5 Perbedaan DFSK Glory i-Auto Vs Glory 580

Perbedaan DFSK Glory i-Auto Vs Glory 580 – DFSK Indonesia dipastikan menambah produk Sport Utility Vehicle (SUV) untuk pasar nasional. Produk itu adalah Glory i-Auto, varian Glory Series yang dipasarkan di Tanah Air.

Secara garis besar, mobil ini memiliki sejumlah persamaan dengan Glory 580 yang lebih dulu dijual di Indonesia. Namun dari tampilan, Glory i-Auto terlihat lebih modern dan juga mewah. Fitur dan teknologinya pun berbeda.

Ingin tahu detail perbedaan Glory i-Auto Vs Glory 580? Berikut ulasan lengkapnya:

1. Dimensi DFSK Glory i-Auto Vs Glory 580

DFSK Glory i-Auto
Secara dimensi, lebih panjang ketimbang Glory 580

Secara dimensi, mobil anyar ini lebih panjang ketimbang saudara kandungnya Glory 580. Di atas kertas, Glory i-Auto panjangnya 4.700 mm, lebar 1.845 mm, dan tinggi 1.715 mm.

Sementara Glory 580 memiliki dimensi panjang 4.680 mm, lebar 1.845 mm dan tinggi 1.715 mm. Wheelbase keduanya pun sama, sebesar 2.780 mm.

Secara bobot, diklaim pihak pabrikan Glory i-Auto lebih berat 15 kilogram, jika dibandingkan Glory 580.

“Karena panjangnya lebih besar, jadi bobotnya juga lebih besar,” ujar Sugiartono, Technical Training and Service Manager PT Sokonindo Automobile ketika berbincang dengan Moladin di Jakarta, Jumat (13/3/2020).

2. Tampilan Glory i-Auto lebih modern

Glory i-Auto
Tampilan kendaraan teranyar DFSK ini lebih modern ketimbang Glory 580

Jika dibandingkan Glory 580, secara tampilan rival Wuling Almaz ini terlihat lebih modern dan juga mewah. DFSK Glory i-Auto mengusung desain gril baru, mirip dengan produk SUV asal Jerman, Mercedes-Benz.

Desain itu diklaim memiliki sebutan “Taburan Bintang Gemilang”. Dengan dominasi kelir hitam yang dipadukan aksen krom, serta logo DFSK berukuran besar di tengah gril. Fog lamp juga sudah menggunakan jenis LED.

Selain itu, terdapat head lamp full LED berpenampilan ‘menyipit’. Ada pula bumper, fender, dan juga engine hood yang berbeda dari Glory 580.

“Perubahannya banyak di eksterior, kalau pada engine itu di engine hood yang berbeda dengan Glory 580,” tambah Sugiartono.

Versi konsep
Versi konsepnya pernah dipamerkan di GIIAS 2019

Sedikit menilik ke belakang, pada ajang GIIAS 2019 lalu versi konsep kendaraan ini sempat dipajang. Kala itu, konsep Glory i-Auto dibangun menggunakan platform Glory 580. Hanya saja yang membedakan pada sisi fitur.

Sugiartono menambahkan bahwa Glory i-Auto yang bakal dipasarkan ini merupakan model yang benar-benar baru. “Glory i-Auto ini bukan dari Glory 580, tetapi memang Glory i-Auto. Bukan perkembangan generasi sebelumnya, melainkan totally new different model,” paparnya.

3. Glory i-Auto pakai mesin sama, tapi ada yang berbeda

Mesin glory i-Auto
Kompetitor Wuling Almaz ini dipersenjatai mesin 1.5 liter turbo

Kedua produk ini mengusung mesin berkode SFG15T berkapasitas 1.498 cc turbocharge. Mesin itu mampu menghasilkan tenaga sebesar 150 ps pada 5.600 rpm dan torsi sebesar 220 Nm pada 1.800 – 4.000 rpm. Mesin tersebut sudah memenuhi standar emisi Euro 4.

Walau di atas kertas memiliki spesifikasi mesin yang sama, namun pada Glory i-Auto dibekali sistem transmisi baru. Mereka menyebutnya sebagai CVT-VT5 7-percepatan otomatis. Transmisi baru ini diklam pabrikan lebih responsif ketimbang generasi sebelumnya.

4. Harga Glory i-Auto lebih mahal dari Glory 580

DFSK Glory i-Auto meluncur di bulan April 2020
Proses penjualannya mulai dibuka pada April 2020

Berapa harga jual yang pantas? Seharusnya harga yang ditawarkan bakal lebih mahal dibanding DFSK Glory 580. Hal ini lantaran fitur, teknologi, dan desain mewah yang ditawarkan.

Sebagai gambaran, DFSK Glory 580 dijual mulai Rp 252,9 juta sampai dengan Rp 315 juta. “Dari sisi harga tentunya di atas Glory 580, karena Glory i-Auto jadi varian tertinggi Glory Series yang dijual di Indonesia,” pungkas Sugiartono.

Meski sudah memastikan bakal meluncurkan produk terbarunya, sayangnya harga DFSK Glory i-Auto masih enggan dibeberkan. Saat ini kita perlu bersabar menunggu prosesi peluncurannya, April 2020 mendatang.

5. Fitur i-Talk jadi keunggulan DFSK Glory i-Auto

Fitur i-Talk
Fitur i-Talk memudahkan pengemudi ketika berkendara dalam mengatur fitur hiburan dan lainnya

Fitur yang cukup menonjol dari Glory i-Auto adalah hadirnya fitur Glory i-Talk. Fitur itu sejatinya adalah fitur voice command atau perintah suara. Berguna untuk mengendalikan atau mengoperasikan berbagai fungsi yang ada di mobil.

Setidaknya Glory i-Talk bisa mengatur lima fungsi. Mulai dari buka jendela dan sunroof, multimedia, menjawab panggilan telepon, navigasi, sampai konektivitas smartphone.

Hadirnya fitur i-Talk diyakini dapat memudahkan masyarakat dalam mengoperasikan perlengkapan yang ada di mobil. Tanpa perlu menyentuhnya, hanya dengan suara.

Tentu hal ini juga bisa meningkatkan keamanan saat berkendara. Karena dapat menjaga konsentrasi pengemudi, karena tidak perlu melepas pandangannya dari jalan dan tangannya dari setir kemudi.

Baca juga:

Share this!

Deni Ferlindungan

Seorang jurnalis yang berkecimpung di dunia otomotif sejak 2011. Menyukai seluk beluk seputar otomotif baik roda dua dan empat. Kini memiliki hobi bersepeda keliling kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *