by

6 Keunggulan Mitsubishi Xpander, Pelajari Sebelum Membeli

Keunggulan Mitsubishi Xpander – Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) yang cukup fenomenal di Indonesia. Dalam waktu singkat setidaknya mobil ini mampu menyaingi si kembar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Kehadiran Mitsubishi Xpander di ranah otomotif Indonesia, setidaknya mampu menjadi pilihan baru mobil keluarga yang tampil segar dan juga modern. Interiornya pun cukup baik mengakomodir kebutuhan.

Beragam keunggulan ditawarkan Mitsubishi Xpander, mulai dari sisi eksterior, interior, dan juga sejumlah keunggulan lainnya. Lalu seperti apa sebenarnya yang menjadi keunggulan Mitsubishi Xpander dibanding rival-rivalnya di pasar Nasional? Simak ulasannya berikut ini.

1. Desain Kombinasi MPV dan SUV Jadi Keunggulan Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander facelift 2020
Mitsubishi Xpander facelift meluncur dengan sejumlah ubahan

Sisi eksterior menjadi poin penting yang membuat Mitsubishi Xpander cukup diminati konsumen. Di mana mobil ini memiliki desain yang futuristik dan sejalan dengan versi protipe, XM Concept.

Pembeda dari sejumlah rivalnya seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, dan Suzuki Ertiga adalah mobil ini punya karakter yang mengkombinasikan sosok sebuah SUV dan MPV. Desainnya khas, dan bisa dibilang inilah satu-satunya low MPV yang menggunakan basis crossover.

Sejumlah fitur-fitur modern pun sudah tersemat di sisi eksteriornya. Tampilan depan mengadopsi Dynamic Shield yang merupakan DNA Mitsubishi Motors Corporation dengan desain gril yang mirip dengan Mitsubishi Triton terbaru.

Berstatus facelift di tahun 2020 ini, Mitsubishi Xpander kini menggunakan lampu LED pada bagian head lamp dengan lighting range lebih luas. Keunggulan Mitsubishi Xpander juga kini sudah dilengkapi dengan pelek 16 inci Two Tone Alloy Wheel.

Jika dibandingkan kompetitor, ukuran pelek Xpander terbesar dikelasnya. Tampilan sporty juga terlihat pada bagian belakang atap yang kini dilengkapi dengan Shark Fin Antenna pada varian Ultimate, Sport, dan juga Exceed.

Baca juga  MPV MG 360M, Calon Rival Avanza di Indonesia

Pada Mitsubishi Xpander Facelift eksteriornya kini sudah dilengkapi Rear Window Defogger pada varian Ultimate, Sport, dan juga Exceed. Dengan bgeitu mampu mendukung visibilitas pengemudi saat menghadapi jalan berkabut atau tertutup embun.

2. Interior Mitsubishi Xpander Mampu Mengakomodir Kebutuhan

Interior Mitsubishi Xpander, Jadi Keunggulan
Xpander punya interior dengan desain modern

Beralih ke kabin, Mitsubishi Xpander sudah memiliki interior yang cukup modern. Terlebih pada versi facelift kini mengaplikasikan New Accent Instrument Panel dan Door Trim Wood Panel pada varian Ultimate dan Exceed, serta Door Trim Silver Panel untuk varian Sport.

Sementara untuk varian Ultimate dan Sport, pada bagian head unit sudah dilengkapi head unit layar sentuh berukuran 7-inci dengan Smartphone Connectivity menambah kenyamanan dan kemudahan ketika berkendara.

Khusus untuk varian Sport kini sudah dilengkapi fitur Hands Free Steering Switch yang memudahkan pengendara untuk tetap terkoneksi dengan telepon. Namun tetap aman selama mengemudi.

Mitsubishi Xpander juga dibekali dengan 16 ruang penyimpanan multifungsi di semua sisinya. Untuk memberikan kemudahan dan keleluasaan bagi pengemudi maupun penumpang di perjalanan.

Soal kapasitas penumpang, sanggup menampung 7-orang dengan tiga baris bangku. Hanya saja untuk jok tengah di bangku baris kedua, belum tersedia head rest. Tentu ini jadi kekurangan Mitsubishi Xpander.

Apalagi kompetitor seperti Toyota Avanza dan Honda Mobilio sudah punya 7 head rest untuk masing-masing penumpang. Semoga ini bisa diperbaiki oleh pabrikan tiga berlian untuk ke depannya. Pasalnya fungsi head rest cukup krusial untuk memberi kenyamanan kepala penumpang, sekaligus mencegah resiko cedera kepala saat terjadi kecelakaan.

3. Keunggulan Mitsubishi Xpander, Sudah Dilengkapi Cruise Control

Cruise Control Mitsubishi Xpander
Cruise Control jadi keunggulan Mitsubishi Xpander

Inilah satu-satunya LMPV yang sudah dilengkapi dengan fitur Cruise Control. Kehadiran fitur ini tentunya menjadi nilai tambah bagi LMPV andalan Mitsubishi Indonesia itu.

Baca juga  Mengenal Mitsubishi eK X dan eK Wagon, Adik Xpander?

Dengan fitur cruise control, memungkinkan Xpander bisa melaju dengan kecepatan stabil, tanpa harus menginjak pedal gas terus menerus. Sehingga fitur ini dapat meringkankan kerja sopir, karena bisa mengistirahatkan kaki untuk beberapa saat.

Fitur ini baru bisa aktif pada kecepatan minimum 40 km/jam, sehingga kalau aktif di jalan yang padat dengan kendaraan bermotor lain, akan membahayakan.

Jadi, buat pemilik mobil yang punya fitur seperti ini disarankan untuk mengaktifkan Cruise Control sebaiknya melihat kondisi jalan di sekitarnya, demi menjaga keamanan dan keselamatan bersama. Cruise control baru tersedia di varian tertinggi Xpander yakni Ultimate dan juga Mitsubishi Xpander Cross.

Baca juga:

4. Ground Clearance Tertinggi Jadi Keunggulan Xpander

Ground clearance Mitsubishi Xpander
Pelek barunya membuat tampilan semakin mewah, hadir pula sistem pencahayaan LED di lampu depan

Bicara keunggulan Mitsubishi Xpander lainnya, terletak pada ground clearance yang ternyata tertinggi dikelasnya, yakni sebesar 205 mm. Tingginya ground clearance yang ditawarkan Mitsubishi Xpander, mungkin saja karena DNA SUV yang melekat padanya.

Bila dibandingkan dengan kompetitor terdekat seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, ground clearance kedua mobil itu sebesar 200 mm. Sementara Honda Mobilio memiliki ground clearance sebesar 189 mm.

Nah, yang memiliki ground clearance terendah dikelasnya adalah Suzuki Ertiga sebesar 180 mm. Dengan ground clearance yang tinggi, tentunya membuat mobil ini memiliki daya jelajah yang lebih baik, ketika menghadapi jalan berlubang, jalan rusak, dan kontur jalan yang tak rata.

Baca juga  Perjalanan Toyota Kijang di Indonesia, Sejak 1977 Hingga Kini

Pengemudi tak perlu khawatir menghadapi jalan-jalan seperti itu, karena jarak bodi ketanah yang tinggi. Meskipun dalam kondisi penumpang terisi penuh.

5. Layar MID yang Tampil Beda dikelasnya

MID Xpander
MID Mitsubishi Xpander

Perbedaan lainnya jika dibandingkan dengan kompetitor dikelasnya, yang tentunya jadi keunggulan Mitsubishi Xpander adalah penggunaan layar MID berukuran besar di panel indikator. Selain itu, Xpander juga dilengkapi layar TFT berwarna yang menyuguhkan informasi dan pengaturan aneka sistem.

Informasi yang ditampilkan meliputi level bahan bakar, suhu mesin, tingkat efisiensi, hingga panduan kehematan berkendara dikemas secara baik. Pengingat waktu servis, hingga durasi berkendara untuk menghindari kelelahan juga tersedia di layar.

Kompetitor seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia masih menggunakan MID model lawas. Sementara Honda Mobilio serupa, informasi yang ditampilkan tak selengkap, seperti yang tersedia di Mitsubishi Xpander.

Melalui fitur ini, tentunya dapat membantu pemilik mobil mengetahui kondisi terkini dari mobil yang dimiliki.

6. Suspensi Berkarakter Layaknya Mobil Sport

Mitsubishi Xpander facelift

Satu lagi keunggulan Mitsubishi Xpander, adalah mengadaptasi sistem suspensi yang tersemat di Mitsubishi Lancer Evo X. Tentunya hal ini mampu menunjang kenyamanan ketika berkendara bagi pengemudi maupun penumpang.

Geometri dan konstruksi suspensi diklaim pabrikan memang diadopsi dari sedan sport dari pabrikan berlogo tiga berlian itu. Meski berstatus low MPV, namun urusan handling dan juga kenyamanan melalui segala medan jalan, mobil ini patut diacungi jempol.

Jadi itulah 6 keunggulan Mitsubishi Xpander yang perlu kalian ketahui. Agar setidaknya dari sejumlah keunggulan di atas, dapat membantu kamu memilih mobil keluarga yang sesuai dengan kebutuhan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru