Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

Kenyaman Interior Toyota Innova Zenix, Semewah Apa?

by Tigor Sihombing
Toyota Innova Zenix vs Wuling Almaz Hybrid

Interior Toyota Innova Zenix terbilang mewah, khususnya untuk varian Q Hybrid. Sesuai dengan teaser yang beredar sebelumnya, Kijang Gen-7 ini sudah dibekali dengan sederet fitur terbaru yang memberikan kenyaman bukan cuma untuk pengemudi, tapi juga penumpang hingga baris ketiga..

Hal tersebut wajar, lantaran harga Toyota Innova hybrid varian Q tembus Rp 611 juta. Oleh karenanya, kompensasi kenyamanan tentu harus diberikan ke konsumen, termasuk di sektor interior atau kabin.

Kelebihan pertama dari interior Toyota Innova Zenix adalah kehadiran panoramic retractable roof yang besar lengkap dengan ambient light berwarna biru di tepian. Ada pula captain seat ottoman untuk penumpang di baris kedua.

MPV Toyota terbaru ini juga lebih bongsor dibanding generasi lamanya, di atas kertas memiliki panjang 4.755 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.795 mm, sementara wheelbase-nya 2.850 mm. Artinya lebih panjang dan lebih lebar 20 mm, serta wheelbase bertambah 100 mm. Hal tersebut berakibat ke ruang kabin yang semakin luas.

Ingin tahu lebih detail soal kenyamanan interior di Kijang Innova Zenix? Berikut bahasan lengkapnya:

Baca juga  70 Mobil Keren Terbaru Tahun 2022 Segera Muncul

Baris Pertama Menawarkan Kemewahan

Interior Toyota Innova Zenix

Jok baris pertama terasa mewah untuk pengemudi dan penumpang

Bahasan interior Toyota Innova Zenix yang pertama adalah di bangku baris pertama. Adopsi platform TNGA
memberikan ruang lebih untuk memanjakan pengemudi dengan menyajikan desain dan layout driver-oriented disertai material kabih berkualitas tinggi dan modern.

Hadir pula panel instrumen TFT berukuran 7-inch serupa Toyota Voxy yang tingginya dibuat sejajar dengan tinggi panel pintu. Hal ini untuk memberikan nuansa berkendara yang luas. Posisi duduk driver yang pas juga diklaim mampu meningkatkan rasa percaya diri di jalan dan memudahkan interaksi dengan penumpang. Tidak ketinggalan hadir wireless charger dan digital auto AC dengan dual zone.

Fitur interior untuk pengemudi dan penumpang baris depan lainnya adalah penggunaan head unit berukuran besar yakni 10 inch. Di dalamnya terintegrasi fitur Smartphone Connectivity, Bluetooth, Wi-Fi, Voice Recognition, dan NFC E-Toll Card
Checking. Fitur seperti Panoramic View Monitor dan DVR yang bertindak sebagai dashboard camera juga hadir.

Baca juga  Inikah Sosok Toyota Corolla DX Terbaru ?

Bila pengemudi mau mengatur fitur hiburannya, cukup lewat tombol di setir. Ada pula tombol TSS di lingkar kemudi untuk mengoperasikan fitur Toyota Safety Sense (TSS) seperti cruise control.

Sentuhan berkelas berupa bahan kulit sintetis disematkan pada panel interior yang sering disentuh. Sentuhan lain berupa ornamen yang menebarkan nuansa mewah dilekatkan di area dashboard dan panel pintu. Sebagai kendaraan keluarga muda yang aktif dan dinamis, All New Kijang Innova Zenix memiliki ruang penyimpanan berlimpah. Seperti rongga di konsol depan bangku penumpang untuk meletakkan gadget atau perangkat praktis lainnya.

Jok Ottoman Tidak Ada Fitur Pijat

kelebihan Toyota Innova Zenix

Panoramic retractable sunroof hadir di Toyota Innova Zenix V dan Q

Berikutnya bicara interior Toyota Innova Zenix varian Q untuk penumpang di baris kedua. Ada captain seat ottoman dengan electric recline. Jok jenis ini biasanya digunakan pada mobil-mobil MPV di kelas premium yang mengandalkan kabin lega.

Captain seat sebenarnya sudah nyaman, karena memberi ruang privasi untuk penumpang kiri dan kanan. Ditambah lagi dengan fitur ottoman, maka duduk di jok belakang bisa semakin rileks, pasalnya kaki bisa tersangga sempurna dengan adanya leg support.

Jok ottoman sendiri merupakan salah satu jenis captain seat, yaitu terpisah sendiri. Namun kelebihannya yaitu memiliki sandaran untuk betis, yang juga dapat diatur ketinggian sesuai kenyamanan penumpang. Hanya saja, jok ottoman di Innova Zenix tidak dilengkapi dengan kursi pijat.

Kenyamanan interior Toyota Innova Zenix untuk penumpang baris kedua semakin istimewa, lantaran ada 10 inch Dual Rear Seat Entertainment with Internet Connection atau dua layar besar untuk masing-masing penumpang belakang. Menariknya lagi fitur hiburan tersebut bisa dioperasikan secara independen.

Di jok belakang ini, tersedia pula dua USB C untuk isi ulang baterai smartphone. Tidak ketinggalan, pengaturan AC juga bisa dilakukan lewat panel di bagian tengah.

Kenyamanan Jok Baris Ketiga Innova Zenix

interior toyota innova zenix - duduk di jok baris ketiga

Jok baris ketiga Innova Zenix bisa direbahkan sehingga duduk terasa lebih rileks

Interior Toyota Innova Zenix juga istimewa hingga ke bagian belakang. Saya pemilik tinggi 168 cm, mencoba langsung duduk di jok baris ketiga dan terasa cukup nyaman. Pasalnya jok paling belakang ini bisa diatur kemiringan sandarannya, alhasil posisi tubuh penumpang terasa rileks.

Bagaimana dengan ruang kaki (leg room) dan kepala (head room)? Bisa dikatakan cukup lega. Kelebihan lain dari Innova Zenix adalah bantingan suspensi yang sangat nyaman. Alhasil mau duduk di mana pun terasa rileks, serta perut tidak terkocok-kocok karena manuver dan jalan yang tidak rata

Kelebihan lain dari jok baris ketiga Toyota Kijang Gen-7 adalah memiliki sandaran tangan yang berperan sekaligus sebagai cup holder. Ditambah lagi, tersedia power charger untuk mengisi baterai smartphone di belakang.

Kalau jok paling belakang Toyota Innova Zenix tidak digunakan, bisa dilipat rata lantai. Hal ini tentu memberikan ruang bagasi yang sangat luas untuk meletakkan berbagai barang di belakang. Menariknya lagi, ada Power Back Door with Voice Command untuk membuka bagasi dengan mudah.

Demikian ulasan interior Toyota Innova Zenix. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika