Friday, December 9, 2022
Banner

Toyota Innova Zenix Resmi Meluncur di Indonesia, World Premiere!

by Firdaus Ali
Innova Zenix resmi meluncur di Indonesia

Toyota Innova Zenix resmi meluncur di Indonesia pada Senin (21/11/2022). Kijang generasi ketujuh ini hadir dengan pilihan mesin hybrid serta terdapat berbagai fitur modern, seperti Toyota safety Sense, panoramic sunroof, hingga jok ottoman. Harganya mulai Rp 419 juta (OTR Jakarta) untuk varian G atau yang termurah. Sementara varian Q Modellista atau yang termahal Rp 611 juta (OTR Jakarta)

“Kijang Innova Zenix diperkenalkan dengan opsi yang lebih ramah lingkungan. Untuk pasar Indonesia dan ekspor,” kata Toyota Motor Corporation CEO of Asia Region and President of Toyota Motor Asia Pacific, Hao Quoc Tien saat peluncuran Innova Hybrid terbaru di Karawang.

Jadi memang, momen peluncuran Innova Gen-7 di Indonesia jadi world premiere. Pasalnya selanjutnya, mobil MPV bermesin hybrid ini bakal dipasarkan juga diberbagai negara di dunia

Innova Zenix hybrid hadir dengan tampilan eksterior yang modern dan lebih fresh dibandingkan Innova sebelumnya. Dimana bagian grill mengusung desain honey comb 3D dengan sentuhan aksen krom dibagian garis bawahnya. Tampilan tersebut terlihat apik dengan dipadukannya headlamp bergaya eagle eyes serta lekukan bumpernya.

Oh ya, untuk menyelaraskan tampilan depannya, Innova Zenix Hybrid juga menyematkan aksen honey comb 3D serta sentuhan garis frame dengan warna silver pada bagian rumah foglamp yang tampilannya pipih.

Pada bagian samping, Toyota Kijang Gen-7 ini juga memiliki lekukan body yang dinamis, selanjutnya untuk bagian belakangknya justru terlihat mirip Toyota Veloz. Dimana lampu belakangnya hadir dengan model menyamping serta bumpernya disematkan aksen hone comb menyesuaikan tampilan depannya.

Soal dimensi, Toyota Innova Zenix hadir dengan ukuran yang lebih besar dari generasi sebelumnya. Yaitu mempunyai panjang 4.755 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.795 mm dan wheelbase 2.850 mm.

Baca juga  Daftar Harga Toyota Calya Bekas, Masih Masuk Akal!

Desain Interior Modern dan Elegan

Innova Zenix resmi meluncur di indonesia

Interior mewah berkat penggunaan krsi model Ottoman

Innova Zenix resmi meluncur di Indonesia, bagaimana tampilan interiornya? Masuk ke dalam kabin interior, Innova Zenix Hybrid hadir dengan desain yang modern dan tampil beda di kelasnya. Dibagian dashboard terdapat headunit touchscreen berukuran yang cukup besar yang bisa mengakomodasi sistem audio serta berbagai fitur mobil.

Nah, yang menarik adalah tuas persneling yang posisinya ada di bawah headunit dan tombol AC sehingga bangku baris depan terlihat lebih lapang. Selain itu, untuk menambah kenyamanan pengemudi dan penumpang, Innova Zenix Hybrid membalut kursinya dengan material yang berkualitas.

Tak hanya bagian jok, bagian lingkar kemudi alias setir juga sudah dibungkus dengan material kulit berkualitas. Oh ya, dibagian setir juga terdapat berbagai tombol untuk membantu pengoperasian sistem audio serta fitur baru di keluarga Kijang yaitu Adaptive Cruise Control (ACC) serta paddle shift.

Selanjutnya, tampilan interior Innova Zenix Hybrid juga terlihat lebih elegan berkat bangku baris kedua model Ottoman yang ada sandaran kaki. Tak hanya itu saja, Innova Zenix Hybrid juga sudah menyematkan panoramic sunroof yang tentu saja membuat kabin interior lebih lega serta mewah.

Untuk menambah kenyamanan pengemudi dan penumpang, Innova Zenix menyematkan fitur wireless charging dan engine start/stop. Ada lagi, dibagian bangku baris ketiga juga disematkan port USB, senderan tangan dibagian samping kanan dan kiri serta headrest dibagian tengahnya.

Baca juga  Cicilan Innova Zenix, Cuma Rp 6 Juta Per Bulan!

Fitur Modern & Lengkap

Innova Zenix resmi meluncur di Indonesia

Innova Zenix dilengkapi fitur Adaptive Cruise Control, TSS dan T-Intouch

Innova Zenix hadir dengan mengusung teknologi baru di keluarga “Kijang” yaitu Adaptive Cruise Control. Sebagaimana diketahui, fitur Adaptive Cruise Control merupakan fitur canggih yang dapat mengendalikan laju kendaraan di suatu tingkat tertentu. Sebagai contoh saat Anda sedang berkendara mencapai 50 km/jam maka sistem ini bisa mempertahankan kecepatan tersebut tanpa harus menginjak pedal dengan cara mengaturnya terlebih dahulu melalui tombol yang ada di setir.

Tak hanya mengatur kecapatan saja, Adaptive Cruise Control juga mampu melakukan pengereman otomatis dalam jarak tertentu melalui sensor yang ada dibagian depan mobil.

Selanjutnya, ada pula fitur Toyota Saftey Sense terbaru (TSS 3.0) yang sudah terintegrasi dengan fitur Pre-Colission System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) with Curve Speed Reduction, Lane Tracing Assist (LTA), hingga Automatic High Beam (AHB), serta fitur modern lain.

Tak lupa, Innova Zenix juga sudah menyertakan teknologi T-Intouch untuk mengintegrasikan mobil dan smartphone secara komprehensif. Di antara kegunaan T Intouch, pemilik mobil bisa menemukan lokasi mobil hanya dengan melihat smartphone (find my car). Ada pula fitur yang memudahkan pencarian kendaraan bila dicui (stolen vehicle tracking).

Performa Mesin Innova Zenix, Irit BBM

Innova Zenix resmi meluncur di Indonesia

Mesin Innova Zenix ada pilihan bensin dan hybrid

Toyota Innova Zenix hadir dengan pilihan 2 mesin, yaitu mesin dengan kode M20A-FKS untuk Innova Zenix bermesin bensin dan Hybrid EV Engine M20A-FXS untuk Innova Zenix Hybrid.

Baca juga  Beberapa Penyakit Xenia 1.000 cc, Masih Tertarik?

Mesin M20A-FKS merupakan mesin 2.000 cc yang juga digunakan oleh Toyota Xoxy terbaru. Di atas kertas performa mesinnya mampu meraih daya maksimum 167 hp pada 6.600 rpm dan torsi puncak 202 Nm pada putaran mesin 4.900 rpm. Untuk konsumsi BBM-nya diklaim 1:15 km/liter.

Selanjutnya, untuk mesin M20A-FXS adalah mesin yang mempunyai kubikasi 2.000 cc Dynamic Force dipadukan dengan baterai Lithium Ion yang juga digunakan oleh Toyota Prius terbaru yang belum lama diperkenalkan di Jepang. Hasil kombinasi dari mesin dan baterai tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimum 223 hp dan untuk konsumsi BBM-nya diklaim 1:21 km/liter.

Harga & Pilihan Warna

Innova Zenix resmi meluncur di Indonesia

Innova Zenix

Toyota Innova Zenix resmi meluncur di Indonesia yang diproduksi secara lokal dan rencananya juga akan diekspor ke luar negeri. Lalu, berapa harga jual di Indonesia? Berikut harga resminya yang berlaku untuk wilayah DKI Jakarta.

  • Innova Zenix Bensin 2.0 G CVT Rp 419.000.000
  • Innova Zenix Bensin 2.0 V CVT Rp 467.000.000
  • Innova Zenix Hybrid 2.0 G HV CVT Rp 458.000.000
  • Innova Zenix Hybrid 2.0 V HV CVT Rp 522.150.000
  • Innova Zenix Hybrid 2.0 V HV CVT Modellista Rp 532.000.000
  • Innova Zenix Hybrid 2.0 Q HV CVT TSS Rp 601.150.000
  • Innova Zenix Hybrid 2.0 Q HV CVT TSS Modellista Rp 611.000.000

Untuk warna, innova Zenix hadir dengan 5 pilihan warna. Yaitu Platinum White Pearl, Silver Metallic, Gray Metallic, Attitude Black dan DK.Steel MC. Menariknya, pihak Toyota juga menyiapkan variasi warna sesuai dengan ekspektasi keluarga millenial. 

Moladiners, itulah ulasan mengenai Toyota Innova Zenix resmi meluncur di Indonesia. Selain Adaptive Cruise Control, mobil hybrid 7 penumpang ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Toyota Saftey Sense (TSS). Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika