Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

Toyota Prius 2023 Resmi Hadir, Futuristik!

by Firdaus Ali
toyota prius 2023 - tampak belakang

Toyota Prius 2023 resmi hadir secara global di Jepang pada Kamis (16/11). Ini merupakan era dimulainya Prius Generasi 5, diklaim memiliki desain khas mobil masa depan dan rasa berkendara semakin menyenangkan. Tersedia dua varian: Parallel Hybrid (HEV) dan Plug-in Hybrid (PHEV).

Walau sudah diperkenalkan, tapi Toyota berencana mulai menjual Prius terbaru ini pada musim semi tahun 2023. Mereka berharap, mobil yang berdiri di platform TNGA generasi kedua dan desain futuristik ini akan tetap eksis sampai 25 tahun ke depan.

Eksterior Futuristik dan Platform TNGA Generasi Kedua

Toyota All New Prius 2023

Toyota All New Prius 2023

Platform TNGA generasi kedua dikembangkan untuk meningkatkan rasa berkendara di Toyota Prius 2023. Utamanya memungkinkan center of gravity yang rendah serta ban ukuran besar.

Beberapa penguatan di bodi dilakukan supaya lebih kaku dan tidak berisik. Tidak ketinggalan bagian suspensi pakai MacPherson struts di depan dan double wishbone di belakang, diklaim bisa membuat kestabilan berkendara dan respons yang baik saat melewati tikungan.

Baca juga  Seluruh Mobil Diesel Toyota Sudah Euro 4, April 2022

Dari sisi tampilan eksterior, Prius terbaru hadir dengan desain layaknya mobil masa depan. Di mana lekukan body dan bagian lainnya didominasi dengan gaya pipih. Headlamp berbentuk garis horizontal menyambung kanan kiri yang dibatasi oleh grille minimalis. Kemudian pada bumpernya, terdapat lubang sirkulasi angin yang didesain selaras melengkapi bagian depan.

Pada bagian belakangnya, mobil elektrik ini terlihat “montok”. Lampunya juga menyesuaikan bagian depan, bergaya garis horizontal. Dan untuk melengkapi penampilannya, disematkan velg alloy berukuran 19 inch.

Interior Toyota Prius Gen 5

Toyota All New Prius

Interior Toyota All New Prius

Lalu untuk bagian interiornya, Toyota Prius 2023 menawarkan nuansa menenangkan berkat dominasi warna hitam. Ada pula sentuhan aksen merah di bagian dashboard dan jok yang membuat auras sporty keluar.

Di bagian tengahnya terdapat headunit touchscreen yang dimensinya cukup besar dan bisa mengakomodasi sistem audio, peta jalan, kamera parkir serta pendukung fitur mobil lain. Untuk panel instrument juga terlihat sudah menggunakan digital dan bisa menampilkan berbagai kebutuhan informasi mobil.

Baca juga  Daftar Ubahan Toyota Fortuner dan Kijang Innova Facelift

Supaya membuat interior semakin terasa lega, ada panoramic view moonroof yang bisa dibuka sepenuhnya. Istimewa bukan?

Tidak ketinggalan, khusus varian Prius PHEV ada solar charging system generasi kedua yang bisa mengonversikan energi matahari ke listrik. Ini diklaim mampu memberikan sokongan tenaga untuk berkendara sebanyak 1.250 Km per tahun.

Nah untuk fitur keselamatan, Toyota All New Prius sudah dilengkapi dengan Toyota Safety Sense (TSS) terbaru. Pastinya sudah terintegrasi dengan fitur Pre-Collision System & Pre-Collision Brake Assist, Lane Departure Alert (LDA), Lane Tracing Assist (LTA), Adaptive Cruise Control, dan teknologi keselamatan canggih lainnya. Hadir pula fitur advanced park yang bisa membuat Prius 2023 parkir otomatis seperti di Toyota bZ4X, bahkan lebih istimewa lagi lantaran pengemudi bisa memarkirkan kendaraan lewat smartphone (remote function).

Performa Mesin Hybrid Toyota Prius 2023

toyota prius 2023 - tampak samping

Prius Gen 5 untuk versi PHEV diklaim punya performa baterai yang lebih istimewa

Dilansir dari laman Toyota Global, Toyota Gen 5 varian PHEV menggunakan mesin Dynamic Force 2.000 cc yang dipadukan dengan baterai Lithium-ion yang diklaim mampu menghasilkan tenaga 223 PS. Sementara untuk tingkat efisiensi mesin bensinnya, setara dengan model sebelumnya.

Baca juga  Bocoran 7 Mobil Terbaru Tahun 2023: CR-V Hybrid hingga Serena C28

Bicara keunggulan Toyota Prius 2023 adalah di akselerasi dari 0 hingga 100 km per jam, di atas kertas butuh waktu cuma 6,7 detik. Lalu Prius terbaru juga diklaim mampu menempuh jarak tempuh sekitar 50 persen lebih jauh dari model sebelumnya. Alhasil pengemudi bisa lebih banyak berkendara sehari-hari dengan hanya memanfaatkan mode EV.

Selanjutnya, untuk Toyota All New Prius HEV menggunakan dua pilihan mesin: 1.800cc dan 2.000cc. Khusus mesin 2.000 cc, mampu menghasilkan tenaga hingga 193 PS atau 1,6 kali lebih mantap dibanding model lamanya. Pada varian ini, Toyota Prius hadir dengan sistem E-Four terbaru yang menawarkan performa tinggi saat melintasi jalan dengan gesekan rendah seperti jalur tertutup salju dan mampu memberikan stabilitas yang baik saat di jalanan berkelok.

Moladiners, itulah ulasan mengenai Toyota All New Prius yang sayangnya pihak Toyota belum merilis harga resminya. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika