Road Trip Ke 14 Tempat Wisata di Bogor, Serta Biayanya!

by Firdaus Ali
Tempat wisata di Bogor

Ada beberapa tempat wisata di Bogor yang hits dan kekinian, pastinya juga nyaman dijangkau dengan road trip naik mobil. Utamanya buat warga Jakarta dan sekitarnya, Bogor merupakan rekomendasi untuk berlibur.

Di samping karena lokasinya memang tidak jauh, suasananya juga benar-benar berbeda dibanding Jakarta. Kota hujan tersebut punya suhu yang dingin, maklum tempatnya ada di dataran tinggi. Lalu alam Bogor juga masih asri dengan berbagai pepohonan. Lalu karena dekat Jakarta, maka biaya road trip dari Jakarta main ke Bogor bakal bisa lebih terjangkau dibanding liburan ke tempat lain.

Bicara tempat wisata kekinian di Bogor, sesungguhnya bukan cuma Puncak. Ada pula banyak lokasi berlibur yang belum diketahui, istilah anak zaman sekarang adalah hidden gem.

Sebut saja wilayah Jonggol yang memiliki berbagai curug atau air terjun. Hanya saja memang, lokasi tersebut tidak bisa diakses oleh kendaraan umum. Paling pas ke sana naik mobil. Selanjutnya di wilayah Sentul, juga banyak lokasi wisata baru yang pastinya asik untuk dieksplor.

Kalau mau di pusat Kota Bogor juga tidak masalah. Di sini kamu bisa menemukan banyak wisata kuliner yang pastinya enak-enak. Nah mau tahu lokasi wisata hits dan kekinian di Bogor? Berikut beberapa rekomendasi dari kami:

1. Curug Cipamingkis

Tempat wisata di Bogor

Curug Cipamingkis

Tempat wisata di Bogor yang pertama adalah Curug Cipamingkis. Lokasinya berada di Kawasan Puncak Dua Jonggol, tepatnya berada di Desa Warga Jaya, Kecamatan Sukamakmur, Bogor. Oh ya, tempat wisata ini terletak di ketinggian 1.200 mdpl dengan luas 16,5 hektar.

Ada beberapa spot menarik di Curug Cipamingkis, antara lain air terjun, jembatan gantung, kolam renang dan bahkan ada penginapan. Sehingga cocok untuk dijadikan tempat liburan bersama keluarga. Kalau mau glamour camping atau glamping, bisa banget.

Untuk tiket masuk Curug Cipamingkis, tarfinya Rp 35 ribuan. Sementara untuk menginap, ada berbagai macam tipe penginapan yang harga per malamnya mulai Rp 400 ribuan.

Jalanan menuju tempat ini memang naik turun dan beberapa titik terdapat jalan berlubang. Dalam hal ini, sebaiknya jika berniat ke Curug Cipamingkis, gunakan mobil jenis MPV atau SUV yang mempunyai ground clearance memadai. Kami sudah pernah ke sana naik Mitsubishi Xpander, rasanya benar-benar nyaman.

Satu lagi yang perlu diperhatikan ketika menuju Curug Cipamingkis, siapkan bensin mobil dalam kondisi penuh atau full tank. Hal ini dikarenakan di sekitar lokasi wisata tidak ada pom bensin.

2. Highland Park Resort

Tempat wisata di Bogor

Highland Park resort

Tempat wisata di Bogor selanjutnya adalah Highland Park Resort yang berlokasi di Curug Nangka, Kampung Sinarwangi, Taman Sari, Bogor.

Di tempat ini, pengunjung akan disuguhkan latar pemandangan Gunung Salak. Menariknya, pengelola tempat wisata ini juga menyediakan penginapan tenda dengan gaya tenda ala Mongolia yang bisa disewa untuk menginap. Selain itu, ada pula wahana kolam renang, perosotan, karaoke, foot reflexology, futsal, dan flying fox.

Highland Park Resort cocok sekali buat kamu yang menginginkan wisata glamping kekinian. Hanya saja, harga menginap di sana cukup mahal yaitu mulai Rp 1 jutaan.

3. Taman Wisata Gunung Pancar

Tempat wisata di Bogor

Gunung Pancar

Selanjutnya ada Taman Wisata Gunung Pancar yang berlokasi di Kampung Ciburial, Jl Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Ini adalah salah satu tempat wisata hits di Bogor.

Buat kamu yang ingin liburan dengan nuansa alam bisa mengunjungi bumi perkemahan Taman Wisata Gunung Pancar yang menawarkan keindahan hutan pinus dan udara yang sejuk.

Selain disediakan tempat penyewaan tenda untuk berkemah, di tempat ini juga menawarkan pemandian air panas untuk relaksasi. Bahkan, karena terkenal dengan keindahan suasana hutan Pinus, banyak yang datang ke Taman Wisata Gunung Pancar untuk foto prewed.

Baca juga  6 Tempat Wisata Kekinian di Semarang, Asik Dijangkau Mobil!

Kalau kamu tidak mau menginap, Gunung pancar juga bisa dijadikan tempat liburan untuk pagi hingga siang hari. Udara yang masih sejuk dan bersih menjadi daya tariknya. Ada pula Ameera Coffee yang bisa disinggahi untuk tempat beristirahat.

Soal tiket masuk ke tempat wisata Gunung Pancar, mobil Rp 10 ribuan. Lalu kalau mau menginap, siapkan bujet mulai Rp 200 ribuan.

4. Curug Cibaliung

Tempat wisata di Bogor

Curug Cibaliung

Tempat wisata di Bogor yang menarik untuk dikunjungi selanjutnya adalah Curug Cibaliung. Disini, pengunjung akan ditawarkan wisata alam yang kental dengan petualangan yang dibalut dengan keindahan alam.

Lokasinya ada di Kampung Wadung, Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor. Kalau naik mobil dari Jakarta, bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan melewati Tol Jagorawi serta keluar melalui Sentul City. 

Ketika sampai di Curug Cibaliung, kamu harus parkir mobil. Kemudian dilajutkan berjalan kaki (trekking) yang ditempuh sekitar 1,5 jam dari lokasi parkir mobil. Namun begitu, jika pengunjung tidak mau terlalu jauh berjalan kaki bisa memilih lokasi parkir paling ujung (mendekati curug). Untuk jenis mobil yang digunakan, disarankan mobil SUV atau MPV.

Untuk tiket masuk Curug Cibaliung Rp 15 ribu ditambah uang parkir Rp 5 ribu. Sebaiknya saat berlibur ke sana, bawa juga makanan dan minuman dari rumah, supaya pengeluaran tidak membengkak.

5. Warso Farm

Tempat wisata di Bogor

Warso Farm

Warso Farm adalah salah satu tempat wisata di Bogor yang juga menarik untuk dikunjungi. Tempat ini awalnya terkenal dengan kebun Durian yang rasanya sudah tidak diragukan lagi. Warso Farm berlokasi di Jl K.H Halimi, Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor.

Yup, daya tarik dari tempat ini adalah kebun Durian. Dimana agrowisata ini memperbolehkan wisatawan untuk langsung memetik durian dan menyantapnya di kebun.

Menurut pengelolanya, totalnya ada sekitar 15 ribu pohon durian yang terdiri dari 15 varietas durian lokal maupun unggulan di Warso Farm.

6. Devoyage

Tempat wisata di Bogor

Devoyage

Tempat wisata di Bogor rasa Eropa? Devoyage jawabannya. Berlokasi di Jalan Boulevard Bogor Nirwana Residence Mulyaharja, Bogor Selatan. Tempat wisata ini menawarkan Little Europe di tengah kota. Ada miniatur dari Menara Eiffel, Bergen, dan kanal-kanal berkelok ala Venesia.

Harga tiket masuk Devoyage Bogor mulai dari Rp 30 ribuan. Tersedia pula paket terusan bagi dua orang seharga mulai dari Rp 100 ribu yang bisa dipakai untuk menikmati berbagai wisata hits yang disediakan di sana. Sebut saja bermain gondola, menaiki kano untuk menyeberangi sungai, hingga bermain panah ala Robin Hood.

7. Kebun Raya Bogor

Tempat wisata di Bogor

Kebun Raya

Tempat wisata di Bogor selanjutnya adalah Kebun Raya Bogor. Meski tempat ini memang sudah mashur sejak dulu. Namun begitu, Kebun Raya Bogor tidak pernah membosankan.

Dengan pengelolaan yang baru, Kebun Raya Bogor semakin menarik untuk dikunjungi. Di dalamnya ada berbagai taman dengan konsep yang ciamik. Seperti Taman Teijsman, Taman Soedjana Kassan, Taman Orchidarium, Taman Obat, Taman Nepenthes, dan Taman Meksiko.

Kamu juga bisa menikmati kuliner khas Indonesia dan Belanda di resto Raasaa. Di samping rasa makanan yang otentik, juga pemandangan indah Kebum Raya Bogor bisa terlihat sambil menyantap masakan. Istimewa! Harga makanan di Raasaa resto mulai dari Rp 80 ribuan.

8. The Illusion

Tempat wisata di Bogor

The Illusion. Foto: wisata millenial

Berikutnya ada The Illusion sebagai tempat wisata di Bogor yang  nyaman dijangkau mobil. lokasinya berada di The Jungle Mall.

The Illusion mengusung konsep 3D, merupakan mini indoor studio terbesar dan terunik di Bogor dengan yang menyajikan tema art, trick eye, trick art & upside down world di satu lokasi. Ada 55 lebih area spot foto dengan berbagai macam daya tarik bahkan terdapat wahana rumah terbalik di The Illusion Bogor.

Baca juga  Road Trip ke 5 Tempat Wisata di Magelang Hits!

Beberapa spot foto seperti spot foto arena raksasa dan dwarf yang membuat kamu terlihat kecil dan dapat berfoto dengan raksasa. Selain itu ada pula spot foto efek ilusi seperti cermin yang tidak menampilkan bayanganmu dan kursi yang membuatmu seolah terpotong, dan lain sebagainya.

9. Leuweung Geledegan Ecolodge

tempat wisata di bogor

Leuweung Geledegan Ecolodge. Foto: Istimewa

Tempat wisata di Bogor selanjutnya ada hotel Leuweung Geledegan Ecolodge yang berlokasi di Jalan Tamansari No 17, Ciapus, Bogor, Jawa Barat.

Leuweung Geledegan Ecolodge adalah hotel dengan konsep glamping modern di tengah-tengah alam, hotel dengan pemandangan alam di Bogor satu ini menawarkan pilihan kamar berkapasitas 2 hingga 6 orang.

Tentunya hotel ini cocok untuk bulan madu, liburan keluarga, atau staycation bareng para sahabat. Untuk menginap di hotel glamping ini akan dikenakan biaya mulai dari Rp 1,330 juta per malam. 

Selain menawarkan view yang menakjubkan, hotel dengan pemandangan alam di Bogor ini juga dilengkapi fasilitas-fasilitas keren seperti infinity pool hingga WiFi diseluruh wilayah hotel.

10. Padjadjaran Suites Resort & Convention Hotel

tempat wisata di bogor

Padjadjaran Suites Resort & Spa. Foto: Istimewa

Hotel dengan pemandangan alam di Bogor ini memiliki lokasi yang tergolong dekat dengan rekreasi Devoyage Bogor serta The Jungle Water Adventure sehingga cocok keluarga yang berlibur bersama si kecil.

Soal harga, untuk menginap di hotel yang sudah ada fasilitas kolam renang, restoran dan fasilitas menarik lain ini dibanderol mulai Rp 600 ribuan hingga Rp 1,4 jutaan.

11. Novus Giri Resort & Spa

tempat wisata di bogor

Novus Giri Resport & Spa

Novu Giri Resort & Spa berlokasi di Jl. Sindanglaya Raya no.180, Cipanas-Puncak, Cipanas, Puncak, Jawa Barat. Untuk harga menginap per malam dibanderol mulai Rp 1 jutaan.

Hotel dengan pemandangan alam di Bogor ini memiliki desain tropis yang sangat nyaman serta dilengkapi balkon yang memungkinkanmu untuk lebih leluasa menikmati view asri khas kawasan puncak yang menyegarkan.

Selain itu, di tempat ini juga tersedia fasilitas spa, kolam renang, jacuzzi, hingga ruang dan area bermain anak yang cocok untuk staycation bersama keluarga.

12. Taman Safari Indonesia

Tempat wisata di bogor

Taman Safari Indonesia

Taman Safari Indonesia adalah salah satu tempat wisata di Bogor yang sudah mendunia. Di Taman Safari Indonesia, wisatawan akan melihat semua jenis binatang dari jarak dekat dengan mengendarai mobil pribadi atau bus yang sudah disediakan oleh pengelola.

Kendati tanpa sekat tidak seperti di kebun binatang, wisatawan tetap tidak boleh membuka pintu maupun jendela kendaraan saat berkunjung ke satwa berbahaya.

Selain satwa, Taman Safari Indonesia juga menyuguhkan berbagai atraksi yang menarik untuk ditonton. Tak hanya itu saja, ada pula area lain seperti Istana Panda, Presentasi Edukasi, Baby Zoo, Kubah Burung, Komodo Dragon Island, Pusat Primata, Air Terjun Curug Jaksa, Kampoeng Papua, Humboldt Penguin, dan Reptile House.

Untuk tiket masuk, dikenakan tarif Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu. Tergantung usia, wisatawan lokal atau asing serta waktu yang diambil siang atau malam.

13. Nicole’s River Park

Tempat wisata di bogor

Nicole’s Riber Parkf

Nicole’s River Park merupakan tempat wisata di Bogor yang masih terbilang baru lantaran baru dibuka pada Desember 2022 lalu. Meski masih terbilang baru, wisata ini sudah banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Tempat wisata ini terletak di Jl. Raya Puncak KM 75 no. 57, Cipayung Datar, Bogor dengan waktu buka setiap jam 8 pagi hingga jam 9 malam. Adapun daya tarik dari tempat ini adalah hadirnya vibes luar negeri mulai dari Jepang, Korea, China dan Santorini. Berbagai spot foto yang instagramable bisa dijumpai di sini. Untuk tiket masuknya, sebagai berikut:

  • Tiket masuk kawasan Nicole’s River Park Senin-Jumat Rp 30.000, Sabtu-Minggu dan tanggal merah Rp 40.000
  • Tiket masuk kawasan Nicole’s River Park dan Nicole’s Castle, Senin-Jumat Rp 55.000, Sabtu-Minggu dan tanggal merah Rp 75.000
  • Tiket masuk kawasan Nicole’s River Park, Nicole’s Castle dan spot foto, Senin-Jumat Rp 110.000, Sabtu-Minggu dan tanggal merah Rp 125.000
  • Tiket masuk kawasan Nicole’s River Park, Nicole’s Castle, spot foto dan permainan, Senin-Jumat Rp 150.000, Sabtu-Minggu dan tanggal merah Rp 165.000
Baca juga  5 Tempat Wisata Hits di Surabaya yang Ramah Mobil

14. Wisata Kuliner di Jalan Suryakencana Bogor

road trip ke tempat wisata di bogor - kuliner jalan suryakencana

Banyak penjual makanan enak di jl. Suyakencana bogor

Road trip ke tempat wisata di Bogor juga bisa menyambangi tempat kuliner legendaris di Jl. Suryakencana. Lokasinya masih di pusat kota Bogor, dekat dengan Kebun Raya. Di sini kamu bisa menemukan banyak makanan enak, mulai dari soto, sate, hingga lumpia basah.

Kalau naik mobil, cukup parkir di Jl. Suryakencana, kemudian kamu bisa menyusuri wisata pemuas lidah ini dengan berjalan kaki. Berikut deretan rekomendasi wisata kuliner di Suryakencana Bogor yang wajib dicoba:

  • Laksa Gang Aut Mang Wahyu
  • Soto Kuning Pak M. Yusuf
  • Cungkring Pak Jumat
  • Sate Sumsum Pak Oo
  • Martabak Encek
  • Lumpia Basah Gang Aut

Biaya Road Trip Ke Bogor Pakai Mobil Pribadi

WujudkanMimpi Liburanmu dengan MOFI

Jalan tol Jakarta Bogor. Foto: Istimewa

Berwisata ke Bogor bersama keluarga menggunakan mobil pribadi tentu menyenangkan karena bisa berkeliling ke beberapa tempat, serta jarak yang tidak jauh dari Jakarta. Jika kondisi jalan tidak macet bisa ditempuh dengan waktu kisaran 1,5 jam hingga 2 jam melalui jalan tol. Lalu, berapa biaya bensin dan tolnya?

Untuk jarak dari Jakarta menuju Bogor sekitar 52 kilometer melalui jalan tol. Kemudian untuk tarif tol golongan 1 dari Jakarta-Bogor adalah Rp 33.500, dengan rincian berikut:

  • Tol dalam kota: Rp 10.500
  • Tol Jagorawi: Rp 7.000
  • Tol JORR: Rp 16.000

Selanjutnya, untuk konsumsi BBM mobil dari Jakarta ke Bogor dibutuhkan biaya sekitar Rp 52 ribu. Dengan penghitungan BBM menggunakan Pertalite dan konsumsi bahan bakar mobil 1:10. Namun begitu, jika ingin berkeiling lebih dari 1 tempat wisata tentu akan dibutuhkan lagi biaya BBM. Mengingat kondisi kota Bogor dan sering macet, utamanya weekend.

Tidak mahal bukan? Total biaya perjalanan Jakarta ke Bogor naik mobil cuma Rp 85.500. Kalau pulang pergi, sekitar Rp 171 ribu. Hanya saja itu belum tiket masuk tempat wisata yang ingin mau kamu datangi di Kota Hujan, kuliner, dan penginapan. Ambil contoh, kalau kamu menginap di Highland Park Resort maka keluar biaya Rp 1 juta per malam.

#WujudkanMimpi Liburanmu dengan MOFI

tempat wisata di bogor

Moladin Finance

Nah kalau kamu mau berlibur ke tempat Wisata di Bogor tapi bujetnya kurang, bisa dapatkan tambahan uang dari gadai BPKB mobil di Moladin Finance (MOFI)

MOFI sendiri memiliki produk MoTunai yaitu pembiayaan BPKB kendaraan mobil perorangan dengan batas usia kendaraan 15 tahun saat tenor berakhir. Tenor pinjaman yang ditawarkan juga sangat fleksibel mulai dari 12 bulan sampai 48 bulan, jadi untuk cicilan perbulannya sangat meringankan.

Adapun minimum pinjaman untuk berlibur yang bisa kamu dapatkan dapatkan dari MOFI mulai dari Rp 20 juta. Menariknya, dana yang bisa diterima konsumen bisa sampai 95%, serta proses pencairan yang cepat, hanya dalam waktu 1 hari kerja. Jadi tunggu apa lagi, kalau memang kurang dana untuk berlibur, kamu bisa gadai BPKB mobil di MOFI dengan mengisi form di sini.

Moladiners, itulah ulasan mengenai beberapa tempat wisata di Bogor yang nyaman dijangkau mobil. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika