by

Komparasi Toyota Calya Vs Daihatsu Sigra, Mana Lebih Baik?

Kembar tapi beda, itulah Calya Vs Sigra. Bicara soal kesamaan, kedua MPV LCGC ini lahir dari rahim yang sama yaitu pabrik Daihatsu. Jadi wajar kalau basis rangka, mesin, dan garis desainnya benar-benar serupa.

Soal perbedaan, ternyata juga tidak sedikit. Daihatsu Sigra misalnya dibuat untuk meraih pasar dengan segmen lebih rendah. Hal ini terbukti dari harga jualnya yang dibuat lebih terjangkau. Kemudian dari fitur-fiturnya pun dirancang lebih sedikit dibanding Toyota Calya selaku saudara kembar.

Lalu dari keduanya, siapa yang lebih pantas untuk dibeli? Simak komparasi lengkap Calya Vs Sigra berikut ini:

Desain Calya Vs Sigra

daihtasu sigra
Daihatsu Sigra didominasi aksen chrome di bagian eksterior dan sudah punya talang air

Sebelum membahas lebih jauh soal komparasi Calya Vs Sigra, kami akan membandingkan kedua mobil ini lebih banyak dengan mamakai unit varian tertinggi. Dengan kata lain untuk Toyota Calya berarti G AT, sementara Daihatsu Sigra menggunakan 1.2 R AT DLX.

Kemudian untuk tahun produksi yang dibandingkan adalah model 2019 atau versi facelift. Sebagaimana diketahui, sampai dengan saat ini Calya dan Sigra yang beredar di Tanah Air ada dua model produksi. Versi pertama adalah keluaran pertama atau model 2016. Kemudian versi facelift hadir pada 2019.

Bicara soal desain, Calya Vs Sigra versi facelift memang sekilas tampak serupa. Hanya saja kalau dilihat secara detail punya banyak perbedaan. Misalnya di Toyota Calya lebih banyak di dominasi warna gelap.

Paras keduanya juga berlainan, Calya memiliki gaya trapesium terbalik untuk grille depan. Kemudian rumah lampu kabut dibuat lebih tinggi serta posisinya agak ke bawah. Desain pelek walau sama-sama mengadopsi warna two tone, namun gayanya sedikit beda. Calya menggunakan gaya besar kecil.

Sementara itu Daihatsu Sigra punya aksen chrome dominan. Kamu bisa lihat kemunculan warna mengilap di grille depan, sisi bodi (bawah kaca), dan area bagasi.

Pembeda lain adalah desain grille Sigra yang punya desain seperti terpisah antara atas dan bawah. Bentuknya seperti jam pasir. Lalu untuk rumah lampu kabut dirancang lebih mungil dan posisinya agak ke atas. Kemudian sektor pelek untuk Sigra punya ukuran sama rata, namun seperti ada pemisah di tengah-tengah palangnya.

Baca juga  11 Rekomendasi Mobil Paling Irit BBM di Indonesia

Kelebihan Sigra dibanding Calya terasa lewat kemunculan talang air. Mobil Daihatsu telah memiliki aksesori tersebut, sehingga memberi kenyamanan lebih buat pengendara atau penumpang di dalam kabin saat musim hujan. Talang air mampu mencegah masuknya air ketika kaca mobil sedikit terbuka.

Terkait sistem pencahayaan, Calya dan Sigra telah dilengkapi teknologi LED di lampu depan. Kegunaan LED adalah menghemat daya sehingga menjadikan kelistrikan mobil lebih stabil. Di samping itu, lampu LED juga sanggup meningkatkan visibilitas berkendara menjadi lebih baik, terutama saat malam hari.

Fitur dan Interior

calya vs sigra
Keunggulan Toyota Calya, interiornya lebih mewah dengan kombinasi warna cokelat dan hitam.

Interior Calya Vs Sigra memang sama-sama memiliki tiga baris bangku dan sanggup menampung tujuh orang. Hanya saja kalau dilihat secara detail, kedua mobil ini punya tingkat kenyamanan berbeda.

Kamu dapat mengetahuinya ketika masuk ke dalam kabin. Di Toyota Calya varian tertinggi menggunakan kombinasi warna cokelat dan hitam. Alhasil ada kesan lebih mewah. Bandingkan dengan Sigra yang pakai kombinasi abu-abu dan hitam. 

Lalu kehadiran head rest di mobil Toyota ini juga lebih banyak, totalnya ada tujuh unit. Sementara di Daihatsu Sigra cuma ada enam unit (bangku baris kedua cuma ada dua head rest).

Kehadiran head rest untuk seluruh penumpang di Calya sekilas tampak sepele, padalah fungisnya cukup vital. Di samping bisa menjadi sandaran kepala sehingga membuat perjalanan jauh terasa nyaman. Head rest punya fungsi mencegah leher cedera serius saat terjadi kecelakaan.

Bicara fitur, Calya Vs Sigra pun cukup istimewa untuk mobil murah. Varian tertingginya memiliki head unit layar sentuh, charger untuk smartphone, pengaturan spion elektrik, immobilizer, alarm, dan lain-lain.

Hanya saja di Calya ada tambahan fitur yang membuat pengemudi lebih nyaman yaitu audio steering switch. Fungsinya memudahkan pengaturan fitur hiburan, tanpa perlu melepas tangan dari lingkar kemudi.

Sementara Sigra memang belum punya, namun bukan berarti tanpa kelebihan. Salah satu yang membedakan MPV Daihatsu ini dari kembarannya adalah sensor parkir depan dan kamera parkir mundur. Sigra sudah memiliki fitur tersebut, berguna mencegah mobil menyenggol kendaraan lain dan tembok saat berkendara di jalan sempit atau parkir.

Baca juga  Menebak Ubahan Suzuki Karimun Wagon R Edisi Terbatas

Bagaimana dengan fitur keselamatan? Calya Vs Sigra sudah memiliki anti-lock braking system (ABS) yang mampu mencegah roda terkunci saat pengendara melakukan pengereman mendadak. Dengan ABS diharapkan pengemudi masih bisa mengendalikan laju Calya dan Sigra sehingga terhindar dari potensi kecelakaan di depan. Hadir pula electronic brake distribution (EBD) sebagai pelengkap pengereman optimal.

Ada pula dual SRS Airbag, fungsi fitur ini mencegah cedera parah saat terjadi kecelakaaan. Hanya saja airbag cuma ada untuk pengemudi dan penumpang baris pertama. Sementara buat penumpang belakang belum tersedia. 

Keunggulan Calya, semua fitur tersebut hadir di seluruh varian kendaraan. Sementara Sigra cuma menyediakannya di varian tertentu saja.

Pilihan Mesin Jadi Kelebihan Sigra

calya vs sigra
Daihatsu Sigra tersedia dalam dua pilihan mesin yaitu 1.2 Liter dan 1.0 Liter, sementara Calya cuma 1.2 Liter.

Hal menarik yang jadi perbedaan Calya Vs Sigra adalah pilihan mesin. Toyota Calya cuma tersedia dalam kubikasi 1.2 Liter. Beda dengan Daihatsu Sigra yang punya ospi jantung mekanis 1.2 Liter dan 1.0 Liter.

Mesin 1.0 Liter Daihatsu Sigra berkode 1KR-VE, pakai konfigurasi tiga silinder dan telah dilengkapi teknologi DOHC serta VVT-i. Alhasil sanggup melontarkan torsi 89 Nm pada 4.400 rpm dan tenaga maksimal 67 PS pada 6.000 rpm. Pilihan mesin ini cocok buat kamu yang menginginkan konsumsi bahan bakar lebih irit. Kekurangannya ada di pasangan transmisi tanpa otomatis, cuma manual 5-percepatan.

Lalu untuk mesin 1.2 Liter Calya Vs Sigra tidak ada perbedaan. Keduanya sama-sama berkode 3NR-VE yang sudah mendapatkan teknologi DOHC dan Dual VVT-i. Terkait konfigurasi mesin, pakai empat silinder segaris. Bicara performa, mesin tersebut bisa melontarkan torsi 108 Nm pada 4.200 rpm dan tenaga maksimal 88 PS pada 6.000 rpm. Mesin 1.2 Liter memiliki dua pilihan transmisi yaitu manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Dengan menggunakan mesin 1.2 Liter, konsumsi BBM Calya dan Sigra tentunya lebih boros kalau dibanding 1.0 Liter. Hanya saja yang perlu diperhatikan, keduanya merupakan mobil LCGC yang punya standar konsumsi BBM 20 Km/Liter. Jadi pakai mesin 1.2 Liter sekalipun, dipastikan Calya dan Sigra tetap irit!

Baca juga  Sejarah Honda Mobilio, Dari Generasi ke Generasi

Harga Calya Vs Sigra

calya vs sigra
Dengan harga lebih mahal, Calya punya kenyamanan lebih baik dibanding Sigra.

Komparasi Calya Vs Sigra yang terakhir adalah harga. Lewat berbagai kelebihan baik dari sisi fitur kenyamanan dan keselamatan, Toyota Calya dijual dengan banderol mulai Rp 144,55 – Rp 165,85 juta (OTR Jakarta). Tersedia empat varian yang dipilih oleh konsumen, serta satu pilihan mesin yaitu cuma 1.2 Liter.

Sementara Daihatsu Sigra punya banderol yang lebih terjangkau. Kamu bisa membeli MPV ini mulai dari Rp 119,5 – 162,25 juta (OTR Jakarta). Ada 10 varian berbeda dengan dua pilihan mesin: 1.0 Liter dan 1.2 Liter. Kehadiran opsi 1.0 Liter di Sigra sungguh menjadi keistimewaan tersendiri, terutama buat kamu yang mencari mobil untuk taksi online. Di samping lebih murah, konsumsi BBM mesin dengan kubikasi lebih kecil pastinya sangat irit.

Lalu dari hasil komparasi Calya Vs Sigra di atas, mana yang tertarik untuk kamu pilih? Apa pertimbangannya? Tulis jawaban di kolom komentar ya!

Tabel Harga Toyota Calya

Varian Harga
Calya 1.2 E MT STD Rp 144,55 juta (OTR Jakarta)
Calya 1.2 E MT Rp 147,35 juta (OTR Jakarta)
Calya 1.2 G MT Rp 153,65 juta (OTR Jakarta)
Calya 1.2 G AT Rp 165.85 juta (OTR Jakarta)

Tabel Harga Daihatsu Sigra

Varian

Harga

Sigra 1.0 D MT

Rp 119,5 juta (OTR Jakarta)

Sigra 1.0 M MT

Rp 129,9 juta (OTR Jakarta)

Sigra 1.2 X MT

Rp 139,25 juta (OTR Jakarta)

Sigra 1.2 X MT Deluxe

Rp 144,75 juta (OTR Jakarta)

Sigra 1.2 X AT

Rp 152,05 juta (OTR Jakarta)

Sigra 1.2 X AT Deluxe

Rp 157,55 juta (OTR Jakarta)

Sigra 1.2 R MT

Rp 145,65 juta (OTR Jakarta)

Sigra 1.2 R MT Deluxe

Rp 149,45 juta (OTR Jakarta)

Sigra 1.2 R AT

Rp 158,45 juta (OTR Jakarta)

Sigra 1.2 R AT Deluxe

Rp 162,25 juta (OTR Jakarta)

Baca juga:

Comment

Leave a Reply

Terbaru