by

7 Perbedaan Toyota Avanza dan Veloz, Jangan Salah Beli

Perbedaan Toyota Avanza dan Veloz – Pasar Toyota Avanza di Indonesia memang sangat menjanjikan. Oleh karena itu, pabrikan berlogo T tidak ingin tinggal diam. Mereka terus berinovasi demi menjangkau konsumen lebih luas lagi.

Salah satu caranya, menciptakan Veloz pada 2013. Awalnya hanya sebagai varian dari Toyota Avanza. Namun, semakin lama Veloz telah menjelma jadi produk yang berbeda.

Meski basisnya adalah Toyota Avanza, Veloz dibuat lebih istimewa fitur dan spesifikasi beda. Konsumen yang diincar pun satu tingkat di atas Avanza.

Lalu apa saja yang membedakan antara Toyota Avanza dan Veloz? Dari rangkuman kami, setidaknya ada tujuh perbedaan. Buat kamu yang mau tahu, simak bahasan berikut:

1. Beda Pilihan Transmisi

avanza dan veloz
Toyota Avanza 1.5 tidak memiliki opsi transmisi otomatis

Soal mesin, Toyota Avanza dan Veloz tidak ada beda. Maklum keudanya memang berbagi basis. Konsumen bisa memilih: 1.300 cc dan 1.500 cc.

Mesin 1.300 cc milik Veloz dan Avanza bisa memuntahkan torsi hingga 120,6 Nm pada 4.200 rpm dan tenaga 96,5 PS pada 6.000 rpm. Sementara untuk mesin 1.500 cc mampu mengeluarkan torsi 136 Nm pada 4.200 rpm dan tenaga maksimal 104 PS pada 6.000 rpm.

Hanya saja perbedaan Avanza Vs Veloz ada di pilihan transmisi, khususnya untuk mesin 1.500 cc. Kalau di Avanza, opsinya cuma manual 5-percepatan. Lalu untuk Veloz, pilihan transmisinya lebih lengkap dengan tambahan otomatis 4-percepatan.

Jadi, kalau kamu mencari Avanza 1.500 cc terbaru dengan transmisi otomatis tidak akan ada. Opsi tersebut cuma ada di Toyota Veloz 1.500 cc.

Baca juga  Toyota Agya Facelift Siap Meluncur, Pakai Start/Stop Engine?

2. Pelek Toyota Veloz Bergaya Two Tone dan Avanza Warna Silver

avanza dan veloz
Toyota Veloz pakai pelek gaya two tone yang lebih modern

Beda Avanza dan Veloz selanjutnya dapat terlihat dari penggunaan pelek. Kamu dapat melihatnya langsung secara kasat mata. Pelek Toyota Veloz lebih mewah dengan gaya two tone.

Desainnya juga keren dengan gaya bintang berlekuk. Tampilan seperti ini memang sedan populer di mobil-mobil MPV kompetitor seperti Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, dan Honda Mobilio.

Sementara itu Toyota Avanza belum pakai gaya two tone. Peleknya masih konvensional dengan cat silver. Meski demikian, ukuran roda Avanza dan Veloz tidak ada beda. Keduanya pakai ban 185/65-15 inci. 

Baca juga:

3. Desain Bumber yang Berlainan

Toyota Avanza
Bumper depan mobil ini berbentuk mirip jam pasir

Pembeda lain antara Avanza dan Veloz dapat terlihat dari desain bumper. Avanza mengadopsi gaya jam pasir untuk kisi-kisi udaranya. Jadi setelah grill makin ke bawah semakin sempit, kemudian desainnya melebar lagi ketika sampai di paling bawah bumper.

Avanza juga lebih banyak mengadopsi warna cat bodi di bagian bumper. Dengan demikian, tampilannya terkesan lebih elegan.

Beda dengan Toyota Veloz yang punya aura sportif kental. Hal ini diwujudkan dengan banyaknya aksen hitam di bumper depan. Kemudian bentuk kisi-kisi udaranya juga menyerupai trapesium empat sisi.

4. Side Body Molding Ada di Toyota Veloz, Sementara Avanza Tidak

Toyota Avanza
Avanza tidak memiliki side body molding

Kamu juga bisa melihat perbedaan Toyota Avanza dan Veloz dari sisi bodi. Ada tambahan side body moding untuk meningkatkan aura sportif, khusus Veloz. Sementara Avanza tidak.

Baca juga  Toyota Rush Vs Daihatsu Terios, Beli yang Mana?

Menariknya lagi side body molding di Veloz juga ada perbedaan antara varian 1.3 dan 1.5. Di varian 1.5, ada tambahan aksen chrome sebagai pemanisnya.

Kemudian di bagian belakan bodi juga berbeda antara Avanza dan Veloz. Selain emblem merek yang berbeda, Veloz memiliki banyak aksen hitam demi tercipta aura sportif. Kalau Avanza, lebih banyak mengadopsi warna bodi, sehingga citra elegan lebih tampak.

5. Interior Serba Hitam untuk Toyota Veloz

interior veloz
Interior Veloz serba hitam dengan aksen merah sebagai penambah aura sportif

Masuk ke dalam kabin, Toyota Avanza dan Veloz ada perbedaan. Di Veloz, kamu bakal menemukan interior kombinasi hitam dan merah. Dashboard pakai warna hitam sepenuhnya, sementara aksen merah hadir di panel pintu dan jok.

Beda dengan Toyota Avanza yang menggunakan kombinasi hitam dan abu-abu. Selanjutnya perbedaan keduanya ada di panel instrumen, kalau Avanza berwarna biru. Veloz pakai warna merah, mengikuti tema interiornya.

6. Layar Monitor di untuk Penumpang Belakang

fitur hiburan veloz
Layar monitor hiburan hadir untuk penumpang belakang Toyota Veloz 1.5

Secara keseluruhan, fitur hiburan di Toyota Avanza dan Veloz varian tertinggi tidak ada beda. Masing-masing sudah pakai head unit layar sentuh. Ada pula start & stop engine button, serta power charger.

Tidak ketinggalan audio steering switch untuk mengatur head unit dari lingkar kemudi. Alhasil pengendara tidak perlu melepas tangan dari setir.

Perbedaan paling menojol dari Veloz dan Avanza ada di hiburan untuk penumpang belakang. Khususnya di Veloz varian 1.5, sudah tersemat layar monitor yang mampu merefleksikan gambar head unit di depan.

Baca juga  Prediksi Mitsubishi Xpander Bermesin 1.300cc, Mungkinkah?

Alhasil perjalanan jadi lebih nyaman untuk penumpang baris kedua dan ketiga, lantaran bisa dilakukan sambil menonton film. Istimewa bukan?

7. Kamera Parkir dan Smart Entry Hanya Ada di Veloz

veloz
Veloz sudah dilengkapi kamera parkir

Perbedaan Toyota Avanza dan Veloz yang terakhir, ada di fitur kamera parkir dan smart entry. Veloz sudah memiliki keduanya. Sementara Avanza belum.

Khususnya untuk Veloz 1.5, kamera parkir hadir untuk memudahkan kamus saat berkendara mundur. Efeknya, visual di belakang mobil dapat terlihat dengan mudah melalui head unit.

Lalu untuk smart entry, memudahkan kamu masuk ke dalam mobil. Pasalnya hanya dengan mengantongi remote, pintu yang terkunci bakal terbuka otomatis saat kamu mendekat ke pintu pengemudi.

Soal keselamatan, fitur keduanya tidak ada beda. Masing-masing telah mengadopsi dual SRS Airbag, ABS, dan ISOFIX. 

Usai mengetahui perbedaan antara Avanza Vs Veloz, kira-kira mobil apa yang sebaiknya dibeli? Semua tergantung pada kamu. Jangan lupa sesuaikan juga dengan bujet ya! (LDR)

Daftar Harga Toyota Avanza dan Veloz

Toyota Avanza

Toyota Veloz

1.3 E MT

Rp200,15 juta

1.3 MT

Rp224,7 juta

1.3 E AT

Rp211,35 juta

1.3 AT

Rp236,5 juta

1.3 G MT

Rp218 juta

1.5 MT

Rp236,7 juta

1.3 G AT

Rp228,7 juta

1.5 AT

Rp248,5 juta

1.5 G MT

Rp230,3 juta

 

 

 

Comment

Leave a Reply

Terbaru