by

5 Keunggulan Daihatsu Sigra, Ada Fitur Rahasia

Keunggulan Daihatsu Sigra – Segmen low cost green car (LCGC) sejatinya cukup menarik. Karena produk-produk yang ditawarkan punya harga terjangkau. Alhasil bisa jadi alternatif bagi masyarakat yang ingin upgrade dari kendaraan roda dua ke mobil.

Mobil-mobil LCGC saat ini ditawarkan dalam beberapa jenis, seperti city car hingga multi purpose vehicle (MPV). Khusus untuk MPV, belakangan banyak masyarakat yang justru mulai kepincut. Alasannya mampu menawarkan kapasitas penumpang yang besar.

Di sisi lain, mobil ini tentunya punya harga yang sangat terjangkau. Dari sejumlah produk yang ditawarkan, Daihatsu Sigra menjadi pilihan yang kini mulai banyak digunakan masyarakat di Indonesia.

Daihatsu Sigra ditawarkan dalam 10 varian, harganya pun relatif murah. Rentang harganya mulai dari Rp 119,5 juta hingga Rp 162,25 juta on the road Jabodetabek.

Sejumlah keunggulan ditawarkan Daihatsu Sigra untuk dapat memikat hati konsumen di Indonesia. Dari sisi tampilan mobil ini memiliki desain yang cukup modern, selain itu juga tersedia center arm rest, serta memiliki dimensi yang mumpuni untuk menampung 7-penumpang.

Tidak hanya itu saja, berdasarkan catatan Moladin. Setidaknya ada lima keunggulan Daihatsu Sigra, yang mungkin bisa jadi pertimbangan kamu, sebelum memutuskan membeli mobil ini. Penasaran? Baca artikel ini sampai habis:

1. Bahan Bakar Irit, Jadi Keunggulan Daihatsu Sigra

Daihatsu Sigra Pilihan Mobil baru Rp 100 jutaan
Bujet Rp 100 jutaan, Daihatsu Sigra bisa jadi pilihan

Sigra pertama kali diperkenalkan di Indonesia sejak tahun 2016 lalu. Mobil ini menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat yang mendambakan sebuah mobil keluarga yang efisien dengan harga yang terjangkau.

Baca juga  Daihatsu Ayla Facelift Resmi Meluncur, Ini Perubahannya!

Seiring perjalanan waktu, Daihatsu Sigra terus bertransformasi. Hingga akhirnya di tahun 2019 lalu, produk ini resmi mendapatkan sentuhan baru atau facelift di Indonesia.

Mesin yang ditawarkan pada Daihatsu Sigra dikenal cukup efisien, berkat hadirnya teknologi Dual VVT-i dengan rasio kompresi yang cukup besar untuk menunjang kebutuhan.

Di atas kertas, mobil ini ditawarkan dalam dua pilihan mesin, yakni berkode 3NR-VE DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.197cc empat silinder. Tenaga yang dihasilkan sebesar 86,7 hp di 6.000 rpm dan torsi 105 Nm di 4.200 rpm.

Serta ada juga pilihan mesin berkapasitas 1.000 cc tiga silinder. Mesin ini berkode 1KR-VE, 3-silinder 998 cc VVT-i. Daya yang dihasilkan hanya 67 PS pada 6.000 rpm dan torsi 89 Nm pada 4.400 rpm.

Kedua mesin itu memiliki tingkat efisiensi bahan bakar yang cukup baik. Terlebih untuk opsi 1.000 cc, mampu menghemat BBM dengan istimewa. Mesin 1.000 cc disebut sebagai kelebihan Daihatsu Sigra, lantaran Toyota Calya selaku kompetitor dan saudara kembar, tidak memilikinya.

Soal transmisi, kedua mesin Sigra tersebut juga tersedia dalam opsi manual 5-percepatan dan 4-percepatan otomatis.

2. Sudah Tersedia Kamera Belakang, Jadi Keunggulan Sigra

keunggulan Daihatsu Sigra 2020
Daihatsu Sigra facelift menawarkan sejumlah ubahan pada eksterior dan interiornya

Berstatus mobil murah, tak lantas membuat mobil ini tidak memiliki fitur mumpuni. Salah satu yang cukup menarik adalah hadirnya kamera parkir mundur pada Daihatsu Sigra tipe R. Tangkapan kamera di belakang itu, ditampilkan melalui head unit layar sentuh.

Baca juga  9 Perbedaan Toyota Agya Vs Daihatsu Ayla Facelift 2020

Fitur ini menariknya justru tidak tersedia di Toyota Calya. Dengan adanya kamera parkir mundur tentunya dapat lebih memudahkan pengemudi dalam memarkirkan kendaraannya. Penyematan fitur ini tentunya cukup istimewa, mengingat Sigra hanyalah mobil LCGC.

3. Sistem Hiburan yang Cukup Mengakomodir Kebutuhan

head unit
Head unit Daihatsu Sigra tipe R

Mobil murah memang, tapi sistem hiburan yang ditawarkan sudah cukup baik. Pihak pabrikan sepertinya ingin memberikan sensasi yang menyenangkan, ketika melakukan perjalanan bersama Daihatsu Sigra.

Head unit layar sentuh tentunya menjadi nilai plus bagi Daihatsu Sigra khusunya tipe R. Selain itu, head unit tersebut sudah terintegrasi dengan ponsel via bluetooth. Jadi bisa lebih memudahkan pengemudi maupun penumpang.

Lalu untuk varian X, pakai head unit 2 DIN. Sementara Sigra varian D dan M masih mengandalkan head unit 1 DIN.

4. Ketahui Fitur Tersembunyi di Daihatsu Sigra, Wiper Belakang Otomatis

Dasbor Sigra

Banyak yang belum mengetahui, bahwa Daihatsu Sigra memiliki fitur tersembunyi, seperti wiper bagian belakang yang dapat bekerja secara otomatis ketika hujan turun.

Cara menggunakannya, pengemudi cukup mengaktifkan wiper depan terlebih dahulu, dan posisi transmisi berada di posisi R atau mundur. Maka wiper belakang otomatis akan bekerja.

Baca juga  Perjalanan Mitsubishi Xpander di Indonesia, Dari Konsep Hingga Kini

Tak sampai di situ saja, fitur lain yang bisa dinikmati konsumen adalah lampu sein yang dapat berkedip tiga kali, ketika tuas lampu sein ditekan setengah. Tujuan fitur ini untuk memberi peringatan bahwa mobil hendak berpindah jalur.

5. Fitur Keamanan yang Sudah Mumpuni

Keunggulan daihatsu sigra

Sigra sudah didukung dengan fitur keamanan yang cukup baik, dual SRS airbag, rem ABS+EBD, immobilizer, seat belt di tiap kursi, sensor dan kamera parkir.

Fitur yang cukup menarik buat Moladin adalah sistem one touch tumble. Di mana fitur lebih memudahkan penumpang untuk melipat kursi di baris kedua dengan sempurna dan mudah. Fitur ini sebelumnya hanya tersedia di Daihatsu Terios terbaru.

Penggunaan one touch tumble ini, hanya menekan tombol yang ada di kursi baris kedua maka secara otomatis kursinya akan rebah secara otomatis. Dengan begitu tentunya bisa memudahkan penumpang belakang untuk keluar dan masuk mobil.

Bagaimana? Sekarang sudah ada gambaran bukan, mengenai sejumlah keunggulan Daihatsu Sigra. Semoga informasi ini dapat membantu kamu dalam memilih mobil yang sesuai kebutuhan.

Baca juga:

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru