by

Spesifikasi Suzuki Ertiga dan Beda Varian GA, GL, GX

Spesifikasi Suzuki Ertiga – Pasar otomotif Tanah Air dihiasi beragam produk multi purpose vehicle (MPV). Dari beragam pilihan produk mobil keluarga di Indonesia, Suzuki Ertiga menjadi salah satu mobil yang cukup diminati.

Perjalanan Suzuki Ertiga di pasar domestik sejak tahun 2012 lalu, dan cukup mendapat sambutan positif dari masyarakat. Hal ini terbukti dari catatan penjualan yang ditorehkan Ertiga yang mencapai 24.549 unit di tahun 2019.

Pihak pabrikan mengklaim, larisnya Suzuki Ertiga di pasar otomotif nasional, karena sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Spesifikasi dan desainnya diklaim cocok untuk memenuhi keinginan keluarga.

Suzuki Ertiga menawarkan kabin dengan ukuran yang cukup luas dan disertai efisiensi bahan bakar yang cukup irit. Produk ini juga hadir dalam beragam varian yang tersedia. MPV andalan pabrikan berlogo ‘S’ ini dijual dengan 3 varian, yakni GA, GL, dan GX.

Perbedaan varian Suzuki Ertiga dari GA, GL, hingga GX

tampilan eksterior Suzuki Ertiga
Tampilan eksterior Suzuki Ertiga

Secara spesifikasi mesin, antar varian Suzuki Ertiga tidak memiliki perbedaan. Mulai dari GA yang merupakan varian termurah, hingga GX yang merupakan varian termahal. Pun begitu, ketiganya memiliki perbedaan yang cukup mencolok, yaitu:

1. Tak beda spesifikasi Mesin, hanya transmisi

spesifikasi suzuki ertiga
Mesin Suzuki Ertiga semua varian tidak ada beda, pakai kapasitas 1.462 cc

Beda antar varian Suzuki Ertiga hanya sebatas pada pilihan transmisi saja. Di mana untuk varian GA, yang merupakan varian terbawah hanya tersedia dalam pilihan transmisi manual.

Varian GL dan GX terdapat opsi transmisi manual dan juga otomatis. Untuk transmisi manual terdiri dari 5-percepatan dan transmisi otomatis 4-percepatan.

Sementara untuk mesin, sama-sama pakai kapasitas 1.462 cc, DOHC, empat silinder. Di atas kertas, jantung mekanis tersebut bisa mengeluarkan torsi puncak 138 Nm pada 4.400 rpm dan tenaga maksimal 104.7 PS pada 6.000 rpm.

Baca juga  Suzuki New Ignis Meluncur, Minim Perbedaan?

Mesin ini juga digunakan oleh Suzuki Carry Pick-up jadi terbukti keandalannya. Di samping itu, konsumsi bahan bakarnya pun irit untuk penggunaan dalam kota.

Spesifikasi Mesin Suzuki Ertiga

Spesifikasi

GA

GL

GX

MT

MT

AT

MT

AT

Tipe Mesin

K15B, DOHC, VVT

Jumlah Silinder

4

Jumlah Katup

16

Volume Silinder

1.462

Diameter x Langkah

74 x 85 mm

Rasio Kompresi

10,5:1

Daya Maksimum

103,2 Hp pada 6.000 rpm

Torsi Maksimum

138 Nm pada 4.400 rpm

Distribusi Bahan Bakar

Multipoint Injection

2. Beda Eksterior Suzuki Ertiga untuk masing-masing varian

pelek ertiga ga
Varian GA masih pakai pelek kaleng

Secara tampilan, kamu bisa melihat secara mencolok perbedaan antara varian Suzuki Ertiga. Pada varian GA memiliki desain gril sederhana tanpa balutan krom, di varian GL dan GX dengan tampilan mewah, dengan gril berlapis krom.

Selain itu, gagang pintu Ertiga GA juga punya desain sederhana berwarna hitam. Untuk varian GL dan GX dibalut lapisan krom yang membuatnya lebih stylish. Sebagai tambahan, pintu belakang Ertiga GX disertai back door garnish.

Tampilan ketiga varian Ertiga juga bisa dijumpai pada bagian pelek. Suzuki Ertiga GA memakai velg steel berukuran 15 inci. Model GL dan GX sudah dilengkapi dengan velg alloy.

Bedanya untuk varian GX, pelek pakai gaya two tone. Tidak lupa, model ini juga punya fog lamp, serta turn sign lamp di spion.

