Brio mendapat tambahan nama “Satya” dan logo khusus.

Memasuki tahun 2016, PT Honda Prospect Motor merilis Honda Brio RS. Di mana varian tersebut menjadi flagship dengan tambahan fitur dan tampilan baru yang lebih sporty. Selanjutnya, Brio kembali meluncurkan varian baru yaitu Urbanite yang hadir dengan tampilan lebih agresif dan sporty.

Sebagai infomasi, semua varian Honda Brio yang ada di Indonesia menggunakan mesin yang sama. Yaitu mesin 1.2L SOHC 4-silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW. Selain itu, Honda Brio juga dibangun di atas platform G-CON+ACE.

Di mana platform G-CON+ACE tersebut merupakan struktur rangka mobil yang mampu meredam dan menyalurkan energi benturan bila terjadi tabrakan yang tidak dapat dihindari. Serta struktur canggih ACE yang mampu melindungi kabin penumpang ketika bertabrakan dengan kendaraan yang berbeda ukuran dan Side Impact Beam yang meredam benturan saat terkena benturan dari samping.

Baca juga  Penjualan Honda Awal 2022, BR-V Nomor Dua!

Oh ya, untuk ketersediaan warna, Honda Brio hadir dengan pilihan 6 kelir untuk Brio Satya dan RS. Yaitu Crystal Black Pearl, Taffeta White, Modern Steel Metallic, Lunar Silver Metallic, Carnival Yellow, Rallye Red. Sementara untuk Brio RS Urbanite ada warna Carnival Yellow Two Tone, Phoenix Orange Pearl Two Tone, serta Tafetta White Two Tone.

Nah, mau tahu lebih jauh varian Honda Brio yang beredar di Indonesia. Mari kita simak ulasannya berikut ini.

1. Honda Brio Satya S MT

varian honda brio
Brio S MT

Varian Honda Brio yang pertama adalah varian S MT. Varian ini merupakan entry level di keluarga Brio. Dimana terdapat fitur-fitur modern yang sudah tertanam di city car tersebut. Soal harga, Brio Satya S MT dibanderol harga Rp 155,7 juta (OTR Jakarta).

Desain eksteriornya terlihat modern dan sporty. Hal tersebut dapat dilihat dari padupadan desain grill yang diberi aksen krom dengan model headlamp yang pipih.

Kemudian pada bagian bumpernya, tampilannya mendukung aura sporty berkat beberapa lekukan yang simpel dan dinamis. Untuk mempercantik tampilannya, Brio S MT menyematkan velg kaleng berukuran 14 inci, tapi pakai kover. 

Meski menyandang sebagai entry level di keluarganya, Brio Satya S MT menyuguhkan tampilan interior yang terlihat modern dengan dominasi warna hitam serta sentuhan warna silver di beberapa bagian.

Desain dashboardnya apik. Hal tersebut terlihat dari perpaduan AC digital dengan sistem audio 2DIN serta sentuhan warna silver di beberapa bagian.

Pada bagian joknya, untuk posisi depan baik kanan dan kiri belum mengusung adjustable headrest. Namun untungnya untuk penumpang belakang sudah disediakan.

Baca juga  Singapura Kedatangan Honda Jazz Terbaru, Harga Rp 1 Miliar!

Brio Satya S MT juga  sudah dilengkapi dengan drive by wire, headlamp with LED light guide, heat rejecting green tinted glass, body spoiler with LED high mount stop lamps, serta micro antenna.

Kemudian ada pula Eco indicator, tilt steering, dan electric power steering. Oh ya, untuk menunjang kenyamanan berkendara terdapat pula 4 speaker sebagai penunjang sistem audio yang ada.

Masih ada lagi, yaitu adanya fitur power door mirror, electric trunk opener, dual front SRS airbags, pretensioner with load limiter seatbelt, driver seatbelt reminder, ABS + EBD, immobilizer, wave key, keyless entry, dan new parking sensor.

2. Honda Brio Satya E MT dan CVT

Varian Honda Brio
Honda Brio E

Varian Honda Brio berikutnya adalah Satya E MT dan CVT. Secara tampilan eksterior dan interior masih sama persis dengan Brio S MT. Fitur dan kelengkapan lainnya juga sama, namun karena harganya lebih mahal dari Brio Satya S MT maka terdapat beberapa tambahan fiturnya.

Adapun fitur tambahannya seperti foglamp, rear wiper, audio steering switch, auto door lock by speed, serta alarm system.

3. Honda Brio RS MT dan CVT

Varian Honda Brio
Honda Brio RS

Selanjutnya, varian Honda Brio berikutnya adalah RS. Dimana varian ini lebih tinggi kastanya dibandingkan varian S dan E. untuk harganya ada di Rp 216,1 juta (transmisi manual) dan Rp 226,1 juta (CVT).

Brio RS tampil lebih sporty dibandingkan varian E dan S. Dimana pada Brio RS velg yang digunakan adalah jenis alloy two tone berukuran 15 inci. Tak hanya itu saja, secara dimensi juga lebih panjang, yaitu 3.815 mm. Sedangkan Brio Satya S dan E hanya 3.800 mm.

Kemudian untuk desain grillnya juga hadir dengan warna hitam glossy dengan disematkan emblem RS dibagian sudutnya serta bagian pintu bagasi. Selanjutnya bagian interior juga ditawarkan dengan suguhan yang lebih modern dan sedikit ngejreng.

Baca juga  Honda NSX Type S Hadir di Jepang, Mesin Lebih Besar!

Hal itu dapat dilihat dari adanya akesn garis berwarna orange pada beberapa bagian. Seperti dashboard, list ventilasi AC serta bagian doortrimnya.

Oh ya, untuk sistem audionya juga sudah mengusung layar sentuh berukuran 6,2 inci yang mampu mengakomodasi USB port, radio, bisa terhubung dengan Iphone dan Ipod, RR camera, CD & DVD player, AUX, Bluetooth dan handsfree telephone.

Nah, untuk fiturnya sama dengan fitur Brio varian E namun dengan tambahan kaca spion lipat otomatis dengan lampu LED, side under spoiler, tailgate spoiler with LED high mount stop lamp, rear bumper with diffuser, jok depan sudah adjustable headrest, sweeter speaker dan sporty tuned suspension.

4. Honda Brio RS Urbanite Edition

Varian Honda Brio
Brio RS Urbanite Edition

Varian Honda Brio RS Urbanite Edition merupakan varian terbaru yang hadir pada awal tahun 2022 kemarin. Tampilan eksteriornya terlihat lebih macho dengan kombinasi warna hitam di beberapa bagian.

Seperti pada velg, handle pintu, dan rumah kaca spion. Adapun untuk bagian belakangnya terdapat emblem Urbanite serta desain bumper belakang dengan dua rumah lubang knalpot dengan aksen warna silver.

Perbedaan mencolok varian Brio RS Urbanite lainnya adalah adanya tailgate wing spoiler berukuran besar. Yup, kombinasi warna hitam dibeberapa bagian eksterior dengan ukuran tailgate tersebut menguatkan kesan macho pada varian ini.

Adapun untuk fiturnya masih sama dengan Brio varian RS. Soal harga, city car bergaya sporty ini dibanderol Rp 225,9 juta.

Moladiners, itulah ulasan mengenai varian Honda Brio yang beredar di Indonesia. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru