by

Generasi Terbaru Toyota Starlet Lahir Kembali, Tertarik?

Generasi terbaru Toyota Starlet dipastikan bangkit dari tidur panjangnya. Di mana mobil yang cukup digandrungi pada era tahun 1980 hingga 1990-an itu kembali dipasarkan untuk pasar otomotif India dan juga Afrika.

Tentunya sosok sang hatchback fenomenal  itu kini berubah, jadi lebih modern. Beragam teknologi pun sudah tersemat pada generasi terbaru Toyota Starlet.

Secara tampilan mobil legendaris itu sangat menyerupai Suzuki Baleno hatchback yang dipasarkan saat ini, termasuk Indonesia. Spesifikasinya pun sama, hanya dari sisi label yang membedakannya.

Kehadiran Suzuki Starlet terbaru merupakan buah kerja sama antara Maruti Suzuki dan Toyota dalam pengembangan model untuk beberapa kawasan yang terpusat di India.

Berangkat dari hal tersebut, Toyota akhirnya memasarkan Suzuki Baleno di India dengan nama Toyota Glanza. Sementara untuk pasar Afrika, mobil itu diberi nama Toyota Starlet.

Mobil ini masih mengusung desain hatchback yang memang sudah menjadi khasnya sejak dahulu kala. Pertanyaannya lalu seperti apa sebenarnya sosok generasi terbaru Toyota Starlet? Simak ulasannya berikut ini:

Baca juga  16 Ribu Karyawan Toyota dan Keluarganya Divaksin

Mengenal Sosok Generasi Terbaru Toyota Starlet

Generasi terbaru Toyota Starlet
Generasi terbaru Toyota Starlet usung platform Suzuki Baleno hatchback

Di bangun dari basis Suzuki Baleno hatchback, Toyota Starlet bisa dikatakan cukup menarik dan juga modern. Garis besar desainnya bisa dikatakan sama, hanya saja pembedanya terletak pada visual yang bisa dilihat dari desain gril dengan logo Toyota dan juga kaki-kaki.

Pada sisi interior, generasi terbaru Toyota Starlet pun kemungkinan besar bakal serupa dengan Suzuki Baleno hatchback.

Berbeda dengan Suzuki Baleno hatchback. Sebenarnya penggunaan nama Starlet itu bukan tanpa alasan. Toyota Kirloskar Motor India  memberikan nama itu karena sebenarnya adalah versi downgrade dari Glanza di India.

Di atas kertas, Toyota Glanza dan generasi terbaru Suzuki Starlet punya dimensi panjang 3.995 mm, lebar 1.745 mm, dan tinggi 1.470mm. Masih sama dengan Suzuki Baleno hatchback yang juga ditawarkan di Tanah Air.

Namun pembedanya, kemungkinan untuk pasar Afrika. Toyota Starlet akan tersedia dengan pilihan mesin K12B 1.2L VVt bertenaga 82 bhp dan torsi 113 Nm dan 1.2L hybrid bertenaga 89 hp dan torsi 113 Nm.

Baca juga  4 Fakta Menarik Mengenai Toyota Alphard dan Vellfire 2020

Mesin 1.200cc itu dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan atau otomatis CVT. Kemudian versi mesin hybrid dipadukan dengan transmisi manual 5-percepatan.

Interior generasi terbaru Toyota Starlet
Interior generasi terbaru Toyota Starlet, mirip dengan Baleno hatchback

Bahkan, rumor menyebut bila Toyota Starlet akan memakai mesin K14B 1.4 liter seperti Baleno versi Indonesia. Ini berarti, tenaga yang dihasilkan juga lebih besar yaitu 95 hp dan torsi 130 Nm dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan.

Sebelumnya, kabar ini memang sudah beredar di dunia maya. Sebelum Toyota Starlet, Suzuki Ertiga juga menjadi salah satu model sasaran rebadge oleh dua merek yang berkolaborasi ini.

Well.. menarik juga Sob! Namun bagi kalian pecinta Toyota Starlet dengan desain lawas, dipastikan hilang untuk masa kini. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian.

Baca juga:

Terbaru