MPV MG 360M, Calon Rival Avanza di Indonesia

MPV MG 360M Indonesia – Morris Garage (MG) yang baru menjajaki pasar otomotif Indonesia, tampaknya bakal banyak membawa produk baru ke Tanah Air.

Setelah meluncurkan SUV kompak, MG ZS untuk pasar nasional. Jaringan dealer Eurokars MG pun, sempat mengunggah sosok mobil yang diklaim sebagai SUV kedua dari pabrikan asal Inggris berdarah Tiongkok tersebut. Dari gambar yang diunggah akun instagram @mgcibubur, diketahui mobil itu adalah MG HS.

MG HS merupakan SUV medium yang bakal bertarung dengan Mazda CX-5. Dari sisi tampilan MG HS tak kalah menarik, jika dibandingkan sejumlah rival yang dipasarkan di Indonesia.

Namun kali ini, kita tak akan membahas SUV MG, melainkan pasar tergemuk di Indonesia, yaitu multi purpose vehicle (MPV). Tak menutup kemungkinan bagi MG untuk turut bermain dengan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio maupun Suzuki Ertiga.

Di mana MG pun memiliki produk low MPV, yang diketahui bernama MG 360M. MPV ini sebelumnya melakukan debutnya di Negeri Hindustan pada Februari 2020. Hanya saja memang belum dipasarkan, cuma dijadikan sebagai salah satu kendaraan pameran.

Meski demikian, tidak menutup kemungkinan mobil MPV MG 360M dijual massal dan dipasarkan pula ke Indonesia. Mau tahu detail spesifikasinya? Apakah cocok dengan pasar Tanah Air? Simak bahasan berikut:

Mengenal low MPV MG 360M, yang Cocok Untuk Pasar Indonesia

MG 360M, MPV cocok untuk Indonesia
Bermain di segmen MPV tentunya jadi pilihan tepat bagi MG Motor Indonesia

MPV MG 360M memang belum dipasarkan, namun banyak awak media di India sepakat untuk menyebutnya sebagai low MPV. Artinya mobil ini bakal bertarung dengan Suzuki Ertiga di Negeri Bollywood.

Hal ini cukup beralasan, jika melihat spesifikasi yang diusung oleh MG 360M. Pihak pabrikan menyematkan mesin berkubikasi 1.5 liter, dengan dua pilihan transmisi yaitu 6-percepatan manual dan otomatis konvensional.

Jika melihat spesifikasinya, pantas rasanya bila MPV MG ini bersaing di Indonesia. Mengingat sejumlah rival mengusung kubikasi mesin serupa dengan MG 360M, seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, serta Honda Mobilio, yang sama-sama memiliki kapasitas mesin 1.5 liter.

Punya Konfigurasi 3 Baris

MG 360M
MG 360M

Mengutip dari sejumlah sumber, MG 360M memiliki konfigurasi 3 baris. Sejumlah media mengklaim bahwa MPV MG itu memiliki dimensi yang lebih besar ketimbang Suzuki Ertiga yang cukup populer di India.

Sayangnya, MG India belum memaparkan secara rinci terkait produk terbarunya itu. Namun menariknya, MG 360M menjadi salah satu low MPV yang sudah dilengkapi dengan sunroof.

Apabila masuk Indonesia, tentunya mobil ini bakal diminati. Asalkan harga yang ditawarkan kompetitif, seperti sejumlah rival yang tersedia di pasar domestik.

Menariknya lagi dari sisi desain, tampak begitu modern. Eksteriornya sederhana tapi manis, tidak berlebihan. Garis tubuhnya juga mengalir, tidak banyak sudut.

Ketika masuk interior, ada banyak fitur modern menyambut. Salah satunya adalah head unit layar sentuh. Soal kenyamanan, MPV MG 360M juga dilengkapi jok kulit dan bangku baris kedua dalam konfigurasi captain seat.

Mengutip laman Autocarindia (7/5), hingga saat ini MG masih mengevaluasi kehadiran Low MPV tersebut. Pabrikan juga belum mau membeberkan secara rinci terkait waktu peluncurannya.

MPV MG Punya Kembaran Asal Tiongkok

Konfigurasi Baojun 360
Konfigurasi 3 baris Baojun 360

Sosok MG 360M ternyata memiliki kembaran atau mungkin rebadge asal Tiongkok, yaitu Baojun 360. Ini bukan pertama kali mobil MG kembar dengan Baojun. Sebelumnya ada sosok MG Hector dan Baojun 530, atau yang dikenal di Indonesia sebagai Wuling Almaz.

Desain serupa itu, lantaran MG kini dibawah naungan Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC) yang telah beraliansi juga dengan General Motors. Kini namanya menjadi SAIC General Motors Wuling. Induk dari Wuling Motors di Tanah Air.

Sedikit mundur ke belakang, Baojun 360 diluncurkan SAIC-GM-Wuling pada tahun 2018 di Liuzhou, Cina. Mobil ini menyasar konsumen keluarga maupun daily commuting.

Berkiblat pada Baojun 360, MPV MG 360M  juga memiliki 3 baris bangku. Namun menariknya konfigurasi 3 baris itu, dilengkapi dengan captain seat di baris kedua. Mirip dengan Wuling Confero S.

Dari sisi transmisi, Baojun 360 dilengkapi dengan 6-percepatan manual dan automated manual transmission (AMT). Berbeda dengan transmisi otomatis pada umumnya, transmisi AMT dilengkapi dengan rotary knop (kenop putar) sebagai pengganti tuas tradisional.

Untuk jantung pacunya, Baojun 360 dipersenjatai dengan mesin bensin berkapasitas 1.5 liter, yang mampu menyemburkan 110 dk dengan torsi 146,5 Nm.

Serupa dengan MG 360M, Baojun 360 juga dilengkapi dengan fitur electric sunroof. Menariknya lagi ada roof rail. Fitur ini biasa ada di mobil SUV. Berguna untuk meletakkan roof rack dan roof box, supaya bisa membawa banyak barang di atap.

Jadi, kapan MG 360M bakal masuk Indonesia? Well.. kita tunggu kelanjutnya bersama-sama. Jika benar MPV MG 360M masuk ke Indonesia, tentunya mobil ini bakal memanaskan segmen LMPV Tanah Air.

Baca juga:

Share this!

Deni Ferlindungan

Seorang jurnalis yang berkecimpung di dunia otomotif sejak 2011. Menyukai seluk beluk seputar otomotif baik roda dua dan empat. Kini memiliki hobi bersepeda keliling kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *