by

7 Daftar Mobil LCGC Terbaik untuk Sehari-hari

Cari kendaraan murah, irit, dan bisa diandalkan untuk berkendara sehari-hari? Berikut kami bakal beberkan daftar mobil LCGC terbaik versi Moladin.

Totalnya ada tujuh mobil, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Hanya saja satu yang pasti. Banderolnya terjangkau serta konsumsi BBM dijamin hemat.

Dari pabrikan Suzuki ada satu pemain yaitu Karimun Wagon R. Kemudian Toyota dan Daihatsu menyumbang empat produk. Agya dan Ayla untuk versi city car 5-penumpang. Sementara Calya dan Sigra khusus tipe MPV 7-penumpang.

Honda juga memiliki satu mobil LCGC yang performanya mantap yaitu Brio. Kemudian meski sudah tidak lagi dijual di Indonesia dalam versi baru, namun Datsun GO dan GO+ tetap patut diperhitungkan.

Ingin tahu detail daftar mobil LCGC terbaik di Indonesia? Simak bahasan berikut:

1. Suzuki Karimun Wagon R

daftar mobil lcgc terbaik
Varian GS atau tertinggi dari Karimun Wagon R

Walau dari sisi desain kurang menawan, namun sesungguhnya Suzuki Karimun Wagon R pantas masuk ke dalam daftar mobil LCGC terbaik. Pasalnya dari sisi kelegaan kabin dan kenyamanan berkendara, patut diacungi jempol.

Mobil LCGC ini bisa bisa muat 5 orang dewasa, plus bagasinya masih lega buat meletakkan berbagai barang bawaan. Hanya saja memang soal fitur modern, bisa dikatakan minimal. Belum ada head unit layar sentuh untuk memutar video.

Performa mesin 1.0 liter milik Karimun Wagon R juga istimewa. Akselerasinya cukup oke. Lalu soal menghemat BBM juga jagonya. Kekurangan city car ini, transmisi otomatisnya bertipe Automatic Gear Shift (AGS) yang agak lambat berpindah gigi. Walau demikian untuk pilihan manual tidak ada masalah sama sekali.

Baca juga  7 Kekurangan Daihatsu Xenia Dibanding Kompetitor

Jika kamu tertarik, harga Suzuki Karimun Wagon R mulai Rp 142,5 juta (OTR Jakarta).

2. Toyota Agya

daftar mobil lcgc terbaik
Varian tertinggi Toyota Agya atau TRD Sportivo punya fitur modern seperti head unit layar sentuh, audio steering switch, AC digital, dan lain-lain

Daftar mobil LCGC terbaik selanjutnya adalah Toyota Agya. Kendaraan ini tidak dipungkiri punya desain yang umum, sehingga banyak orang suka.

Lalu pilihan mesin ada dua: 1.0 liter dan 1.2 liter. Transmisinya juga sudah banyak dikenal masyarakat Indonesia dengan opsi manual 5-percepatan dan otomatis konvensional 4-percepatan.

Hal paling menarik dari Agya, fitur-fiturnya sangat lengkap. Khusus varian tertinggi ada head unit layar sentuh, start & stop button engine, AC digital, dan lain-lain.

Ingin punya? Harga Toyota Agya mulai Rp 143,8 juta (OTR Jakarta) untuk varian 1.0 liter. Sementara varian 1.2 liter, banderolnya mulai Rp 148,1 juta (OTR jakarta).

3. Honda Brio

daftar mobil lcgc terbaik
Kelebihan Honda Brio tersedia dalam transmisi CVT dan performa mesinnya mantap

Siapa tidak kenal Honda Brio. Mobil ini punya tampilan yang sangat manis, khususnya untuk generasi terakhir.

Performa mesin Brio juga istimewa. Di atas kertas mesin 1.2 liter miliknya bisa melontarkan tenaga hingga 90 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 110 Nm pada 4.800 rpm. Terbaik di antara kompetitor. Kemudian pilihan transmisinya juga ada CVT yang halus mendistribusikan tenaga.

Khusus varian tertinggi, Brio telah dilengkapi head unit layar sentuh, AC digital, hingga audio steering switch. Begitu pula sistem keselamatan yang ada ABS, EBD, dan dual SRS Airbag.

Buat kamu yang mau menebus mobil ini, harga Honda Brio mulai Rp 146 juta (OTR Jakarta).

4. Daihatsu Ayla

Daihatsu Ayla facelift meluncur
Ayla punya dua pilihan mesin: 1.0 liter dan 1.2 liter.

Berikutnya ada Daihatsu Ayla di daftar mobil LCGC terbaik. Keungulan kembaran Toyota Agya ini, harganya lebih murah. Mulai dari Rp 102,15 juta (OTR Jakarta) untuk varian 1.0 liter. Sementara varian 1.2 liter, banderolnya mulai Rp 136,45 juta (OTR Jakarta).

Baca juga  Toyota Hilux Facelift Mengaspal, Apa Saja yang Berubah?

Soal fitur, Ayla juga cukup modern di varian tertinggi. Ada head unit layar sentuh dengan kamera parkir, AC digital, audio steering switch, dan lain-lain.

Dengan harga yang lebih murah dibanding Agya, Ayla pun harus kena pangkas di sektor mesin. Khususnya untuk varian 1.0 liter, belum ada teknologi VVT-i. Hal ini berefek ke performa jadi kurang mantap.

5. Daihatsu Sigra

daihtasu sigra
Buat kamu yang mencari mobil 7-seater murah, Daihatsu Sigra bisa jadi solusi.

Buat kamu yang cari mobil murah dengan tiga baris bangku, sejatinya Daihatsu Sigra adalah pilihan tepat. Kendaraan ini masuk daftar mobil LCGC terbaik lantaran sangat value for money.

Harga Daihatsu Sigra mulai Rp 119,5 juta (OTR Jakarta) untuk varian 1.0 liter. Lalu varian 1.2 liter mulai Rp 139,25 juta (OTR jakarta).

Meski murah, kamu sudah bisa memperoleh kabin luas yang bisa memuat 7-orang atau seluruh anggota keluarga. Bicara fitur, di varian tertinggi sudah dilengkapi head unit layar sentuh dengan kamera parkir, serta lampu depan LED.

6. Toyota Calya

Toyota Calya Mobil Baru Seharga 100 Jutaan
Calya merupakan salah satu mobil keluarga terbaik yang efisien bahan bakar dan murah

Sebagai kembaran dari Daihatsu Sigra, Toyota Calya pastinya juga pantas masuk daftar mobil LCGC terbaik di Indonesia. Banyak sekali kemiripannya. Sebut saja sistem keselamatan yang oke untuk varian tertinggi.

Toyota sudah memberikan anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), dan dual SRS Airbag. Khusus di Calya bahkan head rest ada tujuh unit alias hadir untuk seluruh penumpang. Kemudian fitur audio steering switch juga hadir, memudahkan pengemudi ketika ingin mengakses fitur hiburan tanpa perlu melepaskan tangan dari setir.

Baca juga  Jangan Beli Suzuki Ignis Bekas, Sebelum Baca Ini!

Dengan berbagai keunggulan, wajar ketika banderol mobil keluarga ini lebih mahal dibanding kembarannya. Harga Toyota Calya mulai Rp 144,55 juta (OTR Jakarta) untuk varian 1.2 liter. Pabrikan berlogo T tidak memproduksi varian 1.0 liter.

7. Datsun GO & GO+

Datsun GO
Saat ini Datsun GO dan GO+ cuma bisa dibeli dalam kondisi bekas, karena pabrik di Indonesia sudah tutup.

Nama Datsun memang mulai memudar di Indonesia. Maklum merek mobil murah asal Jepang tersebut sudah berhenti produksi pada awal 2020.

Alhasil kalau kamu mau beli produk LCGC mereka seperti GO & GO+ bisa cari di pasar mobil bekas. Jika masih ada tenaga penjual yang memasarkan dalam kondisi baru, itu berarti produksi lama.

Kelebihan dari Datsun adalah desainnya keren. Lalu performa mesinnya cukup oke, karena cuma tersedia dalam opsi 1.200 cc. Tersedia pula pilihan transmisi CVT.

Beda Datsun GO & GO+ ada di kapasitas penumpang. Kalau GO cuma 5-orang dengan dua baris bangku. Sementara GO+ yang berjenis MPV punya tiga baris bangku untuk memuat 7-orang.

Kekurangan dua produk Datsun ini, bodinya terlalu ringan. Alhasil banyak yang merasa mobil kurang stabil saat melaju cepat. Kemudian banyak material interior yang terkesan murah.

Setelah mengetahui seluruh daftar mobil LCGC terbaik di Indonesia. Kira-kira kendaraan apa yang paling kamu ingin beli? Tulis jawaban di kolom komentar ya!

Untuk informasi terlengkap tentang dunia otomotif, pantau terus Moladin.

Terbaru