by

10 Rekomendasi Aki Motor Terbaik, Mana Pilihanmu?

Aki Motor Terbaik – Masih banyak dialami oleh pengguna sepeda motor, starter kendaraan mati secara tiba-tiba. Biasanya hal ini terjadi di pagi hari, tentunya kejadian ini tidak mengenakan dan dapat menghambat aktivitas.

Starter mati di kendaraan bermotor, bisa disebabkan oleh komponen aki yang sudah tidak bekerja secara maksimal. Ketika kondisi itu terjadi, sebaiknya kamu harus mengganti aki dengan yang baru.

Supaya kamu tidak lagi kesulitan menghidupakan mesin secara otomatis. Di samping itu, aki motor sendiri berfungsi sebagai pemicu arus induksi pada rotor alternator.

Bagi kalian yang ingin mengganti aki, berikut ini Moladin akan memberikan rekomendasi aki motor terbaik yang bisa jadi referensi untuk kamu gunakan pada sepeda motor kesayanganmu.

Namun sebelum itu, Moladin juga akan membeberkan secara rinci mengenai tips pilih aki motor yang bagus untuk harian. Mengingat saat ini begitu banyak jenis-jenis aki yang tersedia di Indonesia.

Tips Pilih Aki Motor yang Bagus Untuk Harian

tips pilih aki motor untuk harian
Aki juga perlu dibersihkan, kalau terdapat kotoran

Saat ini beragam merek aki motor terbaik sudah tersedia di Indonesia. Pun begitu, kamu perlu cermat sebelum membelinya, agar tidak menyesal di kemudian hari.

Pasalnya jenis-jenis aki motor yang bagus kini juga semakin banyak. Sebelum itu, kamu juga wajib mengetahui jenis-jenis aki yang sekiranya memang pas untuk digunakan pada sepeda motor yang kamu punya.

Daripada berpanjang lebar, berikut jenis-jenis aki motor yang bisa jadi pilihan kamu:

Mengenal Jenis-Jenis Aki yang Tersedia di Indonesia

aki kering dan basah
Contoh aki kering dan basah

Sebelum kamu memutuskan untuk memilih aki motor terbaik, sebaiknya kamu juga mengetahui jenis-jenis aki yang ada di Indonesia. Karena masih banyak yang beranggapan aki hanya tersedia dalam dua jenis, yakni aki kering dan aki basah.

Padahal saat ini sudah banyak tipe aki lainnya yang tak kalah bagus. Dibanding dengan kedua aki tersebut. Kamu juga wajib mengetahui plus minus dari masing-masing tipe aki.

  • Aki Basah

Berbicara mengenai aki, tentunya yang paling dikenal di Indonesia adalah aki basah, terlebih bagi para pengguna motor. Aki ini menggunakan cairan elektrolit berupa asam sulfat (H2SO4) yang kerap disebut dengan air aki.

Jenis aki basah sendiri bisa dibilang sebagai salah satu aki motor terbaik hingga saat ini. Selain itu, harga yang cenderung murah, menjadi alasan banyak masyarakat menggunakan jenis aki ini.

Tipe aki ini juga bisa digunakan berulang-ulang dan tidak sulit untuk mendapatkannya. Pemakaian aki basah juga kerap menimbulkan beberapa permasalahan bagi pemilik motor.

Mengapa? Karena kamu harus rutin untuk melakukan pengecekan kondisi air aki secara berkala, mengingat elektrolit yang ada di dalam aki cepat menguap. Selain itu, larutan asam sulfat bisa timbulkan korosi saat terjadi kebocoran.

Ciri-ciri aki basah, kovernya berwarna bening. Hal ini dimaksudkan supaya konsumen mudah mengetahui volume air aki. Kalau kurang, maka harus ditambah. Ingat selama melakukan penambahan jangan terlalu banyak, lakukan saja penambahan air aki sampai batas optimal.

  • Aki Maintenance Free (MF) atau Aki Kering

Selanjutnya, yang bisa dikategorikan sebagai aki motor terbaik adalah aki maintenance free (MF) yang kini banyak digunakan oleh motor-motor keluaran terbaru seperti Honda PCX 150 dan Vario 150. Kebanyakan masyarakat mengenal aki jenis ini dengan sebutan aki kering.

Baca juga  Biaya Ganti Plat Motor, Ini Syarat dan Ketentuannya!

Sesuai dengan namanya, aki MF tidak membutuhkan perawatan seperti halnya ketika menggunakan aki hybrid, kalsium, ataupun aki basah. Sebagai pertimbangan, untuk jenis aki ini kamu perlu merogoh kocek lebih dalam kalau ingin menggunakan aki kering.

Apalagi aki jenis ini hanya bisa digunakan untuk sekali pemakaian saja. Ditambah lagi, usia penggunaan aki MF juga relatif singkat, apalagi kalau dibandingkan dengan aki basah.

Namun jika kamu sulit memiliki waktu untuk melakukan pengecekan aki, rasanya pantas untuk menggunakan aki MF. Dengan pertimbangan kamu harus mengeluarkan bujet yang sedikit lebih besar.

Ciri khas aki kering, biasanya pakai kover yang warna-warni. Ada kuning, hitam, hijau, dan lain-lain. Di samping sebagai pembeda dengan aki basah, warna-warna itu juga menandakan bahwa tidak perlu dilakukan pengisian air aki secara berkala. Kalau sudah habis, maka aki kering wajib diganti dengan yang baru.

  • Aki gel

Tipe aki yang mungkin kamu temui ketika memilih aki adalah jenis aki gel. Berbeda dengan aki kering dan aki basah, untuk produk yang satu ini mungkin masih cenderung awam di pasaran.

Ciri utama dari aki ini adalah pemakaian cairan elektronik berupa gel yang memiliki daya uap lebih rendah dan tidak mudah terjadi kebocoran. Aki gel juga didesain punya daya tahan lebih lama dibandingkan aki MF biasa.

Untuk itu, rasanya pas jika kamu mulai beralih menggunakan aki gel, yang masuk dalam pilihan aki motor terbaik.

  • Aki Kalsium

Ciri utama aki kalsium terletak pada elektroda positif dan negatif yang digunakan. Di mana aki kalsium menggunakan elektroda dari bahan kalsium yang membuatnya memilki tingkat ketahanan tinggi dalam menyimpan arus listrik.

Selain itu, aki kalsium juga punya daya penguapan air aki yang relatif rendah. Hanya saja, kamu sedikit akan kesulitan ketika ingin menggunakan aki kalsium untuk motor.

Terlebih aki ini cenderung masih sulit ditemui di bengkel-bengkel, karena populasinya masih cenderung sedikit. Kalaupun ada, harganya juga cukup tinggi sehingga tidak efisien.

  • Aki Hybrid

Tipe aki yang terakhir yang mungkin bisa jadi pilihan kamu adalah jenis aki hybrid. Aki ini dibuat dengan kombinasi antara aki kalsium dengan aki basah.

Buat kamu yang ingin tahu ciri khas aki hybrid, terletak pada kutub positif. Di mana aki memakai bahan low antimonial yang biasa ditemukan pada aki basah. Sementara itu, elektroda negatif menggunakan material kalsium.

Gimana sekarang sudah tahukan jenis-jenis aki motor terbaik yang bisa kamu gunakan? Berikut ini juga Moladin akan memeberikan referensi mere aki motor yang bagus untuk digunakan sehari-hari.

1. Bosch, Bisa Jadi Pilihan Aki Motor Terbaik

aki motor terbaik
Bosch mengusung cairan elektrolit berteknologi canggih berupa ultra gel, hal ini yang membuatnya sebagai pilihan aki motor terbaik

Bosch merupakan produsen suku cadang otomotif yang sudah dikenal lama di Indonesia. Produsen asal Jerman itu menawarkan aki kering, yang masuk dalam jajaran aki motor terbaik di Tanah Air.

Aki Bosch mengusung cairan elektrolit berteknologi canggih berupa ultra gel. Kualitasnya tidak diragukan lagi karena memiliki lisensi SNI.

Teknologi ultra gel menjadikan aki Bosch lebih efisien saat digunakan. Merek ini di desain antibocor, bebas kontaminasi korosi, dan spill-proof.

Baca juga  Perbedaan Mudik dan Pulang Kampung Menurut BNPB, Jangan Keliru!

Dengan begitu, aki Bosch bisa menghasilkan kelistrikan stabil pada sepeda motor. Selain itu, keunggulan lainnya adalah memiliki masa pakai lebih lama dengan tingkat self discharge rendah yang bikin tidak mudah soak maupun tekor.

Produk aki Bosch bisa masuk dalam jajaran aki kering motor terbaik di Indonesia.

2. Aki Yuasa

Yuasa sebagai aki motor terbaik
Mau cari aki motor terbaik? Yuasa bisa jadi pilihannya

Yuasa merupakan pabrikan asal Jepang yang punya teknologi canggih. Lantaran itu kami masukkan sebagai salah satu rekomendasi aki motor terbaik.

Jepang sendiri dikenal sebagai negara yang kerap menghasilkan teknologi canggih, khususnya di industri otomotif. Maka tak heran untuk produk komponen otomotif, seperti aki Yuasa punya kualitas yang tak kalah baik.

Sebagian besar produsen kendaraan bermotor memercayakan merek Yuasa. Pasalnya, selain murah, Yuasa mendukung berbagai jenis motor maupun mobil.

Untuk kebutuhan motor, Yuasa mengeluarkan jenis aki kering dan basah. Tentunya, dengan kualitas keren yang bisa dipakai motor lawas juga baru. Yuasa juga memiliki aki motor matic terbaik yang bisa diandalkan, lho!

3. Furukawa Battery

Furukawa merupakan pilihan aki motor terbaik
Kualitas aki Furukawa tentunya tak perlu diragukan lagi

Masih dari Negeri Sakura, pilihan aki motor terbaik berikutnya adalah Furukawa Battery. Produsen aki yang satu ini punya kualitas yang tidak perlu diragukan lagi.

Mengingat kiprah Furukawa sudah berusia lebih dari satu abad. Di Indonesia, aki Furukawa pemasarannya dibawah PT Furukawa Indomobil Battery Sales dan dipercaya ratusan produsen kendaraan bermotor di seluruh dunia.

Salah satu keunggulan aki Furukawa adalah terbuat dari bahan baku terbaik dari timah murni. Tidak hanya itu, dalam aki Furukawa juga disematkan teknologi anti explode. Teknologi ini mencegah ledakan ketika terjadi korsleting dan percikan api.

Keunggulan aki Furukawa selanjutnya, karena sudah dilengkapi separator tipis dan berpori. Separator ini mampu meningkatkan performa battery. Dengan begitu, aki lebih stabil dan mudah difungsikan saat Anda menekan starter kendaraan.

4. Motobatt, Aki Berbentuk Gel yang Bisa Diandalkan

Motobatt Accu, pilihan aki motor terbaik yang ada di Indonesia
Motobatt Accu, pilihan aki motor terbaik yang ada di Indonesia

Motobatt masuk dalam pilihan aki motor terbaik yang bisa kamu gunakan. Produk yang ditawarkan adalah jenis aki kering berbahan cairan elektrolit berbentuk gel.

Cairan tersebut mampu menghasilkan suplai aliran listrik bertegangan tinggi, namun tetap stabil. Tidak hanya itu, cairan gel dalam aki Motobatt tidak mudah bergerak sehingga lebih tahan terhadap goncangan.

5. Aki Aspira

Aspira Accu masuk dalam pilihan aki motor terbaik
Aspira Accu masuk dalam pilihan aki motor terbaik

Berbeda dengan produk aki motor terbaik lainnya, untuk aki Aspira lebih memfokuskan untuk aki motor matic. Buat kamu pengguna Honda BeAT dan lainnya di rasa pas untuk menggunakan aki Aspira.

Aspira merupakan merek aki buatan Astra. Salah satu perusahaan oomotif ini memfokuskan pemakaian Aspira untuk motor matic. Bisa dibilang, aki Aspira masuk dalam pilihan aki motor matic terbaik.

Pihak pabrikan mengklaim, bahwa aki Aspira punya kualitas orisinalitas dengan harga terjangkau.

Tak sampai di situ saja, Aspira dilengkapi accu zuur yang berstandar pabrik. Karena itu, Aspira bisa bekerja maksimal dan memiliki masa pakai lebih lama.

Khusus untuk skutik Honda, sebagai gambaran harga aki motor BeAT biasanya ditawarkan dengan banderol mulai dari Rp 145 ribuan.

6. Daytona

Daytona Accu, aki motor terbaik
Kualitas aki Daytona tak perlu diragukan, terlebih untuk sepeda motor Honda

Berbicara mengenai kualitas produk Daytona, tentunya tidak perlu diragukan lagi. Pengguna kendaraan bermotor mengenal Daytona sebagai produk saingan Yuasa.

Meski demikian, ada beberapa kelebihan Daytona. Salah satunya aki motor ini mempunyai Cold Crankcase Amperage (CCA) lebih tinggi daripada milik Yuasa. Kelebihan lainnya dari aki motor terbaik yang satu ini, sudah menggunakan gel sebagai penyimpan arus. Karena itu, arus lebih awet dengan discharge rate kecil.

Baca juga  Cara Kirim Motor ke Luar Kota dan Tarifnya, Mahal?

Terakhir, dimensi Daytona hampir menyamai dimensi Yuasa. Bedanya, harga Daytona lebih terjangkau daripada Yuasa. Bisa dibilang Daytona masuk dalam aki kering terbaik yang bisa jadi pilihan masyarakat.

7. Aki GS Astra

Aki GS
GS Astra bisa jadi pertimbangan karena dikenal awet dan kuat

GS Astra bisa jadi pertimbangan kamu yang ingin membeli aki motor terbaik. Mengingat aki ini dikenal kuat dan awet.

Mengacu pada segi kelistrikan, arus yang dialirkan tergolong besar. Dengan demikian, kelistrikan di titik pusat kendaraan bisa maksimal.

Ingin menggunakan GS Astra? kamu bisa memilih jenis aki basah atau kering. Mengenai harga, GS Astra bisa dijangkau semua kalangan, karena harganya yang relatif murah.

Maka tak heran jika produk aki GS Astra diklaim sebagai produsen aki motor yang bagus.

8. Federal Accu

Aki Federal, pilihan aki motor terbaik untuk matic
Federal Accu bisa menjadi pilihan konsumen yang ingin cari aki motor terbaik dengan harga terjangkau

Bujet untuk mengganti aki Rp 120.000? Aki Federal dari Astra bisa menjadi solusi buat kamu. Bila dibandingkan dengan Aspira, Federal jelas lebih murah meski sama-sama buatan perusahaan Astra.

Namun, kualitasnya tidak kalah bagus, dengan aki lainnya. Banyaknya masyarakat memilih aki ini lantaran punya banderol yang cenderung lebih terjangkau.

9. Maxima

Aki Maxima
Maxima Accu

Merek Maxima tidak populer seperti GS maupun Yuasa, tetapi teknologi sistem spiral yang dibenamkan di dalamnya harus kamu pertimbangkan. Maka tak heran Maxima masuk dalam kategori aki motor terbaik.

Maxima juga memiliki konektor aki yang padat sehingga andal dalam menghantarkan daya listrik. Untuk bahan pembuatnya, Maxima dilapisi timah hitam murni.

Adanya timah ini, mendorong penggunaan maksimal saat digunakan. Keunggulan aki Maxima selanjutnya, meliputi cell kompak dan padat, separator antibocor dan ramah lingkungan, serta bebas perawatan.

Menariknya lagi, kamu bisa mengisi ulang dayanya jika diperlukan. Tertarik menggunakan aki yang satu ini?

10. NS Battery

Aki NS

Aki motor terbaik selanjutnya adalah NS Battery. Produk ini punya teknologi Xtreme Frame yang mampu tingkatkan performa kendaraan. NS Battery bisa jadi pilihan aki motor terbaik yang bisa kamu pakai.

NS Battery memiliki teknologi Xtreme Frame yang mampu meningkatkan performa kendaraan. Dari sisi keamanan, NS Battery antibocor sehingga aman digunakan dalam waktu lama.

Selain itu, NS Battery tidak menimbulkan korosif pada mesin kendaraan. Dengan begitu, kinerja mesin tetap terjaga selama perjalanan.

Itulah 10 rekomendasi aki motor terbaik di Tanah Air. Soal popularitas, seperti merek Yuasa dan GS masih menduduki peringkat teratas. Sekarang, tinggal menentukan, mana merek aki yang cocok untuk kendaraan bermotor Anda.

Paling aman sebenarnya pilih aki yang sudah ditentukan oleh pabrikan. Hal ini untuk mencegah tidak cocok tegangan dan lain-lain. Namun, kalau kamu paham tentang seluk beluk aki, boleh pilih sesuai selera. Semoga informasi ini dapat bermanfaat buat kalian.

Baca juga;

Comment

Leave a Reply

Terbaru