by

5 Pilihan Mobil Listrik Terbaik Untuk Masyarakat Indonesia

Beragam pilihan mobil listrik terbaik kini telah menghiasi industri otomotif dunia, termasuk Indonesia. Kehadiran mobil listrik tersebut bertujuan untuk menurunkan emisi gas buang kendaraan yang semakin memprihatinkan.

Sejumlah pabrikan otomotif terus melakukan pengembangan untuk dapat menghasilkan mobil listrik terbaik. Mobil listrik yang ditawarkan saat ini pun sudah dibekali dengan beragam fitur modern.

Meski dari sisi harga, umumnya mobil listrik terbaik punya banderol yang cukup tinggi. Namun tak semuanya mahal, bahkan sebagian ada yang ditawarkan dengan harga tak sampai Rp 500 jutaan.

Kelebihan punya mobil listrik sebenarnya bukan cuma dari sisi ramah lingkungan. Memilikinya, kamu juga bakal terbebas dari peraturan ganjil genap di DKI Jakarta. Istimewa bukan?

Namun sangat disayangkan, kehadiran mobil listrik di Indonesia masih terkendala infrastruktur dan masih minimnya, stasiun pengisian listrik atau charging station. Alhasil pengembangan mobil ramah lingkungan itu tak secepat negara-negara di Asia lainnya. 

Alhasil mobil listrik yang hadir di Indonesia masih dalam kondisi ekspor. Padahal potensi untuk menjadikan Tanah Air sebagai basis produksi kendaraan listrik pun sangat besar.

Jika kamu tertarik dan ingin tahu lebih dalam jajaran mobil listrik terbaik yang saat ini dipasarkan secara global, termasuk  Indonesia? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

1. Tesla Model 3, Mobil Listrik Terbaik yang Sudah Ada di Indonesia

Tesla Model 3, mobil listrik terbaik di Indonesia
Tesla Model 3, jadi salah satu mobil listrik terbaik di Indonesia

Jajaran mobil listrik terbaik yang pertama adalah Tesla Model 3. Mobil cukup populer di sejumlah negara, bahkan sudah dipasarkan juga di Indonesia.

Tesla Model 3 diboyong Prestige Image Motorcars, selaku importer umum (IU) yang kerap membawa mobil-mobil mewah ke Indonesia. Mobil ini ditawarkan dengan banderol sekitar Rp 1 Miliar.

Kalau kamu tertarik punya Tesla Model 3, pilihan variannya cukup lengkap, mulai dari yang Standar, Long Range, dan Performance. Jadi kamu mungkin bisa sesuaikan dengan bujet dan juga kebutuhan.

Dibekali dengan motor listrik, Tesla Model 3 punya tenaga yang patut diperhitungkan. Di mana mobil ini mampu menghasilkan akselerasi dari diam hingga 100 Kpj hanya dalam 3,2 detik saja untuk varian Performance.

Baca juga  Teka-Teki Generasi Penerus Honda Jazz di Indonesia

Sementara untuk varian Long Range dan Standar punya catatan waktu untuk berakselerasi 4,4 detik dan 5,3 detik. Untuk jarak tempuh, varian standar diklaim mampu mencapai jarak 386 km. Jauh lebih rendah dari varian Long Range dan Performance yang menjanjikan jarak tempuh sampai 499 km.

2. Hyundai Ioniq, Mobil Ramah Lingkungan asal Korea Selatan

Hyundai Ioniq
Hyundai Ioniq, mobil ramah lingkungan asal Korea Selatan. Kalau kamu mau menikmatinya, cuma bisa membonceng di taksi online. Penjualannya untuk konsumen pribadi belum dibuka.

Pabrikan asal Korea Selatan, Hyundai cukup serius menggarap mobil ramah lingkungan. Hal ini terungkap melalui lahirnya Ioniq, yang masuk dalam jajaran mobil listrik terbaik dunia.

Secara tampilan, Hyundai Ioniq punya paras yang modern dan menarik. Gril dengan kelir abu-abu, sukses memberi identitas sebagai mobil listrik modern. Beragam fitur modern pun telah tersemat di mobil yang satu ini.

Terkait performa, Hyundai Ioniq didukung dengan mesin yang mumpuni mengakomodir kebutuhan. Motor listriknya mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 100 kW atau sekitar 134 HP. Bahkan torsi yang mampu dihasilkan mencapai 295 Nm, Sob!

Motor listrik pada Hyundai Ioniq dihasilkan dari baterai jenis lithium-ion polymer berkapasitas 38,3 kW. Dalam kondisi baterai terisi penuh, mobil ini mampu berjalan hingga 373 km.

Faktor yang cukup menarik dari mobil listrik terbaik yang satu ini adalah punya harga yang terjangkau. Banderolnya hanya sebesar Rp 569 juta off the road wilayah Jabodetabek.

Bila ingin merasakan sensasi berada di dalam kabin Hyundai Ioniq, kalian bisa memanfaatkan layanan taksi online, GrabCar. Namun taksi listrik itu hanya tersedia di terminal 3 dan terminal 2 bandara Soekarno Hatta.

Walau begitu buat yang mau memilikinya secara pribadi, belum bisa. Hyundai Ioniq sampai sekarang belum dijual bebas untuk konsumen umum.

3. Nissan Leaf Sebentar Lagi Dijual di Indonesia

motor listrik Nissan Leaf
Nissan Leaf dipersenjatai dengan motor listrik, kabarnya tidak lama lagi mobil ini bakal masuk ke Indonesia

Nissan Leaf jadi pilihan mobil listrik terbaik di dunia saat ini. Bahkan mobil ini menjadi salah satu mobil ramah lingkungan terlaris di seluruh dunia.

Leaf tercatat berhasil terjual lebih dari 430.000 unit secara global. Buat kalian yang tertarik meminang mobil yang satu ini, patut untuk menunggu kehadirannya di Indonesia.

Baca juga  Masuk ke Era Mobil Listrik? Tak Semulus yang Dibayangkan

Pihak pabrikan sendiri sejatinya sudah sejak lama berencana untuk memasarkannya di Tanah Air. Namun uniknya, justru PT Nissan Motor Indonesia (NMI) lebih dulu merilis Nissan Kicks e-Power untuk pasar domestik.

Dalam keadaan baterai terisi penuh, Nissan Leaf diklaim mampu menempuh jarak sekitar 400 kilometer. Mobil ini dipersenjatai mesin e-powertrain EM57, dengan baterai lithium-ion 40 kWh.

Performa yang dihasilkan cukup mumpuni, dengan tenaga maksimal sebesar 148 Hp, dengan torsi 320 Nm. Nissan juga mengklaim bahwa Leaf mampu berakselerasi dari 0 – 100 km/jam dalam waktu 7,9 detik.

Terkait harga, Nissan Leaf memang belum dijual di Indonesia. Walau demikian diproyeksikan bakal punya harga yang terjangkau. Berdasarkan informasi, Nilai Jual Kendaaran Bermotor (NJKB)  untuk Nissan Leaf sekitar Rp 555 juta. Kehadiran produk ini tentunya akan semakin menyemarakan pasar otomotif Tanah Air.

4. BMW i3s, Mobil Listrik Unik dengan Harga di Atas Rp 1 Miliar

BMW i3s, mobil listrik terbaik dunia
BMW i3s merupakan mobil listrik terbaik dengan desain futuristik, harganya di atas Rp 1 miliar.

Pilihan mobil listrik terbaik yang juga tersedia di Indonesia selanjutnya adalah BMW i3s. Kendaraan ramah lingkungan ini juga punya desain yang modern nan unik.

Hal ini terlihat dari hadirnya pintu unik yang berada di baris kedua. Di mana bukaan pintu tersebut ke arah sebaliknya dan tidak terlihat gagang di bodi mobil.

Kabinnya pun sudah cukup untuk mengangkut 4-penumpang, termasuk pengemudi. Meski punya dimensi yang terlalu besar, namun jangan anggap enteng performa yang ditawarkan.

Pasalnya BMW i3S dipersenjatai teknologi BMW eDrive, mesin mengandalkan motor listrik dengan transmisi otomatis percepatan tunggal. Performanya mampu menghasilkan torsi sebesar 270 Nm dengan tenaga 184 hp dengan kecepatan maksimal 160 Kpj.

Akselerasi yang dihasilkan dari 0-100 Kpj hanya dalam kurun waktu 6,9 detik. Selain itu, dalam keadaan baterai terisi penuh, BMW i3S mampu melaju hingga sejauh 280 km.

Jika kalian tertarik punya mobil ramah lingkungan yang satu ini, setidaknya perlu menyiapkan dana sebesar Rp 1,29 miliar off the road. Banderol yang mahal kerap jadi kendala tersendiri buat yang mau memilikinya.

Baca juga  Indonesia Bakal Garap Baterai Kendaraan Listrik

5. Nissan Kicks e-Power, Mobil Listrik atau Hybrid?

Nissan Kicks e-Power
Nissan Kicks e-Power memberi warna baru segmen SUV di Indonesia, harganya Rp 449 juta (OTR Jakarta)

Baru saja diluncurkan di Indonesia, Nissan Kicks e-Power bisa jadi pilihan baru bagi masyarakat di Indonesia. Mobil listrik terbaik yang dipasarkan di Indonesia itu juga punya harga terjangkau, yakni Rp 449 juta.

Mobil bergenre compact SUV ini datang sebagai mobil unik. Disebut sebagai mobil hybrid bisa, mobil listrik juga bisa. Beberapa menyebutnya hybrid, lantaran punya dua jantung yaitu motor listrik dan mesin bensin.

Menyoal soal mesin bensinnya, pakai konfigurasi tiga silinder 12-valve berkubikasi 1.200 cc. Hanya saja tugasnya bukan untuk menggerakkan roda. Mesin bensin tersebut bertugas menjadi generator dan inverter untuk mengasilkan daya listrik ke baterai lithium-ion 1,57 kWh dan motor listik.

Lalu siapa yang menggerakkan roda? Nissan merancang motor listirk EM57 dengan tipe AC3 Synchronous Motor inilah sebagai jantung utama mobil tersebut dengan bantuan e-transmission.

Dengan demikian, mesin konvensional yang tertanam pada Kicks e-Power hanya sebagai genset saja. Tak heran bila Nissan mengklaim Kicks e-Power benar-benar menyajikan impresi berkendara layaknya mobil listrik penuh.

Untuk urusan performa, Nissan mengklaim motor listrik tersebut mampu menyalurkan tenaga sebesar 125 Ps pada 4.000 hingga 8.992 rpm. Sementara untuk torsi yang dihasilkan juga cukup besar, yakni 260 Nm di putaran 500 hingga 3.008 rpm.

Beragam fitur inovatif juga menjadi perangkat standarnya, seperti One-Pedal operation, lalu Nissan Safety Shield System yang didalamnya terdiri dari teknologi teknologi Intelligent Forward Collision Warning dan Intelligent Emergency Braking System pertama di kelasnya. Fitur-fitur keselamatan tersebut sangat istimewa, sehingga mampu membuat berkendara dengan Nissan Kicks e-Power lebih nyaman dan menenangkan.

Well.. sekarang sudah tahukan pilihan mobil listrik terbaik yang tersedia di Indonesia. Tertarik untuk punya mobil ramah lingkungan? Semoga informasi ini dapat bermanfaat buat kalian.

Baca juga:

Terbaru