by

Tata Cara Ikut Lelang Mobil, Sangat Mudah

Banyak orang masih kerap belum mengetahui tata cara ikut lelang mobil. Mengingat masih banyak kalangan menganggap bahwa pembelian kendaraan via lelang akan mendapatkan harga yang cenderung lebih murah.

Sebagai gambaran, lelang merupakan suatu proses penjualan barang secara terbuka dan dimuka umum dengan penawaran harga secara lisan atau tertulis, secara meningkat yang didahului dengan pengumuman lelang secara ketentuan perundangan yang berlaku.

Lalu benarkah pembelian dengan cara ikut lelang mobil dapat lebih menguntungkan? Berikut ini Moladin akan memberikan sedikit gambaran mengenai tata cara ikut lelang mobil.

Mengenal Prosedur Lelang Mobil Beserta Keunggulan yang Ditawarkan

Cara ikut lelang mobil di Auksi
Cara ikut lelang mobil di Auksi

Menurut Bady Qadarsyah, Operation Head PT Balai Lelang Asta Nara Jaya (Auksi), keunggulan lelang waktunya itu cepat dan efisien. Asalkan masyarakat mengetahui tata cara ikut lelang mobil.

“Lelang itu waktunya dibatasi oleh undang-undang, pembayarannya dibatasi waktu, jadi apabila ada yang ingin mencari unit kendaraan secara cepat. Datanglah ke lelang,” ujar Bady.

Sebelumnya ada persepsi barang-barang yang mengikuti lelang merupakan barang-barang bermasalah.

“Kami tegaskan ini merupakan prosedur penjualan barang yang aman, selama dalam koridor undang-undang hukum,” imbuh Bady.

Bagi kalian yang ingin mengikuti lelang, setidaknya perlu mengetahui sejumlah cara ikut lelang mobil secara tepat. Seperti apa? Simak ulasan ini sampai habis:

Baca juga  7 Rekomendasi Mobil Mewah Bekas di bawah Rp 200 Juta

Cara Ikut Lelang Mobil Secara Tepat

cara ikut lelang mobil
Mengenal tata cara mengikuti lelang mobil secara benar

Buat kamu yang tertarik mengikuti lelang, perlu mengetahui secara rinci terkait tata cara ikut lelang mobil yang tetap. Agar tidak salah langka, apalagi sampai kehilangan mobil incaranmu.

“Konsumen yang mau ikut silahkan datang ke balai lelang untuk mengecek fisik dan kondisi kendaraan yang diinginkan secara langsung dan bisa juga dilakukan test drive di tempat lelang,” jelas Bady.

Bila tertarik, tambah Bady, langsung melakukan pendaftaran dengan memberikan uang jaminan sebesar Rp 5 juta untuk setiap unit mobil dan Rp 1 juta untuk setiap unit motor. Uang tersebut nantinya akan dikembalikan bila tidak bisa memenangkan lelang tersebut.

“Kami nanti akan memberikan program cuan yaitu poin untuk mendapatkan hadiah langsung setiap pemenang lelang. Lelang itu boleh disaksikan pembeli dan pemilik barang dan juga masyarakat luas,” katanya.

Ketika kamu ingin mengikuti proses lelang, kamu perlu mengetahui cara ikut lelang mobil yang tepat. Hal ini bertujuan agar proses lelang yang kamu lakukan dapat berjalan lancar.

Setiap peserta lelang seyogyanya harus mengetahui dahulu harga pasarannya, baik di dealer maupun di showroom-showroom. Karena di balai lelang peserta sering kali nafsu untuk menaikan harga, hingga jadinya harganya bisa lebih mahal daripada harga pasaran.

Baca juga  9 Rekomendasi Mobil 80 Jutaan yang Bisa Jadi Pilihan

Nah, yang tak kalah penting, setiap peserta lelang juga harus bisa membedakan balai lelang asli atau tidak. “Biasanya balai lelang asli melakukan iklan di media cetak dan memiliki kredibilitas yang tinggi dan yang mempunyai tempat sendiri untuk melihat unit kendaraan secara langsung,” beber Bady.

Seiring dengan pertumbuhan balai lelang yang semakin berkembang pesat. Saat ini di dunia digital banyak sekali penipuan yang mengatasnamakan balai lelang, hanya untuk mengambil keuntungan pribadi.

Auksi Pastikan Lelang Mobil Bisa Diikuti Segala Kalangan Masyarakat

Tata cara ikut lelang mobil
Ilustrasi lelang mobil

Selama ini persepsi masyarakat, kerap menganggap mengikuti proses lelang cenderung ribet. Padahal asal mengetahui cara ikut lelang mobil bisa diikuti oleh semua kalangan.

Selama ini persepsi masyarakat, setiap balai lelang termasuk otomotif pasti ribet untuk mengikutinya. Secara hukum barang yang dilelang pasti bermasalah.

“Ketika balai lelang dibuka untuk swasta pada tahun 2006-2007, salah satu PR nya adalah mensosialisasikannya kepada masyarakat, yang harus digalakkan lagi. Ini menjadi tugas kami dan juga regulator untuk menjelaskan apa itu lelang yang sebenarnya adalah mudah dan menyenangkan,” pungkas Bady.

Baca juga  7 Kaca Film Mobil Terbaik yang Bisa Jadi Pilihan

Merek Mobil yang Laris Manis di Balai Lelang

kredit mobil bekas
Mengikuti lelang mobil, bisa mendapatkan harga yang lebih murah

Sekarang sudah tahukan cara ikut lelang mobil, yang sebenarnya bisa dilakukan oleh semua kalangan masyarakat. Prosesnya pun cenderung mudah, asal kamu mengetahui langkah tepat dalam mengikuti lelang.

Sejalan dengan itu ada sejumlah merek mobil yang cukup mendapatkan animo besar dari para peserta lelang. Adapun merek mobil terlaris yang mengikuti lelang meliputi Toyota(55%), Daihatsu (19%), Suzuki (7%), Mitsubishi (5%) dan Nissan (5%) serta merek kendaraan lainnya sebanyak 9%.

Terkait produk, Toyota Avanza mendominasi 30 persen, Toyota Kijang Innova 19 persen, All New Xenia 5 persen, Suzuki APV Luxury 5%, Toyota Rush 3 persen, Suzuki Ertiga 2 persen, Grand Livina 2 persen, Honda Mobilio 2 persen, Daihatsu Terios 2 persen dan produk lain sebesar 18 persen.

Semoga informasi mengenai cara ikut lelang mobil ini dapat bermanfaat buat kamu ya. Selamat mencoba, Sob!

Baca juga:

Comment

Leave a Reply

1 comment

Terbaru