Spesifikasi Dimensi Suzuki Ertiga

Spesifikasi

GA

GL

GX

MT

MT

AT

MT

AT

Panjang Total

4.395 mm

Lebar Total

1.735 mm

Tinggi Total

1.690 mm

Jarak Poros Roda

2.740 mm

Tinggi Total

1.690 mm

Ground Clearance

180 mm

Radius Putar Minimum

5,2 m

3. Beda interior Suzuki Ertiga

Spesifikasi interior Suzuki Ertiga
Suzuki Ertiga menyajikan interior serba hitam untuk varian GX

Masuk ke dalam kabin, sekilas terlihat tidak ada perbedaan antara varian GA, GL, dan GX. Perbedaannya bisa kamu jumpai pada penggunaan AC. Varian GA hanya disertai single blower AC. Lalu untuk model GL dan GX sudah disertai double blower AC.

Baca juga  Suzuki Baleno Cross Dijual Rp200 Jutaan, Masuk Indonesia?

Fiturnya juga beda, GA tidak pakai head unit. Sementara GL belum layar sentuh. Kalau GX pakai head unit layar sentuh. Kemudian di GX sudah ada tambahan keyless, start & stop engine button, dan audio steering switch control.

Warna interior varian GX pun istimewa, pakai desain hitam untuk memberi kenyamanan lebih. Sementara GA dan GL masih mengadopsi beige (cokelat).

Terlepas dari perbedaannya, kamu bisa menemukan fitur soket USB serta AUX-in di dalam setiap varian Ertiga. Selain itu, Suzuki juga tidak mengurangi keberadaan headrest pada setiap kursi. Demikian pula fitur pelipatan 60:40 di deretan kursi baris kedua dan 50:50 di kursi barisan ketiga.

Kapasitas Interior

Spesifikasi

GA

GL

GX

MT

MT

AT

MT

AT

Tempat Duduk

7 Penumpang

Tangki Bahan Bakar

45 Liter

Bagasi 3 Row Seatback Raised

153 Liter

Bagasi 3 Row Seatback Folded

550 Liter

Volume Maksimal Bagasi

803 LIter

4. Fitur keselamatan

jok ertiga
Arm rest hadir mulai di Ertiga GL, berguna memberi kenyamanan lebih untuk penumpang baris kedua

Berdasarkan data spesifikasi seluruh varian Suzuki Ertiga dilengkapi dengan fitur keselamatan berupa dual airbag, rem anti-lock braking system (ABS), dan electronic brake distribution (EBD).

Guna ABS untuk mencegah roda terkunci saat pengemudi melakukan pengereman mendadak. Diharapkan dengan ABS, pengemudi masih bisa mengendalikan mobil, sehinga terhindar dari kecelakaan.

Sementara untuk EBD, bertugas mendistribusikan pengereman secara baik supaya tidak terjadi selip.

Rangka

Spesifikasi

GA

GL

GX

MT

MT

AT

MT

AT

Sistem Kemudi

Rack and Pinion

Suspensi Depan

McPherson Strut with Coil Spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam with Coil Spring

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum, Leading, and Trailing

Ukuran Ban

185/65R15

Baca juga  Spesifikasi Suzuki Ignis, Apa Beda Varian GL dan GX?

5. Harga Ketiga Varian Berbeda

Spesifikasi Suzuki Ertiga
Eksterior belakang Suzuki Ertiga GX

Suzuki Ertiga dijual dengan harga yang berbeda untuk masing-masing varian. Banderol termurahnya adalah GA MT yang dijual Rp205 juta (OTR Jakarta). Sangat terjangkau memang, tapi fitur banyak yang disunat seperti sudah disebutkan di atas.

Varian GL, harganya mulai Rp224,5 juta. Lalu untuk GX mulai Rp238,5 juta (OTR Jakarta). Dari ketiganya, varian mana yang kamu mau beli?

Tabel Harga Suzuki Ertiga

Varian HARGA
GA – MT Rp 205.000.000
GL – MT Rp 224.500.000
GL – AT Rp 235.000.000
GX – MT Rp 238.500.000
GX – AT Rp 249.000.000

Suzuki Ertiga Sport, Varian Termahal

spesifikasi suzuki ertiga
Airbag, ABS dan EBD menjadi kelengkapan standar di semua tipe All New Suzuki Ertiga

Sebenarnya masih ada satu varian lain dari Suzuki Ertiga yaitu Sport. Varian termahal ini merupakan versi GX yang ditambahkan beberapa fitur. Dari eksterior kamu bisa lihat perbedaannya ada di spoiler yang membuat tampilannya semakin sportif.

Kemudian untuk fitur keselamatan ada tambahan electronic stability programme (ESP). Fitur tersebut mencegah understeer dan oversteer saat berkendara.

Tidak ketinggalan pada varian Suzuki Ertiga Sport bertransmisi otomatis, ada tambahan Hill Start Assits (HSA). Guna HSA mencegah mobil mundur saat berhenti di tanjankan curam.

Bila kamu tertarik membeli varian termahal ini, harganya Rp250 juta (OTR Jakarta) untuk transmisi manual. Sementara tipe bertransmisi otomatis dijual Rp260,5 juta (OTR Jakarta).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru